Roadmap 7 Langkah Kami Membangun Toko Online Sukses

By Sukarto Sudjono

roadmap

Mau bangun toko online sukses? Banyak orang memiliki impian untuk memulai sebuah bisnis, menjadi Entrepreneur atau Pengusaha. Tetapi tidak banyak yang tahu, tahapan apa yang harus dilakukan dan dilalui untuk membuat bisnisnya sukses.

Mereka hanya MULAI (semangat Just Do It) yang mana memang bagus, daripada Anda hanya bermimpi tanpa melakukan tindakan apapun.

Tetapi semakin cepat Anda bisa mengindentifikasi tahapan atau proses yang harus dilakukan untuk membuat bisnis Anda berkembang, maka semakin cepat bisnis Anda akan berhasil.

Ibarat kalau Anda sudah punya roadmap atau peta, maka akan lebih cepat bagi Anda untuk sampai ke tujuan, dibanding orang yang tidak punya peta.

Nah, setiap industri dan setiap bisnis memiliki roadmap atau tahapan yang berbeda-beda. Kadang di sebuah industri yang sama sekali baru, sangatlah sulit untuk mengetahui roadmap yang sangat jelas untuk membuat bisnis tersebut berhasil.

Itulah tugas Anda sebagai Entrepreneur atau Owner dari bisnis Anda yaitu secepatnya mengetahui roadmap atau tahapan yang harus dilakukan untuk membuat bisnis Anda berhasil.

Untunglah di industri toko online atau online shop atau juga sering disebut E-Commerce, roadmap dan tahapan yang perlu dilakukan untuk sukses sudah jauh lebih jelas karena ini adalah sebuah industri yang sudah berkembang sejak tahun 1994 (jaman saat Amazon.com mulai berdiri).

Pengalaman dari banyak pemilik toko online, pengalaman saya, pak Steven dan banyak sekali alumni kami yang sukses di bisnis toko online, mengkonfirmasi bahwa ada 7 tahapan yang perlu Anda lakukan untuk membuat bisnis toko online yang sukses. 

Itulah yang akan dibahas di artikel ini, sebuah roadmap yang berisi 7 tahapan atau 7 hal yang perlu Anda lalui untuk membangun bisnis toko online yang sukses. Semakin cepat Anda mengerti, menguasai dan melakukan setiap tahapan ini, maka semakin cepat bisnis Anda akan berhasil.

Mari kita langsung mulai…

1. Menentukan Produk yang Tepat untuk Dijual

Biasanya ini adalah tahapan yang dianggap mudah oleh orang yang mau mulai jualan secara online. Mereka dapat ide untuk menjual sebuah produk atau mereka ditawari teman untuk menjualkan produknya secara online. Lalu ya sudah jualan itu…

Tetapi tahukah Anda, seringkali tahapan inilah yang membuat bisnis seseorang tidak berkembang. Mereka menjual produk yang tidak tepat.

Di salah satu Video Gratis yang dibagikan di Website Milyarder Toko Online, saya ada menyebutkan penting sekali bagi Anda untuk melakukan:

Sell What People Want to Buy, NOT, Sell What You Want to Sell

Jual sesuatu yang orang mau beli, BUKAN jual sesuatu yang Anda mau jual.

bisnis toko online

Prinsip ini begitu penting untuk dimengerti sehingga berulang kali saya jelaskan saat di training kami bahwa seringkali kegagalan terjadi karena tidak melakukan tahapan pertama ini dengan benar.

Ketahuilah apa yang ingin dicari dan dibeli orang secara online sehingga upaya Anda akan jauh lebih ringan, dibanding Anda berusaha untuk menjual sesuatu yang tidak dicari atau dibeli orang secara online.

Untuk pembahasan lebih mendalam dari tahapan ini, Anda bisa baca artikel yang pernah saya tulis berjudul Daftar dan Kriteria Produk yang Bagus Dijual Online.

2. Mendapatkan Supplier Terbaik dari Segi Kualitas, Harga dan Servis.

Setelah menentukan produk yang tepat untuk dijual, tahapan berikutnya adalah mendapatkan supplier atau pemasok barang yang terbaik dari segi kualitas, harga dan servis.

Kalau Anda adalah pabrik atau produsen dari produk yang Anda jual, ya berarti Anda tidak perlu terlampau pusing dengan tahapan ini.

Tetapi bagi yang menjual produk hasil produksi pihak lain, penting sekali Anda memilih supplier atau pemasok barang yang tepat. Seringkali Anda tidak bisa membeli langsung dari pabrik karena quantity yang Anda ambil masih terlampau kecil.

Jadi mau tidak mau, harus ambil dari tangan kedua atau ketiga atau keempat, siapa yang tahu 🙂

Nah harus diakui untuk menemukan supplier yang terbaik, memang kadang perlu waktu dan coba-coba. Yang pasti, jangan pilih supplier hanya karena mereka menawarkan harga paling murah.

partner-shake-handSupplier adalah partner bisnis Anda. Jadi pilihlah dengan bijak.

