Tersesat di Hutan Belantara Internet Marketing? Ini Jalan Keluarnya…

By Sukarto Sudjono

Internet marketing adalah sebuah hutan belantara” ujar salah seorang teman yang sempat belajar internet marketing ke saya.

Kenapa kok punya pandangan seperti itu?” saya tanya balik karena ingin tahu sebabnya dia punya pandangan seperti itu.

Dia katakan “Iya karena internet marketing itu seperti di sebuah hutan, kita gampang sekali tersesat, salah arah dan akhirnya terjerumus atau terjeblos ke salah satu perangkap

Saya ketawa juga mendengar komentar seperti itu, tetapi dalam hati saya lalu memikirkannya dan setelah saya pikir-pikir memang ada benarnya kata teman saya itu.

Pengalaman saya sendiri dalam belajar internet marketing memang menunjukkan bahwa internet marketing itu adalah suatu bidang yang gampang-gampang susah. Konsepnya mustinya gampang, tetapi mengapa banyak orang kadang susah juga untuk bisa memperoleh penghasilan full time dari bisnis ini?

Seperti di dalam sebuah hutan belantara, tanpa memiliki guide (penunjuk arah, seperti tour guide) dan alat bantu, kita akan bingung mana arah yang semestinya dituju dan akhirnya cenderung tersesat dan bisa saja masuk ke salah satu jebakan atau perangkap.

Perbedaannya adalah kalau di hutan Anda mungkin hanya seorang diri, tidak tahu siapa yang bisa ditanyain tentang arah yang benar, nah kalau di internet marketing, Anda akan bertemu dengan banyak sekali ‘guide’, ‘guru’ dan ‘alat bantu’ yang semuanya menjanjikan ‘angin surga’ untuk menjadi kaya raya dalam sekejab.

Sudah janji semanis gitu, masih ditambahkan lagi, income masuk terus dengan cuma santai-santai dan tanpa perlu kerja. Betul-betul indah dan menyenangkan untuk didengar ‘angin surga’ ini he..he..

Balik lagi ke ilustrasi hutan belantara. Bayangkan saat Anda bingung tidak tahu arah yang mau dituju, tiba-tiba ada forest guide atau penunjuk arah yang menawarkan akan menuntun Anda jalan keluar dan minta uang jasa sekian juta.

Ok Anda setuju karena ingin cepat sampai tujuan. Eh baru jalan seperempat jalan, guide Anda bilang “Kita sudah sampai.

Anda heran “Lho ini kan belum nyampe pak?” Guide Anda bilang “Ongkos tadi cuma bisa membawa Anda sampai disini. Kalau mau sampai tujuan, perlu bayar sekian juta lagi.” Bagaimana perasaan Anda saat itu?

Mau bilang gak, ini di tengah hutan. Karena gak ada pilihan terpaksa bayar lagi agar bisa benar-benar sampai. Tapi dalam hati Anda jengkel, mangkel dan merasa tertipu.

Hal itulah yang juga sering terjadi di internet marketing. Anda dijanjikan oleh sebuah ebook, sebuah course atau sebuah conference dengan banyak pembicara dari luar negeri untuk bisa memperoleh penghasilan ribuan atau bahkan puluhan ribu dollar dalam sebulan dengan cara yang sangat mudah.

Anda tertarik dan mengikutinya hanya untuk mengetahui bahwa Anda hanya dipandu sampai seperempat jalan atau bahkan sekian langkah awal. Untuk bisa sampai tujuan atau yang dijanjikan harus bayar lagi puluhanĀ juta.

Hal ini berlaku juga untuk online course yang dijual dengan harga $2000 atau bahkan lebih! Saya banyak melihat penawaran course mahal ini dan saya juga tahu langsung alumni kami yang sempat beli course semacam ini.

Saya dulu sempat juga tergiur untuk beli course seperti ini, untunglah saya masih ‘cukup waras’ dan cek dan recheck dulu dengan orang yang sudah pernah bergabung dan jawaban mereka pada intinya, yang dijelaskan baru sepenggal puzzle. Harus bayar lagi untuk benar-benar bisa run bisnis onlinenya.

Wah, bayar $2000, masih harus bayar $1000 atau bahkan $2000 lagi baru bisa lengkap? šŸ™

Kalau Anda pernah hadir di event internet marketing (saya pernah beberapa kali), Anda kadang memangĀ dapat semangat dan inspirasi dari event seperti itu, sama denganĀ para Minions di bawah ini yang lagi semangat he..he..

minion-audience

Tetapi pulang dari event tersebut, sangatlah sia-sia jika Anda tidak punya peta detil atau blueprint yang bisa Anda ikuti untuk berhasil.

Untuk apa cuma dapat semangat dan inspirasi tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Anda hadir di event Online Business, event Internet Marketing atau Seminar Motivasi?

