Email : support@belajarbisnisinternet.com

Phone / SMS : 083839990080 (Jam Kerja)

Yahoo Messenger : 

Blackberry PIN : 25BE72A2 (Jam Kerja)

Join Facebook.com/BelajarBisnisInternet

Follow Me on Twitter


30
Nov

Tutorial ini akan menjelaskan proses migrasi minisite atau website statis (bukan wordpress atau webite yang ada databasenya) dari hosting lama ke hosting baru.

Tetapi sebelum memulai migrasi dari hosting lama ke hosting baru, ketahui dulu apakah hosting baru Anda menggunakan primary domain (domain utama yang Anda isikan saat order hosting) yang sama dengan hosting lama ATAU menggunakan primary domain yang berbeda dengan hosting lama.

Jika Anda menggunakan primary domain yang berbeda (domain baru) untuk hosting baru maka Anda perlu rubah dulu DNS dari domain tersebut agar mengarah ke hosting baru agar domain baru Anda aktif di hosting yang baru. Caranya dijelaskan di tutorial mengubah DNS atau Nameserver. Setelah selesai melakukan langkah-langkah di halaman tersebut, silakan lanjutkan ikuti step-step di bawah ini.

Jika di hosting baru Anda menggunakan primary domain yang sama dengan primary domain di hosting lama, tidak ada yang perlu dilakukan sementara ini, silahkan langsung ikuti step-step dibawah.

Step 1 - Download Semua File Minisite Anda Dari Hosting Lama

Silahkan Anda masuk ke cPanel dari Hosting lama. Kemudian klik pada “File Manager” pada bagian “Files” seperti gambar dibawah.

Jika muncul informasi seperti dibawah ini, langsung klik “Go” saja.

Setelah muncul jendela “File Manager”, ikuti step-step dibawah ini:

  1. Klik “Select all” untuk memilih semua file ATAU pilih (centang) pada folder-folder minisite tertentu saja yang ingin Anda pindahkan dari hosting lama
  2. Klik “Compress” untuk membuat file ZIP dari seluruh file yang ada supaya downloadnya cepat dan tidak memakan waktu
  3. Pilih “Zip Archive” sebagai tipe kompresi
  4. Isikan nama file ZIP yang akan dibuat
  5. Klik “Compress File(s)” untuk membuat file ZIP dari seluruh file yang ada
  6. Tunggu sampai proses Compress selesai

Lihat gambar dibawah untuk ilustrasinya:

Setelah proses Compress selesai Anda tinggal Download file hasil compress tersebut. Pilih file minisite.zip yang baru saja kita buat kemudian klik “Download” untuk mendownload file tersebut.

Tahap pertama ini sudah selesai, silahkan lanjut ke tahap berikutnya.


Step 2 - Upload Semua File Minisite Anda Ke Hosting Yang Baru

Tahap ke-2 adalah meng-upload file zip yang kita download dari step 1 sebelumnya. Nah sekarang, masuk ke cPanel dari Hosting yang Baru, ingat ini adalah hosting yang baru, bukan yang lama (seperti pada step 1). Kemudian klik pada “File Manager” pada bagian “Files”. Setelah muncul jendela “File Manager”, Klik “Upload” seperti tampak pada gambar dibawah ini:

Setelah muncul jendela “Upload files”, klik “Browse” lalu pilih file minisite.zip yang sudah kita download tadi. Jika proses Upload sudah selesai, klik “Back to /home/…../public_html”. Lihat gambar dibawah untuk ilustrasinya:

Jika sudah, kembali lagi ke “File Manager” kemudian ikuti step-step dibawah ini untuk Extract file minisite.zip

  1. Pilih file minisite.zip
  2. Klik “Extract” untuk meng-extract seluruh file dari file ZIP sudah kita upload sebelumnya
  3. Pastikan lokasinya sudah benar “/public_html”
  4. Klik “Extract File(s)” untuk meng-extract seluruh file minisite kita dari file minisite.zip
  5. Tunggu sampai proses Extract selesai

Lihat gambar dibawah untuk ilustrasinya:

Jika sudah selesai maka Anda sudah berhasil memindahkan seluruh file minisite dari Hosting Lama ke Hosting Baru. Belum selesai proses migrasinya, jangan senang dulu :) Silahkan lanjut ke tahap selanjutnya.


