BNI Debit Online – Solusi Buat yang Tidak Punya Kartu Kredit

By Sukarto Sudjono

panduan_pakai_bni_debit

Jaman sekarang yang serba online, salah satu senjata yang seringkali Anda perlukan adalah kartu sakti yang disebut Kartu Kredit 🙂

WARNING! PERINGATAN!

Kartu kredit BUKAN untuk ngutang lho ya… Bunga kartu kredit sangat tinggi (seperti renternir) jadi jangan sekali-kali pakai kartu kredit untuk ngutang.

Kartu kredit digunakan sebagai alat pembayaran saja. Jadi selalu bayar full sesuai tagihan (tapi kan lumayan bisa bayar mundur 45 hari he..he..).

Apalagi kalau Anda terjun ke bisnis online, terasa sekali semakin dibutuhkan kartu kredit ini sebagai alat pembayaran. Bayar iklan di Google pakai kartu kredit. Bayar iklan di Facebook juga perlu kartu kredit. Beli domain dan hosting di luar negeri juga perlu kartu kredit. Buat Paypal di Indonesia juga perlu kartu kredit. Ya hampir semua transaksi di luar negeri, perlu kartu kredit.

Nah sayangnya untuk bisa memperoleh kartu kredit di Indonesia cukup sulit. Banyak dokumen yang diperlukan, dari status pekerjaan, surat keterangan gaji, NPWP dll. Akibatnya yang punya kartu kredit di Indonesia sangat minim.

Celakanya lagi, kartu debit hampir semua bank di Indonesia, yang notabene di kartu debit nya ada logo Visa/Mastercard, gak bisa dipakai untuk transaksi online he..he.. Terus untuk apa ya ada logo Visa/Mastercard. Alasannya gak bisa digunakan adalah untuk security/keamanan 🙂

Padahal kalau di luar negeri seperti Malaysia saja, semua kartu debit bisa dipakai untuk transaksi online. Jadi itu sebabnya industri online disana berkembang lebih dulu karena tidak ada kendala masalah pembayaran yang banyak terjadi di Indonesia hingga saat ini.

Nah akibatnya, kami seringkali menerima keluh-kesah dari banyak peserta training kami yang tidak punya kartu kredit. Gak bisa pasang iklan karena gak punya kartu kredit. Gak bisa beli hosting atau beli domain karena tidak punya kartu kredit, dan lain sebagainya.

Selama ini kami harus selalu mencarikan solusi buat mereka, tapi untunglah sekarang ada solusi bagus yang hampir perfect buat Anda yang tidak punya kartu kredit dan kesulitan untuk bisa mendapatkan kartu kredit.

Apa itu solusinya? Yaitu BNI Debit Online. Saya sudah coba sendiri barusan, untuk transaksi online (belanja di Amazon) dan langsung didebet dari rekening BNI Taplus saya.

Apa itu BNI Debit Online?

BNI Debit Online ini adalah fasilitas dari Bank Negara Indonesia (BNI) bagi semua pemilik rekening tabungan sehingga bisa belanja di semua situs belanja, website merchant / toko online dimanapun (dalam dan luar negeri) yang bisa menerima pembayaran dengan MasterCard (artinya bisa di semua merchant).

Sumber Dana Transaksi

INGAT: Sumber dana untuk transaksi dengan BNI Debit Online ini adalah rekening Anda sendiri. Jadi kalau Anda di saldo rekening tabungan Anda cuma ada Rp 2 juta, ya jelas Anda tidak bisa transaksi Rp 3 juta. Ini bukan kartu kredit yang bisa sistem ngutang begitu 🙂

Jadi saat Anda mau transaksi secara online, Anda bisa request atau meminta lewat SMS Banking BNI sebuah Virtual Card Number (VCN) berupa 16 digit (seperti no kartu kredit) dan data lainnya yang diperlukan untuk transaksi online. VCN ini hanya bisa digunakan untuk 1x transaksi saja.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat cara request VCN di gambar berikut ini.

