Ingin Meningkatkan Omset Toko Online Anda? Ini Caranya…

By Sukarto Sudjono

Siapa yang tidak ingin omsetnya  naik? Semua pengusaha atau pebisnis selalu ingin meningkatkan omset penjualannya. Demikian pula dengan pemilik bisnis toko online seperti Anda.

Tetapi kebanyakan orang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk meningkatkan omset adalah dengan menambah atau menaikkan budget iklan/promosi, betul tidak?

Memang itu betul juga, karena ‘biasanya’ (tidak selalu) setiap kali Anda menaikkan budget iklan/promosi maka omset Anda akan naik, tetapi ada cara yang lebih cerdas yang tidak perlu mengeluarkan biaya, mau tahu? ūüôā

tell-you-a-secret

Rahasia Pertama untuk Meningkatkan Omset Anda

Saya sempat membaca dan mempelajari sebuah buku dari Jay Abraham bertahun-tahun yang lalu (beliau adalah maha guru marketing kelas dunia).

Jay mengatakan bahwa strategi paling sederhana untuk melipat-gandakan omset Anda adalah dengan meningkatkan omset dari customer yang Anda miliki.

Saat itu saya seperti mendapatkan sebuah pencerahan, sehingga menyadari dan ingat pelajaran penting bahwa:

Fokus Anda sebagai pengusaha/pebisnis bukanlah cuma menambah customer, tetapi memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan omset atau jumlah pembelian dari setiap customer di bisnis Anda.

Jadi sederhananya, kalau Anda tahu rata-rata setiap customer Anda belanja Rp 200.000 setiap bulan di toko Anda, maka Anda perlu memikirkan bagaimana caranya agar rata-rata itu naik jadi belanja Rp 250.000 setiap bulan (naik 25%).

Cara Sederhana Meningkatkan Omset dari Setiap Customer

Cara sederhana inilah¬†yang kami dan banyak alumni training kami lakukan sehingga dari omset kami awalnya cuma jutaan per bulan, jadi puluhan juta per bulan hingga akhirnya jadi ratusan juta per bulan dan bahkan lebih. Apa itu rahasianya? ūüôā

Rahasianya adalah dengan Menambah Jumlah Produk yang Dijual

Hanya dengan menambah jumlah produk yang Anda jual, misal semula Anda menjual 3 macam produk, begitu Anda menambah produk yang Anda jual menjadi 10 macam produk, otomatis omset Anda akan naik juga.

Pertanyaannya adalah Mengapa Omset Anda Bisa Naik?

omset-naikYang pertama, customer lama saat mengetahui Anda menjual produk baru, otomatis sebagian akan tertarik untuk membelinya (asal produk baru yang Anda jual  memang relevan dengan produk awal yang mereka beli).

Customer lama sudah punya trust atau kepercayaan dengan Anda (selama Anda perlakukan dengan baik sebelumnya). Bagi mereka lebih mudah belanja lagi dengan Anda  daripada dengan orang lain yang mereka belum pernah transaksi sebelumnya.

Kita sendiri kan kadang juga agak khawatir saat transaksi dengan orang baru yang tidak kita kenal, bukan? Nah sama. Customer Anda juga seperti itu. Saat mereka memiliki pengalaman belanja yang baik dengan Anda, maka akan sangat mudah bagi mereka untuk membeli barang lain yang Anda jual.

Itu sebabnya saya selalu mengingatkan alumni workshop toko online kami bahwa Customer Anda adalah Aset Terbesar Anda. Perlakukan dengan baik maka Anda akan tumbuh besar.

Yang kedua, Anda menambah omset Anda dari customer baru yang mencari produk baru yang Anda jual. Jika selama ini Anda hanya memiliki customer  dari hasil menjual 3 macam produk, maka dengan menjual lebih banyak produk, misal 10 macam produk, otomatis Anda akan mendapatkan customer-customer baru yang selama ini belum pernah Anda dapatkan.

Sebuah konsep sederhana, tetapi banyak yang tidak dimengerti, apalagi dijalankan oleh banyak pebisnis, terutama pebisnis online.¬†Sejauh ini Anda belajar sesuatu? ūüôā

Bagaimana Menerapkan Strategi Ini di Toko Online Anda?

Jadi Anda sudah mengerti bahwa menambah produk akan menambah omset Anda, nah sekarang bagaimana detil untuk melakukan strategi ini di bisnis toko online Anda?

Saya akan jelaskan 3 hal yang perlu Anda lakukan atau miliki untuk bisa menerapkan strategi ini.

Yang pertama: Anda perlu memiliki sistem toko online yang memudahkan Anda untuk menambah produk yang Anda jual secara cepat.

Kalau Anda bisa punya sistem toko online dimana Anda bisa menambahkan produk baru hanya dalam waktu kurang dari 1 jam, hal ini tentu akan sangat membantu Anda untuk menambah produk dengan cepat.

Yang kedua: Produk baru yang Anda tambahkan perlu otomatis tampil di Homepage Toko Online Anda

Hal ini tujuannya agar customer lama Anda atau pengunjung baru ke website toko online Anda, bisa melihat ada produk baru yang Anda jual sehingga tiba-tiba tanpa Anda sadari, produk baru yang Anda jual sudah mulai terjual (belum dipromosikan), percaya saya, hati Anda akan senang sekali saat itu terjadi ūüôā

Yang ketiga: Anda perlu menginformasikan produk baru ke database customer/prospek Anda via email, BBM, SMS, Facebook dll.

broadcast-promoteAnda mungkin menambah produk baru secara cepat, tetapi kalau customer/prospek Anda tidak tahu tentang produk baru yang Anda jual, maka dampaknya kurang terasa/significant.

