Buat Blog: Pilih Gratisan atau Berbayar? Ini Rekomendasi Kami

By Sukarto Sudjono

blogger-vs-wordpres-vs-tumblr

Di artikel sebelumnya yaitu “7 Keuntungan atau Manfaat dari Strategi Blogging untuk Bisnis Anda” saya sudah membahas apa keuntungan melakukan blogging untuk bisnis Anda.

Nah pertanyaan lanjutan yang sering ditanyakan adalah:

Blog dibuat di website kita sendiri atau terpisah?

Membuat blog itu pakai apa? Daftar di sebuah website atau bagaimana?

Pilih solusi Gratis atau Berbayar?

Boleh buat blog pakai Blogspot, WordPress.com atau Tumblr?

Memang ini pertanyaan orang awam, tetapi ternyata banyak juga yang sebetulnya tidak tahu jawaban dari itu semua.

Oleh sebab itu, di artikel ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan ke saya selama ini tentang strategi membuat blog dan apa rekomendasi dari kami di BelajarBisnisInternet.com.

Mari kita mulai dari yang pertama dulu.

Buat Blog di Alamat Domain Utama atau Terpisah?

Jadi maksud pertanyaan ini adalah kalau semisal Anda punya website PerusahaanABC.com, nah apakah blognya dibuat di website itu sendiri atau terpisah menggunakan nama domain lain, misal ABCblog.com?

Ini sebuah pertanyaan bagus 🙂

Jika Anda masih awam dan belum tahu apa itu nama domain, silakan baca artikel:

Apa itu Domain? Apa itu Hosting? Dan Apa Hubungan Antara Keduanya

Seperti yang saya bahas di “7 Keuntungan atau Manfaat dari Strategi Blogging untuk Bisnis Anda“, salah satu tujuan strategi blogging adalah meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda sehingga kepercayaan dan kredibilitas bisnis Anda akan meningkat dan otomatis jumlah prospek dan penjualan juga naik (doa nya sih seperti itu he..he..) 🙂

Nah kalau blog Anda dibuat terpisah dengan website utama, tujuan itu jadi tidak tercapai kan? Jadi ya harusnya digabung jadi satu alamat website, jadi blog tetap di domain PerusahaanABC.com.

Nah walaupun blog mau ditaruh di satu nama domain, tetap ada tiga alternatif :

  • Menyatu dengan alamat domain Anda sendiri di http://PerusahaanABC.com
  • Dipasang di sub folder tersendiri seperti http://PerusahaanABC.com/blog
  • Atau menggunakan sub domain seperti http://blog.PerusahaanABC.com

Mana yang lebih baik? Saya cenderung pilih yang no 1 atau no 2. Pilihan no 3 agak jarang dilakukan karena di mata Google dianggap itu website terpisah (jadi mirip dengan pakai nama domain lain).

Kalau website Anda dibuat dari awal, dari nol, maka saya lebih rekomen untuk opsi yang pertama, dibuat menyatu, bukan di sub folder. Contohnya BelajarBisnisInternet.com dibuat dari awal menggunakan WordPress (nanti saya jelaskan di bawah) sehingga halaman produk, tentang kami dan blog menyatu di sebuah alamat. Cuma ada kategori /blog, tapi itu bukan sub folder tersendiri.

Nah sedangkan untuk sebuah website corporate style atau website company profile yang sudah jadi dan dibuat oleh pihak lain menggunakan software/script yang tidak umum (bukan WordPress), maka sebaiknya blog Anda dipasang terpisah jadi sub folder saja (/blog), daripada pusing cara menggabungkannya.

Dengan membuat blog Anda menggunakan nama domain utama / bisnis Anda sendiri, maka hal ini akan membantu ranking dan traffic ke website bisnis Anda secara keseluruhan.

Boleh Buat Blog Gratis di BlogSpot, Tumblr atau Lainnya?

buat-blog-gratis

Ada banyak orang yang membuat blog mereka di website-website yang menyediakan fasilitas membuat blog gratis seperti di:

  • Blogger.com atau Blogspot.com (milik Google)
  • Tumblr.com
  • Typepad.com
  • Weebly.com
  • Wix.com
  • Blog.com
  • WordPress.com
  • Dan masih banyak lagi

Kalau Anda sekedar untuk belajar buat blog atau membuat sesuatu yang sementara saja, tidak masalah Anda buat blog Anda di tempat gratis seperti itu. Atau Anda lagi buat banyak blog gratisan untuk keperluan SEO (saya bahas di artikel lain) ya saya bisa mengerti.

Tetapi untuk keperluan blog bisnis, saya SANGAT TIDAK SARANKAN Anda untuk membuat blog bisnis Anda di website-website seperti ini. Kenapa?