Kalau seminar motivasi, ya bawa pulang semangat, boleh lah ya… Tapi kalau hadir di trainingĀ Online Marketing tapi gak tahu apa yang harus dilakukan sepulang dari itu, kok sia-sia ya…

Saat kami mendengar sharing cerita dari teman-teman yang mengalami pengalaman tersebut, kami hanya bisa prihatin. Ketidak-tahuan mereka tentang industri internet marketing yang memang sebuah hutan belantara membuat pengharapan mereka menjadi tidak realistis dan seringkali dimanfaatkan oleh orang lain. Anda jadi merasa tidak tahu siapa yang bisa dipercaya.

Sejak awal mendirikan BBI atau BelajarBisnisInternet.com, kami mempunyai filosofi yang berbeda. Sejak awal kami tidak inginĀ menjanjikan angin surga.Ā Sejak masih berupa e-course gratis (yang kemudian dijadikan buku oleh penerbit Gramedia) selama 29 hari dan setebal 400 halaman lebih, kami sudah menekankan, ini adalah sebuah bisnis!

Kami mendidik pemula di internet marketing atau bisnis online agar memiliki mindset yang benar terlebih dahulu karena ini adalah sebuah bisnis. Karena ini sebuah bisnis, ada komitmen, usaha dan ketekunan disana.

Anda tidak akan pernah bertemu denganĀ seseorang yang memulai bisnis tapi berharap tidak usah bekerja, berharap hanya duduk-duduk santai dan penghasilan mengalir terus. Jadi mengapa Anda berpikir bisnis online atau internet marketing yang juga sebuah bisnis, ada hal seperti itu?

Internet marketing adalah suatu industri yang sangat besar sehingga wajar jika Anda mengalami kebingungan dalam menentukan arah, ya seperti tersesat di hutan belantara.

Jadi Apa Solusinya?

Yang Pertama, carilahĀ seorang Mentor atau Coach / Pelatih yang Baik dan Cocok untuk Anda.

Setiap juara tinjuĀ memiliki pelatih. Setiap juara renang juga memiliki pelatih. Pada dasarnya hampir semua atlit sukses dan orang sukses biasanya memilikiĀ coach atau pelatih. Apa sih fungsinya coach atau pelatih?

Mentor lebih dari sekedar guru yang menjelaskan suatu ilmu atau pengetahuan.Ā Mentor atau Coach lebih dari sekedar guide atau penunjuk arah.

coach-mentor

Mentor atau Coach yang Bagus adalah seseorang yang bisa melihat dan mengetahui dimana posisi Anda berdiri sekarang, menjelaskan alternatif jalan yang ada dan membantu mengambil keputusan yang terbaik bagi diri Anda sendiri.

Mentor atauĀ Coach biasanya juga memberikan blueprint/peta detil untuk menuju tempat yang ingin Anda tuju, lalu membimbing Anda langkah demi langkah dalam proses perjalanan tersebut.

MerekaĀ juga seringkali memberikan motivasi dan semangat jika Anda mengalami tantangan dalam perjalanan tersebut.

Seorang CoachĀ juga tahu mana informasi yang perlu dijelaskan, mana yang tidak perlu. Mentor tidak ingin Anda mengalami information overload yaitu Anda diberi informasi terlalu banyak sehingga overload dan akhirnya bingung.

Karena mereka mengerti bahwa hanya adaĀ satu hal yang bisa dilakukan oleh orang yang bingung yaitu TIDAK MELAKUKAN APA-APA!

Tetapi walaupun hebatnya dan pentingnya seorang mentor, mentor bukanlah seorang malaikat ataupun tukang sulap/ilusionis yang bisa merubah nasib Anda!

Mentor atau Coach membimbing dan mengarahkan Anda tetapi yang melakukan perjalanan adalah Anda sendiri.

Itulah yang kami berusaha keras lakukan di BBI – BelajarBisnisInternet.com yaitu menjadi mentor atau coach bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis online atau internet marketing.

Kami sudah melakukan hal ini sejak buku kami pertama kali terbit di tahun 2009. Lalu kami lanjutkan di produkĀ online course kami maupun di berbagai Live Training atau Workshop kami.

Tetapi saya sebagai salah satu co-founder BBI punya nilai idealis yang tinggi soal membuat materi pembelajaran. Saya tidak suka menjelaskan kulit-kulit dan informasi sepotong dan tidak detil.

Anda bisa tanya sendiri ke alumni-alumni BBI. Apakah kami biasanya hanyaĀ menjelaskan kulit atau benar-benar mengajarkan dengan detil, langkah demi langkah, apa yang perlu dilakukan untuk berhasil.

Workshop, online courseĀ dan pelatihan-pelatihan dari BBI akan selalu mengikuti konsep detil, sistematis dan blueprint lengkap. Selain itu juga selalu memberikan proses mentoring atau coaching. Karena inilah yang Anda butuhkan!

Produk dan trainingĀ kami biasanya fokus ke sebuah model bisnis yang terbukti berhasil bagi banyak orang termasuk kami sendiri. Lalu Kami Ā menjadi mentor dan coach Anda untukĀ berhasil di model bisnis tersebut.

Kami hanya menjelaskan yang seperlunya saja agar Anda tidak information overload. Tidak ada janji-janji surga yang kami berikan. Tidak ada mukjijat yang akan terjadi saat Anda hadir di workshop ini.