Cara Pakai BNI Debit Online

Cara Pakai BNI Debit Online

Step 1: Ketik REQ VCN <Nominal> dan kirimkan ke no SMS Banking BNI yaitu 3346.

Step 2: Anda akan menerima balasan sms dan diminta untuk memasukkan 2 digit pin challenge (random/acak) berdasarkan pin SMS Banking Anda.

Step 3: Anda menerima balasan SMS berupa 16 digit VCN, lengkap dengan 3 digit CVC dan bulan/tahun expired seperti yang biasa perlu dimasukkan saat transaksi dengan kartu kredit. Untuk alamat/billing address, silakan masukkan alamat sesuai KTP (yang tercatat di bank Anda).

Seluruh proses diatas berjalan sangat cepat, kurang dari 1 menit dari awal request sampai menerima VCN yang siap digunakan untuk transaksi online.

INGAT: VCN Berlaku 1x Saja
  • No VCN ini hanya berlaku untuk 1x transaksi saja. Jika Anda perlu transaksi lagi, perlu request VCN lagi. Setiap kali request, di-charge biaya hampir Rp 500 oleh provider handphone Anda.
  • Sumber dana Anda adalah jumlah uang Anda di rekening tabungan BNI Anda, jadi pastikan sebelum transaksi, Anda memang punya uangnya 🙂

Nah yang perlu diketahui adalah nominal yang Anda sebutkan saat request VCN itu hanyalah batas maksimal yang bisa digunakan. Jadi misal Anda mau transaksi belanja sekitar Rp 500.000,- dan Anda request VCN dengan nominal Rp 600.000,- maka saat transaksi online dilakukan yang cuma Rp 500.000,- maka rekening Anda hanya didebet Rp 500.000 saja kok, bukan Rp 600.000,-

Lho terus untuk apa kita request lebih dari nilai transaksi kita?

Hal ini diperlukan jika Anda ingin transaksi di merchant/website luar negeri dengan nominal bukan rupiah. Karena Anda tidak tahu kurs berapa yang akan dikenakan (biasa selisih kurs bisa lumayan besar dibanding rate normal) maka sebaiknya saat request VCN, Anda kan perlu kira-kira, nah lebih baik Anda lebihkan nominal yang Anda request, biar transaksi berjalan lancar, tidak ditolak.

Persyaratan Menggunakan BNI Debit Online

  • Mempunyai Rekening Tabungan / Giro Perorangan BNI serta BNI Kartu Debit yang berlogo MasterCard.
  • Telah melakukan Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking (Non Finansial & Finansial). Anda perlu ke Customer Service BNI untuk mengaktifkan fitur SMS Banking ini.

Keterangan lengkap tentang BNI Debit Online bisa baca di website BNI langsung.

Kelebihan BNI Debit Online

Konsep seperti BNI Debit Online ini menurut saya merupakan Very Good Idea! Tidak ada bank lain setahu saya yang menawarkan fasilitas ini.

Dan menurut saya, walaupun Anda sudah memiliki kartu kredit, Anda tetap bisa memanfaatkan fasilitas BNI Debit Online ini karena ada beberapa kelebihan yaitu:

  • Anda cuma bisa belanja/transaksi semaksimal jumlah uang yang Anda miliki di rekening BNI Anda. Hal ini penting terutama jika Anda tipe yang suka lepas kendali kalau sudah belanja :). Dengan tidak bisa hutang seperti di kartu kredit, Anda jadi bisa menahan diri.
  • Lebih aman dalam bertransaksi karena 16 digit kartu VCN hanya berlaku 1x saja. Hal ini penting terutama jika Anda ingin bertransaksi online di website yang Anda tidak terlalu yakin dengan tingkat keamanannya.
     
    Kalau di Amazon saya yakin penuh dengan kualitas keamanannya, tapi kadang saya perlu beli software/tools di website yang saya gak terlalu familiar, terus terang saya agak takut memasukkan no kartu kredit saya. Sehingga kalau ada pilihan pakai Paypal, saya biasa pakai Paypal. Tapi ya begitu, kadang tidak ada pilihan Paypal, cuma bisa pakai kartu kredit Visa/Mastercard.
     