5 Sebab Mengapa Jangan Buat Blog Gratisan untuk Bisnis Anda

  • Perusahaan tersebut memberikan fasilitas blog gratis bukan karena mereka mencintai Anda 🙂 Tetapi karena mereka ingin menghasilkan uang dari konten atau blog gratis Anda. Entah Anda akan ditawari versi premium atau blog Anda dipasangi iklan oleh mereka.
  • Anda tidak punya kontrol terhadap blog Anda sendiri. Sewaktu-waktu mereka bisa menghapus blog Anda karena dianggap melanggar peraturan (yang baru saja mereka buat), hilanglah sudah konten Anda dalam sekejab. Sudah banyak orang yang mengalami hal ini.
  • Terbatas. Anda hanya bisa memakai fasilitas yang diberikan, tidak bisa menambah fitur/fasilitas yang mungkin Anda butuhkan untuk bisnis Anda.
  • Alamat blog bisnis Anda terkesan murahan karena pakai alamat blog gratis. Kalaupun bisa memakai nama domain yang umum seperti .com atau .net, biasanya domain dijual jauh lebih mahal dari harga normal.
  • Sulit dikembangkan lebih lanjut dan terkunci ke blog gratis yang Anda gunakan (mau dipindah isi konten ke sistem lain, ternyata tidak bisa atau tidak diperbolehkan kecuali membayar sesuatu).

Jadi bagaimana cara buat blog yang direkomendasikan? Inilah rekomendasi kami.

Buat Blog dengan Wordpress (tapi Bukan di WordPress.com)

Mengapa kami merekomendasikan membuat blog dengan WordPress? Ada beberapa alasan, diantaranya:

  • WordPress itu mudah digunakan, Anda memang perlu belajar, tapi relatif cuma belajar klik sana sini, tidak perlu keahlian pemrograman atau kemampuan teknis khusus.
  • Platform WordPress ini Tidak Berbayar alias GRATIS. Ya WordPress dikembangkan dengan konsep Open Source, jadi bukan sebuah software berbayar yang dibuat perusahaan tertentu seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop begitu.
  • Karena mudah digunakan maka WordPress berkembang menjadi platform blog yang paling banyak digunakan saat ini di dunia! 
  • Dan salah satu kelebihan WordPress adalah memiliki banyak extension / add on (plugins). Fungsi dari plugins wordpress ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fungsi website/blog Anda. Jadi blog/website Anda bisa dikembangkan jauh lebih canggih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Dan kebanyakan pluginnya gratis juga 🙂 walaupun juga ada yang bayar/premium.

Nah tetapi yang saya maksud adalah BUKAN buat blog di WordPress.com ya.. Lho??

Yang kami sarankan adalah menginstall atau memasang WordPress ke Web Hosting Anda sendiri dengan Nama Domain Anda sendiri, istilah teknisnya sering disebut Self-Hosted WordPress atau WordPress di hosting Anda sendiri.

Jika Anda masih awam dengan istilah domain dan web hosting, silakan baca artikel:

Apa itu Domain? Apa itu Hosting? Dan Apa Hubungan Antara Keduanya

Self Hosted WordPress vs WordPress.com

wordpress-com-vs-org-2

Mengapa kami sarankan Anda menggunakan Self Hosted WordPress (sering disebut WordPress.org), BUKAN yang WordPress.com? Berikut tabel perbandingannya.

WordPress.com

Self-Hosted WordPress

Alamat Blog Anda

NamaBisnis.Wordpress.com

Menggunakan nama domain yang Anda tentukan sendiri, misal PerusahaanABC.com

Kontrol Terhadap Blog Anda

Terbatas. Data berada di WordPress.com. Sewaktu-waktu bisa dihapus oleh pengelola.

Data sepenuhnya berada di web hosting Anda sendiri. Tidak ada yang bisa menghapus blog Anda, tanpa seijin Anda.

Theme dan Plugin yang Dapat Digunakan

Terbatas sekali, tergantung yang disediakan oleh WordPress.com

Anda bisa leluasa menggunakan themes atau plugin apapun yang Anda inginkan 

Blog Dipasang Iklan

Tidak diperbolehkan

Terserah Anda

Ada Biaya

Tidak ada sama sekali

Biaya beli domain dan bulanan web hosting saja

Dari tabel diatas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk keperluan serius, jelas Anda perlu membuat blog wordpress yang Self-Hosted WordPress yang Anda install di web hosting Anda sendiri.

Untuk cara menginstall atau memasang WordPress di web hosting Anda sendiri, silakan baca panduan (lengkap dengan video) di “Cara Install WordPress (Kurang dari 5 Menit) di Berbagai Webhosting

Kekurangan dari WordPress

Saya harus fair disini, bagaimanapun juga membuat blog dengan WordPress memiliki beberapa kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan ini, saya harapkan Anda jadi lebih siap. Apa saja kekurangannya?

