7 Hal yang Wajib Dimiliki oleh Toko Online Utama Anda

By Sukarto Sudjono

Di akhir dari artikel Dua Jenis Website Toko Online yang Efektif, saya ada merekomendasikan jenis website toko online mana yang perlu Anda bangun, dimana itu tergantung dengan situasi Anda sekarang di perjalanan bisnis toko online Anda.

Jika Anda sekarang ini menjual produk yang memiliki banyak variasi (seperti fashion, sepatu atau sejenis itu) atau Anda sudah memiliki cukup banyak customer dan jenis produk yang Anda jual juga beraneka-ragam, maka saran saya adalah bangunlah Brand Store atau Toko Online Utama Anda.

build-brandstore

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, Brand Store adalah istilah kami untuk menyebut website toko online yang menjual multi produk di dalam satu niche/kategori dengan menggunakan nama domain atau alamat website berupa sebuah brand/merk atau sebuah nama yang Anda ingin populerkan atau diingat oleh orang lain.

Brand Store atau Toko Online Utama adalah toko online yang akan Anda cantumkan di kartu nama Anda, yang akan Anda beritahukan kepada teman atau keluarga Anda. Jadi singkatnya, Anda ingin nama toko online utama Anda ini populer, dikenal dan diingat orang banyak.

Membangun sebuah brand atau merk adalah membangun sebuah aset. Memang perlu waktu dan proses agar Brand Store atau Toko Online Utama Anda ini menjadi populer dan diingat orang, tetapi suatu saat brand atau merk ini akan menjadi aset yang berharga.

Nah di artikel kali ini, saya akan membahas dua aspek yang perlu Anda ketahui sebelum mulai membangun Brand Store atau Toko Online Utama Anda yaitu:

  • Tips dalam memilih nama Brand Store Anda agar bisa menjadi sebuah nama brand yang bagus dan diingat orang dengan mudah.
  • Tujuh hal yang wajib dimiliki Brand Store Anda. Miliki tujuh hal ini, maka Anda akan melihat Brand Store Anda akan menjadi sebuah mesin otomatis dimana order dan pembayaran dari customer bisa berjalan otomatis, tanpa harus membalas setiap order secara manual.

Ok mari kita mulai dari yang pertama dulu.

Tips Memilih Nama Toko Online Utama Anda

memilih-nama-domain

Memilih sebuah nama yang pas kadang tidak mudah, perlu mencari ide-ide dan waktu untuk berpikir. Nah untuk memudahkan Anda memilih nama Brand Store atau Toko Online Utama Anda, berikut saya berikan beberapa tips dan saran:

  • Pilihlah nama domain yang cukup pendek, bisa satu kata atau maksimal dua kata sehingga mudah diingat orang.
  • Gunakan extension domain .com atau .id (domain Indonesia) karena dua itu yang dikenal orang di Indonesia. Jadi saat ketemu sebuah ide, cek di Namecheap.com apakah tersedia atau tidak.
  • Nama domain brand store Anda tidak perlu ada makna sebenarnya, seperti Yahoo, Google, kan juga gak ada arti kan. Tapi tentu saja boleh jika memiliki arti, seperti Bhinneka.com atau Amazon.com, itu kan ada artinya.
  • Anda juga bisa memilih nama yang merupakan kombinasi dari dua buah kata yang digabung menjadi sebuah kata baru yang tidak ada artinya. Sebagai contoh Facebook sebenarnya kan terdiri atas 2 kata, face dan book, tapi kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Buku Muka 🙂
  • Setelah memilih sebuah nama, jangan beli domainnya dulu, pikir-pikir 1 malam lagi, tanyakan feedback dari orang yang bisa Anda percaya, sambil merasakan enak tidaknya nama domain yang dipilih, kalau besok Anda masih sreg/cocok di hati, ya sudah tentukan saja dan beli langsung. Selesai!
  • Jangan kena sindrom Paralysis Analysis artinya Anda terus menganalisa pilihan nama domain Anda, terus mencari ide nama sehingga akhirnya nentuin nama saja tidak selesai-selesai. Beri batasan waktu yang jelas, misal maksimal 1 minggu atau berapa hari, bisa ada garis finish-nya.
Pengalaman Pribadi Memilih Nama Domain Brand Store
Pengalaman pribadi saya dan istri sewaktu memilih nama Brand Store kami perlu waktu 1 minggu  untuk mendiskusikan apa nama domain yang pas.