Step 3 - Buat Add-On Domain Untuk Semua Minisite di Hosting Baru

Tahap ke-3 ini adalah membuat Add-On Domain untuk semua domain minisite Anda. Ini sebenarnya prosesnya sama persis seperti saat Anda membuat Add-On Domain di Hosting yang Lama, cuma tinggal mengulangi lagi di Hosting yang Baru.

Yang harus dimengeri dan perlu hati-hati adalah, urutan prosesnya ini agak berbeda dengan normalnya. Kalau proses normal, Anda melakukan Add-On Domain dulu sehingga cpanel akan buat sebuah folder untuk domain yang Anda tambahkan di add-on domain, lalu setelah itu baru Anda upload file-file mini site ke folder tersebut.

Nah kalau proses migrasi seperti yang dijelaskan diatas, agak beda sedikit prosesnya. Kita upload semua file mini site ke Hosting Baru dengan struktur folder seperti di Hosting Lama (yang dilakukan di step 2 sebelumnya).

Sekilas kalau Anda lihat melalui File Manager, isi dari public_html Hosting Baru tampaknya sudah terbentuk semua folder mini site dari Hosting Lama. Memang betul, file dan folder sudah di copy tetapi sebenarnya ini belum selesai, karena proses add-on domain belum dilakukan di Hosting Baru.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah membuat add-domain domain dengan akses Cpanel Hosting Baru, pilih icon Addon Domains

Sehingga tampak tampilan seperti di bawah ini (isian form masih kosong, bukan ada bbi seperti yg ada di bawah ini):

  • Masukkan nama domain yang mau di buat add-on domain di kotak kosong di samping New Domain Name. CATATAN: nama domain harus dimasukkan secara benar, contoh: belajarbisnisinternet.com bukan belajarbisnisinternet.

  • Anda tidak pelu memasukan nama Subdomain/Ftp Username dan Document Root, otomatis akan terisi saat Anda berpindah kursor ke bawah.

    PENTING: Anda perlu mengedit atau memastikan bahwa isian Document Root adalah nama folder dari mini site Anda. Dokumen Root adalah lokasi atau folder tempat file-file dari website yang bersangkutan disimpan. Jadi isian dari Document Root sangatlah penting untuk diperhatikan apakah sudah benar.

    Jadi misalkan mini site Anda adalah Garmin265wt.com dan di Hosting Lama, folder tempat file-file mini site ini berada adalah di folder /public_html/garmin265wt.com maka pastikan saat proses add-on domain mini site ini di Hosting Baru, Document Root juga berisi /public_html/garmin265wt.com BUKAN lainnya. Kalau diisi tidak sesuai dengan nama folder yang sebenarnya maka tentu website jadi gak muncul saat diakses.

  • Masukkan sandi/password yang akan digunakan untuk mengakses account FTP yang dibuat untuk add-on domain ini (boleh sama dengan password domain utama).

Setelah itu klik tombol Add Domain!


Step 4 - Rubah DNS Domain Minisite Ke Name Server Hosting yang Baru

Agar domain dari mini site menunjuk atau mengakses ke hosting yang baru maka Anda harus merubah DNS domain dari nameserver (NS) hosting lama ke NS hosting yang baru.

PENTING: Informasi Nameserer (NS) dari hosting yang baru ada di email yang Anda terima dari perusahaan hosting saat Anda selesai order.

Cara merubah Nameserver (NS) cukup mudah. Anda masuk ke account Anda di website tempat Anda membeli domain. Dalam contoh ini kami menggunakan NameCheap. Lalu klik menu “Manage Domains” ataupun link “view” di sebelah informasi jumlah domain dalam account Anda.

Setelah melihat daftar nama domain yang Anda miliki, klik nama domain yang ingin Anda hubungkan dengan hosting yang baru. Selanjutnya, klik menu “Transfer DNS to WebHost” atau “Domain Name Server Setup“ yang terletak di sebelah kiri.

Isikan Domain Name Server (DNS) #1 dan #2 sesuai dengan informasi DNS server hosting yang baru. Informasi ini biasanya Anda terima via email saat Anda membuka account hosting di sebuah perusahaan web hosting.

Jika Anda menggunakan Bluehost, bisa jadi DNS yang digunakan adalah ns1.bluehost.com dan ns2.bluehost.com. Jika pakai Hostgator, kami tidak tahu Anda dapat DNS yang mana. Lihat informasi ini di email yang Anda terima setelah order.

