Strategi Blogging – 7 Keuntungan Melakukan Blogging untuk Bisnis Anda

By Sukarto Sudjono

Strategi BloggingUntuk membuat sebuah bisnis berkembang (baik itu bisnis online ataupun offline) biasanya ada strategi-strategi bisnis yang perlu dilakukan. Tidak menjalankan strategi bisnis yang tepat, seringkali membuat bisnis Anda tidak berkembang dan bisa jadi bakal kalah dengan kompetitor yang melakukan strategi bisnis yang tepat.

Nah jika Anda termasuk salah satu diantara yang saya sebutkan di bawah ini, maka ada satu strategi bisnis yang efektif dan kami rekomendasikan untuk Anda lakukan sesegera mungkin.

  • Anda memiliki bisnis yang menjual sesuatu secara online?
  • Anda memiliki bisnis yang menjual sesuatu yang banyak dicari orang secara online?
  • Anda seorang penulis buku, trainer, speaker, coach atau konsultan?
  • Anda seorang yang expert/jago, memiliki keahlian atau banyak pengalaman di bidang tertentu?
  • Anda memiliki bisnis dimana target market atau prospek Anda adalah orang-orang yang aktif di online?
  • Anda memiliki bisnis offline dan ingin menjangkau pasar lebih luas secara online?

Kalau Anda termasuk salah satu diantara yang saya sebutkan diatas, maka ada satu strategi bisnis yang penting untuk Anda lakukan di jaman era informasi dan akses internet yang semakin berkembang  yaitu Strategi Blogging.

Apa itu Blogging?

BloggingBlogging adalah kata kerja, berasal dari kata blog. Saya yakin Anda pernah mendengar kata “blog” bukan? Saya pertama kali mendengar istilah blog itu pada saat saya mulai menggunakan internet sekitar tahun 1996 (20 tahun yang lalu he..he..).

Tidak perlu terlalu dipusingin apa definisi kamus tentang apa itu blog, saya akan memberikan versi sederhana dan praktis.

Blog adalah sebutan untuk sebuah website yang diupdate/diisi secara teratur dengan konten yang bermanfaat bagi pembacanya. Konten itu bisa artikel, audio, video (makanya ada istilah VLog, Video Blog).

Kata kuncinya disini ada dua kata, secara teratur DAN konten yang bermanfaat. Jadi kalau sebuah blog jarang diupdate, sulit untuk disebut sebagai blog, lebih tepat mungkin disebut “blog yang ditinggalkan” he..he.. 🙂

Sedangkan kalau blog sudah diupdate secara teratur, tetapi diisi dengan konten yang tidak bermanfaat, cuma comot sana sini, dipasangi banyak iklan, maka itu juga tidak bisa disebut sebagai blog, lebih tepat disebut sebagai website spammer 🙂

Real Blog atau Blog yang Beneran dibuat dengan niat untuk memberikan nilai tambah atau value kepada pembaca blog tersebut. Apapun topiknya tidak masalah, yang penting adalah konten yang ada di dalam blog tersebut, memberikan informasi yang bermanfaat bagi si pembaca blog. Itu poin yang paling penting.

Untuk  penjelasan lebih detil tentang jenis-jenis website, apa isinya dan contoh-contohnya bisa Anda lihat di artikel lain berjudul: Pengertian Website & Tiga Jenis Website Paling Umum

Miskonsepsi tentang Blogging

Ada banyak orang diluar sana berpikir bahwa blogging itu identik dengan anak muda yang suka curhat di online 🙂 Ya saya sadari memang masih banyak orang berpikir seperti itu.

Tetapi dari lebih 150 juta blog yang ada di dunia ini, masak semuanya anak muda yang curhat di online? 🙂 Tentu tidak kan.

Malah justru saya melihat strategi blogging dilakukan dengan sangat efektif oleh banyak perusahaan di luar negeri maupun di dalam negeri (walaupun masih sedikit contohnya di lokal sini) untuk meningkatkan bisnis mereka, bahkan peningkatan omset hingga ratusan persen!