Kami melihat kamus bahasa Spanish (spanyol), African dan beberapa kamus bahasa lain (tentu saja cari di online, ngapain beli kamus beneran he..he..). Ternyata nama seperti Lazada, Zalora dan sejenisnya banyak mengambil kamus bahasa Spanish/Mexico, tapi lalu diubah sedikit.

Jadi kita awalnya menentukan saja beberapa alternatif lalu cari yang tersedia .com nya yang mana. Kadang ada nama yang kami senang dan cocok, eh ternyata .com nya sudah gak ada. Hal ini sering terjadi, terutama kalau itu adalah satu kata yang memiliki arti/makna.

Jadi akhirnya kami berhasil memilih dan menentukan nama Brand Store kami yang berasal dari kamus African tapi diubah sedikit ejaannya agar bisa dapat .com nya.

Tujuh Kecanggihan yang Wajib Dimiliki Brand Store Anda

tools

Nah sekarang Brand Store atau Toko Online Utama seperti apa yang perlu Anda buat?

Maksudnya, fasilitas atau kecanggihan apa yang wajib dimiliki agar Brand Store Anda siap untuk bisa berkembang besar untuk jangka panjang?

Saya mencatat ada lebih dari 12 feature atau kriteria yang perlu dimiliki sebuah Brand Store, tetapi saya akan menjelaskan tujuh yang paling penting menurut saya yaitu:

1) Bisa menambahkan produk baru dengan mudah.

Salah satu cara ampuh untuk menambah omset dan customer adalah dengan menambah produk baru. Jika selama ini Anda hanya menjual 2 produk misalkan, maka kalau Anda jual 10 produk, hampir bisa dipastikan omset Anda akan naik dan jumlah customer baru akan bertambah juga.

Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk memiliki Brand Store dimana Anda bisa dengan mudah menambahkan produk baru dan otomatis tampil di homepage sehingga pengunjung toko online Anda langsung tahu tentang produk baru tersebut.

Ini sebenarnya sama dengan konsep di TB Gramedia. Buku baru ada etalase khusus dan selalu ditaruh di depan pintu masuk agar orang yang datang langsung tahu apa yang baru sehingga kemungkinan jadi besar untuk membelinya.

2) Bisa menampilkan produk terlaris secara otomatis di homepage.

Ada sebabnya mengapa website belanja online atau E-Commerce besar menampilkan daftar produk larisnya di depan/homepage. Ada sebabnya mengapa di TB Gramedia, selain buku baru, yang  juga ditaruh di depan pintu masuk adalah buku laris.

Orang suka membeli sesuatu yang ditandai sebagai produk laris atau best-seller. Kenapa?

Karena manusia pada intinya tidak suka membuat keputusan yang salah. Saat mereka mengetahui suatu produk merupakan produk laris, mereka merasa aman untuk membelinya karena di dalam pikirannya “Sudah banyak yang beli, pasti bagus nih…” he..he.. Betul tidak?

Sama saja dengan restoran, kalau sepi, mau mampir saja kita takut “Mungkin gak enak” begitu pikiran kita. Tapi  kalau banyak yang beli, kita mikir “Pasti enak nih, gak salah kalau nyoba” padahal setelah dicoba biasa-biasa saja he..he..

Jadi Brand Store Anda harus bisa menampilkan produk yang banyak dibeli orang secara otomatis agar Anda tidak perlu repot-repot tiap hari harus mengatur secara manual.

3) Ongkos kirim bisa terhitung otomatis sesuai produk yang dibeli

Brand Store Anda perlu bisa melakukan perhitungan ongkos kirim secara otomatis ke seluruh Indonesia sesuai dengan jumlah produk yang dibeli.

Hal ini penting bagi si customer agar bisa dengan cepat menyelesaikan transaksi pembeliannya. Mereka jadi langsung tahu total yang harus ditransfer berapa (tidak perlu nunggu info dari penjual untuk total yang harus ditransfer) dan ditransfer kemana. Setelah transfer mereka juga bisa langsung konfirmasi pembayaran.

Saya sendiri paling tidak suka jika harus menghabiskan banyak waktu untuk proses membeli sesuatu. Kalau bisa dalam 10 menit urusan beli barang sudah beres.

Sebaliknya disisi kita sebagai penjual, kita tentu juga suka dengan pembeli yang ingin cepat menyelesaikan pembeliannya (alias langsung bayar).