Tetapi Anda akan menemukan bahwa Anda jadi mengerti dan memiliki blueprint sertaĀ panduan langkah demi langkah untuk berhasil.

Dan dalam prosesnya, Anda akan dibimbing oleh orang yang sudah lebih dulu menjalani Ā sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban saat mengalami kesulitan atau tantangan.

Anda tidak akan dapat sepotong informasi dan saat Anda penasaran, Anda dimintai bayaran lagi untuk menjelaskan hingga lengkap seperti yang sering terjadi di event-event internet marketing lainnya šŸ™‚ Kami sendiri benciĀ menghadiri event seperti itu he..he..

Jadi, tanpa bimbingan seorang mentor dan coach yang baik (kami berharap termasuk mentor yang baik šŸ™‚ ) internet marketing memang sebuah hutan belantara yang bisa membuat Anda tersesat dan mungkin saja ‘dimakan’ oleh singa kelaparan yang Anda temui sehingga Anda bisa menghabiskan banyak sekali uang, tanpa ada hasil seperti yang dialami oleh banyak orang di luar sana.

Salah satunya pak Ageng yang bisa Anda lihat videonya berikut ini. Beliau terjebak dan Ā merasa tertipu di hutan belantara internet marketing sehinggaĀ menghabiskan tabungan bahkan hinggaĀ berhutang hampir seharga sebuah mobil murah saat ini untuk belajar internet marketing.

Untunglah akhirnya beliau hadir di salah satu workshop kami dan segala sesuatu berubah menjadi lebih baik dan sekarang sudah bisa menghasilkan income tambahan puluhan juta per bulannya.

Dengar ceritanya pak Ageng bagaimana beliau mengubah keadaan dari titik terendah dalam kehidupannya hingga bisa meraih kesuksesan di dunia bisnis online / internet marketing.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda dan yang lebih penting lagi membuat pengalaman menyakitkan dari orang lain Ā tidak terjadi pada diri Anda.

Kami mengharapkan yang terbaik terjadi untuk diri Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

Ā 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolongĀ SHARE melalui tombol Social MediaĀ (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin)Ā yang kami sediakan. Terimakasih šŸ™‚

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusahaĀ membaca setiap komentar dan Ā menjawab pertanyaan yang masuk.Ā 

  • bener banget pak..
    saya sependapat dengan tulisan Anda diatas.

    tapi sangat disayangkan sekali, sekarang banyak sekali ebook2 penjual mimpi bertebaran di dunia maya, selain itu banyak bisnis2 yang hanya menguntungkan pemiliknya….

    saya berharap bisa mendapat bimbingan Pak sukarto dan pak hianoto agar tidak tersesat seperti mereka (para penjual mimpi)….

  • saya sangat setuju dengan pendapat bapak sukarto n broda iphin cow.
    saya sempat membeli sebuah e-book dr seseorang mentor tetapi isinya jauh dr yg saya harapkan.
    sampai saya bertemu dengan situs BBI n downlot ebook gratisnya n beli bukunya juga (hehehehe saya bantu biar tambah laku..hahahaha) , sy jd bs buat website sederhana sedikit demi sedikit. di ebook n buku ( yg isinya tentu aj sama) diajarkan langkah demi langkah dari nol kecil.
    sekarang saya bisa buat website http://sweetgiftfor.com/ sbg pembelajaran.
    mohon tetap menjadi pembimbing yg benar dan tidak menyesatkan.hehehehe terima kasih

  • idi sadono

    Memang benar pak Sukarto & pak Hianoto, sebagai pemula tentu mengalami kebingungan ketika hendak memutuskan darimana dan bagaimana memulainya. Banyak ebook atau panduan dengan janji dan jaminan muluk2, tetapi masalahnya adalah memilih informasi yang paling tepat dari sekian banyak (beban) informasi, yang tidak selalu menuju kepada sasaran. Salah-salah malah uang habis sebelum mencapai tujuan dan ini dialami oleh banyak orang. Penguasaan pengetahuan (skill) internet marketing memang perlu waktu dan biaya, disamping semangat bisnis (jiwa entrepreneur) yang tahan banting.
    Seorang pemula ibarat terjun kelaut yang dihuni banyak hiu, bisa dibayangkan kalau tidak punya kemampuan menaklukkan hiu, ya . . habislah! Saya setuju kalau untuk memulai bisnis di internet sebaiknya memang perlu dibimbing oleh seorang atau lebih mentor yang berpengalaman dan profesional, langkah demi langkah, hingga menghasilkan website pada level yang mampu bersaing dengan yang sudah ada, meskipun baru ditingkat awal. Jika skill dan kemampuan finansial telah meningkat, maka skala bisnis pasti dapat dikembangkan sendiri. Selamat dan sukses pak Sukarto & pak Hianoto.

  • apalagi ditambah kedaaan ekonomi dan bobroknya mental kita, jadi dengan mudahnya mengambil jalan pintas yg malah membuat makin sengsara.

    Untuk itu, diharapkan sekali kalo training yg diadakan Pak Sukarto dan Hianoto ini ada baiknya tidak diadakan 1 tahun sekali saja, bila bisa secara periodik supaya gak banyak orang makin terjerumus oleh para penipu itu.

