Nikmatnya Bisnis yang Memberikan Kebebasan

By Sukarto Sudjono

FREEDOM!!  FREEDOM!!  FREEDOM!!

Braveheart_impBegitulah teriakan dari William Wallace yang diperankan oleh Mel Gibson di film Brave Heart di akhir film saat sebelum dieksekusi hukuman mati.

Saya selalu merinding saat melihat bagian itu karena bisa merasakan kekuatan tekad dan karakter William Wallace yang memperjuangkan kebebasan bagi kaumnya melawan sang tirani atau diktator pada jaman itu.

William Wallace lebih memilih dieksekusi mati daripada mengakui tirani yang menindas kaumnya. Luar Biasa!

Film yang Sangat Menginspirasi!

Freedom atau Kebebasan memang adalah sesuatu yang diinginkan oleh manusia sejak jaman dulu. Manusia sejak jaman dulu ingin memiliki kebebasan dalam mengungkapkan pendapat, kebebasan dalam menentukan apa yang ingin dilakukan dan kebebasan untuk menjalani hidupnya seperti yang diinginkan.

Manusia dari asalnya tidak suka dikekang, tidak suka diatur terus menerus dan tidak suka hidupnya diatur oleh orang lain. Anda setuju dengan hal ini? 🙂

Nah saya menyukai konsep memiliki kebebasan atau freedom ini terutama yang berhubungan dengan karir atau bisnis. Saya tidak suka dengan ide untuk kerja di kantor yang sama, suasana yang sama dari jam 8 pagi s/d 5 sore setiap hari, selama 20 tahun ke depan he…he…

Saya ingin bisa bekerja jam berapapun saya mau. Mau subuh, mau malam, terserah saya. Mau kerja di kantor, mau kerja di coffee shop atau mau kerja di tempat rekreasi, terserah saya.

Itu sebabnya saya sejak dulu tahu bahwa saya tidak mungkin jadi karyawan terus menerus (saya sempat jadi karyawan swasta selama 4 tahun) karena rasanya tidak ada perusahaan yang mau memiliki karyawan yang semau gue seperti itu 🙂

Saya tidak tahu kapan persisnya keinginan untuk memiliki kebebasan seperti ini muncul, tapi kalau saya ingat-ingat, sepertinya sudah muncul sejak kecil yaitu saat saya merasakan jaga toko orangtua saya.

Orangtua saya memiliki toko retail di daerah Kalimantan Timur yang menjual dari berbagai macam barang, dari alat tulis, kelontongan, perawatan tubuh, perlengkapan kerajinan hingga  macam-macam barang yang saya juga tidak tahu persisnya.

Toko orangtua saya ini punya jam kerja yang sangaaaatttt panjang. Buka jam 7 pagi, tutup jam 9.30 malam, cuma tutup 1 jam saat siang hari. Setiap hari buka, termasuk hari Minggu dan tanggalan  merah pun tetap buka karena setiap hari toko ditutup, berarti tidak ada pemasukan, sayang kata orangtua saya.

Sejak kecil, saya dan saudara-saudara saya sudah disuruh bantu jaga toko setelah kami selesai sekolah ataupun pada saat liburan sekolah.

Saya saat itu bisa merasakan ketidak-sukaan menjaga toko karena harus melayani pembeli yang datang, lalu nunggu dan bengong saat tidak ada pembeli. Apalagi suasananya setiap hari ya gitu-gitu saja, rutinitas yang membosankan menurut saya.

Walaupun saya bersyukur, berterima-kasih dan salut untuk kedua orangtua yang bersedia menjalani rutinitas itu, dalam hati saya tahu, saya tidak suka bisnis yang seperti itu.

Saya ingin memiliki bisnis atau karir yang bisa memberikan kebebasan sehingga lebih fleksibel, baik jam kerjanya maupun tempat kerjanya.

Jadi saat saya mulai tahu adanya bisnis online (dulu pertama kali saya kenal dengan istilah internet marketing), saya langsung merasa “Eureka! Ini dia bisnis yang paling cocok buat saya!

Ada banyak kelebihan dari bisnis online sehingga membuat bisnis ini menarik. Saya pernah menuliskan 5 Hal Menarik dari Bisnis Online sehingga saya tidak akan mengulangi penjelasan itu lagi.

man-laptop-seaSelama 5 tahun terakhir, saya bersyukur bisa menjalani bisnis yang merupakan impian saya sejak kecil yaitu bisnis online yang memberikan banyak kebebasan.

Saya tidak harus ke kantor untuk kerja (walaupun saya dan istri memiliki kantor tempat tim kami bekerja).

Saya terbiasa bekerja di rumah dan kalau bosan saya pergi ke Coffee Shop atau tempat nongkrong, tinggal bawa laptop dan kerja dengan suasana baru. Enak lho seperti itu 🙂

Saya dan istri bisa antar anak kami ke sekolah dan jemput saat pulang dari sekolah. Saya ikut hampir semua acara dan kegiatan sekolah dari anak kami. Saya juga punya waktu untuk ngajari dia saat mau test atau ulangan.

Lalu kapan saya bekerja?

Kalau lagi rajin, saya bangun subuh (saya adalah morning person, jadi bangun jam 4 atau jam 5 subuh adalah hal biasa bagi saya). Kerja lagi setelah antar anak saya ke sekolah. Siangnya saya take a nap atau tidur siang he..he..

