4 Kunci Sukses di Facebook Ads

By Riki Yohanes

Pengantar Artikel dari Sukarto Sudjono

Di artikel sebelumnya tentang Free Traffic (GRATIS) vs Paid Traffic (BAYAR) didapat kesimpulannya adalah sebagai pebisnis, penting bagi Anda untuk belajar menggunakan paid traffic agar bisnis Anda dapat cepat berkembang, penjualan bisa konsisten dan bisa dilipat-gandakan dengan mudah.

Sedangkan jika Anda mendapatkan Free Traffic (GRATIS), anggap itu sebuah bonus, jangan bergantung sepenuhnya dengan free traffic karena sifat-sifatnya yang sudah dijelaskan di artikel tersebut.

Nah di artikel kali ini saya meminta salah satu alumni BBI yang sudah sukses membangun bisnis toko onlinenya hingga omset ratusan juta per bulan, namanya Riki Yohanes, untuk sharing tentang 4 Kunci Sukses di Facebook Ads atau Beriklan di Facebook.

Dalam membangun bisnisnya hingga sebesar ini, Riki banyak menggunakan FB Ads, jadi ada banyak pengalaman, tips dan formula yang dia bisa bagikan ke Anda.

Nah saat saya meminta Riki untuk sharing tentang FB Ads untuk dimuat di website BBI, Anda beruntung karena Riki menulis salah satu artikel PALING POWERFUL tentang FB Ads. Ada banyak insight, tips dan sharing pengalaman di dalam artikel ini.

WARNING: Artikel ini termasuk salah satu artikel paling panjang yang ada di website BBI, tetapi saya yakin Anda akan mendapatkan banyak sekali pembelajaran dan manfaat dari membaca hingga tuntas artikel ini.

Dan di akhir artikel ini, ada kuesioner dari Riki, yang saya minta tolong Anda memberikan feedback.

Salam Sukses untuk Anda,

Sukarto Sudjono

Hi, saya Riki Yohanes.

Saya cukup yakin Anda sudah sering dengar banyak kisah sukses tentang orang-orang yang memiliki omset puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan menggunakan Facebook Ads atau sering disebut juga Facebook Marketing.

facebook-marketing

Tapi pertanyaaan besarnya adalah “Apakah Facebook sungguh powerfull untuk mempromosikan produk Anda???

Saya tidak tahu bagaimana dengan Anda, tapi dulu waktu saya mulai beriklan dengan Facebook Ads, jujur saja saya memiliki keraguan yang teramat tinggi… bahkan saya sampai memiliki persepsi bahwa Facebook Ads ini hanyalah HYPE & orang – orang yang ngaku sukses dengan Facebook Ads hanyalah bertujuan untuk mendapatkan profit semata dengan menjual trainingnya.

Kenapa saya sampai berpikiran seperti itu?

Karena waktu itu saya sudah beriklan macam – macam produk dengan menggunakan Facebook Ads, berjalan 1-2 minggu & Anda tahu apa yang terjadi?

TIDAK ADA satupun produk yang terjual & lebih parahnya lagi saya telah membuang biaya sekitar $10 per hari, jadi saya sudah menghabiskan jutaan, tapi gak ada hasil.

Kalau Anda saat ini belum pernah menggunakan Facebook Ads atau sudah pernah beriklan tapi belum juga menunjukkan hasil yang signifikan, maka Anda sudah berada di halaman yang tepat karena saya berencana sharing tentang kunci sukses apa saja (tidak cuma satu, tapi empat kunci sukses) yang betul-betul sangat perlu Anda perhatikan kalau Anda ingin mencapai omset yang luar biasa dengan menggunakan Facebook Ads.

Apa yang saya sharingkan ini adalah 100% hasil testing saya (baik dan buruknya) mulai dari tahun 2009 s/d hari ini menggunakan Facebook Ads untuk usaha online saya. Jadi besar harapan saya artikel ini akan bermanfaat untuk Anda semua.

4 Kunci Sukses Facebook Advertising

4-kunci-sukses

Berdasarkan pengalaman pribadi saya selama ini, saya menyimpulkan ada 4 kunci yang benar – benar harus Anda kuasai ketika ingin beriklan dengan Facebook Ads.

Tanpa memahami makna 4 kunci ini, maka saya cukup yakin bahwa anda hanya akan membuang lebih banyak uang untuk beriklan tanpa hasil yang memuaskan

Lalu apa saja 4 kunci sukses beriklan di facebook..???

  1. Pahami Karakter Target Audience Anda
  2. Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
  3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
  4. Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat

Saya akan bahas satu persatu agar anda mendapatkan penjelasan yang lebih detail.

1. Pahami Karakter Target Audience Anda

karakter-target-audience

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

  • Demography: usia, jenis kelamin
  • Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
  • Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
  • Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
  • Connection: membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.

Apa yang dimaksud dengan karakter target audience Anda?

Saya langsung berikan contoh ya agar lebih jelas, hehe…

jas-pengantin-priaMisalkan: saya ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop saya ada di Jakarta dan Bandung.

Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:

  • Usia: 25 – 35 thn
  • Gender: laki – laki
  • Lokasi: Jakarta dan Bandung
  • Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
  • Connection: teman – teman nya dari Fans Page Anda
  • Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja

Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Biasanya yang saya lakukan adalah saya browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul di benak saya ketika saya sedang melakukan riset target audience adalah:

  • Target audience kita itu biasanya tertariknya dengan hal apa saja ya?
  • Secara usia dan jenis kelamin, mereka itu seperti apa?
  • Website apa saja yang sering mereka kunjungi ketika tertarik dengan produk saya?
  • Topik diskusi apa yang masih berhubungan erat dengan produk yang saya jual?
  • Kebiasaan mereka sehari-harinya ngapain saja ya di online?
  • Apa saja profesi / pekerjaan mereka?
  • Barang apalagi yang mereka butuhkan sebagai pelengkap produk saya?

Dari pertanyaan – pertanyaan diatas, Anda akan mendapatkan gambaran lebih luas tentang target audience Anda sehingga ketika memasang iklan, Anda dapat membidik jangkauan yang cukup spesifik. Hal ini penting untuk menghemat biaya beriklan Anda.

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ada tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset terhadap target audience Anda? Kalau bisa gratis & handal hehehe…

Kabar baik untuk Anda adalah jawabannya ADA!! 🙂

Ada tool gratis dan handal yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi tentang target audience ini yang akan jelaskan berikut ini.

Jadi ketika ingin mengetahui karakter audience yang ingin saya bidik, biasanya saya mengamati website kompetitor yang menjual produk yang identik dengan produk yang saya jual.

Misalkan Anda ingin menjual barang-barang kebutuhan bayi, seperti susu, botol susu, alat perlengkapan bayi, mainan edukasi bayi dan seterusnya maka Anda perlu cari tahu website lain yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis tersebut di online, seperti www.Bilna.com

Dengan mengetahui seperti apa orang – orang yang mengunjungi website Bilna.com, maka Anda akan mendapat gambaran lebih jelas tentang karakter target audience yang identik dengan yang akan Anda bidik.

Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan tool yang bernama Google Display Planner (GDP). Tool ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada kita tentang karakter orang-orang yang mengunjungi sebuah website tertentu.

google display planner banner

Walaupun hasil yang ditampilkan tidak bisa dijadikan pedoman 100% tapi dari sini Anda sudah dapat gambaran yang lebih spesifik dan bisa Anda jadikan salah satu acuan untuk membidik target audience anda.

Untuk lebih jelasnya, saya berikan langkah – langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka akun Google Adwords Anda di http://Adwords.Google.com

Bagi Anda yang belum memiliki akun adwords, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu seperti biasa (gratis).

  1. Klik menu “Tools” dan pilih “Display Planner”

google display planner 1

  1. Masukkan nama website kompetitor anda di kolom “Your customer are interested in”

google display planner 2

  1. Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia” karena cukup banyak orang Indonesia yang menggunakan settingan Bahasa Inggris di akun google nya

google display planner 3

  1. Lalu akan muncul tampilan seperti di gambar berikut ini

demografi di google display planner

Dari gambar diatas, Anda bisa mendapatkan banyak insight atau petunjuk tentang karakter orang-orang yang mengunjungi website kompetitor anda, dalam contoh ini adalah orang – orang yang mengunjungi website bilna.com

Anda bisa lihat data – data mulai dari kelompok usia, jenis kelamin dan juga darimana mereka biasanya mengakses web tersebut, sebagai contoh diatas kebanyakan adalah pria, usia 18 – 34 tahun dan lebih banyak mengakses via mobile dibandingkan desktop / PC.

Hal ini mungkin berbeda dari apa yang sebelumnya Anda pikirkan dimana kita biasanya berpikir bahwa yang mengakses website kebutuhan baby pastilah kebanyakan wanita.

Tapi dengan melihat data diatas Anda jadi dapat insight baru ternyata ada kemungkinan Anda dapat membidik pria juga yang artinya suami – suami dari istri yang memiliki anak ternyata juga mengakses web tersebut.

Selain demografi, Anda juga dapat lihat data lainnya seperti website lain apalagi yang suka dikunjungi oleh orang – orang tersebut (klik menu “placements”) dan juga topik – topik apa saja yang masih berhubungan dengan website tersebut (klik menu “topic”).

placement di google display planner

Memang data diatas tidak 100% dapat dijadikan pedoman utama karena kalau Anda perhatikan masih ada data – data yang statusnya “unknown” yaitu ada sejumlah data yang belum didapatkan oleh google, karena data yang diberikan oleh google ini adalah data yang didapat ketika seseorang browsing dengan kondisi akun googlenya aktif (login ke gmail).

Setelah mengetahui cara pakai google display planner, mungkin beberapa dari Anda bertanya:

Pak… GDP itu kan dipakai ketika saya sudah tahu nama website kompetitor nya kita apa, nah… bagaimana saya tahu apa saja website kompetitor di indonesia misalkan?

Cara yang paling mudah adalah Anda ketikkan saja kata kunci yang berhubungan dengan produk yang akan anda jual di google.co.id dan lihat apa saja nama website yang muncul di halaman pertama.

searching di google

Cara lainnya adalah Anda bisa gunakan tool online (website based) bernama www.SimilarWeb.com. Anda masukkan salah satu nama website kompetitor (misalkan bilna.com) & tool ini akan memberitahukan Anda apa saja nama – nama website lainnya yang identik dengan nama website yang baru saja Anda masukkan.

website lainnya di fitur similarweb

Selain itu, tool ini dapat menginformasikan interest dari para pengunjung website tersebut juga seperti gambar dibawah ini. Saya sarankan Anda untuk praktek tool ini untuk mendapat gambaran lebih jelasnya.

audience interest di similarweb dotcom

2. Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience

Memahami format iklan yang Anda buat amatlah penting. Seperti yang Anda ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:

  1. Teks
  2. Gambar

contoh-iklan-fb

Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Anda tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Anda.

Bayangkan kalau Anda beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Anda tidak dpat mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Anda akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.

Oleh karena itu bila Anda mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Anda akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut kalau Anda bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik

Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.Canva.com. Silahkan anda registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur – fitur yang telah disediakan seperti template – template gambar yang sudah ready.

3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih

Sejak berdiri sampai hari ini, Facebook selalu mengalami perubahan dan terus memperbaiki semua fiturnya mulai dari interface yang semakin mudah digunakan, sampai dengan fitur – fitur Facebook Ads yang semakin canggih.

Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu sumber income terbesar facebook sampai saat ini adalah melalui Facebook Advertising-nya. Hal ini tentu membuat Facebook secara konsisten melakukan pengembangan untuk fitur advertising tersebut.