Oleh sebab itu Anda perlu memberitahu mereka baik via email, BBM (broadcast/ganti profile), SMS, Facebook atau channel apapun yang Anda miliki.

HATI-HATI: Jika Anda menambah satu produk baru setiap hari, JANGAN broadcast atau mengirimkan info produk baru ke customer atau prospek Anda setiap hari. Anda akan dianggap melakukan spam dan akhirnya informasi dari Anda malah akan diabaikan.

Jika Anda belum memiliki sistem toko online yang canggih yang memungkinkan Anda menambah produk baru dengan cepat dan membuat setiap produk baru yang ditambahkan muncul di Homepage website Anda, saran saya bangunlah sebuah Brand Store atau Toko Online Utama Anda yang powerful secepatnya.

Kesimpulan

  1. Anda bisa menambah omset toko online Anda, tanpa menaikkan biaya iklan/promosi, dengan cara menambah produk baru yang Anda jual dan informasikan ke customer/prospek Anda.
  2. Bangunlah sistem toko online yang canggih sehingga proses menambah produk dan menampilkan di homepage toko online bisa dilakukan dengan cepat, bahkan otomatis.

Nah itulah Rahasia Pertama Meningkatkan Omset Toko Online Anda, untuk mengetahui Rahasia Kedua, KLIK Link berikut untuk baca artikel rahasia kedua untuk meningkatkan omset toko online Anda.

Jika ada komentar dan pertanyaan, silakan isikan di bawah ini, saya selalu membaca dan membalas komentar dan pertanyaan yang masuk.

Salam Sukses Besar untuk Anda,

Sukarto Sudjono

  • Terima kasih banyak Pak atas informasinya. Saya juga sudah pernah membaca mengenai strategi ini namun sering lupa dalam prakteknya. Terkadang saya lebih fokus kepada calon customer baru dan mengabaikan customer lama saya.

    salam
    adhy

    • Terimakasih sama-sama.
      Memang betul yang Anda katakan, kebanyakan pebisnis fokus ke calon customer baru, lupa bahwa dia sebenarnya punya aset berharga yg harus diperhatikan.
      Sukses selalu ya pak…

  • Rahadi Poetranto

    Pak saya tanya lewat email dan SMS kok gak dibalas kenapa pak? Saya bertanya, sdh pny toko online tetapi belum dapat order, jadi mana yg hrs didahulukan belajar Woo Brand Store apa MTO? URL toko online sy http://mautahanlama.com MOHON saran saya tunggu pak, terima kasih.

    • Pak Rahadi, email dan sms nya kapan ya pak? Kalau di jam kerja, sebelum jam 5 sore, tim CS kami biasanya akan dibalas cukup cepat. Kalau di luar jam kerja, ya besoknya.

      Ini kebetulan saya lihat ada komentar dari bapak, jadi saya balas langsung.

      Kalau dari melihat website Anda, tampaknya yang Anda perlukan adalah training MTO karena disitulah Anda akan belajar tentang riset keyword, buat website yg high conversion dan strategi mendatangkan visitor yg tertarget.

      Woo Brand Store fokusnya cuma ke pembuatan website toko online yang canggih, bukan ke cara mendatangkan pengunjung dan riset keyword.

      thanks.

  • alfan s

    Salam kenal Pak. saya sangat berterimakasih kepada Bapak atas semua advice & ilmunya yg sangat manfaat Pak. Saya pengin sekali ingin ikut MTO dan Woo Brand Store, tapi keinginan itu sampai saat ini belum terwujud karena saya belum punya dana sama sekali. Demikian tks. Toko OL saya: http://www.cemilankhastemanggung.wordpress.com

  • Rahadi Poetranto

    @pak Sukarto benar, saya perlu ikut MTO. Tetapi saya ikut Woo Brand Store ol course sy pandang perlu juga. Sebenarnya sy sdh daftar kursus MTO tgl.19-20 Maret depan tetapi dana yg sy harapkan blm ditangan, sayang, nampaknya sy hrs bersabar lagi. Ada jadwal kursus di Bandung tidak pak Sukarto?

    • Belum bisa dipastikan kapan di Bandung, nanti kalau ada, akan kita kabari ya pak lewat email. thx

      • Rahadi Poetranto

        Tks pak Sukarto ditunggu ya kbrnya. Doain sy bs ikut yg di Sby 16-17 April pak. Gemes sy, mungkin ini yg disebut nafsu besar tenaga kurang.

        • Keliru pak kalau cara mikirnya “nafsu besar tenaga kurang”, itu artinya pak Rahadi percaya dan merasa dirinya tidak mampu. Kata-katanya diubah “saya yakin bisa ikut, nanti pasti ketemu solusinya”.

          thx

  • Agus Susanto

    salam kenal @pak sukarto,saya tertarik sekali dan ingin gabung workshop tapi tdk dalam waktu dekat pak,kalau pembayarannya pakai kartu kredit mandiri bisa nggak ya pak,bagaimana caranya.terimakasih