Oleh sebab itu sungguh senang kalau malam-malam melihat ada order baru yang masuk lewat Brand Store  dan sudah ada email konfirmasi pembayaran 10 menit kemudian. Pembeli lihat barang sendiri, beli sendiri, transfer sendiri lalu konfirmasi pembayaran sendiri he..he.. YES!!! 🙂

Saya termasuk orang yang sangat senang dengan otomatisasi. Di bisnis, saya berusaha sebisa mungkin menghindari proses yang membutuhkan tenaga manual.

Tentu di Indonesia, masih banyak customer yang lebih suka order lewat SMS, BBM atau Whatsapp, ya tidak masalah, mereka tetap dilayani secara manual oleh Customer Service kami. Tetapi semakin hari kan semakin banyak orang yang ingin bisa belanja lebih cepat dan mudah. Saya melihat trend ke depan semakin banyak orang yang maunya lebih otomatis.

Jadi Brand Store Anda harus sudah siap untuk melayani jenis customer yang seperti ini agar mereka tidak lari ke toko lain hanya gara-gara kesannya belanja di Brand Store Anda lama, harus nunggu balasan dari CS.

4) Bisa menjual produk yang memiliki variasi (warna, ukuran, rasa dll)

Brand store yang dibangun dengan sistem yang bagus memungkinkan Anda untuk menjual produk yang memiliki variasi seperti warna (merah, biru, hijau dst) atau ukuran (S, M, L, XL) atau rasa (coklat, vanilla dst).

Oleh sebab itu jika Anda menjual barang-barang yang satu item memiliki beberapa variasi seperti sepatu, baju, makanan dan lain-lain, maka sistem Brand Store yang bagus akan memudahkan Anda untuk mengisi data produk seperti ini.

Hal ini juga memudahkan customer dalam mengetahui pilihan yang ada dan juga memudahkan untuk order. Jadi misal jualan susu, customer bisa memilih untuk beli yang coklat 3 pcs, yang strawberry 6 pcs dan seterusnya.

5) Bisa memiliki sistem harga berjenjang sesuai dengan jumlah pembelian

Harga orang beli satu dengan beli banyak (grosir) tentu berbeda. Nah daripada calon customer harus tanya-tanya lagi, di Brand Store atau Toko Online Utama Anda sebaiknya sudah memberikan harga produk yang berjenjang sehingga harga beli satuan berbeda dengan harga beli 6 atau 12 pcs sekaligus.

Jadi jika mereka beli banyak, sistem di Brand Store Anda langsung menghitung dengan harga grosir. Semuanya serba otomatis sehingga memudahkan customer dan juga Anda sebagai penjual.

6) Bisa membuat program promo diskon dengan berbagai variasi promosi

diskon-promoSalah satu manfaat utama memiliki Brand Store dengan sistem yang canggih adalah Anda jadi bisa melakukan program diskon atau promosi seperti yang dilakukan para retailer seperti Hypermart, Carrefour atau online retailer besar.

Prospek atau customer SANGAT SENANG Program Promosi!

Tidak ada orang yang tidak suka diskon, betul gak? 🙂 Jadi program promo pasti akan menaikkan omset Anda. Pasti!!

Misalkan saat bulan Agustus, Anda bisa saja buat program Promo Kemerdekaan dimana Anda bisa memberikan diskon sebesar 17% untuk pembelian minimal Rp 170.000,- yang berlaku dari tanggal 12 s/d 19 Agustus.

Dengan sistem Brand Store yang canggih, hal seperti ini hanya perlu waktu kurang dari 4 menit. Anda bisa buat Kupon Diskon dengan memasukkan jumlah diskon berapa, berapa minimum pembelian dan berlaku dari tanggal berapa sampai tanggal berapa.

Setelah itu tinggal pasang pengumuman kecil di homepage (dengan bantuan sebuah tool sederhana). BOOM!! Sudah jadi program promosinya, kurang dari 4 menit.

Atau saat bulan Febuari, Anda bisa buat Program Promosi Valentine dimana Anda memberikan diskon sebesar 14% (karena valentine kan tanggal 14 febuari) untuk pembelian khusus produk Kecantikan saja, tanpa ada minimum pembelian dan berlaku hanya untuk 100 orang pertama saja.

Sistem Brand Store yang dibuat akan otomatis menghitung diskon untuk semua produk kecantikan untuk 100 orang pertama. Tetapi untuk produk kategori lain, otomatis tidak ada diskon.