Setelah diisi dengan benar, klik tombol “Save Changes”.

CATATAN: Pahami bahwa perubahan Domain Name Server (DNS) tidak bisa langsung dilihat dalam waktu beberapa menit saja. Jadi perlu beberapa jam (maksimal 2 x 24 jam) baru domain bisa menunjuk ke hosting yang baru.


Step 5 - Tes Semua Minisite dan Pastikan Sudah Berjalan di Hosting Yang Baru

Jika Anda sudah berhasil merubah semua DNS Domain minisite ke Hosting yang Baru, maka tinggal 1 langkah lagi yang perlu Anda lakukan.

Anda harus cek semua domain minisite Anda untuk memastikan apakah DNS-nya sudah benar dan mengarah ke Hosting yang Baru. Caranya sangat mudah yaitu dengan melakukan Whois.

Jika belum mengerti bagaimana cara melakukan hal ini, silahkan Anda coba dengan membuka website Who.is lalu masukkan domain Anda disana dan cek apakah DNS-nya sudah mengarah ke Hosting yang Baru.

Ingat bahwa proses update DNS ini kadang membutuhkan waktu 2×24 jam (kadang bisa jauh lebih cepat). Jika masih mengarah ke hosting lama setelah 2 x 24 jam, mungkin step 4 sebelumnya perlu diulangi lagi. Jika sudah mengarah ke hosting yang baru maka minisite Anda sudah siap mendulang dollar lagi dengan rumah yang baru.

Bagaimana dengan hosting lama Anda? Biarkan dulu saja 1-2 minggu sebagai backup. Setelah Anda seyakin-yakinnya bahwa seluruh mini site Anda sudah berjalan dengan baik di hosting yang baru, Anda bisa menutup hosting lama atau dibiarkan hingga expired.

Jika ada pertanyaan tentang proses migrasi ini, silakan isikan pertanyaan Anda di form di bawah ini.

Similar Posts:

Category : Artikel

10 Responses to “5 Langkah Mudah Memindahkan Minisite Dari Hosting Lama Ke Hosting Baru”


himawan December 3, 2010

pertamax :) wow, akhirnya dapat juga ilmunya.. thankz

madu asli December 3, 2010

Keduax he he …Ini ilmu yang saya tunggu tunggu… :) kebutuhan pindah hosting memang kadang diperlukan kalau kita merasa tidak puas dengan hosting yang lama… Terima kasih kepada pak guru berdua atas ilmunya.. :)

Mindset Bisnis Online December 3, 2010

Memang untuk menunjang bisnis yang baik juga dibutuhkan hosting yang juga berkualitas.

Denny December 3, 2010

Keempax :D
Mantap nh emang BBI. Gak sabar mau praktekin ilmunya :)
Have a nice week-end all.

Baju kaos June 6, 2011

Wah terima kasih bnyk infonya .. jadi nambah ilmu, bisa pindah hosting nnt..

Deni Aryanto August 9, 2011

makasih info nya.. terus gimana dengan wordpress nya.. apa perlu di install ulang di hosting yang baru…

Sukarto August 11, 2011

Yang dijelaskan di artikel ini adalah Minisite non wordpress, jadi tidak ada wordpress yang perlu diinstall di hosting baru. Sedangkan jika ingin memindahkan minisite berbasis wordpress, tergantung metode pemindahan yang Anda lakukan, akan menentukan apakah perlu install wordpress dulu atau tidak. thx

geotraxtrain November 28, 2011

Pak sukarto tolong dong artikel yang menjelaskan urutan langkah memindahkan MS berbasi WP dari hosting lama ke hosting baru. Terima kasih supportnya.

Sukarto November 28, 2011

@geotraxtrain: Pada prinsipnya yang paling mudah adalah melakukan pemindahan melalui cpanel. Jadi Anda full backup dari cpanel, lalu minta pihak hostgator (hosting baru yg anda gunakan) utk melakukan restore.

Anda harus memberikan login (username n password) cpanel Anda ke persh hosting baru yang Anda minta utk melakukan restore.

Saya tahu persis hostgator mau melakukan proses restore ini, tetapi tidak semua mau, contohnya bluehost gak mau.

thanks.

sprei November 20, 2013

Waduh ternyata ribet banget ya :( waktu pertama lihat penjelasannya aja dan langsung mumet apalagi menjalankannya