    Dengan adanya BNI Debit Online seperti ini, saat menghadapi situasi seperti itu lagi, saya akan pakai ini saja, daripada harus memasukkan kartu kredit saya langsung.

Kekurangan BNI Debit Online

Tentu ada kekurangannya juga, makanya saya bilang diatas, solusi ‘hampir perfect’. Kekurangannya ada beberapa yaitu:

  • Tidak ada kartu fisik, jadi tidak bisa untuk transaksi offline (gak tahu apakah kartu debit nya bisa langsung dipakai secara offline atau tidak).
  • Tidak ada wujud fisik menyebabkan kadang kalau ada proses verifikasi dimana merchant minta dikirimin screenshot kartu kredit Anda (sesuai dengan 16 digit yang Anda masukkan), Anda tidak bisa memberikannya. Hal ini seringkali diminta oleh perusahaan web hosting luar negeri (terutama kalau negara asalnya adalah Indonesia, Malaysia dan beberapa negara  yang sudah masuk blacklist).
  • Tidak ada wujud fisik dan no VCN hanya berlaku 1x saja juga menyebabkan kurang cocok jika digunakan untuk verifikasi Paypal untuk jangka panjang. Verifikasi awal sih lolos tapi kadang Paypal verifikasi ulang dan meminta screenshot kartu kredit. Nah Anda kan tidak bisa menyediakannya karena kartu dengan no itu tidak ada (mereka gak tahu ini adalah 16 digit VCN sekali pakai).

Tapi untuk sebagian besar keperluan Anda, saya rasa BNI Debit Online ini sudah sangat membantu buat Anda yang tidak punya kartu kredit dan sulit untuk memperolehnya.

Semoga tips dan sharing ini bermanfaat ya…

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

 

  • Wah sepertinya panggilan untuk membuka rekening BNI nih, sudah hampir setahun lebih saya kepikiran buka rekening BNI tapi belum buka-buka sampai sekarang, hahaha…

    • Saya juga sudah punya lama Hans, tapi gak aktif, sampai dormant, jadi ke CS untuk minta diaktifkan kembali 🙂

      Ternyata agar tidak masuk status dormant/tidak aktif, yang penting disetorin/ada mutasi minim 1x per bulan (kalau tidak salah, atau 3 bulan ada transaksi 1x, lupa persisnya).

      thx

      • Akhmad Hidayat

        Infonya bagus Pak..,insyaallah jika tidak ada aral melintang saya mau ikut MTO di SURABAYA tgl:16-17 april..

    • Johan Edison

      Saya sudah pakai BNI lama, dulu saya buka sebagai tabungan bersama dengan pacar ketika mulai bekerja. Dan menurut saya BNI itu adalah bank pemerintah yang paling enak pelayanannya. Mau datang ke cabang yang mana saja, pelayanannya selalu ramah. Memang SDM mereka kalah sama BCA. Tapi mereka mau belajar, sehingga jika ada sesuatu yang mereka tidak tahu, mereka akan cari tahu dan follow up ke kita.

      Selain itu menurut saya BNI banyak fasilitas dan fitur yang menarik selain VCN, dulu saya sangat suka menggunakan fitur TT (Telegraphic Transfer) mereka untuk kirim uang ke Hongkong. Enaknya free (gak kena biaya seperti BCA) tetapi tetap cepat.

      • Sip thx sharingnya Johan 🙂

        • Johan Edison

          ur welcome Pak Suk, my pleasure 🙂

  • Herman Baso

    tapi untuk bayar iklan di google bisa gak ya?

    • Bisa, asal pilih metode pembayaran yang Pra Bayar atau Pre Paid atau dulu disebut Manual (bukan Automatic Payment).