Fitur – fitur advertising terbaru dari facebook, adalah:

Custom Audience

custom audienceApabila Anda memiliki database seperti email dari customer Anda sebelumnya, maka dengan menggunakan custom audience yaitu Anda dapat memasukkan list email tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja dari database tersebut yang memiliki akun Facebook.

Sehingga hal ini memungkinkan Anda membidik target audience mereka yang ada di list email Anda dan aktif di facebook.

Retargeting

retargeting_iconAnda sebagai advertiser atau pemasang iklan dapat membidik ulang orang – orang yang telah mengunjungi website Anda, sehingga setelah mereka mengunjungi website Anda dan masuk ke Facebook maka mereka akan melihat iklan Anda di facebook.

Fitur seperti ini dinamakan retargeting. Itu sebabnya Anda pasti pernah merasa heran kenapa kok setelah datang ke website A, kok jadi sering lihat iklan perusahaan A. Itulah fitur Retargeting yang sedang bekerja 🙂

Conversion Tracking

conversion trackingDengan fitur conversion tracking, Anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah orang yang membeli produk Anda dengan cara memasukannya ke keranjang belanja di website  Anda.

Atau Anda mau mengetahui jumlah orang yang mengisi formulir yang telah disediakan sehingga Anda tahu seberapa efektif iklan Anda. Inilah fungsi fitur Conversion Tracking.

Lookalike Audience

lookalikes audienceFitur terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama Anda.

Jadi misalkan Anda sudah memiliki data seperti list email customer dan banyak fans di page Anda maka Anda dapat langsung menciptakan kelompok target audience baru secara otomatis & menggunakannya sebagai target audience di iklan baru Anda.

 

Jadi bisa Anda lihat, apabila Anda mengerti kegunaan masing-masing fitur diatas dan strategi optimasinya, Anda akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas di Facebook dan tentu saja membantu Anda untuk mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.

4. Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat

Setelah iklan Anda berjalan, biasanya Anda mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan anda. Pada tahap ini Anda harus memahami bagaimana cara agar orang – orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda.

konversi penjualan

Hal inilah yang saya namakan sebagai cara untuk “mengkonversi” calon customer menjadi customer loyal anda untuk seterusnya.

Sebagai contoh, saya memiliki pengalaman pribadi dimana saya menjual produk fisik dengan mengandalkan FB Ads sebagai satu – satunya channel marketing.

Pada awalnya saya senang karena banyak orang yang lihat iklan saya, masuk ke BBM / WA dan bertanya – tanya tentang harga, spek produk dan sebagainya. Tapi berjalan 3 – 5 hari saya malah jadi frustasi karena yang tanya itu banyak (add pin BBM 20 – 30 perhari) tapi kalau bicara penjualan itu nol besar.

CustomerServiceSejak saat itu saya terus mencari tahu sebenarnya masalah itu terletak di bagian mana dan ternyata kemampuan dari staf CS yang kita pekerjakan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap konversi penjualan. Untuk poin yang satu ini, banyak orang seringkali menganggap enteng. Mereka biasanya berpikir bahwa dengan hire staf CS untuk membalas setiap pertanyaan dari customer saja sudah cukup.

Pada kenyataannya hal itu masih jauh dari cukup kalau Anda benar – benar ingin mendapatkan penjualan yang luar biasa. Apalagi ketika kita bandingkan antara online dan offline, ternyata staf CS untuk mengurus usaha online itu jauh lebih kompleks daripada hire tenaga CS untuk mengurus usaha offline.

Mengapa demikian?

Karena kalau staf CS offline bekerja, kita sebagai pengawas dapat melihat dengan mata secara langsung kinerjanya di lapangan. Apakah ucapannya sopan, sudah tepat atau ada yang kurang.

Tapi kalau staf CS online tiap hari kerjanya adalah chatting di BBM / WA sehingga lebih sulit memantau apa saja yang ditulis di bbm antara CS kita dengan calon customer.

Oleh karena itu, saya mencoba memberikan beberapa tips kepada Anda agar penjualan Anda lebih optimal, yaitu:

Interview calon customer service (CS) yang tepat

Ketika Anda interview, pastikan Anda memperhatikan lokasi tinggal si CS dan jarak tempuh dari rumah dia ke kantor Anda. Stamina yang lemah sangat mengganggu performa CS Anda di kantor seharian

Background pendidikan & pengalaman kerja perlu ditanyakan lebih jauh & minta agar dia mempraktekkan langsung cara melayani customer yang semestinya, untuk melihat sejauh mana kemampuan si CS.

Lihat juga kepribadiannya CS, sebaiknya pilih CS yang suka berbicara agar dia tidak merasa lelah ketika harus banyak handle banyak customer.

Prioritaskan customer yang tepat

Ketika customer Anda sudah mulai banyak yang bertanya, Anda harus dapat memprioritaskan calon customer yang tepat sehingga dapat terjadi penjualan dalam waktu yang lebih cepat, tanpa harus menambah banyak – banyak CS lagi.

Kuasai product knowledge

Ini mutlak harus dikuasai oleh CS Anda, oleh karena itu pastikan skill CS Anda sesuai & lebih baik lagi kalau memang si CS ada passion dengan produk yang akan dijualnya.

Inisiatif & cepat

Respon yang cepat dan memuaskan akan sangat membantu percepatan penjualan saat ini dan untuk jangka panjang karena pada dasarnya kita sebagai customer sangat suka diprioritaskan dan diperhatikan.

Disamping beberapa tips diatas, Anda juga harus memahami bahwa Anda perlu melakukan testing pada tahap awal beriklan untuk melihat tipe iklan seperti apa yang ternyata bekerja dengan baik terhadap target audience kita.

Kebanyakan orang yang saya perhatikan, mereka menjalankan Facebook Ads secara general targeting dan ketika berjalan 3 – 5 hari tidak ada penjualan, maka mereka stop beriklan dan mengklaim bahwa Facebook tidak efektif untuk channel marketing. Hal seperti ini tentu tidak tepat apabila Anda ingin benar – benar mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook Ads.

Jadi itulah rangkuman 4 kunci sukses beriklan di FB Ads dari pengalaman saya selama ini, yaitu:

  1. Pahami Karakter Target Audience Anda
  2. Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
  3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
  4. Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat

Tentu saja masing – masing kunci diatas ada banyak detil yang harus dipelajari dan diperdalam lagi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dengan terus berlatih dan berjalannya waktu, Anda akan mulai mengenali metode yang tepat sasaran dengan Facebook Ads.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan Anda wawasan yang lebih terbuka akan Facebook Ads, bahwa bukan masalah Facebook itu channel yang efektif atau tidak efektif untuk beriklan tapi justru lebih kepada apakah Anda tahu cara membuat iklan Facebook yang efektif atau tidak.

“Everything Can Works When You Know How to Steering It”

Sebelum mengakhiri artikel ini, saya ingin sampaikan satu hal penting. Berdasarkan pengalaman saya sebagai tim asistensi/mentoring banyak kali di workshop MilyarderTokoOnline.com, saya sering mendapat pertanyaan dari peserta dimana mereka ingin sekali mengetahui lebih dalam dan terperinci tentang Facebook Ads ini.

Oleh karena itu, saya bersama tim BBI berencana membuat sebuah materi video yang menjelaskan tentang Facebook Marketing dengan lebih mendetail.

Jadi ada dua pertanyaan (anggap saja kuesioner) yang saya ingin feedback Anda yaitu:

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Kalau iya, maka tolong tinggalkan komentar dibawah ini ya agar saya mengetahui seberapa banyak ketertarikan Anda dengan Facebook Ads.

Atau apakah Anda mengalami kesulitan selama beriklan di Facebook? Sampaikan saja di kolom komentar di bawah ini dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan Anda pada video yang akan saya buatkan selanjutnya.

Akhir kata, terima kasih karena Anda telah membaca hingga akhir artikel ini. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang besar buat Anda.

Salam Sukses,

Riki Yohanes

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

GRATIS Video Series: Facebook Success Blueprint
Ingin Melipat-Gandakan Omset Bisnis Anda?

Pelajari Video Series GRATIS tentang Strategi Facebook Marketing yang Efektif, Low Cost dan High Profit yang telah terbukti menghasilkan omset ratusan juta.

Akses Video Sekarang

  • Mau banget belajar fbads lebih dalam, keluhan nya tuh untuk saya kayak gini :

    saya iklan di banyak channel ex : Line, IG, forum, Google ads.

    ketika saya iklan di Fb saya jadi tidak tahu KPI / konversi yang terjadi di penjualan FB.

    kalau di luar negeri ya kan enak tinggal pasang pixel di Page Checkout lalu tau iklan FB yang mana yang jalan, mana yang engga.

    nah ini kan di Indo, closing salesnya semua di Line / Wa / Bbm.

    jadi saya bingung ketika saya split testing contoh 10ads di FB, saya gak tau yang iklan paling konversi nya dimana.

    Kalau tau yang paling Konversi di Iklan tersebut, kan tinggal ads yang lain saya tutup. lalu saya optimize aja 1 iklan yang jalan tersebut.

    masalahnya Konversinya gak ketauan, karena mayoritas orang indo closing nya di Line / Wa.

    Thank you !

    • Cara paling mudah adalah dengan memisahkan kontak CS, jadi misal traffic yg dari FBAds diarahkan ke CS1, dari Google Adwords ke CS2, dari forum ke CS3, dst. Memang jadinya harus punya beberapa smartphone ya.

      Atau cara lain ya tinggal beri kode kupon diskon sebagai penanda, jadi kasih keterangan, misal “sebutkan kode diskon PROMO1 saat order untuk dapat potongan 10%”, dan buat kode kupon yg berbeda untuk setiap traffic, bisa jg diterapkan untuk split iklan ya.

      Semoga bermanfaat 🙂

      • Terima kasih balasannya.

        Teori nya memang bagus sih, cuman praktik nya pasti gak sesuai, customer itu akan lupa kode nya, dan hanya akan bilang *lah tadi katanya diskon 10%*

        kalau kita maksa malah customer kabur nanti pasti, karena belanja jadi ribet.

        jadi intinya gak ada cara lain ya Mas ?

        kalau mas sendiri iklan di Fb ads testing nya bagaimana kalau jalanin 10ads misalkan ? (kan kita nyari yang paling profitable nanti)

        pasti ada yang di korbankan, dan ada yang di scale lebih lanjut kan.

        Apa KPI yang mas pakai dalam Stop Fbads-1, atau Scale Fbads-2

        Terima kasih.

        • Yup memang pd dasarnya akan sulit mengukur data secara akurat 100%, kalau mau meng-edukasi customer tentu kita tetap kekeuh tidak mau memberikan diskon tanpa kode kupon, tapi kalau mau mengalah krn takut cust kabur ya silahkan.

          Kalau saya sendiri tetap menggunakan report dr FBAds sebagai acuan, jadi biasanya saya lihat CTR mana yg paling bagus.

          Thanks

        • Riki Yohanes

          Wah pertanyaan yang sangat kritis dan bagus sekali pak 🙂 semoga jawaban saya ini bisa mewakili ya pak

          1. Bicara ttg konversi itu ada 2 jenisnya yaitu:
          – MICRO Conversion: berbicara ttg konversi seperti dapatkan lead saja, seperti masukkan form atau download sesuatu. dalam hal ini bukan sales.
          – MACRO Conversion: biasanya bicara ttg sales / penjualan (sepertinya ini yang bapak maksudkan)

          2. Kalau bapak ingin ukur konversi dengan cara memakai conversion pixel dimana kode pixel diletakkan di thankyou page, itu bs dilakukan.

