Cara Ubah Username Admin WordPress Agar Tidak Mudah Dihack

By Hans Richardo

Salah satu cara yang sering digunakan oleh para hacker untuk membajak sebuah situs berbasis WordPress adalah dengan mencoba masuk ke halaman Dashboard sebagai Administrator. Biasanya mereka memiliki sebuah script yang dapat me-generate berbagai macam variasi password untuk kemudian secara otomatis digunakan untuk mencoba login ke halaman Dashboard, atau singkatnya script ini akan menebak-nebak password Admin Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat sebuah password yang sulit ditebak, jangan gunakan password-password umum seperti: admin123, 123456, password, p@ssw0rd, abc123, qwerty, dll. Buatlah password yang sulit ditebak (tapi harus bisa Anda ingat) serta gunakanlah variasi huruf besar-kecil, angka, dan simbol pada password Anda.

Selain itu, untuk lebih meningkatkan keamanan situs WordPress Anda agar tidak mudah dibobol melalui halaman Dashboard ini adalah dengan tidak menggunakan kata admin sebagai username administrator. Sehingga akan lebih menyulitkan para hacker untk membobol situs Anda, karena mereka tidak hanya cukup menebak password tapi juga harus menebak username Anda.

Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur menggunakan kata admin sebagai username? Memang sampai saat tulisan ini dibuat, WordPress belum menyediakan fitur untuk mengubah username, namun jangan khawatir di sini saya akan bagikan cara untuk ubah username admin WordPress.

Langkah-Langkah Untuk Ubah Username Admin WordPress

1. Pilih menu Users – Add New

01-pilih-menu

2. Buat User baru, gunakan Username selain admin, masukkan email Anda, buat Password yang sulit, kemudian pilih Role sebagai Administrator.

02-add-user

3. Silahkan logout, kemudian login dengan menggunakan Username baru yang telah Anda buat.

03-login-user-baru

4. Pilih menu Users – All Users

04-pilih-menu-all-users

5. Arahkan mouse ke Username admin lama Anda hingga muncul link Edit | Delete, kemudian klik Delete.

05-delete-admin

6. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman konfirmasi, pilih Attribute all content to: kemudian pilih username Admin baru yang akan menerima alihan konten dari Admin yang akan dihapus.

06-alihkan-konten

7. Selesai!

Kini Anda sudah tidak lagi menggunakan kata admin sebagai username. Mulai sekarang untuk login ke halaman Dashboard, Anda harus menggunakan username yang baru saja Anda buat.

Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua,

Hans Richardo

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan.

Tak lupa, Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan Anda tentang isi artikel  di bagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.

Kedua hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi Anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih 🙂

 

  • mohon info panduan cara membuat akun wordpress, karna saya sampai saat ini masih bingung bagaimana cara mendaftar secara gratis,,sepertinya wordpress sekarang mendaftar dengan biaya ya pak? mohon untuk dijelaskan pak,

    terimakasih BBI

    • Artikel disini maksudnya adalah buat user di wordpress yang diinstall di hosting Anda sendiri, bukan di wordpress.com.

      Untuk buat website baru di wordpress.com , bukannya cuma lewat sini ya :
      https://id.wordpress.com

      semoga menjawab. thx

  • ya pak Sukarto…terimakasih bantuannya pak