Lalu jemput anak dari sekolah dan kadang antar anak ke les dan kegiatan lainnya. Malam saya kadang kerja lagi sebentar setelah dia tidur. Jadi jam kerjanya sangat fleksibel. Saya tidak tahu Anda sukanya bagaimana, tapi jam fleksibel seperti inilah yang saya suka 🙂

Bisnis online juga memungkinkan kami pergi liburan saat bukan musim liburan, saat orang lain kerja. Anda harus tahu bagaimana enaknya liburan saat orang lain kerja he..he..

Tempat-tempat wisata lebih sepi, jadi lebih enak dinikmati, apa-apa tidak perlu antri. Tiket pesawat dan hotel, semuanya lebih murah. Kami paling tidak suka liburan saat lebaran atau akhir tahun karena dimana-mana penuh orang, semuanya serba mahal dan tempat wisata karena begitu padat, jadi tidak nyaman.

Saya dan istri saat ini masing-masing mengurus bisnis online yang berbeda. Istri saya lebih banyak yang mengurus bisnis toko online yang telah dimulai 3 tahun lalu, sedangkan saya lebih banyak ke bisnis informasi dan edukasi.

Dari awal kami sudah men-setup agar bisnis online kami ini bisa berjalan tanpa harus kami ada di kantor. Kami ingin bisa monitor bisnis kami dari manapun. Oleh sebab itu kami memiliki sistem dan tim. Kami sendiri lebih suka kerja dari rumah ataupun sambil travelling (ini hobi kami berdua he..he..).

Seperti belum lama ini, di akhir Maret kami pergi 11 hari ke Korea untuk self travelling atau jalan sendiri tanpa tour. Jadi bisa ngatur mau pergi mana saja, berapa lama dan jamnya fleksibel (kelihatan lagi kan, keinginan untuk bebasnya).

Ada satu moment saat perjalanan itu yang membuat saya diingatkan untuk bersyukur atas kebebasan yang diberikan oleh bisnis online.

Saat itu, kami sedang berjalan-jalan menikmati Taejongdae di Busan yang merupakan tempat wisata yang terletak di ujung semenanjung Korea.

Pemandangannya indah, tebing-tebing dengan ombak pantai yang besar, mirip dengan Bali, tapi udara cukup dingin (sekitar 10-12 derajat celcius) jadi enak banget untuk jalan kaki. Tempatnya relatif sepi dan bunga-bunga sakura sedang mekar saat itu, wah indah banget 🙂

Nah saat menikmati dan menjelajahi Taejongdae tersebut, tiba-tiba istri saya berkata “Kita nanti perlu berhenti sebentar di suatu tempat, karena barusan dapat laporan dari tim di kantor ada barang yang kosong karena penjualannya lagi kencang sehingga stok habis dan perlu kulakan lagi.

Saya memang sewa pocket wifi router selama di Korea sehingga kami tetap terkoneksi internet sehingga bisa komunikasi dengan mudah dengan tim kami.

Jadi akhirnya kami berhenti di sebuah coffee shop di mercu suar disana, kita pesan kopi dan teh panas (karena angin sangat dingin saat itu), sedangkan istri saya pesan barang ke supplier pakai iPad nya dan transfer pembayaran.

Kulakan-di-Korea

Kulakan barang sambil menikmati view spektakuler di Busan, Korea

Sambil  menunggu istri saya menyelesaikan urusannya (sekitar 30 menit), saya minum kopi hangat sambil menikmati pemandangan spektakuler di bawah sana.

Minum-Kopi-Taejongdae

Minum kopi hangat sambil menikmati pemandangan indah

Ah betapa nikmatnya punya bisnis yang memberikan kebebasan 🙂 Thank you… Thank you… Thank you…

Saya menceritakan ini semua bukan untuk pamer atau menyombongkan diri, jauh dari itu. Saya menceritakan ini semua untuk menginspirasi Anda, bahwa ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan sehingga bisa memiliki kebebasan dalam hidup Anda.

Anda tidak harus kerja di kantor, dari pagi sampai sore (bahkan sampai malam kalau di Jakarta) selama puluhan tahun, bertemu keluarga saat malam hari, sudah capek, pinginnya tidur. Besok rutinitas diulangi kembali.

Anda punya pilihan!

Anda tidak perlu merasa bersalah saat memiliki keinginan dan impian untuk memiliki kebebasan dalam karir dan bisnis Anda sehingga jam kerja Anda lebih fleksibel, kerja bisa darimana saja dan bisa meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga Anda.

Lumrah manusia memiliki keinginan itu….

Saya dan istri setiap hari bersyukur, bisa memiliki kebebasan yang kami nikmati saat ini. Sesuatu yang bertahun-tahun yang lalu hanya sebuah impian. Bisnis online telah memungkinkan ini semua.

You Can Do It! Yang Anda perlukan hanyalah Memulai Langkah Pertama….

Salah satu model bisnis online sederhana yang bisa Anda kerjakan secara paruh waktu adalah toko online. Anda bisa baca artikel Strategi Toko Online yang Efektif dengan Modal Terbatas atau lihat video gratis yang kami bagikan tentang hal ini. 

Semoga apa yang saya sharingkan ini memberikan inspirasi dan semangat baru bagi hidup Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.