  • ronald osmar taslim

    mas saya mau share dengan anda saya pernah mengalami seperti saya habis 30 an juta dan saya ceritakan ini paling parah saya dari medan , pertama saya pernah ikut IM harga 5,5jt tdk termasuk pesawat mdn- jakarta harga 1,200,000 nah setelah sampai sana gawat bener cuman kesaksian no practical , mau nangis rasanya dan ini yang paling menyedihkan pembicaranya dari singpura nama XXX training biasa 6000,000 cth ibarat hanya di ajarin nyalain mobil nah setelah diselesai di beri lagi janji2 surga dan nirwana harga 18xxxxxx setelah join cth ibarat diajarin dinyalakan dan cara menjalankan tapi tidak di ajarin cara stop , cara belok dan ini setelah habis janji surga datang lagi namanya super advanced best training hargnaya ribuan dolar singapore, waktu plg nangis di peswat karena pusing HARUS bayar utang , NAH UNTUK BBI SAYA PUNYA FEELING MAS SUKARTO BENAR2 MAU SHARE DAN MENGAJAR KITA DAN SAYA SUDAH DAFTAR , karena internet marketing adalah it your superman is super salesmen work 24 hour salam sukses

  • settttuuuujjjjuuuuuu…!!!
    saya udah banyak membeli ebook
    tapi isinya gak sesuai dengan apa yang dijanjikan
    jengkelnya minta ampun,hehe…

  • semoga Tuhan ampuni mereka…..

    mungkin nanti sadarlah semua…

  • Astahiam

    Betul sekali pak Sukarto. Internet seperti hutan belantara yang begitu lebat, “pohon”-nya tinggi-tinggi dan “binatang buas”-nya juga banyak… tapi jangan lupa kalau kita bisa merambahnya, “pohon”-nya bisa kita buat “furniture” yang fantastis, “binatang”-nya bisa jadi bahan kajian yang kaya “feature”, and “hutan”-nya pun bisa jadi “taman firdaus” yang sangat indah. Semua itu bergantung niat dan cara mengelolanya.
    Mengenai mentor saya setuju sekali, ibarat peta dan kompas. Apalagi bagi pemula, tanpa mentor siap-siap disantap “binatang buas”.
    Great book : ” Sukses Berbisnis Di Internet Dalam 29 Hari ” sangat recomended buat semuanya…Sukses selalu pak Sukarto.

  • Thanks atas komentar2 dan sharingnya. Tolong jangan disalah-artikan bahwa kami negatif terhadap apa yang dilakukan oleh trainer, pembicara IM dari luar negeri dll. Mereka melakukan bisnis secara legal.

    @all: thanks atas sharing dan komentarnya.

    Kami yakin setiap event/ebook/course/conference yang Anda hadiri akan memberikan Anda manfaat. Masalah terjadi saat sesuatu di promosikan secara over hype (berlebihan) sehingga ekspektasi terlalu tinggi sedangkan realitas tidak seperti itu.

    Kami di BBI berharap bisa memberikan informasi ttg industri IM dan mindset yang benar kepada para newbie agar memiliki ekspektasi yang realistis.

    Tidak ada namanya shortcut dan jalan cepat, ini bisnis bukan lotere sehingga butuh pembelajaran, proses dan usaha dalam mewujudkannya.

    Wish u all the best!

  • ariehusni

    pak hianoto dan pa sukarto:
    pertama membaca buku anda BBI dalam 29hari, terus terang saya dengar sangat sadar menyatakan dalam hati saya.. bahwa anda berdua dalam menulis sekaligus mengajarkan bisnis internet lewat buku tersebut memiliki hati yang tulus dalam menulis dan mengajarkannya bisnis internet kepada masyarakat bisnis internet yang ada di indonesia.. saya tidak pernah mendapatkan buku sejenis yang luar biasa lengkap pembahasannya, detil dan mudah dimengerti terutama bagi kita yang newbie.. dan harga yang bisa sangat terjangkau: harga buku anda terlalu sangat murah jika dibandingkan dengan isinya. (ini sangat berbeda dengan berbagai buku yang lain yang bertebaran di berbagai toko buku)

    setelah buku pertama, saya beli lagi 1 untuk kawan saya.. sebagai hadiah ultahnya, dan dia sangat senang!! dan saya apalagi, karena sepanjang hidup saya, saya baru melihat dia begitu senang dengan pemberian saya..

    saya harapkan anda berdua dapat tetap berpegang teguh dengan prinsip yang anda pegang sebagaimana yang anda tulis tentang mentor diatas..saya dan teman2 sangat setuju dengan pikiran anda, dan saya tidak ragu sedikitpun untuk mengikuti workshop ini dikarenakan hal tersebut, bahwa ada ketulusan yang mendalam dari hati anda berdua untuk memberikan pembelajaran kepada peserta, dan saya sangat percaya anda akan lakukan itu di workshop nanti..

    sukses untuk anda

    husni K

  • @husni: wow, thank so much, saya sampai terharu membaca komentar Anda. Komentar seperti ini membuat kami berdua sangat bersyukur karena tahu apa yang kami lakukan bisa dirasakan manfaatnya bagi orang banyak.