    • Untuk info saja, setau saya saat ini Iklan Google sudah memungkinkan berbagai metode pembayaran, tidak harus pakai kartu kredit, untuk lebih jelasnya sebaiknya lgsg tanya ke Helpdesk/CS nya Google AdWords ya 🙂

    • Bisa Pre Paid, yg dikatakan pak Sukarto. Dengan cara Transfer Bank Account dari bank lokal kita, misal dari KlikBCA.

  • deny kristanto

    pak mau tanya koq pembayaran melaui transfer bank untuk adword koq gak bisa ya? saya sudah di beri Unique virtual account number tpi waktu saya transfer melalui m banking bca maupun lewat atm koq tidak bisa ya

    • Tidak bisa nya kenapa ya? Pesan error nya seperti apa?

    • Saya agak bingung, tanya nya soal pembayaran ke adwords pake transfer bank, tapi ini di artikel BNI Debit Online, tapi sebut soal transfer lewat atm BCA.

      Pusing bacanya 🙂

      Coba baca baik-baik lagi petunjuk yg dijelaskan soal pembayaran Adwords. Coba tanyanya di ruangan/artikel yang benar dulu ya… ini soal pakai BNI Debit Online atau soal pembayaran Adwords? Kalau soal transfer bank di adwords, tolong tanya di artikel sana saja.
      thx

  • Dede Firmansah (Bang Defirz)

    Pak, jika pembayarannya menggunakan dollar ($) dan di rekening BNI kita nominalnya rupiah (Rp) apakah bisa untuk melakukan transaksi? apakah pihak BNI mengkonversi secara otomatis?

    • Saya blm pernah pakai BNI Debit Online, untuk transaksi yang mata uangnya selain rupiah.

      Tapi bgini, kalau Paypal, saya sering transaksi online dgn mata uang $, di mana paypal saya terhubungnya ke kartu kredit rupiah. Ternyata, Bank akan konversi kurs otomatis ke rupiah.

      Jadi bs dicoba saja pak Dede, saya rasa, BNI akan konversi jg secara otomatis ya

    • Otomatis di kurs kan. Jadi kita tetap request ke BNI dgn nominal rupiah. Saat transaksi $, otomatis di kurs kan. thx

  • Tracy Banks

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau pinjaman bisnis?

    tawaran kami adalah yang terbaik dan terpercaya menawarkan untuk Anda.

    Jumlah Pinjaman: 10,000.00 eur untuk € 20.000.000

    periode durasi: 1 sampai 30 tahun

    mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam waktu 3 hari

    hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut: tracybanksloanfirm@gmail.com

  • iwan trisnawan

    Sy bingung minta solusinya pak,iklan fb sy terhenti karena BNI DEBIT ONLINE GAGAL MELAKUKAN PEmbayaran.notifikasi fb menyuruh sy untuk memperbarui metode pembayaran baru.
    Mau pakai metode gmn lagi,bikin kartu kredit susah di acc.
    Cuma BNI debit online sy yg bisa sy harapkan.tpi kenyataannya seperti ini.

    • Hallo pak Iwan. Anda bisa request VCN lagi pak Iwan.
      Untuk transaksi berikutnya. Coba diulangi lagi step yg di atas.

      Mungkin wktu itu gagal, krn lagi ada gangguan dari BNI nya.

    • Anda harus jelaskan secara detil, urutan yang Anda lakukan. Kemungkinan nya kan banyak. Saldo / limit yg Anda request tidak cukup atau metode pembayaran yg Anda pilih mungkin keliru. Jadi perlu detil.

      FB skrg kan juga sudah bisa top up lewat Alfa Mart, ATM Bersama dll.

      • wakhid

        minta tolong pak, bagaimana caranya hubungkan paypal dengan bank mandiri, saya mencoba ditolak terus sama paypal.padahal pengen tarik dana.matur suwun sebelumnya

        • Halo pak Wakhid.
          Yg bapak tanyakan beda topik dengan bni debit online ya.

          Jika ada pertanyaan seputar lainnya. Anda bisa tanyakan di postingan blog yg bersangkutan.