          Tapi klo saya melihat perilaku customer di indo yang masih banyak closing salesnya melalui wa / bbm (seperti yang bapak juga katakan) maka konversi yang seharusnya kita ukur di web adalah micro conversion untuk saat ini dan bukanlah macro conversion 🙂

          Lalu setelah kita mendapat data lead (micro conversion) nah… dari sinilah fungsi penting admin cs kita untuk lakukan follow up kepada tiap lead yang sudah masukkan data mereka 🙂

          Suatu saat saya yakin dengan perkembangan tech yang sangat cepat ini, pasti akan ada waktunya kita bisa ukur macro conversion di website langsung.

          3. Klo ingin ukur sampai ke tahap macro conversion maka untuk orang indonesia, kita harus split / siapkan BBM / WA yang terpisah untuk tiap channel FB ads yang kita jalankan

          Tips dari pak Hans dapat digunakan, walaupun memang ada kemungkinan orang lupa seperti yang bapak sampaikan

          4. Untuk ukur KPI, metrik yang saya gunakan adalah tergantung dari goal yang ingin saya capai pak 🙂

          Misalkan: apabila yang anda ingin ukur adalah seberapa bagus format ads anda dimata audience dan berapa banyak klik yang ingin didapat dari iklan2 anda maka anda lihat ke metrik “CTR” dan “click”

          just notes:
          CTR: click through rate –> berapa persentase orang yang mengklik iklan tersebut dibandingkan dengan berapa banyak orang yang melihat iklan tsb

          Apabila yang ingin anda ukur adalah seberapa banyak orang yang klik like / komen / share terhadap ads anda maka metrik yang anda lihat adalah metrik “engagement” dimana keliatan berapa banyak jumlah like komen share dari tiap iklan anda

          dan begitu seterusnya pak, itu sebabnya saat ini facebook memberikan kita banyak opsi untuk sesuaikan metrik yang memang ingin kita ukur 🙂 dan tidak lagi berpedoman hanya kepada satu metrik, misalkan CTR saja 🙂

          Semoga jelas dan bermanfaat, Salam r1k1

          • Terima kasih pak Riki atas masukan dan sarannya serta ide ide yang pak Riki tuangkan.

            karena memang bingung untuk melihat mana yang menjadi konversi ke sales untuk sekarang, di karenakan Orang Indonesia yang belum bisa langsung belanja lewat website.

            tetapi disini saya tarik kesimpulan aja, pokoknya Iklan yang perlu di scaleup dibanding iklan – iklan yang lain adalah :

            1. engagement yang terbanyak (dengan budget masing2 fbads nya sama )

            2. CTR Terbesar (dengan budget masing2 fbads nya sama )

            jadi tidak sabar ketika Pak Riki mengeluarkan training fb ads nya, karena dari jawabannya sudah bisa di buktikkan bahwa pak Riki adalah praktisi langsung.

            Bukan “Coach2” yang ngajarin apa yang tidak dia lakukan.

            Sukses terus pak !

          • Riki Yohanes

            Hehe… begitu ya pak 🙂 kesimpulan itu sudah cukup mewakili, apabila bapak melihat sampai titik itu (engage & CTR) saja ya pak

            Tentu kalau berbicara macro conversion, tahapan selanjutnya setelah itu benar – benar harus diperhatikan dan dioptimasi lagi lebih detail (seperti kualitas landing page / promo2 produk / kualitas CS) dll… karena untuk terjadi sales, semua proses itu harus dilalui 🙂

            Klo tentang “coach yang ngajari apa yang tidak dia lakukan” saya hanya bisa bilang kalau saya menyampaikan apa yang sudah jadi pengalaman saya berjualan selama ini saja 🙂

            Dan justru saya kurang terlalu paham dengan teorinya, yang penting ada sales dan berkesinambungan karena itu tandanya metode itu bekerja efektif 🙂

            Salam r1k1

  • Rico Satria

    Mau Banget! Selama ini saya belum memanfaatkan FB Ads.

    • Riki Yohanes

      Siap pak Rico 🙂 salam r1k1

  • hendra

    Halo Mas Riki… artikel FB Ads nya keren bgt… ada beberapa pertanyaan yang mau saya sampaikan: 1. apakah beriklan dg kartu kredit, neteller atau transfer bank di FB Ads itu bisa mempengaruhi AME?
    2. Mana dari ketiga cara tadi atau lebih, yang menurut Mas Riki, paling bisa meminimalisir AME?
    3. Unk menghindari AME, apa yang seharusnya kita fokuskan Mas? Karena saya sudah melihat langsung dan mengalami sendiri beriklan tanpa konversi dan berkali kali kali kali kali kali…… AME. menggunakan agency pun ternyata tidak memuaskan sama sekali…
    Maaf banyak sekali, tengkyu banyak mas Riki…

    • Seharusnya selama kita menggunakan FBAds sesuai ketentuan dari Facebook tentu tidak akan terkena AME

    • Riki Yohanes

      Hello mas Hendra,

      1. Thankyou atas komentarnya, really appreciate it 🙂

      2. Selama anda menggunakan opsi payment yang disarankan FB makan kemungkinan terkena error menjadi semakin kecil pak

      3. Menurut saya adalah kartu kredit ya pak (pengalaman pribadi 4 thn pakai kartu kredit untuk FB ads)

      4. Fokus ke term yang diinginkan FB pak 🙂 klo boleh saya saran tidak usah tll fokus akan kekuatiran AME, karena dari pengalaman AME itu akan datang cepat atau lambat dan ketika kita bisa jelaskan dan berikan data sesuai yang diinginkan FB seharusnya lancar

      Saya melihat AME itu sebagai sebuah proses verifikasi normal ketika kita serius ingin beriklan di FB 🙂

      Berbicara tentang agency, banyak yang harus diperhatikan ya pak, dan memang tidak mudah. Saya pribadi lebih memilih jalur personal untuk marketingkan produk atau bentuk tim sendiri.

      Kalau anda berencana untuk kasih ke agency, pastikan anda mengerti betul tentang konsepnya sehingga ekspektasi bapak tercapai setelah iklan dijalankan agency 🙂 (banyak hal yang harus diperhatikan ya pak)

      Semoga jelas, Salam r1k1

  • Harso

    mau banget. selama ini saya iklan di facebook tappi hasilnya nggak ada

    • Riki Yohanes

      Baik pak, silahkan diikuti saja artikel dan videonya agar bapak memiliki pengetahuan yang terstruktur tentang FB 🙂

      Salam, r1k1

  • Hajar saja bro riki…saya berkeyakinan penuh masih banyak yg blm paham seputar fb ads, termasuk alumni mto sekalipun.
    Makanya sekali di luaran sana, yg memfasilatasi secara khusus workshop fb ads dengan harga yg lumayan. Tidak mahal memang jika di bandingkan dengan ilmu yg di dapet…

    Klo mto team buat produk seputar fb ads…sy irg pertama yg akan beli…terlebih jika ngadain workshop..lebih ajib lagi..
    Memang akhir akhir ini sy sedang mendalami fb ads – ( beralih ke fb gara gara dpt surat cinta dr gugel) tp bersyukur jd belajar trik lain dan ketemu dgn mastah mastah fb ads sebut saja iqbal maulan , yudhis adi nugroho dan masih banyak,sempat tersesat juga walaupun pada akhirnya paham sedikit seputar fb ads.

    Jgn tunggu lama lagi pak sukarto and team…hajar bleh…hehe..hehe. sy sempat mau ikut workshop nya digital marketing yg membahas khusus fb ads…tp berhubung lumayan agak tinggi ya…sy pending. Mentornya klo tidak salah….yg nulis artikel ini…jgn di jewer klo salah ya masbro…hihi.

    Klo pak sukarto ini adalah artikel terpanjang…di mto. Dan inilah komen terpanjang di mto…sorry…

    Maklum setelah belajar sedikit ttg copywriting…jd doyan ngetik. Numpahin apa yg ada di kepala…

    Eeehh….
    Sudah ah kepanjangan…takut di jewer..

    Pokoknya saya dukung dan ikut 1000%

    • Ditunggu aja Pak tanggal main-nya, hehehe…

    • Riki Yohanes

      Wah senangnya saya melihat komentar pak Agus 🙂 jujur saja salah satu kebanggaan saya saat menulis artikel adalah ketika melihat orang spt pak Agus memberikan komentar yang bisa saya rasakan antusiasnya, hehe…

      Thanks pak atas dukungannya jadi membuat saya lebih bersemangat 🙂

      Semoga apa yang kami tampilkan dapat memberikan manfaat ekstra untuk bapak ya 🙂

  • Rony

    Pengen banget bisa iklan di Fb Ads, tp takut kena AME, bgmn cara nya yaa..?? agar tidak kene AME dan buang2x biaya iklan yg banyak..??

    Mohon diberikan Tutorial proses pembuatan FB Ads dari A to Z, yg bisa lolos dari AME

    Trima kasih

    • Riki Yohanes

      AME = ads manager error 🙂

      1. Dari pengalaman, AME itu terjadi ketika facebook melihat ada indikasi pemasangan ads yang kurang sesuai dengan term FB. Oleh karena itu ckp penting mengetahui term nya FB ya pak 🙂

      2. AME itu tidak perlu ditakuti karena hampir semua akun FB yang beriklan dalam perjalanannya akan mengalami AME.

      Saya melihat AME itu sebagai suatu proses verifikasi data pak, jadi kalau bapak bisa berikan data jelas seperti yang diinginkan FB seharusnya AME itu tidak jadi masalah 🙂

      3. Saran saya, hubungkan page anda dengan lebih dari 1 admin yg bs mengakses nya sehingga klo akun anda yang 1 mengalami AME dan permanen, masih ada akun lain yang bisa menghandle page bapak tersebut 🙂

      Semoga jelas dan bermanfaat, salam r1k1

  • Buddy

    Saya ingin tahu lebih banyak. kalo bisa jangan cuma facebook ads tapi google adword juga. Saya ga sabar nunggu tutorial videonya

    • Pasti nanti akan ada video tutorialnya, ditunggu ya Pak

      • Riki Yohanes

        😀

    • Riki Yohanes

      Baik pak, untuk facebook saya akan coba jelaskan lebih detail ya di video. Untuk google adwords saya akan sampaikan kepada pak Sukarto 🙂 Trims, salam r1k1

  • Rini Wulandari

    Terimakasih sharingnya pak! Top sharingnya nih… Saya ingin tau lebih banyak. Sudah sering pakai FBAds tapi masih bingung yg dianggap iklan yg baik & yg efektif itu yang seperti apa? Bagaimanakah cara mengukurnya? Berapakah biaya ideal per kliknya? dll

    • Riki Yohanes

      Iklan yang baik dan efektif itu adalah iklan yang memenuhi goal yang anda tuju di awal sebelum memasang iklan FB. Berbicara mengenai goal ini anda harus jelas ya diawal goal nya yang anda inginkan seperti apa 🙂

      Cara mengukurnya sangat banyak, facebook sendiri menyediakan banyak metrik untuk melihat hasilnya sesuai goal yang anda set diawal

      Untuk biaya perklik itu tergantung dari performa iklan ibu ya. Biasanya diawal tentu bisa sangat bagus klo cara beriklannya tepat tapi perlu diketahui jg bahwa iklan ibu berjalan untuk jangka panjang jadi pasti seiring berjalan waktu biaya perklik akan berubah.