    Terimakasih atas kepercayaannya. Kami akan senantiasa konsisten dengan value dan prisnip yg kami pegang. Mohon kami diingatkan jika kami khilaf atau kami tidak sadari.

    Feedback2 dari pembaca dan rekan2 sekalian lah yang membuat kami bisa terus berkembang.

    Sampai jumpa di workshop!

  • Budhi S.

    Setuju banget dengan comments teman2, untuk mencari sendiri informasi yang benar didalam bisnis internet seperti nyari jarum di jerami.

  • kayaknya buku Sukses BBI dalam 29 hari merupakan buku internet marketing terbaik di negeri ini deh..
    ga ada buku yang se lengkap Sukses BBI dalam 29 hari.

    banyak saya temui buku2 di gramedia dengan judul yang bombastis “mendulang dolar lewat internet” “kaya dari internet” tapi isinya cuman cara mendaftar google adsense… aduh…nyesel beli šŸ™

    teruslah berkarya pak karto untuk indonesia yang lebih menyenangkan.

  • @iphin: “buku internet marketing terbaik di negeri ini” ? wah komentar Anda ini sepertinya musti dimasukkan ke testimoni buku kami nih he..he.. thanks ya iphin.

    iya buku2 internet marketing yg dijual sejak tahun lalu di benar2 membuat kami berpikir “masak cuma seperti ini kualitas buku yang bisa di konsumsi oleh orang2 yg ingin belajar internet marketing?”

    Itu sebabnya kami berusaha menyakinkan penerbit kami utk menerbitkan ecourse kami dan kami ingin diterbitkan secara utuh walaupun awalnya mereka ingin buku kami bisa lebih tipis.

    Tetapi kami merasa lah justru kita ini ingin memberikan buku terbaik di internet marketing kok malah mau di sunat? Untunglah kami bersikeras sehingga Indonesia bisa mendapatkan suatu sumber informasi yg lengkap utk memulai karir/bisnis di internet marketing.

    ‘terus berkarya?’ Siap! Kami lagi berencana membuat buku ke 2 šŸ™‚

  • saya dukung terus pak! MAJU!!
    sukses untuk buku ke dua nya ya, jangan terburu, kami menantikan koq šŸ™‚

  • yes setuju
    harus kerja keras
    praktek…praktek…….focus…..focus….

  • ronald osmar taslim

    trus terang aja deh gw orgnya bukan suka puji, puji buku 29 hari itu terus terang teknik2 nya di ajarkan tidak sellfish seperti yang dikatakan james gwee , nah saya daftar di seminar ini , dan saya sangat percaya sekali pasti bisa yang pasti harus ada proses ^^ ke depan nya saya harap pak sukarto dan hianoto yang baik meluncurkan buku2 yang lebih berkualitas , banyak buku internet marketing hanya mengajar cara naik mobil , kami mendukung anda tim BBI

  • ian

    wah komentnya banyak saya jadi gak tau mo koment apa lagi yang penting sukses selalu buat BBI

  • emil

    sepertinya artikel ini yg saya tunggu2, saya pun pernah mengalami hal2 serupa akibat trainer2 tidak jelas yg menerbitkan e-book yg tidak jelas pula haha, saya sampai sempat kehilangan kepercayaan pada bisnis ini. namun begitu membaca buku anda. sepertinya saya telah mendapatkan apa yg saya cari. isi buku anda sungguh berkualitas dan sangat detil. sukses selalu buat BBI. terima kasih

  • ADIF

    SEMOGA TUHAN MEMBERIKAN REJEKI DAN BERKAH YG BERLIMPAH PADA ANDA BERDUA………………………….KARENA INDONESIA …………………..PERLU ORANG-ORANG……..SEPERTI ANDA BERDUA…………………..BIAR TDK KETINGGALAN OLEH NEGARA LAIN………..KARENA SAYA NEWBIE.DI IM ………………………..CUMA KALO BISA IURAN WORKSHOPNYA DITURUNKAN LG SEHINGGA TERJANGKAU BAGI KHALAYAK RAMAI.SEPERTI SAYA YG CUMA PNS………………..BUT .ANYWAY…………….SAYA ANGKAT 4 JEMPOL DEH BUAT ANDA BERDUA……….WALAUPUN TDK JADI MENGIKUTI KRN UANGNYA BLOM CUKUP……………MAYBE NEXT TIME…………….SUKSES SELALU SEPANJANG MASA

  • karena takut kesasar maka kita perlu mentor

  • Saya mo ucap “hatur nuwun & thanks very … very ….. 2 yours. Saya adalah orang yang suka mempelajari hal – hal yang baru. Internet marketing adalah baru bagi saya, karena saya termasuk produk “Jadoel Tempo Doloe”, tapi semangat dan gairah gak kalah sama anak mude. Tulisan anda berdua menambah inspirasi bagi saya dalam pemasaran produk yang dipercayakan kepada saya. Saya memasarkan produk bidang energi dgn merk Octane-N utk campuran bensin premium & Cetrol-N15 utk campuran solar. Saya yakin bahwa produk ini akan diterima luas oleh masyarakat, tetapi saya harus punya kiat & strategi agar produk ini cepat diserap pasar dgn distribusi yang luas. Model pemasaran produk saya adalah Sale, promotion & distribution dgn menawarkan Keagenan di seluruh Indonesia. Mohon Advis dari anda untuk keberhasilan pemasaran saya. Saya sudah menambahkan e-mail support@belajarbisnisinternet.com di kontak e-mail saya. Terima kasih untuk saran yang akan anda berikan.