Hal-hal seperti ini sangatlah mudah dilakukan saat Brand Store Anda dibangun dengan sistem yang bagus. Tentu belanjanya harus melalui keranjang belanja yang dibuat, kalau lewat manual (sms/bbm) ya susah untuk menghitung manual, bisa salah-salah hitungannya. Apalagi kalau promo hanya untuk 100 orang pertama,  capek deh hitungin sendiri 🙂

7) Bisa diintegrasikan dengan Email Marketing dan SMS.

email-marketingBrand Store yang Anda bangun perlu bisa diintegrasikan dengan sistem Email Marketing dan bahkan SMS. Walaupun social media berkembang begitu pesat, sampai sekarang orang masih membaca email dan sms setiap hari.

Riset yang dilakukan oleh banyak pihak, masih menunjukkan bahwa email marketing adalah strategi yang menghasilkan penjualan jauh lebih banyak dibanding social media.

Nah sehingga Brand Store yang Anda bangun seharusnya juga meng-integrasikan dengan email marketing sehingga saat Anda memiliki sebuah program promosi atau diskon, Anda bisa menghubungi seluruh customer atau prospek Anda dengan mudah.

Brand Store Anda juga sebaiknya bisa ter-integrasi dengan SMS sehingga misal saat orang baru selesai belanja, mereka mendapat notifikasi via sms, berapa jumlah total yang harus ditransfer dan transfer ke rekening mana. Saat paket sudah dikirimkan, mereka menerima via SMS, no resi pengiriman.

Hal dan kecanggihan seperti ini tentu sangat dihargai oleh customer sehingga Anda jadi tampak lebih unggul dibanding toko online lainnya.

Ok itulah 7 kecanggihan yang wajib dimiliki sebuah Brand Store yang bagus sehingga bisa mengembangkan bisnis Anda jauh lebih cepat dan bisa menunjang perkembangan bisnis Anda untuk jangka panjang.

Masih banyak lagi sebenarnya yang bisa saya jelaskan tentang hal-hal yang perlu dimiliki Brand Store Anda seperti :

  • Bisa menandai sebuah produk Out of Stock atau Stok Habis. Jadi customer Anda tidak sampai membeli dan mentransfer uangnya hanya untuk menemukan produk tersebut sedang kosong.
  • Sudah mobile responsive atau mobile friendly sehingga saat dilihat melalui smartphone/tablet, tampilan Brand Store Anda tetap bagus dan rapi.
  • Bisa melihat history pembelian seseorang customer.
  • Customer bisa memberikan review tentang produk atau testimoni pengalaman belanja.
  • Brand Store harus bisa terus dikembangkan dengan menambah plugin-plugin yang digunakan.

Saat Anda memiliki Brand Store seperti diatas, maka toko online Anda akan menjadi sebuah mesin otomatis dimana order dan pembayaran dari customer bisa berjalan otomatis, tanpa harus membalas setiap order secara manual.

Nah sekarang pertanyaan Anda tentunya, bagaimana cara membangun Brand Store yang memiliki kecanggihan seperti yang dijelaskan diatas?

Pasti mahal nih membangun Brand Store seperti itu“, begitu mungkin pikiran Anda. Memang betul, beberapa tahun yang lalu jika Anda mau membangun seperti yang saya ceritakan diatas, Anda akan mengeluarkan biaya puluhan juta, itupun tidak akan secanggih seperti yang saya jelaskan diatas.

Tetapi sekarang jamannya sudah berubah, ada dua solusi mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk membangun Brand Store atau Toko Online dengan tampilan seperti Website E-Commerce yang modern yaitu:

  1. Menggunakan plugin wordpress GRATIS (Anda tidak salah baca) yang bisa Anda baca penjelasannya artikel berikut Platform Toko Online Terbaik di WordPress. Tetapi solusi ini memang butuh keahlian teknis yang cukup baik untuk membuat website Brand Store.
  2. Menggunakan WordPress Theme Berbayar yang kita rekomendasikan dimana theme ini sudah dirancang untuk memudahkan orang awam yang tidak terlalu menguasai aspek teknis untuk membuat website Brand Store yang canggih.

Semoga penjelasan ini bermanfaat buat Anda yang ingin membangun bisnis toko online Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • Artikel yang sangat bagus pak. Ketika saya membaca ini pikiran saya langsung ke salah satu website tempat saya dropship. Di mana website itu benar benar seperti yang bapak sebutkan. Sistem yang sangat luar biasa.

    • Betul sekali pak, market Indonesia di dunia online akan semakin mature, akan semakin banyak orang memiliki ekspektasi terhadap sistem yang lebih baik.

      Terimakasih atas sharingnya ya pak… Sukses selalu buat Anda!

  • hady

    Sangat menginspirasi dan semangat berkreatifitas dalam mengelolah toko online…. trims ya…