      Biaya perklik untuk iklan yang berjalan 3 hari tentu beda dengan iklan yang berjalan sudah 2 bulan misalkan 🙂 semoga cukup jelas

      Baik bu Rini 🙂 semoga videonya nanti bermanfaat ya

  • Irwan Mulyana

    Saya sangat ingin tahu lebih banyak tentang FB ads, krn selama ini sy memang blm pernah menggunakannya. Semoga cepat terrealisasi video tetang FB ads nya. Kalau bisa penjelasan pertahap sprt video tutorial MTO yg lain ya (dari 0). Karena saya betul2 ga ngerti, hehehe… t.ksh

    • Riki Yohanes

      Amin pak, kami berusaha untuk berikan yang terbaik. Semoga videonya nanti bermanfaat ya pak 🙂 Salam r1k1

  • Arif Priyanto

    sangat membantu sekali mas,terimakasih Artikelnya

    • Riki Yohanes

      Wah… senang bisa membantu pak Arif 🙂 Salam, r1k1

  • Deden saepulhaq

    untuk saya yang Gaptek artikel ini sangat membantu,..jadi terbuka wawasan saya tentang dunia internet khusus nya promosi di dunia toko online…yg dimana saya ingin sekali mempunyai toko online…karena kalau buka toko konvensional sangat besar biayanya,..mudah”an dengan adanya sharing ilmu yang bapak sampaikan mimpi saya buat punya toko online cepat terealisasi….aamiin.

    • Riki Yohanes

      Amin pak, memang saya bertujuan untuk mendekatkan hal itu pak Deden 🙂

      Semoga bermanfaat ya, salam r1k1

  • Abdul Wahab

    Saya tidak sabar menanti tutorial videonya, semoga mas Riki selalu diberi kesehatan dan kesuksesan..amin..

    • Riki Yohanes

      Wah…senangnya dapat komentar yang antuasias. Saat ini sedang diproses ya pak Abdul. Semoga bisa keluar dalam waktu dekat.

      Amin. Salam r1k1

  • gunawan

    Thanks untuk info yang diberikan, tips yang diberikan sangat baik dan menambah wawasan, semoga Tuhan memberikan kesuksesan yang lebih lagi, jika ada tutorial video tersebut boleh kiranya di sharing, thanks

    • Riki Yohanes

      Amin pak Gunawan 🙂

      Tentu saja, dinantikan tontonannya dan komentarnya juga ya pak. Salam r1k1

  • tino1717

    Artikel yang sangat bermanfaat. Terima kasih untuk Pak Riki dan Pak Sukanto. Saya berminat dan mendukung rencana utk membuat video tutorial ttg FB ads. 🙂

    Boleh tanya p Riki? FB ads itu kalo diklik diarahkan kemana ya? (1) Ke postingan salah 1 produk di Fanpage kita? (2) Ke postingan salah 1 produk di webstore kita? (3) Ke homepage Fanpage? atau (4) Ke homepage webstore kita? itu dulu pak, Terima kasih… 🙂

    • Riki Yohanes

      Hello pak Tino,

      Terima kasih atas dukungannya ya pak 🙂

      Oke, saya cb jawab ya pak Tino

      Secara garis besar iklan FB yang kita pasang bisa diarahkan ke 2 tempat yaitu:
      1. Ke facebook
      klo ke facebook itu bisa ke banyak tujuan, seperti bisa diarahkan ke salah satu status / postingan page anda di facebook, bisa diarahkan ke album page anda di facebook, bisa juga ke halaman depan page anda.

      2. Ke luar facebook (external URL)
      klo keluar ke facebook, anda bisa arahkan ke URL mana saja yang anda inginkan. Biasanya ini diarahkan ke website anda ya & anda bebas tentukan ke website anda yang bagian apa, seperti boleh ke bagian khusus produk A, atau ke halaman kategori “sepatu” misalkan, atau ke homepage seperti yang bapak sampaikan diatas juga boleh

      Poinnya adalah ke 2 tujuan itu ya pak 🙂 semoga jelas dan bermanfaat. Salam r1k1

      • Rony

        Dear P.Riki,

        Mohon sarannya, lebih murah mana dalam segi biaya iklan (per klik nya), ketika dalam promosi produk kita jika menggunakan FB Ads, mengarahkan ke Fanpage/Group kita atau ke website kita..??

        kemudian jika kena semprit FB (AME) sebaiknya kita dalam membuat iklan menggunakan Akun Personal kita atau Akun Klonengan..?? takut nya ketika kena semprit FB akun kita juga kena BANNED FB…??

        Mohon saran dan masukannya, P.Riki, trims sebelumnya…

        • Riki Yohanes

          Tidak bisa dilihat secara mutlak dari sisi itu saja ya pak, karena banyak faktor yang menentukan, tapi dari pengalaman selama ini, saya anjurkan bapak coba dengan mengarahkan ke facebook dulu ya pak 🙂

          Yang paling aman adalah selalu gunakan akun personal dengan history yang sudah lama pak 🙂 karena sebenarnya facebook ingin agar kita memang beriklan dengan benar.

          Semoga menjawab 🙂 salam r1k1

  • cangevendi

    Untuk pertanyaan :
    1. Boleh pak, tentu saja saya ingin mengetahui lebih banyak
    2. kalau untuk toko online sejauh ini belum ada masalah pak, tapi kalau beriklan untuk cpa entah kenapa cpcnya mahal dan traffic dari fb gk konvert2 :p. kalau bapak punya pengalaman disini tolong di include di video y 🙂

    • Riki Yohanes

      1. Terima kasih atas komentar dan niatnya untuk belajar dari kami 🙂

      2. Berbicara mengenai CPA, banyak poin penting yang harus dibahas ya pak.

      Jujur saja saya belum menjalani CPA dengan FB Ads, dikarenakan keterbatasan waktu. Di CPA anda butuh waktu yang cukup banyak untuk setting campaign dan monitoring, tak lupa membuat LP (+desainnya)

      Tapi saya cukup mengikuti perkembangannya karena apabila ada kesempatan, saya ingin juga terjun ke dunia tersebut.

      Untuk sukses di CPA itu saya bisa katakan 2 hal yang paling penting yaitu kemampuan memilih OFFER dan melakukan TRACKING.

      Klo bicara tentang traffic yang tidak konvert itu kemungkinan targetnya kurang tepat, dan juga tracking nya masih kurang mendetail 🙂

      Mungkin itu dulu ya pak karena CPA adalah sebuah usaha yang perlu proses yang cukup panjang jadi harap dimaklumi.

      Untuk diinclude di video, akan dipertimbangkan ya pak tetapi belum pasti karena ada keterbatasan waktu di video yg dibuat nanti 🙂 Trims

      Salam r1k1

  • Jack Liong

    Trims, Pak Riki, artikel yg bermanfaat. Mau tanya ni Pak, pembayaran Facebook Ads, tidak bisa pakai paypal, ya?

    • Sangat bisa pakai Paypal, sudah lama saya pakai paypal utk bayar FB Ads. Tapi akun nya memang pakai US$.

      Sekrg utk akun Indo dgn currency Rp, facebook sedang dalam proses bisa top up balance pakai ATM Bersama dan via Alfa Mart. Belum semua akun, baru sebagian.

      Tapi ke depannya saya yakin FB akan membuat banyak kemudahan utk pembayaran iklannya.

      thx

      • Jack Liong

        Trims, Pak Sukarto. Kalo ingin membuat akun Non Indo (pakai US $), caranya gimana, ya Pak? Trus email yang didaftarkan untuk akun facebook baru, apakah harus email paypal kita? Trima kasih sebelumnya, Pak.

        • Ini maksudnya akun FB Ads ya? Kita bisa kok punya akun FB Ads Indo tapi currency nya US$, seringkali kalau buat akun fb ads yg baru, default nya adalah US$.

          Setelah itu baru kita rubah ke Rupiah. Gak harus email paypal kita yg digunakan utk FB Ads, itu 2 hal yg berbeda, tapi identitasnya sama ya… (nama di FB dan nama di paypal) biar lebih aman.

          thx

          • Jack Liong

            Trima kasih, Pak Sukarto. Maaf, mau tanya lagi.
            Di akun fb saya, tidak tersedia metode pembayaran iklan fb ads dengan paypal. Hanya ada dengan kartu kredit, dan ATM bersama. Apakah bisa disetting/ditambahin metode pembayaran dengan paypal-nya. Kalo mengisikan data kartu kredit langsung, saya agak kuatir keamanannya. Trims Pak.

          • Wah saya juga heran tuh kalau pilihan Paypal tidak ada, karena biasanya yg selalu ada adalah CC dan Paypal, malah yg ATM Bersama belum semua dapat.
            Apa FB melakukan perubahan ya? Mungkin bisa tanyakan ke FB langsung kali ya… thx

  • ayah ammar

    artikel sangat bermanfaat. apalagi buat saya yg baru mulai usaha online. terima kasih

    • Riki Yohanes

      Pak, Ayah Ammar, terima kasih ya atas komentarnya 🙂 Saya senang kalau ada teman – teman yang selalu berkomentar baik itu baik dan buruknya tak masalah karena menjadi masukan untuk lebih baik lagi 🙂

      Salam r1k1

  • arcakom

    Thanks artikelnya, saya kembali punya solusi menjual produk saya, krena sy hampir mentok dalam bisnis online.

    • Riki Yohanes

      Sama – sama pak Arcakom, senang bisa membantu 🙂

      Klo begitu pastikan bapak tonton video yang akan datang ya, karena akan lebih banyak lagi ilmu premium yang akan disampaikan secara gratis 🙂

      salam r1k1

  • Riki Yohanes

    Baik pak Andrei, hehe… untuk adwordsnya nt saya sampaikan juga ya masukan bapak ke BBI, Trims.

    Salam r1k1

  • Riki Yohanes

    1. “Omset ratusan juta rupiah dengan jualan produk ratusan ribu” BISA atau tidak?
    Jawabannya BISA ya pak karena memang itu hal yang saya lakukan sehari – hari 🙂 bahkan nanti di salah satu video saya akan bongkar salah satu bisnis saya yang baru berjalan belum 6 bulan dengan kriteria barang + pencapaian omsetnya persis seperti yang bapak sampaikan diatas (100% fakta) 🙂

    2. Untuk produk bapak itu, kita harus melakukan riset terlebih dahulu dengan metode tertentu, dan setelah dapat insight yang cukup tepat, maka kita harus masuk ke tahap testing iklan tahap awal untuk memastikan apakah benar produk bapak bisa menghasilkan atau tidak.

    Kuncinya: anda sebaiknya beriklan dengan membidik target yang sepesifik mungkin dengan produk anda 🙂

    Pembahasan – pembahasan lebih mendetail biasanya dibahas di dalam workshop pak karena memang alurnya tidak semudah itu 🙂 tapi garis besarnya seperti yang saya sampaikan barusan.

    Semoga jelas ya pak sampai tahap ini, salam r1k1

  • Hendry Risjawan

    terima kasih pak atas artikelnya yg luar biasa memberikan pencerahan utk saya yg baru ini. sy byk mengalami spt yg bpk alami diawal, sehingga dgn adanya artikel ini akan sy coba pratekkan. dan jika ada masukan lainnya dgn senang sy akan membacanya

    • Riki Yohanes

      Terima kasih atas komentarnya pak Hendry. Baik, nantikan video berikutnya ya pak dimana saya akan bahas beberapa poin penting lebih mendalam.

      Salam r1k1

  • Dadung Sulaeman

    Waah…keren artikelnya…mengupas tentang FB Adsnya, walau saya masih awam tentang FB Ads itu apa?…jadi penasaran… hehehe…ditunggu videonya mas…!

    • Riki Yohanes

      Terima kasih pak Dadung atas komentarnya 🙂 oke, ditunggu ya videonya. Trims, salam r1k1

  • Acmat Valdo

    saya kesulitan untuk beriklan apa yang perlu di iklan solusinya ya….