Kok bisa? Bagaimana melakukan blogging bisa meningkatkan omset bisnis?

Itulah yang akan saya jelaskan di artikel ini. Walaupun harus diakui kadang manfaat yang didapat dari melakukan blogging tidak instan, butuh waktu beberapa bulan untuk bisa melihat hasilnya.

Dimana Lokasi Blog di Website Anda?

Kadang ada website bisnis yang halaman depan / homepage-nya adalah sebuah blog, jadi tampak daftar artikel-artikel terbaru. Terutama bisnis dengan tim kecil atau bisnis yang membangun personal branding seperti penulis, trainer, speaker, infopreneur, coach, konsultan dan sejenisnya.

Tetapi jika website Anda, homepage atau halaman depannya adalah tipe company profile atau menjelaskan produk/jasa Anda, maka Anda tetap bisa menambahkan blog ke website Anda di sub folder misal: www.NamaBisnisAnda.com/blog

Jadi tidak terlalu masalah jika blog Anda ada di homepage/halaman depan ataupun di sub folder. Sesuaikan saja dengan bisnis Anda.

Kombinasi terbaik adalah di homepage ada penjelasan apa bisnis Anda dan juga ada daftar konten terbaru di blog sehingga homepage Anda akan selalu refresh dengan update terbaru (hal ini disenangi oleh Google).

Lihat contohnya di homepage BelajarBisnisInternet.com 🙂

7 Keuntungan Melakukan Strategi Blogging untuk Bisnis Anda

Menurut pendapat saya, tidak peduli seberapa besar ukuran bisnis Anda, apakah masih bisnis One Man Show, alias cuma Anda sendiri yang melakukan semuanya atau Anda sudah punya puluhan atau ratusan orang di bisnis Anda, saya percaya strategi blogging akan bermanfaat untuk Anda.

Nah dari banyak manfaat dan keuntungan melakukan blogging, saya rangkum ada 7 manfaat utama yang Anda dapatkan saat melakukan strategi blogging dengan tepat. Ayo kita bahas yang pertama.

1) Meningkatkan Jumlah Pengunjung yang Relevan dari Search Engine.

incerase-traffic-to-your-WebsiteSetiap bisnis pasti ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang relevan  ke websitenya dari search engine seperti Google, Bing, Yahoo.

Nah setiap kali Anda menerbitkan artikel atau konten baru di blog maka hal ini seperti menambah jaring yang akan mendapatkan tambahan pengunjung yang masuk melalui artikel baru tersebut.

Jadi kalau diibaratkan dengan memancing, semakin banyak kail/jaring yang Anda sebar, maka semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan ikan lebih banyak dibanding orang yang punya sedikit kail.

Kemungkinan cukup besar bahwa artikel/konten Anda bisa ranking di keyword long tail (asal Anda mengerti cara mengoptimalkan artikel/konten Anda secara SEO). Jadi kalau banyak artikel Anda ranking tentu saja akan berdampak kenaikan traffic/visitor ke website Anda.

Apalagi Google (atau search engine lainnya) suka dengan website yang secara kontinyu diupdate dengan konten-konten baru, istilah teknisnya disebut ‘freshness factor‘. Mereka akan memprioritaskan website-website yang memiliki ‘faktor freshness‘ yang lebih tinggi untuk ditampilkan di hasil pencarian.

sumber-traffic-bbiHal ini sudah kami buktikan sendiri di website kami BelajarBisnisInternet.com.

Sejak kami rutin menerbitkan artikel/konten baru, traffic kami dari search engine semakin hari semakin naik. Saat ini  secara rata-rata, traffic dari search engine ke website kami mencapai 67.9% dan ini traffic GRATIS 🙂

Sebuah prosentase yang mencengangkan kami sebetulnya karena bayangkan kalau itu dihilangkan, kami hanya dapat 32% sisa traffic yang berasa dari social media, website lain, email hasil broadcast/autoresponder dll.