          Untuk paypal, verifikasi hanya bisa pakai kartu kredit, dari bank manapun bisa, asal ada logo visa / master

          Bukan kartu debit mandiri pak.

          • wakhid

            nah apakah paypal ini hanya satu2 nya alat terima pembayaran kah,saya kan ikutan EMPOWR, nah dia ini untuk pengiriman pembayaran harus paypall dan kartu kredit, sedangkan saya masih bingung dengan paypal, sudah punya akun paypal dan saya masukkan account bank eh masih minta lagi kartu kredit.bapak kan lebih pengalaman, tolong pencerahannya,thanks sebelumnya

          • Seperti yg sudah disebutkan diatas dan di artikel :
            http://belajarbisnisinternet.com/panduan-verifikasi-paypal-menggunakan-bank-lokal-indonesia/

            bahwa Paypal di Indonesia HANYA BISA di verifikasi dgn kartu kredit (bukan kartu debit dan juga bukan rek bank). thx

  • Kalau cicilan saya blm pernah pakai pak Ridhaa.
    Jadi belum bisa kasih jawaban. 🙂

    Anda bs kontak ke bni CS / call center. Nanti akan dibantu dijelaskan lbih detail.

  • Andri Fauzi Apana Lea

    kira kira bisa di pake buat isi balance payoneer gak om???

    • Buat apa ya isi balance payoneer? Justru payoneer kita gunakan biasanya untuk terima pembayaran.
      Payoneer sangat hati-hati dan selektif utk prosedur isi balance dgn kartu kredit. Mereka lebih suka ditransfer dari sumber merchant yg kredibel. thx

      • Andri Fauzi Apana Lea

        tadinya kan saya mau verifikasi akun palpal saya pke payoneer, tapi akun payoneernya harus ada balancenya, minimal 5 dollar.

        • Ooh untuk verifikasi paypal. Bisa dicoba sih tapi kalau payoneer minta bukti kartu cc yg digunakan utk load balance, musti siap punya kartu debit bni hasil photoshop dgn no cc yg digunakan.

  • gladian

    mau tanya pak, bni debit online bisa untuk pembayaran ciclan seperti lazada tidak ya? tks

    • gak bisa karena no cc yg digenerate hanya bisa untuk 1x pemakaian saja.

  • Novi Almyra

    Pak, apa VCN BNI debit online bisa digunakan di PayPal dan nantinya saldo akan diambil dari rekening tabungan? Saya sudah berhasil verifikasi dengan VCN BNI tapi tidak tahu apakah ini bisa digunakan atau tidak, terima kasih.

    • Gak bisa karena paypal saat verifikasi ada kasi 3 digit code, nah ini yg tidak bisa didapat saat verifikasi pada BNI VCN. Pake Payoneer masih mungkin, baca komentar di bawah. thx

  • Hamada

    VCN BNI debit online bisa untuk verval paypal, sudah lama account paypal belum terverifikasi karena tak punya kartu kredit, VCN BNI bisa buat alternatif lah…

    • Saya belum pernah mencoba, Jika Anda punya pengalaman hal tersebut, bisa disharekan di sini Hamada

      • Hamada

        Bisa mas sudah saya coba….

        • emma

          bisa di share mas hamada caranya?

  • riza

    Pak apakah saya bisa mencicil barang dengan vcn seperti di web bukalapak yang perbulannya akan dibayar?

    • Saya belum pernah mencoba hal ini. Untuk Cicilan setahu saya, hanya bisa dengan kartu kredit saja.

  • Amir

    Pak sukarto apa sudah dicoba/berhasil beli domain & sewa hosting(misal beli di namecheap dan siteground) menggunakan bni debit online?

    • untuk Siteground, biasanya pakai verifikasi data pak Amir. Misal Copy an dari nomor kartu yg dipakai saat transaksi.

      Anda bisa baca di bagian kekurangan BNI Debit online. Untuk namecheap, silakan kontak CS BBI, nanti bs pakai jasa top up saldo melalui kami.

