Mengapa Kami Tidak Rekomendasi Bluehost dan Hostgator Lagi?

By Sukarto Sudjono

bluehost-hostgator

Kalau Anda sudah mengikuti website BBI sejak 2009, Anda akan ingat bahwa dulunya kami menggunakan Bluehost, lalu kemudian Hostgator. Kami puas dengan layanan mereka saat itu sehingga berani merekomendasikan kedua perusahaan tersebut.

Tetapi sejak 2014, kami sepenuhnya tidak rekomen kedua perusahaan itu lagi, walaupun kami tahu, masih banyak website/blogger yang promosi Bluehost atau memasang banner salah satu perusahaan tersebut di website mereka.

Kami adalah pelaku bisnis online, saat kami sendiri sudah tidak puas dan keluar dari perusahaan tersebut, kami harus transparan untuk mengatakannya. Saya akan jelaskan apa sebabnya berikut ini.

Mengapa Kami Tidak Rekomendasi Bluehost?

Untuk Bluehost, saya sudah sepenuhnya mundur atau tidak menggunakan Bluehost sudah hampir 3 tahun. Saya pernah punya 5 account hosting berbeda di Bluehost dulunya. Tapi sekarang sudah saya tutup semua, bahkan milik klien juga saya rekomendasi untuk pindah semua.

Ada beberapa sebab utama mengapa saya sudah meninggalkan Bluehost lagi, yaitu:

  1. Performance server mereka makin lambat. Website yang sama, tidak ada perubahan, jumlah visitor sama, tapi semakin berat diakses.
  2. Account Anda mudah di-suspend oleh Bluehost karena dianggap memakai CPU time ‘agak berlebihan’. Kadang kita gak sadar kalau ‘sesuatu’ sedang terjadi. Perusahaan lain biasanya memberi warning terlebih dahulu, eh kalau Bluehost langsung di-suspend. Saya ingat, salah satu website kami yang critical (menghasilkan uang tiap jam), di-suspend langsung oleh Bluehost dengan alasan website ini memakan CPU Time berlebihan, dan disuruh upgrade ke hosting yang 2x lebih mahal! Saya tahu itu sekitar jam 10 malam, sehingga saya harus mengurusi hal ini sampai subuh. Setelah mengalami beberapa kali seperti ini, saya bilang “It’s Enough!! Time to Let Go…”
  3. Layanan support mereka makin susah dihubungi. Untuk Live Chat, kadang harus antri 30 menit!! Apa yang harus Anda lakukan menunggu di depan layar komputer selama 30 menit? Kadang kita pergi untuk makan, eh balik, ternyata sudah sempat dihandle oleh CS Bluehost, tapi karena gak ada respon dari kita, dia menutup sesi chatnya 🙁 Jadi kita harus request Live Chat lagi dan nunggu 30 menit lagi dari awal, weleh 🙁
  4. Mirip dengan yang no 2 diatas, saat Anda terkena malware, account Anda seringkali di-suspend dan Bluehost sangat tidak helpful dalam membantu mencarikan solusi untuk jenis-jenis masalah seperti ini. Bluehost mengganggap itu adalah kesalahan kita sendiri. Pengalaman saya di perusahaan lain menunjukkan mereka masih mau membantu dalam mengatasi masalah ini. Mereka bersedia bantu scan dan menunjukkan file-file yang diserang atau menjadi security hole.

Mengapa Kami Juga Tidak Rekomendasi Hostgator ?

Kami di BelajarBisnisInternet.com cukup lama merekomendasi Hostgator sebagai perusahaan hosting pilihan kami. Saat ini kami masih ada beberapa account reseller di Hostgator yang masih kami pakai hingga sekarang, terutama yang target marketnya di Amerika karena server/data center Hostgator ada disana.

Mereka masih cukup membantu jika website/account hosting Anda terinfeksi virus/malware. Biasanya mereka bisa bantu scan, menginformasi file-file mana yang terinfeksi dan kadang bisa restore dari backup Anda sebelumnya.

Kekurangan utama Hostgator adalah di hal support terutama Live Chat. Saat artikel ini ditulis, live chat dengan support Hostgator seringkali perlu antri hampir 30 menit!

Jadi kadang saat ada masalah urgent, kita disuruh nunggu 30 menit, itu yang menurut saya tidak bisa diterima. Sepertinya mereka ingin customer hanya mengirim email/submit ticket ke supportnya. Tidak mau terima live chat, tetapi ya aneh juga tetap disediakan fasilitas Live Chat.

Selain itu, performance/kecepatan akses website kami yang ada di Hostgator juga semakin menurun/melambat, padahal tidak ada sesuatu apapun yang kami lakukan pada website tersebut.

Nah jadi kalau tidak rekomendasi Bluehost dan Hostgator, perusahaan hosting mana yang BBI gunakan dan rekomendasi sekarang?

Itulah yang kami jelaskan secara panjang lebar di artikel “Web Hosting Rekomendasi BBI“. Sampai jumpa disana!