  • saya setuju dengan artikel bapak yang satu ini.sebelum saya menekuni bisnis online,saya cari-cari informasi bisnis online di internet.bayak sekali yang menjanjikan akan memberi ilmu kepada kita.hanya saja tiap mentor terkadang beda persepsi.itulah yang membuat saya bingung pertama kali.

  • Tapi ada juga sebenarnya ebook yang dijual itu bagus. Cuma pembelinya itu aja yang mungkin salah kapra. Buktinya, kemarin ada teman ngomong ke saya begin, “Duh, aku baru beli produk dari xxxxxxxx.com, aq kira begitu gabung ke xxxxxxxxx.com itu uang akan masuk ke rekeningku tanpa perlu apa2 lagi, rupaya malah disuruh bikin blog, pasang banner, pasang iklan, ah nyesal aku. Bisa buatin blog untuk ku gk bro?”

    Nah, saya rasa kesalahan tidak 100% pada si penjual ebook tapi juga pembelinya. Uang dari mana bisa masuk ke rekening sendiri? Kesimpulannya sih..untuk si pembuat ebook jangan terlalu muluk2 lah.
    Dan untuk calon pembeli, tata dulu mindset dengan benar, baru membeli. Itu dari saya.

    Thanks Pak, artikelnya sangat membantu.

  • Hutan belantara itu katanya buas. Tapi kalo kita punya tekat yang kuat, pasti bisa menahlukkannya. Dan menjadi penguasa rimbanya. šŸ™‚ Membuka lahan baru untuk mendirikan sebuah kerajaan.

  • wah nice banget nih artikelnya bisa memberikan pengertian mendalam tentang bisnis internet marketing.Sebagai pemula sich saya belum bisa merasakan buasnya hutan belantara tapi sekarang udah mulai jalan perlahan-lahan untuk mencari jalan keluar ke kota impian nih….sekali lagi thanks ya šŸ™‚

  • Tarnudin Arifin

    Kapan ya workshop berikutnya?

  • Akan segera kami umumkan, join VIP Notification List ya utk dapat pemberitahuan lebih awal. thanks.

  • indra

    luar biasa,,, betul2 mantap dan solusi bagi pemula seperti aku.
    brovo… maju terus… ini baru bicara bisnis secara tuntas….

  • Semoga apa yang sudah dilakukan teman2 dengan membeli e-book atau yg lainnya yang cuma menjanjikan angin syurga, sehingga harus mengeluarkan banyak uang, tenaga dan waktu, bisa diambil nilai positifnya. Bahwa semua itu adalah proses yang harus kita lalui sampai kemudian kita menemui jalan bertemu dengan BBI.

    Sukses buat pak Sukarto dan pak Hianoto dengan BBI-nya.

    Alhamdulillah saya sudah daftar Workshop di Jakarta 26-28 Februari.
    Sampai jumpa……..
    Mohon bimbingannya……

  • @Abdillah: wah cara berpikir seperti Anda ini yang saya suka, “Semua itu adalah PROSES yang harus dilalui”, patut diajungi jempol !! Luar Biasa dan sampai jumpa di Jakarta!

  • To : Pak Sukarto dan Pak HianotoSangat mencerahkan,artikelnya bagus Pak,..tapi saya ga tau neh kapan ikutan workshopnya..? oh iya pak bisa saya copy paste ga artikelnya buat di pasang di blog saya?

    terima kasih sebelumnya.

    Salam Sukses Selalu

  • @Andi: thank u atas komentar positifnya. Artikel tentu boleh dimuat di blog Anda, tapi cantumkan link sumber artikel ya šŸ™‚

  • setuju pak, harus punya mentor, kalo nggak gagap ntar…kacau bakalan, seperti saya awal2 dulu…hehehehehehe

  • setuju, Pak. ini seperti mencari jarum dalam jerami.
    tanpa mentor, kita cuma akan meraba-raba, dan akhirnya jika bukan tersasar di tumpukan jerami, maka tertusuk benda yang bukan kita cari. šŸ™‚

    salam kenal dan salam sukses selalu! šŸ™‚

  • ade

    thx infonya .. šŸ™‚
    Menambah pengetahuan saya.. šŸ™‚

  • Betul sekali pa …

    Mentor itu ibarat “mata” kita, yang bisa melihat dan menuntun kita untuk mencapai tujuan yang lebih jelas dan fokus.