  • Walaupun cukup mudah,  untuk bisa menguasai WordPress tentu perlu proses pembelajaran dan mungkin bagi orang awam awalnya terasa membingungkan. Menurut saya hal ini wajar  karena belajar apapun awalnya pasti membingungkan.
     
    Sama seperti saat Anda belajar mengendarai mobil pertama kali, rasanya banyak sekali yang perlu diperhatikan, Anda tegang, keringat dingin keluar, tapi setelah mahir, Anda bahkan bisa menyetir sambil makan, telpon dan apa lagi he..he..
  • Anda perlu mengurus sendiri upgrade versi dari wordpress, plugin dan themes yang Anda gunakan. Kadangkala setelah diupgrade, ada fungsi/fitur di wordpress Anda yang jadi tidak berjalan. Hal ini biasanya disebabkan oleh plugin dan themes yang Anda gunakan belum mendukung versi WordPress yang terbaru.
  • Tidak melakukan upgrade WordPress, plugin dan themes secara rutin bisa menyebabkan adanya security hole atau lubang keamanan yang bisa menyebabkan WordPress Anda kemasukan virus/malware.
  • Saat ada kesulitan, Anda bingung harus tanya kemana. Beda kalau Anda beli sebuah software dari perusahaan, maka Anda bisa tanya ke perusahaan yang buat. Nah karena WordPress dibuat oleh komunitas dan diberikan secara Gratis, kadang jika ada kesulitan, bingung mau tanya ke mana.

Nah dari melihat kekurangan dari WordPress tersebut, itulah pentingnya mengapa Anda perlu belajar dari sumber yang tepat, memiliki akses ke komunitas yang bisa diajak tanya jawab dan diskusi mengenai WordPress. Itulah peran kami di BelajarBisnisInternet.com 🙂

Ada begitu banyak alumni kami  yang asalnya gaptek dan tidak mengerti apa itu wordpress, apa itu domain, apa itu hosting dan bagaimana cara membuat website dan lain sebagainya, tapi berkat training yang sistematis, step by step dan detil, maka akhirnya banyak yang jadi jago.

Jadi kesimpulannya, memang segala sesuatu itu butuh proses pembelajaran. Yang penting Anda memiliki semangat, punya mindset untuk sukses dan pantang menyerah dalam belajar sesuatu yang baru.

What’s Next?

Untuk bagaimana cara membuat blog dengan WordPress, Anda bisa pelajari artikel lanjutannya di artikel “Cara Membuat Blog dengan WordPress“. Sampai jumpa disana.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda…

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • Wendra Fitrianto

    Sekedar informasi. link menuju konten: Apa itu Domain? Apa itu hosting? Dan Apa Hubungan Antara Keduanya, sepertinya error ya?
    Oh ya, artikelnya bagus. padet berisi.. hehe. Nice!

    • Terima kasih Wendra
      Sudah saya update link nya. Jadi bisa diakses.

      • Wendra Fitrianto

        Oke, mas Ronny..

    • Thank u @wendrafitrianto:disqus atas informasi broken linknya dan thx juga atas komentar positifnya he..he..

      • Wendra Fitrianto

        iya pak Sukarto, sama-sama.

  • Reza Purnama

    Saya masih bingung Pak, saya mempunyai blog teknologi, utekno(dot)net, tetapi saya ingin belajar membuat situs online store juga, kalau misalnya saya menggunakan sub-dom dari blog saya apakah bagus aja pak untuk situs online store saya?
    Untuk sekarang toko kecil saya masih bergantung di web bukal*p*k dan tokop*di*. Ingin saya kembangkan tapi bingung dengan problem di atas,
    Mohon bantuannya Bapak Sukarto dan Team. Semoga Sukses Selalu

    • Online Store nya kalau memang berhubungan dgn blog teknologi nya, satu niche maksudnya, ya gpp pakai subdomain. Kalau gak ada hubungannya, ya mending pake domain baru saja. thx

      • Reza Purnama

        Akhirnya dapat pencerahan, terimakasih pak.

  • saya benar benar membaca posting ini sampai habis

  • Mauladafa Fiscal

    Postingannya sangat bagus, lengkap, dan luar biasa ..

    • terima kasih pak @mauladafafiscal:disqus atas feedback positifnya.

  • Tiyo

    Saya sangat tertarik dengan artikel ini dan saya ingin belajar lebiih dalam lagi karena saya termasuk orang yang bisa dikatakan GAPTEK soal doamin dll…tapi ingin bisa mencari rizki via internet.

  • Titania Hapsari

    Pak kl mau ikut kursus adakah yg online tdk hrs offline?