Apa Sebenarnya yang Dibutuhkan untuk Sukses?

By Sukarto Sudjono

Saat Anda belum meraih kesuksesan seperti yang Anda harapkan, tentu jawaban dari pertanyaan “Apa Sebenarnya yang Dibutuhkan untuk Sukses?” adalah sesuatu yang ingin Anda tahu.

Saat saya dulu jatuh bangkrut, pertanyaan ini seringkali muncul di pikiran saya. Setelah menjalani dan mengalami banyak tantangan, jatuh, bangun dan akhirnya bisa meraih tingkat keberhasilan seperti saat ini, saya barulah bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Itulah yang akan saya bahas di artikel ini.

Ide menulis artikel ini saya dapatkan dari seseorang yang berkomentar di salah satu Facebook kami  yang intinya kurang lebih seperti ini :

“Ngapain ikut workshop, buat toko online itu kan cuma urusan buat website, cari theme toko online yang bagus dan dipasang, selesai dah. Kalau ada yang gak ngerti, search di google, ngapain ikut training aneh-aneh”.

Kata-kata persisnya saya agak lupa, tapi kurang lebih seperti itu lah he..he..

Apakah sesederhana itu?

Kalau memang sesederhana itu, ya saya rasa semua orang sudah jadi pebisnis toko online yang sukses :)

Kalau untuk berhasil di toko online, yang dibutuhkan hanyalah “Informasi tentang Bagaimana Cara Buat Website”, saya rasa penjaga toko buku di Gramedia harusnya dah bisa jadi pebisnis toko online yang sukses. Lah dia punya akses ke banyak buku cara buat website, cara buat toko online dan lain sebagainya. Bisa pelajari, tanpa harus bayar lagi :)

Kalau untuk berhasil, yang dibutuhkan hanyalah informasi yang bisa dicari di Google, maka tentu tidak perlu ada sekolah, kursus, tidak perlu ada buku yang ditulis dan lain-lain, asumsinya semua bisa didapatkan dari Google kok.

Kenapa harus ada itu semua?

Tetapi kenyataannya….. Apakah sudah cukup jika Anda memiliki akses ke gudang informasi seperti toko buku dan Google?

Coba Anda ingat-ingat, saat dulu belajar sepeda atau berenang pertama kali, bisa gak ya, Anda cuma baca buku tentang Cara Berenang yang Benar atau Cara Bersepeda yang Baik? :)

Saya rasa orang yang sudah baca buku tentang cara berenang berkali-kali, saat masuk ke kolam renang akan tenggelam juga he..he.. Membaca tidak akan membuat Anda bisa menguasai suatu keahlian.

Jadi apa yang Anda perlukan untuk bisa menguasai sebuah keahlian yang sebelumnya tidak Anda miliki? Atau singkatnya, Apa Sebenarnya Yang Diperlukan untuk Sukses?

Jawabannya adalah: Anda perlu pembimbing, mentor atau pelatih.

coach-mentor

Seorang pembimbing atau mentor yang baik bisa memberikan sebuah peta/blueprint yang jelas tentang urutan hal-hal yang harus dipelajari dan yang harus dilakukan agar bisa sukses. Hal ini berdasarkan banyak pengalaman dan pembelajaran yang dimiliki oleh pembimbing atau mentor.

Seorang pembimbing atau mentor yang baik bisa memberikan motivasi agar Anda berani mengambil langkah pertama yang biasanya paling sulit Anda lakukan.

Seorang pembimbing atau mentor yang baik bisa membantu Anda lebih fokus untuk mempelajari dan melakukan hal yang terpenting terlebih dahulu dan membantu Anda mengabaikan hal-hal yang tidak perlu Anda tahu (Hal ini penting sekali saat Anda memiliki akses ke Informasi yang tidak terbatas seperti jaman sekarang). Orang yang kebanyakan informasi umumnya jadi bingung dan tidak pernah melakukan action!

Seorang pembimbing atau mentor yang baik bisa memberikan Anda semangat/motivasi untuk bangkit kembali jika Anda down atau patah semangat saat menghadapi kesulitan atau tantangan.

Seorang pembimbing atau mentor yang baik bisa memberikan Anda bantuan pemikian dan solusi saat Anda menghadapi jalan buntu karena dia sudah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan di bidang tersebut.

Dan masih banyak lagi…..

Jadi kesimpulannya, CARA PALING CEPAT UNTUK SUKSES di bidang tertentu adalah menemukan Pembimbing/Mentor/Pelatih yang selain SUDAH SUKSES di bidang tersebut, dan juga mengerti cara membimbing dan mengajar secara efektif.

Banyak orang yang jago atau hebat di suatu hal, tetapi kalau disuruh mengajari orang agar bisa seperti dia, wah setengah mati dan akhirnya menyerah! Karena mungkin membimbing orang lain bukanlah keahliannya.

Jarang sekali pemain sepakbola top bisa jadi pelatih bola yang top. Jarang sekali juara tinju bisa jadi pelatih tinju yang hebat. Jarang sekali juara bulutangkis bisa jadi pelatih bulutangkis yang hebat.

Jadi menemukan seseorang yang Sukses dan Bisa Membimbing Anda agar juga bisa Sukses di bidang yang Anda mau, adalah sesuatu yang tidak mudah ditemukan.

Oleh sebab itulah, saat kami (saya dan pak Steven Chang) merasa sudah cukup banyak pengalaman, keberhasilan, kegagalan dan keahlian yang bisa menjadikan kami seorang pembimbing atau mentor yang baik, kami baru siap memberikan mentoring dan bimbingan kepada teman-teman yang ingin berhasil di bisnis toko online.

Dan kami sangat bersyukur hal ini ternyata bisa membantu banyak alumni kami  meraih kesuksesan dalam waktu yang cukup cepat di bisnis toko online ini.  Anda bisa membaca sebagian sharing alumni tersebut di Testimoni dan Sharing Alumni Sukses MTO atau di Special Report The Sky is The Limit – Kisah Sukses Alumni MilyarderTokoOnline.com dalam membangun bisnis toko onlinenya  (klik cover ebook untuk download dan aksesnya).

SO, LET’S MAKE YOUR DREAM COME TRUE!

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • kalau menurut saya yang dibutuhkan adalah mindset yang benar dan komunitas yg saling membantu salah satunya mentor yang selalu siap mengupgrade skill kita. terima kasih info2nya.

    • Ya saya setuju, itu sebabnya kami selalu membuat forum di berbagai pelatihan kami dan memang karena komunitas di forum aktif dan saling membantu, banyak alumni yang mendapat manfaat besar dari sana. thanks.