  • ahmad

    saya sangat tertarik dengan workshop2
    dan ingin mengikutinya.

    yang saya tanyakan
    apa beda nya dengan situs ini pak ?
    http://amazonminisite.bisniskios.com/

  • @ahmad: kami juga tahu ttg website itu, mereka jualan ebook dgn nunut kepopuleran amazon mini site yang BBI buat. Isinya sama sekali lain dgn yang kami ajarkan, totally šŸ™‚ Gak masalah sih sebenarnya buat ebook ttg amazon mini site dgn konsep yg beda, masalahnya adalah screenshot earning ambil dari punya kita, nah itu yg gak benernya šŸ™‚

    Tunggu kabar baik ttg pelatihan amazon mini site yang akan membuat Anda suprise dan excited di bulan September (tepatnya stlh lebaran).

    thanks.

  • pak bagaimana dengan yang namanya ahira dan asian brain.comnya dan ellite teamnya makasih pak saya masih awam dan minta petunjuknya

  • @agus: saya rasanya tidak dalam kapasitas yang tepat utk memberi komentar ttg Ahira dan Asian Brain karena saya tidak mengenalnya secara pribadi dan tidak pernah tahu juga materi pembelajarannya. thanks.

  • nice article..! saya setuju dengan isi artikel ini, prinsipnya mesti hati-hati dalam berspekulasi bisnis di internet, harus banyak referensi sebelum memulai sesuatu (banyak2 googling lah.., rasanya si mbah kita ini sudah sediakan data yang cukup lengkap sekaligus informatif) yang penting banyak baca dan jgn malas cari info..dan yang terakhir (the most important thing) adalah hilangkan keinginan serba instant atau cepat, maksudnya ingin cepat sukses atau apapun karena di bisnis manapun termasuk online business semuanya ada tahapan prosesnya…
    bravo BelajarBisnisInternet.com..!

  • gestan

    Pak Sukarto…Pak Hianoto…tolong terima saya sebagai murid….please…. šŸ˜€

  • Saya setuju sekali, internet marketing itu ternyata luas sekali. Saya sendiri terjebak dg banyak pilihan shg enggak fokus. Saya sekarang belum fokus semua ke affiliate marketing penyebabnya adalah pembayarannya lewat chek dan saya merasa itu sangat lama. Sedangkan kalau ikut paid review seperti blogsvertise, sponsoredreviews, linkworth dibayar dg paypal, lebih cepat keterima. Namun dalam jangka panjang ternyata jadi affiliate ternyata lebih menyenangkan.

  • sofyan sauri

    Pa Hian & Sukarto…kalau saya mau beli CD tutorial digital tentang Amazon Mini Site yang ada di video ke-2 seharga 770.000,- gimana caranya pak?
    Terimakasih..

  • @Sofyan: Pendaftaran ke affiliatesiteblueprint.com tetapi sekarang ini masih tutup, minggu depan baru buka. Kalau Anda terdaftar di VIP List, ntar dapat pemberitahuan via email saat dibuka lagi.
    thanks.

  • Kadangkala saya bingung pak, kenapa orang mencari motivator jika ia sndiri g mampu memotivasi dirinya.. itu kalo motivasi.

    Tapi kalau masalah amazon blueprint ini saya sangat mendukung n antusias sekali untuk ikutan, sayangnya modal untuk ikutan blm ada jadi, terpaksa saya tunda.. tapi udah masuk target ko’ hehehe

  • Setuju banget buat semua yg coment soal bisnis internet marketing, memang butuh mentor yg bener2 bisa membimbing dn sekaligus bs jd guru,dn semoga tdk jd guru silat,yg punya 10 jurus tp diajarkanya cuma 8 jurus,krn takut kalah sm muridnya,BBI mudah2 han tempat yg tepat untuk sy yg newbi ini,salam sukses untuk P.Hian & P.Sukarto,sy ingin jadi murid di perguruan BBI,thx.

  • Daslim F

    saya orang yang lambat untuk mengingat, sampai 2 kali saya membaca buku nya pak Kar dan pak noto baru bisa mengerti maksud dan tujuannya. Apalagi kalau saya mau membuat bisnis internet bener2 gak sanggup kalau ga pake mentor. Terima kasih telaj banyak mensuport mudah2an kelak saya bisa ikut home course

  • Wah, tulisan yang bagus pak…!!
    Bener banget pak.. Saya sependapat dengan tulisan Anda di atas.

    Banyak sekali e-book yang beredar saat ini, yang kalau saya amati hanya menjual mimpi.
    Yah, seolah-olah hanya ddengan membeli e-book kemudian, bisa langsung iunstant memperoleh penghasilan dari Internet, palagi kalau tujuannya recehan dollar ($), wah siapa yang gag mau.

    Kebutuhan ekonomi yg semakin mendesak juga, kadang menjadikan peluang bisnis bagi penjual e-book.
    Yah, apalagi dengan ditambah iklan, yang BOMBASTIS, waduh, kasihan si pemblei, apalagi pembeli nya seorang NEWBIE.
    Wah jadi sasaran empuk si penjual ebook.