    • Riki Yohanes

      Pak Acmat, silahkan nonton video yang akan datang ya untuk lebih jelasnya.

      Saya akan bahas beberapa poin penting tentang FB di beberapa video kedepan. Trims, salam r1k1

  • Franky

    Terima kasih Pak Riki utk artikel nya yang luar biasa.. saya mau tanya utk mengatur jam tayang iklan bagaimana caranya ya? selama ini yang saya tau ketika saya beriklan hanya ada pilihan umur, jenis kelamin, lokasi, tag, dan budget.. mohon petunjuknya

    Terima kasih

    • Riki Yohanes

      Hello pak Franky,

      Jam tayang hanya dapat diatur ketika kita memilih opsi “lifetime budget” di ads manager atau power editor ya pak

      How To: (saya simpulkan bapak sudah tau cara create ads dari ads manager yah)
      1. Create ads
      2. Pada opsi “budget” pilih dropdown yang “lifetime budget”

      Settingan defaultnya di facebook adalah “daily budget” jadi opsi untuk memilih jam tayang tidak muncul dan bapak harus menggantinya dl ke opsi “lifetime budget”

      3. Pada opsi ” Ads Scheduling” pilih yang “Run Ads On a Schedule” kemudian atur jam tayang dan harinya ya pak 🙂

      Semoga jelas ya pak, salam r1k1 🙂

      • Franky

        thanks Pak Riki untuk pencerahannya.. akan saya coba petunjuk dari Pak Riki

        Terima kasih

        • Riki Yohanes

          Senang bisa membantu 🙂 salam r1k1

  • Rama Aditya

    WOW! Ilmu Premium ini mas Riki. Thanks atas Kesediaannya berbagi ilmu yang keren ini 🙂
    Saya
    sendiri masih minim pengalaman dalam menggunakan FB Ads. yang ingin
    saya tanyakan, banyak saya liat para mastah bisa mendapatkan tarif yang
    murah dalam beriklan menggunakan FB Ads (hingga cuma Rp. 1/click). Nah,
    Kira-kira apa saja ya faktor yang menentukan supaya kita bisa
    mendapatkan tarif yang murah tersebut? mohon petunjuknya

    Terimakasih 🙂

  • Damar Alam

    Pa Riki, terima kasih buat share ilmunya…ini sangat berguna buat bekal perjalanan awal pengembangan bisnis saya…

    • Riki Yohanes

      Senang mendengarnya dan senang bila bs membantu 🙂 salam r1k1

  • Rudi Gopal

    Thanks bro Riki….meskipun pernah membaca sebelumnya…tapi tetep masih menarik buat saya. Semakin sering saya baca, semakin penasaran memraktekkannya…

    • Riki Yohanes

      Thanks pak Rudi 🙂 Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa take action 🙂 Salam r1k1

  • Terimakasih Pak Riki, Video ke 2 sangat powerfull.

    • Riki Yohanes

      Thanks atas komentarnya pak Afret 😀

      Video 3 udah launching ya, silahkan ditonton dan semoga bermanfaat 🙂 salam r1k1

  • Lina Wangsa

    Artikel yang sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya pak Riki. Terima kasih atas sharing artikel dan FB Ads Video Series-nya sangat mantap! Sudah tidak sabar menunggu jadwal training untuk materi FB Ads 😉

    • Hallo Bu Lina.. Terima kasih atas feedback positifnya. 🙂 Senang mendengarnya

      Pastikan email Anda terdaftar, nanti akan diinfokan jadwal training intensif FB Success Blueprint melalui Email Anda.

      • Lina Wangsa

        Iya pak saya sudah mendaftarkan email saya. Tapi belum diinformasikan untuk lokasi dan biaya training. Kalau jadwal sudah di emailkan November nanti di Surabaya. Saya sangat berminat mendaftar. 😀

        • Riki Yohanes

          Sudah ada ya ibu 🙂 Silahkan ke link ini:
          http://fbsuccessblueprint.com/workshop

          Semoga jelas dan bermanfaat, Salam r1k1

          • Lina Wangsa

            Iya pak Riki Yohanes, saya sudah daftar hari pertama pendaftaran dibuka dan sudah dapat Bonus Fast Action konsultasi online selama 6 bulan. YES! Sudah tidak sabar mengikuti workshop-nya November nanti di Surabaya. 😀

  • Yusak

    Trims pa Riki…wawasan saya jadi terbuka tentang ads FB ini…

  • Yusak

    pak . Riki, saya mau tanya, di video ke 2 , bapak jelaskan bahwa kalo kita posting iklan di FB sebaiknya jangan setiap hari dengan model iklan yang sama, sebaiknya / efektifnya minimal selang berapa hari pa….kita pasang iklan kita lagi ?…

    • Saya jawab dulu ya pak…

      Yang dimaksud di video 2 adalah posting organik pak, bukan FB ADs.
      thx

    • Riki Yohanes

      Bukan posting “IKLAN” ya pak. Yang saya maksud adalah posting status di facebook baik itu profil / page 🙂

      Tidak ada interval yang baku pak klo bicara jarak waktu antar tiap postingan status, yang perlu diingat adalah:

      – postinglah pada waktu dimana orang paling banyak online di fb
      – postinglah sesuatu yagn memberikan value sangat tinggi agar mendapat banyak interaksi dari teman2 / fans anda

      Semoga jelas 🙂 r1k1

  • Jack Liong

    Pak Riki. Saya ingin mengiklankan toko online saya di Tokopedia. Apakah bisa menggunakan Facebook Ads ini?

    • Sangat tidak disarankan 🙂 Rugi banget kalau promote toko nya di tokopedia, bisa Anda yg bayar iklan, tapi customer beli di toko orang lain he..he..

      Baca artikel :

      http://belajarbisnisinternet.com/jualan-di-marketplace-atau-di-toko-online-sendiri/

    • Riki Yohanes

      Betul kata pak Sukarto 🙂

      Saya tidak merekomendasikan cara itu dan menyarankan agar traffic nya diarahkan ke website bapak dikarenakan 2 hal: (menurut opini saya)

      – Semua traffik / visitor yang masuk ke website bapak, dapat “ditangkap” dan “dikumpulkan” agar di kemudian hari bapak dapat beriklan kembali kepada visitor – visitor tersebut

      – Visitor yang masuk akan lebih kenal dengan website bapak pribadi, sehingga membangun awarness visitor terhadap brand anda

      Sedangkan tampilan toko anda di marketplace rata – rata sama dengan penjual lainnya sehingga visitor tidak dapat mengingat brand anda

      Semoga bermanfaat, Salam r1k1

  • Salahudin Taqwallah

    Senang sekali bisa banyak belajar sama yg sudah ahli.. saya termasuk yg salah dalam mengeluarkan dana utk beriklan di FB.. hasil yg saya inginkan tdk sesuai.. tambah LIKE tdk maksimal dan penjualan tdk ada yg berasal dari FP yg ada tambah kontak pin BB.. saya harus banyak belajar lagi.. mudah2an ada kesempatan bisa belajar off line. Jika ada info mohon saya di kabari..
    No WA 082114061170

    Terimakasih

  • Riki Yohanes

    Dear pak Rahadi,

    Apabila anda saat ini belum memiliki akun google adwords, anda masuk ke http://adwords.google.com dan harus melakukan registrasi dahulu ya 🙂

    Setelah anda registrasi dan akun google adwords anda aktif, baru kemudian anda bisa login ke panelnya google adwords dan klik menu “tools” seperti gambar yang saya berikan 🙂

    Semoga jelas, salam r1k1

  • HCM

    Terima kasih mastah ini salah 1 artikel dgn ilmu terbaik tentang FB Ads sedunia maya 😀

    ow ya mas mau nanya nih boleh ya 🙂

    saya punya 5 akun fanpage dalam 1 akun profil yg sama.. 2 dari 5 akun FP ini sudah running bost post ads.. dengan menggunakan metode pembayaran yang sama via 1 PayPal yg Verified..sejauh ini berjalan lancar.. umur akun profilnya sendiri sudah 1 tahunan.. ads utk 2 akun FP tadi sudah sebulan ini di jalankan dengan budget 50USD.. dan persiapan untuk menjalankan ads di 3 akun FP lainnya..

    pertanyaannya :

    jika lebih dari 1 akun FP di profil yg sama menjalankan ads dgn metode pembayaran seprti di atas apakah aman & gak melanggar aturan FB?

    adakah batasan jumlah akun FP dalam 1 akun profil untuk ADS?

    mohon arahannya mas.. 🙂

    sy newbie tapi nekat hehe

    sy tertarik untuk belajar lebih…disini

    TERIMA KASIH

    • Setau saya tidak ada masalah, 1 akun FB boleh mengelola (termasuk pasang FB Ads) untuk banyak Fanpage, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. CMIIW 🙂

  • Jacko Nobel

    Terima kasih atas artikel nya om @riki_yohanes:disqus sangat detil ulasannya 😀

    saya dropship dari tokopedia dengan niche kosmetik dan tas… 🙂

    saya mau tanya om… soalnya saya ngalamin masalah yang sama sama om… saya udah nyoba ngiklan berkali-kali pakai PPE, namun yang terjadi adalah iklan saya dapat engagement CTR yang tinggi 10 persen lebih bahkan… namun tidak ada yang invite ke BBM saya…. Salah saya ada di mana ya om Riki?? 😀

    NB: Iklan terakhir saya, seperti yang saya tampilkan pada gambar, produk nya tas om, dan budget per hari 10 rbu…

  • Jacko Nobel

    Terima kasih atas artikel nya om @riki_yohanes:disqus sangat detil ulasannya 😀

    saya dropship dari tokopedia dengan niche kosmetik dan tas… 🙂

    saya mau tanya om… soalnya saya ngalamin masalah yang sama sama om… saya udah nyoba ngiklan berkali-kali pakai PPE, namun yang terjadi adalah iklan saya dapat engagement CTR yang tinggi 10 persen lebih bahkan… namun tidak ada yang invite ke BBM saya…. Salah saya ada di mana ya om Riki?? 😀

    NB: Iklan terakhir saya, seperti yang saya tampilkan pada gambar, produk nya tas om, dan budget per hari 10 rbu

    • Andi Qthink Mahmudi

      kasusnya sm seperti sya bahkan sya budget kan 50rb..tolong bantu dong dimana kesalahan & kekurangannya…atau bos jacko bsa qt sharing d bbm saya 51d9829c

  • Hayu Wulantari

    Pak Riki…kenapa dalam iklan saya tidak ada pilihahan pembayaran atm bersama?

    • Tidak semua akun lama ada pilihan itu, akun baru biasanya yang ada pilihan ATM Bersama. Bisa pakai solusi BNI Debit Online yg dibahas di website BBI ini.

  • Perlu perjuangan dan semangat pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yg diharapkan. Eniwe, trmksh untuk masukan nya 😀

    • Iya benar. Tetap semangad dan buat progress to do apa yang perlu dilakukan utk 1 minggu ke depan, untuk 1 bulan ke depan dan evaluasi apa yg telah Anda kerjakan

  • Nurul Hidayah

    Saya ada keluhan pada cost-nya. Biaya yang saya keluarkan seringnya antara Rp.400 – Rp.800
    Itu harga yang sangat mahal bagi saya. Adakah solusinya? Trimakasih

    • Kevin Nicolas

      pake yang murah aja

    • Anda dapat memperbaiki dari sisi Interestnya. Buat yang lebih spesifik.
      Alternatif lainnya, demografinya dibuat lbih spesifik, range umur dari sekian sampai sekian, yg sdh menikah saja.

      Buat variasi agar lbih spesifik..

