Panduan Cara Membuat Akun Google Adwords

By Sukarto Sudjono

Membuat Akun Google AdwordsGoogle Adwords adalah platform/sistem yang dibuat oleh Google untuk memudahkan para advertiser (pemasang iklan) untuk melakukan riset dan pemasangan iklan di seluruh properti Google (Google Search Network, Google Display Network, YouTube dll).

Anda mungkin saat ini belum berencana untuk memasang iklan di Google, tetapi tetap saja Anda perlu punya atau buka akun Google Adwords untuk memanfaatkan Tool Gratis yang disediakan Google untuk melakukan Riset Keyword yaitu Google Keyword Planner.

Nah di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun Google Adwords (GRATIS).

Membuat Akun Google Adwords

PERSYARATAN: Untuk membuat akun Google Adwords, Anda butuh memiliki sebuah akun Google / Gmail. Kalau Anda punya akun Gmail, ya berarti Anda sudah bisa buat akun Google Adwords. Silakan lanjut, kalau belum, silakan buat akun Gmail dulu.

Ok saya asumsi Anda sudah punya Gmail sekarang, silakan ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini untuk membuat akun Google Adwords.

Catatan: Panduan berikut tidak menjelaskan proses pemasangan iklan di Google Adwords, itu nanti dijelaskan di artikel lain saja.

STEP 1: Klik URL berikut ini https://adwords.google.com dimana nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini (atau bisa saja ada perubahan tampilan). Lalu KLIK tombol biru Start Now di kiri bawah.

cara-membuat-akun-google-adwords-1
STEP 2: Setelah Anda klik Start Now, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Anda KLIK link “Skip the guided setup” agar Anda tidak perlu mengikuti proses pembuatan iklan pertama Anda.
 cara-membuat-akun-google-adwords-2
STEP 3: Anda sekarang akan diminta untuk mengisikan alamat Gmail Anda (yang sudah Anda buat), Negara, Zona Waktu dan Mata Uang seperti tampilan berikut ini. Setelah selesai mengisikannya semua, silakan KLIK tombol “Save and Continue” di bawah.
cara-membuat-akun-google-adwords-3
Kalau Anda memasukkan alamat email yang sudah pernah diaktifkan Google Adwords nya, maka biasa akan muncul error seperti ini :
 
This email is already associated with an AdWords account. To create a new account, enter a different email address. To sign in to your existing account, click “Continue”.
STEP 4: Anda lalu akan diminta untuk login ke Google Account yang Anda isikan di step 3 tadi. Masukkan alamat Gmail dan password Anda.
cara-membuat-akun-google-adwords-4
 
STEP 5: Nanti akan ada proses beberapa saat dan saat muncul tampilan seperti berikut ini maka proses membuat akun Google Adwords sudah SELESAI dimana ada tampak menu Home, Campaign, Opportunities, Reports dan Tools.
cara-membuat-akun-google-adwords-5
 

Cara Mengakses Google Keyword Planner

Kalau Anda ingin melakukan riset keyword seperti yang dibahas di artikel “Riset Keyword: Keahlian Penting Seorang Pebisnis Online“, Anda tinggal mengaksesnya melalui menu Tools lalu pilih Keyword Planner seperti yang tampak di screenshot berikut ini.
 cara-mengakses-google-keyword-planner

Nah saat Anda sudah siap untuk memasang iklan di Google, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah Mengatur Sistem Pembayaran di Google Adwords dimana Anda bisa mulai memasang iklan di Google dengan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun transfer bank (fasilitas baru) yang bisa Anda pelajari di artikel ini.

Semoga panduan singkat ini bermanfaat bagi Anda!

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • hendri

    selamat siang pak Sukarto, mau minta petunjuknya mengenai cara membuat akun adwords.

    saya sudah coba cara di atas, namun sekarang sebelum bisa menggunakan Tool keyword saya di minta isi berbagai hal dari data sampai data kartu kredit. kemudian saya di minta membuat campaign pertama agar bisa melihat hasil search keyword. (gambar terlampir)

    apakah saya harus mengisi semua hal tersebut atau ada cara lain ya pak. soalnya KK saya lagi dalam proses dan saya ingin search keyword.

    terima kasih.

    • Memang tampaknya google adwords ingin supaya orang yg membuat campaign utk bisa pakai GKP. Ikuti saja, ntar campaign nya bisa di pause kok. Toh nantinya jg perlu kan akun Adwords. thx

      • hendri

        oh, berarti nnti tinggal pause ya. ok pak … terima kasih petunjuknya 😀

      • hendri

        Pak Sukarto, Mau minta petunjuk lagi. saya sudah membuat sebuah campaign sesuai arahan bapak. saya cek tadi pagi Ads saya juga sudah Approved. dan saya juga Run (enabled) campaign dan ads saya. tapi sewaktu menggunakan Keyword Planner masih juga tampil hasil pencarian rata – rata seperti gambar, dan masih muncul peringatan. kenapa bisa begitu ya pak?

        • Nah terus terang kalau gitu saya jg kurang tau krn saya juga tau nya dari search artikel di google.

          Apa butuh waktu ya… Coba logout dan login lagi mungkin bisa membantu. Bisa juga coba kontak support Adwords.

          • hendri

            Baik pak, sipp. thanks Pak

  • musyafa’

    punya saya kok kayak gini ea pak…
    salah dimana nie

    • bgmn pak Musyafa mksdnya. 🙂
      lbih dtail pak apa yg ditnyakan, spya kami bs bantu jg