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • Terima kasih atas infonya. Kalau saya selama ini menggunakan Ipage. sesi menuggu untuk chating paling hanya 3-5 menit. itupun sudah cukup lama. salam adhy.

  • Purwanto

    Terima kasih atas infonya, dulu awal-awal menekuni bisnis IM saya juga memakai hostgator, namun lama-lama saya tinggalkan karena mahal, ada pilihan lain yang lebih murah sama akses web nya lebih cepat. Saya bagi web saya di 3 hosting yang berbeda agar kalau ada apa-apa di satu hosting tidak berpengaruh di web yang lain

    • Saya setuju dengan Pak Purwanto. Jika bisnis online kita sdh running, perlu dibagi ke beberapa perusahaan webhosting berbeda. Dengan tujuan, supaya jika terjadi sesuatu dengan satu hal, yg lain tidak kena. Saat ini, saya memiliki 3 hosting perusahaan berbeda 🙂

  • Jun Junaedi

    Dh,

    Kepada pebisnis online saya mohon bantuan, saya memiliki website di hosting “hostgator” namun begitu dicek ternyata tidak dapat dibuka dan muncul tulisan “ERROR 403 – FORBIDDEN”. Mohon panduan cara mengtasi hal tersebut, apakah saya harus pindah hosting sesuai saran dari bpak Sukarto dan bagai mana caranya?

    Atas masukannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam sukses,

    Junaedi

    • error 403, artinya ada kesalahan terhadap hak aksesnya. Bisa jadi di bagian htaccessnya.

      Hal ini cukup teknis. Kami sarankan Bapak dapat live chat terlebih dahulu ke hostgatornya. Untuk menyelesaikan hal ini, sebelum memindahkan ke hosting baru Anda.

      thanks

  • rio

    perusahaan hosting mana yang BBI gunakan dan rekomendasi sekarang..? ditunggu lanjutan artikel nya pak.soal nya mau sewa hosting.tks

  • Budix

    Mungkin tidak ada perusahaan yang 100% bagus seiring waktu, karena mungkin saja karena jumlah kliennya yang semakin lama semakin banyak, sehingga beban server semakin bertambah, begitu juga antrian live chat yang kian banyak, klien yang ditangani dalam waktu yang sama juga kian banyak. web saya juga mengalami hal serupa, dimana trafic makin tinggi, tiba-tiba disuspen. Bagus juga ide menaruh web ke beberapa server, karena saya sudah mempraktikkannya, jika salah satu bermasalah, yang lain tetap aman.

    • Hallo pak Budi..
      kalau saya pribadi melihatnya seperti ini.
      Jadi seiring berjalannya waktu, kalau customernya banyak, demi menjaga profesionalitas, maka perusahaan hosting tetap menjaga konsistensi performanya.

      Jika live chat bnyk, berarti Customer Servicenya pun ditambah hehe..
      Jika trafficnya makin banyak dari jumlah customer yang bertambah, maka perusahaan hosting harus siap expand juga, agar performa kualitas dari perusahaan tetap terjaga pula.

      Kami merekomendasikan

      http://bbilink.com/hosting

      thanks

    • Saya melihatnya Bluehost, Hostgator dan DreamHost semenjak diakusisi oleh EIG sebuah grup investor perusahaan internet, beberapa tahun lalu, jadi gak karuan.

      Hal ini mungkin karena perusahaan investasi hanya peduli dengan angka, ROI, kapan uang saya balik dan parameter-parameter yg BUKAN customer oriented.

      Perusahaan yang customer oriented pasti saat makin banyak customer, mereka juga akan semakin menambah resources untuk melayani customer yang bertumbuh pesat. Contoh: Amazon, Zappos.

      Mereka adalah Customer Oriented company, jadi mereka invest besar-besaran untuk memastikan customer experience nya tetap dan makin bagus, walaupun company growing semakin besar.

      Kira-kira begitu pandangan saya. thx

      • 100% setuju pa, saya pakai hostgator dari 2010 dan baru nyadar kualitasnya udah jauh berbeda semenjak dibeli EIG
        Parah supportnya ga kasih solusi, ticket dibales bisa 2 minggu dan udah ampir kena suspend

        Hostgator mungkin masih cocok buat blog baru yg masih sepi, artikel sedikit.
        Kalau udah mulai rame dan artikel ratusan, siap2 cari yg lain

        Hostgator sekarang cuma rajin cari konsumen baru, tiap bulan kasih diskon 60%, kalau dulu mana ada begitu, kalaupun ada diskon sampe 80% biasanya pas blackfriday diluar itu diskonnya ga pernah gede

        Blogger luar juga banyak yg udah ninggalin hostgator karena sering down dan supportnya payah

  • Terus rekomendasi buat tahun “2016” pake apa? Pada akhirnya pasti menggunkan VPS kalau visitornya udah meledak.

  • Dedi Mukhlas

    Saya setuju dengan pendapat di atas, karena website saya sekarang down dan lamat. Thanks gan informasinya.