Pilihlah supplier yang memperhatikan kualitas barang yang dijual (asli atau tidak), menjual dengan harga grosir (tidak harus paling murah) dan servisnya bagus (dari cara packing rapi, tidak mudah rusak dan jika ada kerusakan atau komplain, mudah untuk diajak cari solusi).

Dan salah satu tips penting di tahapan ini adalah punya lebih dari satu supplier. Jangan bergantung dengan satu supplier sehingga hidup matinya bisnis Anda tidak bergantung 100% pada satu pihak.

3. Membuat Website yang High Conversion

Banyak orang yang memulai bisnis toko online cuma fokus ke tahapan ini, buat website toko onlinenya. Padahal ini hanya salah satu tahapan dan tahapan no 3.

Saya ada menjelaskan di salah satu Video GRATIS di Milyarder Toko Online mengapa Anda perlu memiliki website sendiri dan jangan mengandalkan jualan hanya di Facebook, Instagram atau Marketplace. (Baca juga artikel: Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri? )

build-a-websitePada prinsipnya ada Dua Jenis Website Toko Online yang Efektif yang bisa Anda buat untuk bisnis toko online Anda. Apapun jenis website yang Anda buat, yang penting Anda harus memikirkan bahwa website Anda perlu High Conversion atau konversi tinggi.

Apa maksudnya?

Website Anda harus cukup sederhana, mudah digunakan dan dimengerti oleh pengunjung sehingga penjualan jadi mudah terjadi, terutama karena market di Indonesia masih banyak yang ingin cara yang lebih sederhana dalam belanja.

Sekedar membuat website, dengan membuat website yang high conversion adalah dua hal yang berbeda. Itu sebabnya biasanya kami menggunakan sebuah template website yang sudah terbukti high conversion agar memudahkan terjadinya penjualan.

4. Mendatangkan Pengunjung Tertarget ke Website Anda

Setelah memilih produk yang tepat, mendapatkan supplier yang terbaik dan memiliki website yang high conversion, banyak orang lalu berhenti dan menunggu order masuk.

SALAH BESAR!!

Anda baru separuh jalan jika berhenti sampai tahapan ke 3 tersebut. Justru tahapan ke 4 yaitu Mendatangkan Pengunjung Tertarget lah yang akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan penjualan atau tidak.

targeted-traffic

Perhatikan kata-kata : Pengunjung yang Tertarget bukan sekedar mendatangkan pengunjung yang banyak.

Banyak orang berpikir asal websitenya dikunjungi banyak pengunjung maka otomatis akan banyak penjualan. Salah lagi!

Anda tidak perlu memiliki banyak pengunjung ke website Anda untuk mendapatkan banyak penjualan, yang penting adalah pengunjung yang tertarget dengan baik.

Itulah yang terjadi pada banyak website kami dan para alumni MTO. Pengunjung satu website  tidak banyak, 500 s/d 1000 visitor per hari tapi karena tertarget dengan baik maka penjualannya banyak.

Memang perlu proses pembelajaran yang cukup panjang agar Anda bisa mendapatkan sumber pengunjung tertarget dari berbagai sumber seperti dari Google, Facebook dll. Tetapi jangan khawatir, satu per satu dipelajari secara bertahap, lama kelamaan akan dikuasai juga.

5. Melakukan Proses Terima Order dan Pengiriman

Ini tahapan yang menyenangkan, terima order 🙂 dan melakukan pengiriman.

Pada tahapan ini Anda akan belajar bagaimana menangani order yang masuk secara efisien. Tidak semua orang yang order akan melakukan pembayaran. Oleh sebab itu Anda harus belajar bagaimana men-closing order,  melakukan follow-up dan membuat customer melakukan pembayaran.

Setelah dibayar, proses packing barang dilakukan. Nah ada lagi hal yang perlu dipelajari disini yaitu bagaimana melakukan packing dengan baik sehingga barang tidak rusak dan selamat sampai tujuan.

Supplier Overview

Supplier Overview

Hal-hal seperti ini kadang memang hanya bisa Anda pelajari saat Anda sudah melakukannya. Yang penting nikmati proses belajar ini karena suatu hari bukan Anda yang melakukannya tetapi tim Anda. Tetapi untuk bisa mengajarkan dengan baik, tentu Anda harus mengerti terlebih dahulu.

6. Mengembangkan Tim dan Sistem Operasional

Nah saat bisnis Anda semakin berkembang, setiap hari sudah terima cukup banyak order, tiba saatnya bagi Anda untuk mulai me-rekrut tim untuk membantu operasional dari bisnis toko online Anda.

Teamwork of businesspeople

Anda bisa mulai dari satu orang dulu, lalu dua orang dan terus bertambah seiring dengan perkembangan bisnis Anda. Di tahapan ini, Anda perlu belajar bagaimana me-rekrut tim dan staf yang tepat.

Prinsip yang saya pegang selalu: Hire Slow Fire Fast yaitu saat proses rekrutmen pilihlah dengan baik, tetapi kalau ternyata tidak cocok, secepatnya dilepas.

Tetapi yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula biasanya, waktu rekrut gampang sekali, tidak dipilih dengan baik. Setelah bergabung dan tidak cocok, malah tidak segera dilepas sehingga akhirnya menjadi penyakit bagi seluruh tim.