  • Mantab tutorial + videonya, sangat membantu sekali.. (y)

  • mohon pencerahannya, mengenai cara scale up target interest facebook, khususnya cara memilih lokasi yg tepat, sebagai contoh gambar dibawah ini, mana lebih baik..apakah Denver atau Newyork ? krn sy masih bingung masalah prosentasenya yg harus dipilih yg mana ?

  • anisa

    Sy mau tanya knp setiap sya promosi iklan sy selalu kesalahan promosi…tlg pncerahannya…makasih

    • mksdnya kesalahan promosi, itu hasilnya kurang maksimal?
      di fb ads, kita perlu tes, agar dpt kompisisi yang tepat. Sehingga hasil maksimal.
      Dengan proses, mencoba, dan tahu apa saja yg perlu diubah (poin poinnya).

  • Terima kasih banyak gan, setelah membaca artikel ini paling tidak saya mengerti kalau memasang iklan di fb itu gak butuh yang namanya riset terlebih dahulu, tidak asal pasang sehingga tidak menghasilkan keuntungan dari iklan tersebut.

  • Ika

    Terima kasih artikelnya, ada pencerahan dan mudah2an bisa memperbaiki kesalahan2 beriklan yg sdh sy lakukan …
    Sipp … nice info …

  • bbiinside

    Terima kasih atas materinya. Sangat menarik. Untuk fbads yang saat ini, apakah harus memiliki website ya pak ? Karena ketika saya coba buat campaign, selalu diminta memasukkan /mengcopas code untuk tracking di website. Saya ingin buat campaign dengan produk dari clickbank tanpa perlu buat website tidak bisa. Jadi hanya promote link affiliate nya saja. Terima kasih.

    • Selain non affiliate, Anda tidak harus buat website. Jual produk langsung via Page FB bisa juga.

      Tapi Untuk affiliate, sbenarnya bisa jg pakai FB Ads
      Namun, kbnyakan landing page nya si Clickbank, itu sdh ditandai oleh FB.
      Facebook menggunakan “WOT” Web of Trust, sebagai salah satu indikator untk cek, kalau Merah, artinya pagenya tidak berkualitas. Rawan hal ini.

      Bbrapa orang, melakukan dengan cara, arahin ke website kita dulu pribadi. Trus baru ada tombol klik link aff ke arah landing page CB.

  • Dewi Shinta

    Sangat menarik. Sy termasuk yg sdh bbrp kali mencoba tp msh blom menghasilkan. Pertanyaan saya apakah dgn menggunakan GDP tdk akan tabrakan audience dgn ads lainnya yg memasarkan produk yg sama? Sy memasarkan aksesoris wanita. Sementara bnyk online2 shop yg jg memasarkan aksesoris wanita. Apakah audience yg sy create berdasarkan GDP tdk akan tabrakan dgn audience dr OS yg lain tsb?

  • mas don

    Terimakasih atas artikel nya. Baru pertamakali ini saya tahu apa itu FB ads, krn selama ini saya tahunya FB hanya untuk bersosialisasi dan cari teman. Saran saya jika akan membuat video, buatlah dari sisi pandang orang yg sangat awam seperti saya. Karena selama ini yg saya lihat dibanyak video, banyak yg membuat nya seolah2 audien sudah “agak” mengerti. bagi saya yg awam banyak istilah yg tidak mengerti, begitu pula cara membuka fitur2 nya.
    Sekali lagi terimakasih..

  • Yeka Putri

    Suka. Ilmunya manfaat. Mohon di share lagi bahasan fb ada lebih mendalam ya min. Makasih.

  • sony sudarsono

    permisi, mau nanya apakah fb ads bisa digunakan untuk bermain afiliate? dan kalo bisa apakah hasilny akan maksimal? terima kasih

    • Sangat bisa dan memang banyak yang melakukannya dgn berhasil. FB pada prinsipnya adalah sumber traffic, mau dipakai utk apa aja sih bisa. Tapi FB memang butuh proses belajar yg lumayan krn ada berbagai faktor yg menentukan keberhasilan. thx

      • sony sudarsono

        ouh, begitu ya, terimakasih atas jawabannya pak sukarto.

  • kahar

    bermutu sekali artikelnya ,,,

  • Rhafa BoosterStore

    Ada yg membuat saya bingung tentang Beriklan di Facebook, saya sudah membuat halaman dan saya juga sudah beriklan sudah berjalan 3 hari hasilnya yg like pun sangat sedikit, pertanyaannya adalah

    Difacebook untuk membuat iklan yg efektife harus berbayar, tapi saya bingung tentang Promosi Halaman dan Promosi iklan berbayar apa bedanya ya ?

  • muchidin cuy aj

    super sekali pak

  • Fends Crayola

    mau tanya dong min, saya sudah beberapa kali coba FB ads dan seperti case di atas, berujung dengan konversi yg tidak bagus & budget yang terbuang sia – sia(mungkin karena faktor riset yang kurang dan saya baru mengetahui tentang penggunaan GDP setelah membaca artikel ini.

    Yang saya mau tanyakan, seberapa besar/lama kita harus mencoba agar menemukan komposisi yang pas dalam menggunakan facebook ads(setelah menggunakan tools GDP juga yang diharapkan mungkin akan membantu saya dalam memperbaiki audience) agar kita dapat mengambil tindakan untuk merubah setting iklan dsb utk mengurangi resiko budget terbuang sia – sia dan tidak efektif(karena selama ini setelah saya mencoba menggunakan fb ads berkisar seminggu – 2 minggu dan tidak menghasilkan konversi akhirnya saya memutuskan utk berhenti menggunakan fb ads)?

    Mohon pencerahannya.
    Thx

    • Pak Fends.
      Untuk tahu apakah perlu di jalankan kembali iklannya atau di stop, itu dari hasil reportnya.

      Perhatikan juga daily budget Anda. Jika budget nya kecil harian misal 10rb, berarti memang perlu bbrapa hari, biar tahu hasilnya.

      Tapi kalau Anda sdh set daily budget 50-100rb / day, dalam hitungan 1-2 hari akan tampak hasilnya bagus atau tidak.

      • Fends Crayola

        oke, terima kasih untuk sarannya 😀
        akan saya coba lagi..

      • Fends Crayola

        Terima kasih,
        Saya punya pertanyaan mengenai fb ads setelah saya sudah mempraktekan apa yang diajarkan di video:

        1. Mengapa Biaya per Post engagement meningkat tetapi reachnya berkurang?
        Cth : reach 2k, cost PPE 500rp, sdangkan pernah reach 3k cost PPE 400rp

        2. Mengapa saya lihat grafik iklan semakin hari semakin turun baik dr segi engagement dan segi reach, dlm case ini apa yang hrs dilakukan?

        3. Saya pernah mencoba menggunakan google gdp(google display planner), tetapi data yang disajikan sangat minim sekali, adakah teknik reset untuk menentukan target audience yang baik/tertarget?

        Terima kasih untuk kesediaannya menjawab pertanyaan saya.

        Salam
        Fendy

        • 1. Faktor yg menentukan cost PPE, bukan reachnya, melainkan bnyk faktor sperti targeting audience Anda, age, gender, interest, dan ads copy nya juga.

          2. Coba Anda perhatikan Freq tampilnya sudah berapa, jika lebih dari 3.0, artinya iklan Anda sdh tampil 3 kali pada orang yg sama. Kolam audience (potential reachnya), sdh tercapai.
          Anda bs menggunakan lookalike audience

          3. Kalau FB Ads, pakailah Audience Insight.

          thx

          • Fends Crayola

            Bisa sedikit dijelaskan tidak untuk point kedua(jika sudah mencapai potential reach, gunakan lookalike audience)?

            Lalu btw, jika kita tidak menggunakan pixel, apakag kita bisa membentuk custom audience(karena saya belum membuat website jd belum bs menanamkan kode pixel)?
            Apakah jika kita membuat sendiri list daftar customer misal hanya dari nomor telp customer yg bertanya itu bisa dibuatkan custom audience dengan mengimport data nomor telp cust tersebut?

            Terima kasih

  • Isna Danu

    Terima kasih banyak pak, sangat powerfull dan bermanfaat sekali untuk saya yg newbie ini. kapan lagi ada workshopnya pak?

    • Pak @isnadanu:disqus
      Terima kasih atas feedback positif dari Anda.
      Untuk workshop tentang FB, kami akan infokan melalui email kepada Anda, silakan Download dahulu materi FB di

      http://fbsuccessblueprint.com/

  • Alex Xstyle

    Hallo pak,

    Begini saya mau tanya perihal facebook page promosi.

    Kalo seandainya saya sudah transfer biaya iklan, dalam hal ini dalam bentuk saldo prabayar.

    Bagaimana saya konfirmasi kepada pihak facebook jika saya telah melakukan pembayaran?

    Apakah Facebook otomatis mengetahui bahwakita suda membayar?

    Terima kasih.

    • Pak @alexxstyle:disqus Sejauh ini, saya belum pernah pakai pembayaran transfer bank lokal (topup saldo). Saya seringnya pakai credit card.
      Setahu saya, otomatis pak Alex masuk ke saldo FB Anda maks 7 hari kerja. Tapi biasanya bbrapa jam sdh masuk.

    • m4rmud

      sy pernah isi via transfer ATM. nanti bapak akan diberikan step by step nya via email. nah bapak tinggal ikuti aja petunjuk yang dikirimkan

  • Yonathan Christian

    Klo bisa dibuat buku atau e-booknya…

    • terima kasih pak @yonathan_christian:disqus atas masukkann.

  • euis hanifatun hasanah

    Selamat Siang..
    Saya sedang riset mengenai facebook ads.. Syukurlah di blog ini saya mendapatkan ilmu baru lagi.. Yang saya fikirkan, saya takut mengeluarkan budget dengan sia-sia.. Oke, misal hari pertama saya bayar biaya facebook ads.. adakah jaminan hari pertama itu saya bisa melakukan penjualan? atau diganti pertanyaannya, seberapa lama facebook ads bisa memberikan hasil? Entah kenapa saya masih ragu dengan facebook ads.. Mohon pencerahannya.. Terimakasih..

    • Tidak ada jaminan 🙂
      Apapun ads (iklan), yg kita pasang, baik di internet (FB, Adwords) ataupun di offline, seperti koran lokal KOMPAS (jakarta) atau di kota Anda, semua tidak ada jaminan, akan untung di hari pertama bukan?

      Yg pasti adalah, itu pintu peluang, untuk mendatangkan calon customer Anda.
      Jadi tidak perlu kuatir ini itu, just do it dan evaluasi.

      Jika seandainya biaya terkucur, tapi tidak membuahkan hasil dari sisi profit, Anda sebenarnya dpt pembelajaran berharga, yaitu dari pengalaman Anda itu.

      Semua pebisnis online, mengalami fase ini, di mana ada biaya untuk tes dalam beriklan.

  • dina

    Selamat sore..
    Dari awal saya jualan menggunakan fb ads baru laku satu.. kasusnya percis seperti yang anda terangkan.. terima kasih akan saya langsung praktekan..

  • Arie Rachman

    Semoga berkah ilmunya gan..
    Sangat Bermanfaat banget buat saya (nubi)

  • ka pude

    Terimakasih pak, artikel dan video yg sangat bermanfaat. . Ditunggu video kedua nya y pak

  • agus

    Terimakasih sekali informasinya pak,sangat membantu

  • Indosaji Id

    trimakasih pak, praktekk nihhh

  • Ary Syahrial

    Terima kasih pak, sungguh ilmu yang sedang saya cari2… pencerahan banget, dalam kesempatan ini saya mau bertanya boleh yah..
    Beberapa hari ini saya sudah coba pasang iklan di Facebook Page, yang saya iklankan salah satu POSTINGAN saya. Nah, setelah membaca artikel2 dari web BBI ini, langsung saya praktekin terutama GDP, saya mau merubah/editing untuk BUDGET agar bisa di schedule di jam2 tertentu, dan editing segmen USIA, dll, kok gak ada dimana dan bagaimana caranya ya pak? mohon pencerahannya… sebelumnya terima kasih sekali atas ilmunya pak… 🙂

    • Hi Pak @arysyahrial:disqus
      Untuk merubah budget ya di FB Ads?
      Anda masuk ke bagian Level Adset. Di sana ada daily budget.