Manfaat lain yang juga sangat penting adalah semakin banyak Anda mempublish artikel/konten yang bermanfaat, maka semakin besar kemungkinan website lain akan link kembali ke konten Anda (istilah SEO nya, Anda dapat backlink) dari website/blog lain.

Backlink seperti ini biasanya nilai/bobot SEO nya JAAAAUUUH lebih besar daripada mendapatkan backlink dari blog-blog gratis yang Anda buat sendiri he..he.. 🙂

Apalagi kalau sampai ada portal berita atau jurnalis yang menerbitkan ulang artikel/konten Anda di media mereka, wah bisa jadi website Anda kebanjiran pengunjung sampai hosting down he..he..

Jadi intinya semakin rutin Anda mem-publish artikel/konten baru yang bermanfaat di blog Anda, maka akan semakin banyak pula jumlah pengunjung  yang datang ke website Anda dari search engine.

2) Memudahkan Implementasi Strategi Sosial Media.

social-mediaStrategi Sosial Media saat ini adalah sebuah strategi yang WAJIB dijalankan oleh setiap bisnis. Berdasarkan riset, saat ini orang lebih banyak menghabiskan waktu di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain, daripada di depan TV.

Kenyataannya cukup sulit untuk menjalankan strategi Sosial Media untuk bisnis ataupun personal branding, tanpa Anda memiliki konten yang unik, berkualitas dan bermanfaat.

Memang bisa saja Anda sharing konten milik orang lain, perlu dilakukan juga, tetapi tidak mungkin terus-terusan Anda melakukan hal itu. Pada satu titik, tentu Anda ingin konten Anda yang ditonjolkan sehingga dibaca dan di share oleh orang lain.

Dan setiap kali Anda posting dan share konten blog Anda di sosial media, hal ini bisa menambah jumlah pengunjung website Anda dan kemungkinan mendapatkan orang-orang yang tidak terjangkau lewat search engine.

3) Meningkatkan Jumlah Prospek atau Leads.

Dari dua manfaat yang sudah dibahas sebelumnya, jelas blogging membuat Anda mendapatkan traffic/pengunjung dari search engine dan sosial media. Pengunjung bertambah artinya meningkatkan jumlah prospek atau jumlah leads untuk bisnis Anda.

Tentu hal ini bisa dicapai kalau di website Anda ada Lead Generation System (akan saya bahas di artikel lain). Tetapi secara umum, jumlah pengunjung yang meningkat, seharusnya akan meningkatkan jumlah prospek/leads untuk bisnis Anda.

4) Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas.

trust-building-big-sizeMembuat konten / blog posts yang berkualitas dan bermanfaat bagi audiens bisnis Anda adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas terhadap bisnis atau brand Anda.

Kenapa? Karena blogging adalah salah satu cara ampuh untuk memberikan value/manfaat buat banyak orang sekaligus, dibanding harus bicara dengan orang satu per satu.

Saat Anda rutin memberikan value atau nilai tambah dengan membuat konten berkualitas untuk audiens bisnis Anda, maka akibatnya ada dua.

Pertama, Anda akan dianggap sebagai expert di bidang Anda. Kedua, orang akan lebih ingat dengan Anda atau bisnis Anda karena pada dasarnya orang akan ingat dengan orang lain yang memberikan value/manfaat buat dirinya.

Jadi dengan strategi blogging yang tepat, dalam satu saat secara bersamaan, Anda membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata audiens bisnis Anda.

Tapi INGAT, konten yang dibuat memang harus memberi value pada orang lain, bukan sibuk mempromosikan diri sendiri atau bisnis Anda (jadi bukan konten yang “lihat betapa hebatnya saya atau produk saya atau perusahaan saya“).

5) Meningkatkan Conversion Rate / Tingkat Konversi

Saat Anda memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang tinggi di mata audiens Anda maka otomatis tingkat konversi atau conversion rate (prosentase orang yang membeli) dari bisnis Anda akan meningkat.

Tingkat konversi ini meningkat baik pada customer baru ataupun customer lama yang membeli kembali ke Anda.

