Pengertian Website & Tiga Jenis Website Paling Umum

By Hans Richardo

Menurut Anda, apa teknologi paling muktahir pada abad ini? Apabila pertanyaan itu ditujukan kepada saya, maka sudah pasti dengan lantang saya akan menjawab INTERNET.

Pengertian Website dan Internet

Internet yang saya maksud di sini bukan singkatan dari Indomie Telor Kornet lho yaa… tapi interconnection-networking, yaitu (menurut Wikipedia) seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Saat ini intenet telah menjangkau seluruh aspek kehidupan, bahkan dalam berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari Anda pun mungkin tidak lepas dari keberadaan internet. Maka tidak salah apabila Bill Gates (Chairman of Microsoft Corp) pernah mengatakan “Internet akan menyapu kita seperti sebuah gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi.”

Bill Gates Internet Quotes

Jadi apabila Anda atau bisnis Anda tidak ingin tenggelam akibat sapuan dari gelombang pasang yang bernama internet, maka Anda harus mulai belajar tentang internet. Berita baiknya saat ini Anda sudah berada di tempat yang tepat untuk belajar berselancar di atas ombak gelombang internet, yaitu BelajarBisnisInternet.com.

Satu hal yang identik dengan internet adalah Website, bahkan banyak orang tidak mengerti apa bedanya internet dan website sehingga sering kali kita mendengar orang berkata “Cari aja di internet …” atau “Saya baca di internet …” padahal mungkin yang dimaksud adalah “Cari aja di website Google …” atau “Saya baca dari website A …”

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang diletakkan di dalam sebuah server/hosting di mana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet. Website sering juga disebut sebagai web, site, situs, atau situs web. Sebuah website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen yang harus ada yaitu Domain dan Hosting.

Pengertian WebsiteJenis-Jenis Website

Ada banyak sekali jenis website yang bisa Anda jumpai, di antaranya adalah:

  • Company Profile
  • Toko Online
  • Blog
  • Web Portal
  • Search Engine
  • Forum
  • Sosial Media
  • Katalog
  • dll

Seiring berkembangnya teknologi internet dan penggunaan internet untuk berbagai kebutuhan, jenis-jenis website baru pun terus bermunculan seperti Media Sharing (Youtube, Imageshack), Cloud (Google Drive, Dropbox), Web Application, dll.

Namun pada artikel kali ini kita akan fokus membahas 3 jenis website yang paling umum, yaitu Company Profile, Toko Online, dan Blog. Okey, mari kita bahas satu per satu.

Apa Itu Website Company Profile?

Website Company Profile adalah sebuah website yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan. Anda harus memiliki sebuah Website Company Profile apabila ingin perusahaan Anda dapat berkembang di tengah gelombang internet.

Dengan memiliki sebuah Website Company Profile Anda dapat memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai perusahaan Anda kepada pihak lain yang membutuhkan, baik itu pelanggan/klien, prospek (calon pelanggan), maupun partner dari perusahaan Anda.

Mengapa Anda perlu memiliki Company Profile?

Menurut hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 88,1 juta. Jadi apabila saat ini Anda belum memiliki Company Profile, kemungkinan besar Anda telah melewatkan banyak sekali segmen pasar baru yang penting dalam pertumbuhan bisnis Anda.

Pengertian Website Company Profile

Misalnya Anda memiliki sebuah perusahaan di bidang rental mobil di kota Malang dan sekitarnya, di mana Anda telah memiliki sebuah Website Company Profile yang menjelaskan secara lengkap tentang perusahaan Anda. Suatu ketika ada seseorang dari Jakarta yang akan berlibur di kota Malang dan membutuhkan jasa sewa mobil. Kemudian dia membuka Search Engine (Google.com) untuk mencari informasi dengan mengetik “sewa mobil di Malang” di kolom pencarian, singkat cerita dia menemukan Website Company Profile Anda dan akhirnya memutuskan menggunakan jasa Anda.

Nah, dari 88.1 juta orang pengguna internet sudah pasti sebagian besar menggunakan Search Engine (Google, Yahoo, Bing) untuk memperoleh informasi atau mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Bisa dibayangkan berapa banyak calon pelanggan baru yang bisa Anda peroleh setiap harinya apabila Anda memiliki Website Company Profile?

Apa saja yang perlu ada (isi) di dalam sebuah Company Profile?

Company Profile merupakan salah satu Public Relations yang merepresentasikan sebuah perusahaan dan memiliki peranan sangat penting karena menjadi kesan pertama perusahaan kepada calon pelanggan atau rekan bisnis. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu ada di dalam sebuah Company Profile, yaitu:

  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Struktur organisasi perusahaan
  • Kualitas sumber daya perusahaan
  • Kinerja perusahaan
  • Produk barang/jasa perusahaan
  • Kontak perusahaan

Contoh-Contoh Company Profile

cocacola

Coca-Cola.co.id

indofood

Indofood.com

Apa Itu Website Toko Online?

Website Toko Online atau disebut juga e-Commerce adalah sebuah website untuk menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online. Walaupun tidak menutup kemungkinan proses pembayaran juga bisa dilakukan secara offline yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery) yaitu pembayaran dilakukan bersamaan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Ada dua jenis Website Toko Online yang efektif yaitu Website Produk Spesifik dan Website Brand Store, penjelasan lengkap mengenai kedua jenis website ini beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing bisa Anda baca di sini.

