Cara Cloning Website WordPress Kurang dari 3 Menit

By Sukarto Sudjono

Cloning-Sites Apakah Anda pernah membuat sebuah website baru yang mirip dengan salah satu website Anda sebelumnya?

Di dalam bisnis online yang kami geluti, seringkali kami harus membuat sebuah website baru yang sebenarnya mirip dengan website yang sudah kami miliki.

Mirip disini maksudnya:

  • Pakai wordpress theme yang sama.
  • Pakai wordpress plugin yang sama.
  • Layout kurang lebih sama.
  • Halaman yang digunakan juga mirip-mirip.
  • Setting plugin dan theme  yang dilakukan juga sama.

Yang berbeda paling adalah produk atau informasi yang ditampilkan di website baru.

Nah kalau Anda mengalami seperti ini dan Anda lalu membuat website baru Anda dari awal secara manual maka proses ini akan lumayan memakan waktu karena Anda harus install plugin, install theme, atur layout, melakukan setting, membuat halaman-halaman dan lain sebagainya dari awal.

Jauh lebih cepat sebenarnya jika kita bisa men-duplikat / cloning website yang sebelumnya, lalu kita tinggal ubah-ubah hal-hal yang berbeda di website baru. Proses membuat website baru seperti ini jauh lebih cepat.

Nah untuk mencapai tujuan ini, dulunya saya sampai beli tool cloning site ini lebih dari $100. Tapi sekarang sudah ada tool GRATIS yang bisa digunakan, namanya WP Clone.

Di video berikut saya menunjukkan bagaimana cara cloning website wordpress menggunakan WP Clone ini, yaitu dari melakukan proses duplikat website Anda sebelumnya ke website/domain yang baru.

Untuk memindahkan website wordpress Anda dari hosting lama ke hosting baru, cara yang dijelaskan di video ini Tidak Bisa Digunakan. Untuk melakukan migrasi/pemindahan website ke hosting baru, Anda bisa pelajari video dan artikel “Cara Migrasi Website WordPress ke Hosting Baru“.

 

Solusi Jika Terjadi Error Saat Proses Cloning

Kadangkala saat proses Restore dengan plugin WP-Clone diatas, bisa  terjadi error. Pengalaman saya dan tim BBI, error yang paling sering terjadi adalah:

1) Error Message : A valid URL was not provided.

Error ini terjadi jika URL sumber file cloningnya salah atau tidak ditemukan. Silakan cek apakah URL file sumber cloning sudah betul atau tidak. Perhatikan huruf besar, huruf kecilnya karena itu berpengaruh.

2) Internal Server Error

Kalau muncul error ini, biasanya masalahnya cuma masalah koneksi internet Anda. Silakan proses restore diulangi kembali.

3) Error: Incompatible Archive

Kalau error ini yang muncul, maka problemnya adalah perbedaan system antara server hosting lama dengan hosting baru sehingga menyebabkan file sumber cloning tidak berhasil dibuka.

Nah solusinya adalah Anda perlu download file sumber cloning dari hosting lama, untuk di upload secara manual (pakai FTP atau File Manager) ke hosting baru. Cuma memang harus ke folder WP Clone nya sendiri.

Nah proses melakukan bagian ini yang bagi sebagian besar orang mungkin agak membingungkan. Oleh sebab itu, Hans Richardo, salah satu partner di Tim BBI telah membuatkan sebuah video singkat tentang solusi untuk Error: Incompatible Archive berikut ini:

 

Semoga penjelasan tentang proses Cloning Website WordPress ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan mengenai proses diatas, silakan ditanyakan di bagian komentar di bawah ini.

Saat Anda ingin mendapatkan pemberitahuan otomatis dari YouTube, saat kami mem-publish video baru seperti diatas, silakan Langganan Video BBI.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.