      Kemudian untuk Usia, Detail targeting ada di bagiaan Level Ads.

      Untuk Tampil di jam tertentu, Anda hanya bs lakukan kalau Iklan Anda berjalan sebagai Life Time Budget. Start kpn dan End kpn.

      Kalau pilih sebagai continuesly, nga bs di set hari dan jam tayangnya

  • Mudjianto Rachman

    ya saya pingin tahu detail fb ads .. saya sudah pakai fb ads dengan budget 20 ribu selama 3-7 haritapi belum juga ada yg beli , hanya like aja

    • Ada banyak detil utk beriklan efektif di FB Ads. Kebanyakan yang Anda dapatkan cuma like itu artinya targetting dan ads iklan nya ada yg kurang pas dgn apa yg anda jual. thx

  • keren emang strategi nya , semoga semua nya bisa sukses dan bisa dapet penghasilan di atas puluhan juta ya setiap bulan nya 🙂 , terima kasih share nya @sukartosudjono:disqus

  • Dara Zainal AM

    susah konversi calon pembeli untuk closing..

    • Hai, Untuk konversi dari calon pembeli ke closing, Anda perlu mempelajari bgmn menjadi customer service dgn baik.

  • Ronny

    Besar kecilnya budget berpengaruh terhadap apa ya dalam fb ads?

    • pak @disqus_Yk4paHVM1X:disqus
      Untuk start awal bisa mulai dari 25.000 atau 50.000
      Terus nanti dievaluasi, kalau bagus bs di scalup.

  • m4rmud

    sip baru tau saya, sempet kapok iklan fb ads krn cmn dpt jempol aja tanpa konversi. sy perlu byk belajar sama praktek lagi

  • Umar Izzul Islam

    saya pemula… ingin jadi dropshipper dan mempelajari Facebook ads lebih jauh lagi, bagaimana saran anda?

  • randi maipan

    selamat malam pak..saya mau bertanya,
    1. mengenai settingan waktu buat iklan, kalau yang continiously itu kan hanya ada tanggal mulai iklannya dan waktunya, misalnya saya mau iklan tgl 10 sampai dengan tanggal 18 gimana caranya ngaturnya pak?

    2. pertanyaan selanjutnya adalah, saat di step terakhir memilih post dari fanpage facebook kiriman yang terlihat hanya postingan asli dari halaman fb tersebut, postingan yag saya share dari fb pribadi tidak kelihatan di sana, bagaimana solusinya pak?

    3. biasanya saya melakukan top up saldo melalui cc dan saya bayar pas mau mengiklankan postingan (boost post) tapi setelah menonton beberapa tutorial sangat tidak disarankan beriklan melalui boost post, sebaiknya harus lewat manager ads, nah kalau lewat manager ads bagian mana ya pak untuk melakukan pembayaran

    terimakasih pak

    • Pak Randi
      1. pilih yang satunya. Jangan yg continously. Pilihan yg satunya, bs set start dan end date nya
      2. Solusinya buat postingan baru menggunakan Facebook Page Anda.
      3. Untuk pmbyaran, masuk ke menu Billing

  • Nurma

    Aku masih bingung tentang Facebook Ads, aku pengen liat videonya biar bisa paham.. Krn klo teori aja aku susah nyangka pnya. .
    Smoga dikasih videonya.. Hehhe

  • Heri Zubaidi

    Selamat siang pak,,,,
    Gini pak,, saat saya coba pasang iklan fb ads kok sering ditolak ya pak,, saya pakai yang setingan Clik To Website.
    Semua sudah say seting termasuk kata-kata iklan sudah mencoba ikuti aturan fb ads, gambar juga seperti itu, akan tetepi kok iklan saya tidak di setujui ya… mohon bantuan penjelasannya pak……

    Terima kasih

    • pak @herizubaidi:disqus

      Ada bnyk faktor pak Heri.
      Bisa jadi gambarnya pnya bnyk sekali text, sehingga ditolak.
      Apabila iklan kt tolak, biasanya ada pesan “penyebabnya” knp ditolak

  • Omahkitastore

    Sya baru aja nyoba pasang fb ads dengan cara promosikan langsung album, iklan udah diterima sama fb, tinggal bayar, eh gtw kenapa kok kayaknya krg sreg, trus searching di google dan nyangkut di sini. setelah baca2 dengan seksama, untung aja belum sempet dibayar, jadi masih bisa di evaluasi lagi, ternyata masih salah cara ngiklannya. hampir aja buang duit sia2 kayak yg ditulis di sini, hehehe. ilmunya mantebb, mau langsung coba ini…

  • Supratama Dwi Saputra

    Saya mencoba pakai FB ADS dalam mempromosikan produk Paytren. tapi rata rata hanya banyak yang like, kira kira target yang seperti apa spesifik untuk produk seperti MLM pak. terima kasih

    • Produk Paytren, maaf bisa dijelaskan lebih detail lagi Pak @supratamadwisaputra:disqus

      • Reggie paytren

        Paytren adalah Bisnis bayar2 ,contoh,bayar motor,tv cable ,token,dll dengn menggunakan satu aplikasi yaitu paytren.memudh kan kita bertransaksi cm hanya menggunakan hp.bisa bertransaksi dmn saja,di rmh,di kntor dll,
        Hbngin saya atau bnm bila anda ingin join di paytren bersama saya
        Pin bb: d5049d5c
        Hp. :085817246331/081213180476

      • Diarivan

        Jadi paytren itu sebuah produk aplikasi pak. Yang kita jual adalah aplikasi digital money dan alat mempermudah transaksi sehari. Tapi sistem.y multilevel sehingga bukan hanya sebagai pengguna. Tapi kita juga bisa sebagai pemasar produk paytren itu.

  • Fadil Alfi

    Apakah FB ads hanya untuk orang orang yang memiliki Usaha/Produk ?
    Terima kasih

    • Jasa juga bisa pak Fadil..
      BBI pun bergerak dibidang training jasa, pakai FB Ads.

  • puguh

    Bisakah buat ads di fb misal, buat review video product amazon, di akhir video learn more di link affiliate. Allowed ngga ya?

  • Budi Haryanto

    Saya iklan produk Madu kok ditolak terus ya…? Alasan produk dewasa…

    • Iya betul. FB terkadang, menolak produk produk dewaasa, kecuali, Anda beriklan dengan cara angle berbeda, tonjolkan bukan produk dewasanya, tapi membahas ttg manfaat kesehatannya.

  • Umairoh Azzahro

    Bagaimana membuat konten iklan yang efektif dan menarik? Bagaimana menyusun kalimatnya?

    • Anda bisa menggunakan susunan seperti ini:
      * Headline
      * Kata kata Promotional
      * Description (Problem & Solution)
      * How to Order
      * Call to Action
      * Scarcity

  • Susan Bowman

    KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Nama saya Ibu SUSAN dari [SUSAN BOWMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

  • Luqman Hanafi

    untuk foto produk yang akan bapak iklankan, bapak foto sendiri atau bagaimana? soalnya ketika saya mencoba foto sendiri saya rasa hasilnya kurang maksimal.

  • ferdy aldafy

    Saya pengen banget pak tau lebih dalam lagi tentang fb ads..mulaindari tahap awal pembuatan fan page sampai mentargetkan iklan…kemudian saya juga ingin belajar tentang closing dri fp fb.. trima kasih

  • wahyu wijayanto

    Mohon pencerahan, saya punya produk rokok rempah, selain dirokok juga dapat dibuat minuman, rokok rempah ini bermanfaat utk kesehatan, sdh banyak testimoni yg sembuh karena roko rempah. Apakah rokok rempah ini dapat masuk ke FB Marketing? tks

  • Umay Maryunani

    Terimakasih kak,
    Info yg sgt membantu,
    Newbie kudu lbh giat lagi nih..
    Sering sering mampir ja..

  • Maivan

    Materi yamng bagus. Sya sudah mulai menggunakan Fb Ads, dan masalah yang paling ditakuti itu soal sering kena AME ketika beriklan. Jdi mohon ditambahkan materi soal AME dan cara efektif menyelesaikannya. Terima kasih Pak Riky Yohanes dan tim BBI

  • Nukky Faradiba

    Saya sudah mulai menggunakan facebook ads dan sudah mulai beriklan jalan 2 minggu. Tapi kebanyakan hanya ngeLike postingan tanpa tinggalkan komentar. Apa ada yang salah ya?
    Saya belajar fb ads inipun hanya otodidak saja. Jadi tidak terlalu paham bahasa bahasa asing seperti AME dan lainnya. Tolong dibahas ya kak.

  • Hendrik

    Materi yang sangat mencerahkan, terimakasih om.

  • Nofer Honda

    alhmdulillah dan terimakasi bnayk ya om, wawasan yang d berikan secara gratis..indonesia perlu banyk orang seperti anda om..sukses sllu, smoga rahmatnya sllu menyertai oom…

  • zhi zhuka

    Trimakasih untuk saran saran nya 😀😇😇😇

  • Delisa AlaiLempo

    Saya blm pake bahkan bisa dibilang blm begitu memahami FB ADS tp pengen tau, penasaran…

  • Hatake Kakashi

    Berbayar kah untuk menggunakan fb ads ini?dan bagaimana cara masuk ke fb ads?saya kok jadi tertarik om,,

  • yanuar m.s

    saya ingin tahu untuk beriklan di facebook ads menghabiskan cost berapa sampai mendapatkan winning campaign? bisakah budget sedikit bisa mendapatkan winning campaign? maklum kantong mahasiswa min

  • Terimakasih Kak.. Bagus sekali Informasinya… Sungguh Ilmu itu mahal harganya (Y)

  • Kenzie MyBaby

    Saya belum pernah memakai fb ads, Baru mau memulai usaha kecil2an.. melihat artikel ini jd tertarik untuk mempelajari dari awal.. Apa fb ads ini berbayar? Meski masih byk istilah2 yg belum saya pahami.. Saya tunggu videonya Om, mgkn jd lebih jelas buat saya yg awam teknologi ini..

  • Maz Yez

    Saya sudah pernah coba menggunakan fb ads, tpi hasilnya masih 0, lihat artikel ini semangat belajar saya terasa lahir kembali untuk lebih dalam mengenal fb ads, videonya sangat saya nantikan, terima kasih atas warisan ilmu yang sangat bermanfaat ini.

  • Paba FC

    Saya sudah mencoba FB ads untuk Program 3i Networks, banyak like tapi kurang berminat, target market apa yang pas ya pak ? Terimakasih

    • Maaf Pak, Program 3i Networks itu seperti apa ya. Saya kurang memahami apa yang Anda tawarkan.

      • Bernama Fajri

        Program Asuransi UnitLink dengan Viral Marketing Nasabah Get Nasabah pak.
        Target Market yang pas apa ya ?