Sebabnya adalah karena orang memang lebih suka membeli dari seseorang yang mereka percaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Dan hal itu bisa terpancar dari strategi blogging Anda.

Apalagi survey menunjukkan bahwa orang lebih percaya informasi dari blog daripada dari iklan tradisional. Jadi saya yakin ke depannya, semakin banyak perusahaan yang akan mengurangi budget untuk iklan dan menggunakan budgetnya untuk melakukan strategi blogging yang tepat.

6) Membuat Brand atau Bisnis Anda Lebih Manusiawi

Apa maksudnya Lebih Manusiawi? he..he.. 🙂 Itu istilahnya saya saja.

Prinsip intinya adalah pada dasarnya orang suka berhubungan dengan orang, bukan dengan company/perusahaan. Relationship/hubungan yang dekat sulit dibangun diantara orang dengan perusahaan, yang bisa adalah hubungan yang dekat antara orang dengan orang.

humanize your brandBlogging memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk menunjukkan siapa orang dan tim di belakang dari bisnis Anda.

Memang kalau Anda adalah seorang penulis, speaker, trainer, konsultan, coach atau semacam itu, orang sudah tahu siapa orang dibelakang bisnis mereka karena pada dasarnya bisnis semacam ini adalah personal branding.

Tetapi di banyak bisnis yang menggunakan nama usaha, Anda akan menemukan bahwa dengan melakukan blogging dan tampak siapa yang membuat konten tersebut, Anda telah membuat bisnis Anda lebih ‘manusiawi’.

Itu sebabnya perusahaan seperti Getresponse, Wistia dan masih banyak lagi perusahaan lain menerapkan strategi blogging dengan aspek manusiawi dari bisnis mereka dengan cara menunjukkan orang dan tim di belakang layar.

Menurut saya itu strategi yang cerdas karena people connect with people. Engagement lebih bisa terjadi antar manusia, bukan manusia dengan brand. Akibatnya, orang (prospek atau customer) akan lebih ingat dengan brand atau perusahaan Anda, dibanding ‘faceless’ brand.

7) Lebih Mudah Mendapatkan Feedback dari Prospek dan Customer.

Nah setelah blogging membuat bisnis lebih ‘manusiawi’ maka dampak positif  dari blogging adalah jadi lebih mudah terbentuk komunikasi dua arah dengan prospek atau customer Anda.

Bisnis yang terbuka dengan komunikasi dua arah seperti ini akan semakin membuat prospek atau customer semakin percaya dan loyal, dibanding pada bisnis yang tertutup alias tidak ada komunikasi yang terjadi.

Selain itu, otomatis bisnis Anda akan lebih mudah mendapatkan feedback atau masukan dari prospek ataupun customer Anda. Dan ini jelas sebuah informasi yang sangat berharga untuk kemajuan bisnis Anda.

feedback

Bersedia menerima feedback atau bahkan kritik, bukan melemahkan bisnis Anda tetapi malah akan membuat prospek yakin dan customer lama semakin loyal karena Anda dianggap mau maju.

Itulah kira-kira penjelasan singkat tentang 7 keuntungan atau manfaat dari melakukan strategi blogging di bisnis Anda.

Bagaimana Cara Melakukan Blogging?

Setelah yakin bahwa melakukan blogging adalah sesuatu yang bermanfaat buat bisnis Anda, maka pertanyaan berikutnya yang sering ditanyakan ke saya adalah:

Bagaimana caranya untuk melakukan blogging?

Apa daftar di website tertentu? Atau buat website blog sendiri? Mana yang lebih baik?

Kalau buat website sendiri, bagaimana caranya? Dan banyak pertanyaan seperti itu.

Nah saya akan membahas apa alternatif solusi yang Anda miliki, mana yang cocok buat Anda dan mana yang kami rekomendasikan di artikel berikutnya berjudul “Buat Blog: Pilih Gratisan atau Berbayar? Ini Rekomendasi Kami“.

Semoga artikel ini bermanfaat buat perkembangan bisnis Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.