Saat Anda membangun tim, yang perlu Anda lakukan juga adalah mulai membangun sistem operasional yaitu prosedur dan langkah-langkah yang baku dan sebaiknya tertulis dalam melakukan segala proses di dalam bisnis toko online Anda.

Hal ini akan membuat tim Anda jadi tahu apa yang Anda harapkan dan apa harus mereka lakukan dalam menyelesaikan suatu task.

Di bisnis toko online yang kami bangun, ada SOP (Standard Operating Procedure) untuk banyak hal yang rutin dilakukan seperti untuk pencatatan order, menambah produk di website, membuat website baru dan lainnya.

Hal ini juga sangat membantu Anda sebagai owner, saat ada staf baru yang masuk, Anda akan lebih mudah memberikan training karena sistem operasionalnya sudah ada. Tidak harus jelaskan dari nol lagi.

7. Melakukan Berbagai Strategi untuk Meningkatkan Omset

Nah setelah melakukan 6 tahapan sebelumnya, seharusnya bisnis Anda sudah bisa berjalan sendiri. Anda sebagai owner jadi tidak terlibat operasional harian lagi sehingga Anda jadi memiliki waktu dan pikiran untuk memikirkan hal yang PALING PENTING.

Apa itu? Yaitu strategi untuk meningkatkan omset Anda.

owner growing revenue

Inilah yang seharusnya dilakukan oleh pemilik bisnis toko online, strategi untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan omset penjualan, membangun tim dan hal-hal High Level Thinking seperti itu.

Bukan malah pegang HP untuk bantu terima order, bantu packing atau tugas-tugas operasional harian yang seharusnya sudah dihandle sepenuhnya oleh tim Anda.

Di akhir workshop MTO, saya biasanya menjelaskan 3 strategi utama yang biasanya dilakukan oleh perusahaan retail besar untuk meningkatkan omset mereka secara exponential. Kita harus contoh strategi mereka itu!

Oleh sebab itu, Anda sebagai owner bisnis, sebaiknya sudah lepas dari operasional harian agar memiliki waktu dan energi untuk berpikir dan meng-implementasi berbagai strategi pengembangan bisnis ini.

Masih Mau Bangun Bisnis Toko Online?

Setelah melihat roadmap atau tahapan diatas, saya yakin Anda jadi lebih jelas dengan apa yang harus dilakukan untuk membangun bisnis toko online yang sukses.

Mungkin Anda malah merasa “Wuih… banyak sekali yang harus dipelajari dan dilakukan” 🙂

Saya tidak pernah bilang bahwa membangun bisnis tidak perlu kerja atau cukup santai-santai saja kan? 🙂

Lebih baik Anda tahu apa yang harus Anda jalani sekarang daripada tidak tahu sama sekali.

Saat Anda akan menyetir dari Surabaya pergi ke Jakarta, Anda lebih baik tahu bahwa ini perjalanan jauh sehingga akan lebih mempersiapkan segalanya, dari mobil, bekal dan lain-lain. Daripada Anda tidak tahu, Anda pikir ini perjalanan singkat, eh persiapannya jadi  kurang.

Tetapi enaknya kalau Anda sudah tahu roadmap atau peta menuju suatu kota adalah Anda tidak perlu mikir terlalu jauh dulu, cukup fokus ke kota pertama  yang harus dituju. Setelah itu kota kedua, ketiga dan seterusnya.

Demikian pula dengan membangun bisnis toko online, Anda jangan merasa minder dulu, fokus saja dulu ke langkah pertama, setelah itu langkah kedua, ketiga dan seterusnya. Jadi fokus pada progres secara bertahap. Tidak terasa nanti akan sampai juga.

Itulah yang dijalani oleh Steven, saya, Hans, Ronny, Riki dan banyak alumni sukses lainnya sehingga setiap dari kami bisa punya Omset Puluhan bahkan Ratusan Juta per bulannya.

Jadi kesimpulannya, Anda perlu belajar memilih produk yang tepat, memilih supplier yang terbaik, membuat website high conversion, mendatangkan pengunjung tertarget, menghandle order dengan efektif, membangun tim hingga mengembangkan bisnis Anda.

Semoga roadmap ini bisa bermanfaat buat Anda yang sedang membangun bisnis toko online yang sukses!

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • thanks

  • adhexs

    Makasih banyak pencerahanya…
    Saya akan coba…

  • sekarasih

    artikel nya sangat membantu gan makasih

  • Sri Nurhayati

    Terima kasih atas artikelnya, semoga bisa membantu mendapatkan solusi buat saya.

  • Robert R. Randakila

    Thank artikelnya.. Motivasi bgt.
    Salam sukses.

    Berharap dapat mengikuti jejak kakak2 yg sudah good.

  • Syukur

    Terimakasih banyak artikelnya, semoga bisa jadi motivasi dan mudah mudahan saya mendapatkan solusi yang tepat.

  • embanun17

    Terima kasih artikelnya,
    Go Action … Go Go Go.
    Tidak ada kata terlambat.
    Salam,
    Muliardy Banun