    Maka dari itu, saran saya bagi para newbie (pemula), bijak lah memilih produk, banyak konsultasi dengan orang yang lebih tahu, BUTUH MENTOR seperti kata Sukarto.

    Kemudian, bagi penjual ebook, mohon lah berpikir untuk membantu, berbisnis dengan HATI NURANI, bukan menguntungkan diri sendiri.
    Atau hanya mengobral mimpi-mimpi yang tak realistis.

    Akhirnya, apapun yg kita kerjakan sekarang, akan kembali kepada diri sendiri, butuh KERJA KERAS, KERJA SECARA PINTAR, dan FOKUS! adalah faktor penting untuk sukses!

    Karna SUKSES adalah SEBUAH PERJALANAN.
    Kesuksesan bukan di dapat dengan Instant, butuh perjuangan dan pengorbanan.

    Buat pak Sukarto, terima kasih bimbingannya, saya bangga dengan BBI.
    Terima kasih…!

    Wassalam

  • @Irwansyah: Terimakasih atas komentar positifnya. SUKSES BESAR untuk Anda ya!

  • mgkn bnyk orang yg skeptis duluan ttg bisnis online. bs jd lbh percaya kl kursus konvensional. buka LPK bidang bisnis online. kyknya blm ada tuh. kbanyakan master ngadain pelatihan online, seminar singkat, pake ebook, video panduan. tp blm tentu bagi banyak orang yg bs mengikutinya. wong kdng kuliah aj yg datang trus tanpa absen sj bnyk yg gk paham.

  • Terima-kasih pak Sukarto atas pencerahannya. Saya sedang belajar untuk mendapatkan penghasilan seperti yang dijelaskan Bp , walaupun saat ini belum terlihat hasilnya.

    Salam

  • Benar tu pak, kalo sesat dijalan, mungkin masih bisa jalan-jalan, tapi kalo sesat dihutan?? Di sekolah aja perlu guru, kalo gak, ngapain kesekolah..beli buku trus belajar sendiri. Memang banyak yang dipelajari, tapi gak tahu kearah mana yang jadi tujuan. Senang rasanya bisa mulai dan belajar di BBI. Semoga sukses untuk kita semua.

  • ” THE NEWS WORLD BUSSINES ” My Friend’s World !!! Urgent Information Bussines Milyarder !!! Open : http://thenesworldbussines.blogspot.com ( Yahoo – Google ) !!! Thank’s you so much, good luck !! Succes

  • hadibintoro

    wah menarik sekali kayaknya pak, sebenarnya saya tertarik pada amazon minisite blueprint bapak, tapi kayaknya saya ragu2 karena pernah merasa tertipu ikut program bisnis online seperti ini. Saya punya usulan bagaimana kalau diadakan kursus coba gratis šŸ™‚ seperti kursus di dunia offline, kan ada tuh coba kelas gratis, dengan pantauan pihak BBI, kalo sudah terbukti menghasilkan baru para peserta diharuskan membayar, bagaimana Pak??? (dengan catatan ilmu yang diberikan jangan 100% dulu supaya peserta merasa yakin)

  • Eka

    saya sangat tertarik dengan amazon minisite blueprint ini, saya sudah coba2 buat amazon affiliate yg saya post di blog saya sendiri, tapi karna masih bingung mau ngapain, jadi yaa belum dilanjutkan lagi,, hehe

    saya lagi nabung nih buat amazon minisite blueprint nya,, hehe.. šŸ™‚

  • super sekali penjelasannya..
    karena internet marketing merupakan hutan belantara, banyak persimpangan, jadi perlu juga dong banyak guide alias mentor..
    dari beberapa referensi, diikuti satu persatu lalu ke mentor satunya lagi tetap saja msih membingungkan…

    mungkin harus praktek langsung dengan sang mentor lah baru bisa paham betul..

  • ibarat tubuh , jika tidak dikontrol kesehatan secara rutin , maka penyakit masalah apa saja yang ada didalam tubuh tidak akan diketahui dan akibatnya akan semakin susah penanganannya , begitu juga bisnis internet kudu dimonitor

  • Ali

    Terimakasih atas kiriman tautannya.saya sebenarnya sangat minat dengan bisnis online dan bahkan juga beberapa kali beli ebook tetapi masih bingiung juga untuk memulainya.klo ada sebenarnya saya lebih tertarik klo ada sekolah bisnis online secara ofline,klo ad kesulitan bisa langsung tanya ke mentornya, klo online sangat terbatas untuk konsultasi sehingga memperlambat dan membuat cepat bosan untuk belajar.klo di daerah kami ada maka saya akan mengikutinya

  • moekamu

    wah keliatannya memang saya butuh guru nih
    biar bisa mantaps dalam bisnis online
    ya udah deh saya coba fokus
    mudah mudahan berhasil

  • Ferry Tjia

    Saya sudah cukup yakin dengan course BBi ini, tinggal masalah waktu saja untuk ikut course Pak Sukarto. Mudah2an dalam waktu dekat bisa gabung di course bapak dan sukses seperti lainnya…..

    • Ok Terimakasih atas kepercayaannya… Salam sukses buat Ferry.