  • sahlan albantani

    saya bingung untuk audien ikla properti (perumahan)

  • fajar sidiq

    Misi gan mau tanya… Akun fb ads sya di matikan nih katya menyalahi ketentuan dan kebijakan, padah sya tidak otak atik tu akun, caraya agar uang sya bisa kembali gimana ya? Dan gimana caraya agar akun sya kembali mohon penjelasanya gan gan yg terhormat

  • Santi Aprilianti

    saya sudah pakai fb ads tapi orderan msih nihil. diluar perkiraan.
    tolong bantu lebih spesifik agar iklan lebih tertarget.

    • Bu @santiaprilianti:disqus
      Apabila Anda ingin mmpelajari lbih lanjut tentang bisnis toko online, salah satunya adalah fb ads sebagai startegi marketingnya, Anda dapat mempelajarinya di sini

      http://milyardertokoonline.com/

      thxu

  • Van Putra

    Pak Ronny,
    Saya pakai FB ada yg page like dan sudah dapat 2500 likes koq tiba2 likesnya hilang 2000 likes, sekarang tgl 500 likes. Bolwh dikasih pencerahan pak itu kenapa? Terimakasih

  • fb ads dan insta ads lebih powerfull mana ya mas? hhe

  • Ricky Purnama

    saya ingin mengetahui lebih banyak tentang facebook ads , karena selama ini interaksi masih kurang bagus (skor: 7). interaksinya saja kurang bagus, apalagi penjualan nya.

  • christy Charity

    Halo, aku Mrs. Charity, pinjaman perusahaan pinjaman pribadi. Kami adalah ahli dalam memberikan pinjaman kepada akhir tahun, pinjaman Natal, pinjaman baru bagi Anda untuk membayar kembali koperasi pinjaman bahwa Anda berada di sekarang, kami meminjamkan seumur hidup kesempatan bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan pinjaman pribadi dan memiliki bisnis . pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail:
    (Ladycharityloanfirm@gmail.com)

  • rnz1983

    Saya ingin mengetahui lebih banyak tentang Facebook ads dan cara membuat iklan lebih dengan lebih efektif.

  • monalisa

    Ibu saya, Monalisa pinjaman pemberi pinjaman “Managing Director
    Solusi pinjaman, saya bersedia meminjamkan pinjaman dengan suku bunga
    2%, Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan komersial dan swasta mulai dari
    $ 6.000 sampai maksimum $ 10 juta dengan jangka waktu 1 sampai 25
    Tahun, Kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah dan tidak ada cek kredit, kami
    Menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi hutang, modal ventura,
    Pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah atau “pinjaman untuk
    Alasannya! Namun, metode kami, memberi Anda kesempatan untuk menyatakan jumlahnya
    Pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, kami sangat
    Bersertifikat dan terdaftar, kami menjamin pinjaman maksimal
    Keamanan prioritas utama kami,

    Kami menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman ke banyak klien kami
    Dan itu akan memakan waktu maksimal 12 jam kerja dan Anda
    Garansi untuk mendapatkan dana, jika anda berminat, silahkan isi
    Keluar dari Aplikasi Pinjaman Peminjam dan kirimkan kembali kepada kami lebih jauh
    Proses.

    Informasi Peminjam (Bidang informasi yang dibutuhkan tampil dalam huruf tebal).
    Nama lengkap):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Tujuan pinjaman:
    Durasi pinjaman:
    Status pekerjaan:

    Kami menunggu kabar dari Anda segera.
    salam Hormat
    Monalisaloancompany

    Hubungi kami via email kami monalisaloancompany1@gmail.com

  • rebecca williams

    Kami adalah organisasi yang didirikan untuk membantu orang yang membutuhkan
    Bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda melalui keuangan
    Masalahnya, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan membutuhkan dana
    Memulai bisnis Anda sendiri atau Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    Tagihan, memulai bisnis yang bagus atau Anda merasa sulit
    Mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e-mail
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    “Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk melengkapi dan mengembalikan rinciannya di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ___________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelum: ________________
    Jika Anda mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? …

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan finansial, kekacauan, dan tantangan
    Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mail:
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

  • Pascal Frank

    Halo,
    Hari baik, saya adalah pemberi pinjaman pribadi yang terdaftar. Kami memberikan pinjaman untuk membantu orang-orang yang perlu memperbaiki posisi keuangan mereka di seluruh dunia dengan tingkat bunga tahunan yang sangat kecil serendah 2% dalam waktu satu tahun sampai 30 tahun. Di bagian manapun di dunia ini, kami memberikan pinjaman dalam kisaran € 4.000 sampai € 100 juta. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimal adalah prioritas kami. Pihak yang berminat harus menghubungi kami melalui email:

    Pascalfrankloans@gmail.com

    Anda telah ditolak oleh banyak bank.
    Anda tidak perlu membiayai perluasan bisnis Anda.
    Anda tidak perlu pinjaman pribadi.

    Terapkan untuk pinjaman yang dikirim di bawah rinciannya:
    1. nama lengkap
    2. Alamat
    3. nomor
    4. Jangka waktu
    Nomor telepon
    6. Pekerjaan
    Kembalilah sesegera mungkin
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    Pak Pascal

  • febian joan

    Nama saya febian joan dari Amerika Syarikat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Syarikat Permaidani yang bernasib baik yang membantu saya mendapat pinjaman. Selama tiga bulan yang lalu, saya telah mencari pinjaman untuk menyelesaikan hutang saya, semua orang cuba untuk menipu saya wang saya sehingga saya akhirnya bertemu Permaisuri Benar Syarikat Pinjaman. Dia dapat memberi saya pinjaman $ 250,000 USD. Dia juga boleh membantu anda. Dia juga membantu rakan-rakan saya yang lain. Jika anda memerlukan bantuan kewangan, sila hubungi syarikatnya melalui e-mel: (frankqueens64@gmail.com) Saya percaya dia dapat membantu anda. Hubungi dia untuk mendapatkan bantuan seperti dia membantu saya. Di bawah adalah kata-kata galakannya kepada mereka yang mencari peminjam pinjaman swasta yang sah dan jujur.

  • Ashiya Fals

    selamat sore Pak, nama saya bahri asyhiya. saya tertarik sekali dengan artikel yang bapak tulis. kalau boleh belajar lebih jauh, saya ingin bimbingan yang lebih mendetail. atau kalau bisa ada video tutorialnya. karena saya masih bingung dengan target marketingnya. terima kasih…

  • ERIC HOFFMANN LOAN

    Apakah kamu berhutang Apakah Anda perlu mengumpulkan uang untuk biaya perawatan kesehatan atau membayar
    Hutang atau dalam keadaan rusak keuangan?
    ERIC HOFFMANN LOAN FIRM
    Ada disini untuk membantu anda
    1: Pinjaman usaha
    2: pinjaman sekolah
    3: Konsolidasi Utang
    4: pembayaran sewa rumah
    5: penghiburan mati
    DLL,
    Hubungi Kami Hari Ini:

    Erickhoffmannloan@outlook.com

    TERIMA KASIH

  • Diyaz Topo

    mau dong bang tahu materi video facebook marketingnya.. 🙂

  • Hendri Arifin

    Targetting saya adalah kota atau kabupaten tertentu pak bukan indonesia, di di situ sulit memasukkan interest pada FB Ads. Ketika di masukkan salah satu interest untuk produk saya, maka audience nya malah nol. Gmn solusinya, saya distributor di salah satu kota, jadi harus masarkan di kota itu bukan indonesia. Mohon solusinya ! Thanks

    • FB Ads bukanlah satu-satunya iklan. Ada banyak cara. Kadang utk kebutuhan Anda itu lebih baik pake Google Adwords. Silakan baca-baca artikel ttg google adwords di blog kami. Thank you

  • febian joan

    Kami adalah FRANK QUEENS FINANCE LIMITED. Pertubuhan kewangan berdaftar kerajaan yang berdedikasi yang memberikan bantuan kewangan persendirian kepada individu dan badan bekerjasama, dari $ 5,000 USD hingga $ 50,000,000 USD, dengan pembayaran balik pinjaman yang panjang dari 1 tahun hingga 25 tahun.

    Tersedia sekarang: Pinjaman Pelaburan, Pinjaman Peribadi, Pinjaman Harta Tanah, Pinjaman Pembinaan, Pinjaman Perniagaan. Memohon pinjaman hari ini. Ia mudah dan pantas untuk mendapatkan kadar Internet dan harga premium 2% bulanan.

    Untuk maklumat lanjut sila hubungi E-mel: frankqueens64@gmail.com. Ini adalah peluang bagi orang yang berminat dan serius untuk memohon pinjaman dan menghabiskan tempoh tangguh 6 bulan kepada pelanggan kami sebelum anda mula membuat bayaran balik bulanan.

  • AVANT LOAN

    Halo,
    Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Cari tidak lebih karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! AVANT FINANCE LIMITED memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%, Mohon hubungi kami melalui e-mail:

    avantloanson@gmail.com

  • FRANK QUEENS

    Borang permohonan pinjaman
    Santiago Saya Presiden, Ketua Pegawai Eksekutif / Pengasas syarikat frank queens, dan kami
    Di sini untuk membantu menyelesaikan masalah kewangan, dan selamat datang
    Syarikat ini menawarkan kadar faedah 3%.

    Syarikat ini tidak meminta pelanggan membuat bayaran kerana
    Syarikat kami bertanggungjawab untuk butiran insurans, cukai dan gaji
    Anugerah, yang mengikut undang-undang pemindahan, jadi jika
    Kami memerlukan kredit anda, dan anda mahu keluar dari keadaan ini
    Pinjaman dan hantar kepada kami supaya kami tidak dapat memproses produk
    Pada masa yang sama.

    Kami adalah syarikat berdaftar yang tujuan utamanya
    Kita perlu tersenyum pada wajah dan kebahagiaan orang
    Semua orang dalam kehidupan memerlukan bantuan dan itulah yang anda perlukan
    Dalam kes dengan anda.

    Isi dan pulangkan

    Nama: ……………………. …..
    Nama …………….. ……… ….
    Tidak: …………………….. …….
    Kelahiran. ………………….. ……
    Tempat lahir: ……………… …… ……
    Hubungi: ………………….. …….
    Ia adalah tugasnya: … ……………. ………………
    Pendapatan: ……… ……… …………..
    Alamat rumah: ………………….
    Telefon: …. ……. …………………..
    Bandar: ……………… ……. ……………
    ZIP …………………….. ……………..
    Jawatan: …………………… …… ………..
    Negara: …………………. …………… ……..
    Jumlah pinjaman: …………………….. …….
    Masa kredit … ……………….. …………….
    Objektif kredit: …………….. ………….. ………..
    Alamat emel: ……………. …… …………….
    Sebelum ini digunakan? ………………….. ..
    Alamat e-mel syarikat kami FRANKQUEENS64@GMAIL.COM
    Isi dan hantar permohonan pinjaman dari atas, jadi kami tidak tahu
    Pemprosesan pinjaman. Terima kasih kerana pemahaman dan pemilihan syarikat anda.

    Tuan FRANK QUEENS
    (Pengurus) nombor WhatsApp +2349057770649

  • Adrian Winson

    100% Pinjaman untuk transaksi anda!

    HARGA SUKU BUNGA
    Tarif serendah 3%! Suku bunga 0% untuk 6 bulan pertama

    TIDAK DIPERLUKAN / TIDAK ADA KOLEKSI
    Tidak perlu memanfaatkan aset apapun untuk mendapatkan modal

    TIDAK ADA PEMBATASAN
    Dana bisa digunakan sama dengan uang tunai.

    PENDANAAN SEBAGAI SEDIKIT SEBAGAI 15 HARI
    Proses persetujuan cepat

    Kami tidak mengenakan biaya untuk mengirimkan aplikasi, kami hanya membayar hasil.

    Hanya penghasilan

    Hubungi kami hari ini via email. Springleaf_finance@outlook.com

    Adrian Winson