Mengapa Anda perlu membangun Toko Online?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Brand & Marketing Institue (BMI) Research tentang pertumbuhan industi belanja online di Indonesia, belanja online di Indonesia pada tahun 2015 diprediksikan tumbuh hingga 57% atau meningkat dua kali lipat dari tahun 2014.

Pengertian Toko Online

Menurut hasil riset BMI Research tersebut, pada tahun 2014 perputaran transaksi belanja online mencapai Rp 21 Triliun dengan nilai rata-rata belanja per orang dalam setahun mencapai Rp825.000,- dengan asumsi nilai belanja yang sama maka di tahun 2015 diprediksikan nilai transaksi belanja online bisa mencapai Rp 50 Triliun. Wow, Fantastis!

Melihat pertumbuhan belanja online yang sangat pesat, tentu ini menjadi potensi yang sangat besar untuk Anda, khususnya bagi Anda yang saat ini telah memiliki usaha toko secara offline, memproduksi barang, atau memiliki akses harga terbaik untuk suatu produk (mungkin Anda punya akses langsung ke pabrik/produsen, atau importir).

Apa saja yang perlu ada di dalam sebuah Website Toko Online?

Di dalam sebuah Website Toko Online terdapat gambar/foto dari produk-produk yang dijual sedemikian rupa sehingga terlihat menarik, sama seperti sebuah etalase yang sering Anda jumpai pada toko offline. Biasanya sebuah Website Toko Online juga menyediakan layanan Customer Service sebagai tempat untuk bertanya-tanya seputar produk seperti halnya seorang pramuniaga pada toko offline.

Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam sebuah Website Toko Online:

  • Daftar produk-produk yang Anda jual
  • Penjelasan detail dari sebuah produk
  • Informasi mengenai promo dan produk best seller
  • Halaman untuk melakukan order/pemesanan
  • Kontak Customer Service

Selain itu juga ada 7 hal yang wajib dimiliki oleh Toko Online utama Anda agar lebih powerful yang bisa Anda baca di sini.

Contoh-Contoh Toko Online

bhinneka

Bhinneka.com

plazakamera

PlazaKamera.com

Apa Itu Blog?

Blog sebenarnya berasal dari kata Weblog yang merupakan gabungan dari dua kata Web dan Log, kata Web yang dimaksud di sini adalah Halaman Web dan Log berarti catatan.

Jadi, Blog adalah sebuah website yang berisi mengenai catatan, tulisan, artikel, maupun informasi bermanfaat lainnya yang selalu diperbarui secara teratur.

Pengertian Blog

Mengapa perlu membangun sebuah Blog?

Di dalam dunia internet marketing, Blog adalah salah satu cara Anda mendatangkan prospek atau calon pelanggan. Melalui Blog Anda bisa menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan atau relevan dengan produk yang Anda miliki baik barang maupun jasa. Dengan menulis di dalam sebuah Blog Anda juga bisa membangun branding perusahaan maupun personal Anda.

Contohnya pada artikel yang saat ini sedang Anda baca, ini sebenarnya merupakan salah satu artikel dari Blog yang dimiliki oleh BelajarBisnisInternet.com (BBI). Saat ini alumni BBI sudah lebih dari 3000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan 11 negara.

Dari mana kami bisa memperoleh ribuan orang yang telah mengikuti berbagai program BBI tersebut? Yang pasti bukan dari iklan yaa, karena terus terang sampai saat ini kami belum pernah menggunakan berbagai jenis iklan berbayar baik itu Google AdWords, Facebook Ads, dll.

Ya betul! Sebagian besar alumni BBI adalah orang-orang yang membaca dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel yang ada di Blog BBI ini.

Apakah Anda seorang penulis buku, pembicara atau motivator, agen asuransi, member MLM, jasa tour dan travel, dan sebagainya, Anda bisa menggunakan Blog untuk membangun branding sekaligus mendatangkan calon pelanggan baru.

Contoh-Contoh Blog

belajarbisnisinternet

BelajarBisnisInternet.com

davidpranata

David-Pranata.com

Untuk mengetahui lebih lanjut keuntungan melakukan Strategi Blogging untuk bisnis Anda bisa baca di artikel: Strategi Blogging – 7 Keuntungan Melakukan Blogging untuk Bisnis Anda

Okey, jadi itulah pengertian website dan jenis-jenis website, menarik bukan? Saya yakin saat ini di benak Anda terlintas, “Wah, saya harus punya website nih, tapi bagaimana cara buatnya ya?”

Untungnya saya punya kabar gembira untuk Anda! Dalam waktu dekat BelajarBisnisInternet.com akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat website baik itu Website Company Profile, Website Toko Online, maupun Blog. Nantikan kehadirannya yaa…

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua,

Hans Richardo

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan.

Tak lupa, Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan Anda tentang isi artikel  di bagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.

Kedua hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi Anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih 🙂

  • YES pengetahuan baru, thanks Hans.

  • Bambang Sukotjo

    terimakasih, saya tunggu

  • Wah.. contoh website jenis blog yang sebelah kanan kok rasanya familiar dan pernah lihat ya? 🙂 Thank you sudah dimention ya Hans, sukses selalu!

    • Iya kok familiar ya… 🙂

    • Wah iya, namanya kok bisa sama ya David Pranata, hahaha… Blognya bagus untuk dijadikan contoh, supaya semakin banyak orang yg membuat Blog bagus dan bermanfaat spt Blog-nya Ko David 🙂