  • Adi Nugroho

    Terimakasih artikelnya bermanfaat, adakah yang pernah menggunakannya di envato ?

  • Risman Efendi

    pak, saya kebetulan trading forex. waktu deposit pakai Vcn. beberapa minggu kemudian saya menarik uang saya kembali dengan vcn yang sama. saldo di akun forex saya sudah terpotong, tapi udah 1 minggu uangnya belum masuk kerekening pak. apakah bni debit gak bisa dipakai menerima transferan pak ?

    • Lho VCN dari BNI Debit Online memang tidak bisa digunakan untuk narik pembayaran. Ini alat pembayaran. Bukan seperti kartu kredit.
      thx

  • Dera Mariana

    Pak ,
    Sya baru pakai BNI debit .

    ingin mencoba transaksi cicilan 0% :/ 1 th , yg terbilang cicilan ringan per bulan.

    Semisal nominal pembayaran 500 ,
    Kita send di VCN ,600.
    Berarti yg di didebit 500 saja .
    Itu maksudnya gimana yah pak ??

    Padahal nominal isi tabungan semisal 700.
    Berarti yg 500 sudah didebet itu sdh tidak bisa di belanjakan dan sama istilahnya saya bayar penuh dong pak , bukan cicilan !!

    Mohon bantuannya pak.
    Kepingin sekali bisa nyicil saya nya.

    • BNI Debit Online tidak bisa dipakai buat cicilan karena no 16 digit nya itu expired tiap kali dipakai. Ini hanya cocok dipakai untuk bayar one time atau sekali aja. thx

  • Johan

    Halo Pak,
    Pakai BNI VCN ini bisa pakai untuk bayar service dengan sistem pembayaran perbulan ga ya? semisal saya ingin bayar mailchimp, kan bayar perbulan. Nah itu bisa ga ya kira-kira? Klo semisal udah lewat 1 bulan, apa kita harus req VCN lagi atau gimana supaya tetap bisa pakai mailchimp?

    • Untuk recurring BNI VCN, tidak disarankan. Krn one time payment saja.
      Ingat Anda musti request kembali nomernya.

      Jadi untuk recurrring payment, disarankan pakai Credit card saja.

  • Kang Royy31

    tanya HU,,,,bulan yang lalu saya cek lihat akun paypal nya saya ko sudh tidak mnt di verifksi dan saya dengar paypal sudah otomatis bner bgtu yah,,,?

    • saya cek, masih perlu verifikasi pak @kangroyy:disqus
      CMIMW

  • Muhammad Fajar

    Itu kan transaksi rupiah, klo mata uang luar nominal yg harus di isi gimana ?

  • Catur

    Pak Sukarto n Suhu lainnya, berapa minimal saldo di tabungan BNI untuk top up di adword? saya sudah mencoba BNI Debit Online tetapi transaksi gagal krn “Insufficient Funds”.

    • setahu saya tidak ada minimal pak Catur.
      Insufficient Funds, itu Anda ingin byr nominal pmblanjaan lbih besar dibandingkan dgn dana saldo Anda saja.

  • Encep Nurdin

    Kalo buat debit online peryaratannya apa terus persyaratan buat buka tabungan di bni apa saja
    Terimakasih

    • untuk persyaratan detil buat buka tab BNI, bs datang ke bni terdekat ya.
      Biasanya si KTP identitas dan uang utk pmbukaan rekening bank

  • Michiko Farahdiba

    misi mau nany, ini kan cuma buat sekali pakai kan, nah jadi klo saya mau pakai buat beli saldo premium game online luar negeri bisa kan?? soalny ada beberapa game yg ga menyediakan fitur mol, cuma ada mastercard/visa, ato kredit lainny, yg ak ga punya buat beli saldo premium ny,,

    • Cara ini paling cocok memang untuk transaksi 1x , kurang cocok untuk transaksi recurring atau tiap bulan di charge karena kan nomor nya cuma bisa 1x pakai. thx

  • jayadi umar

    misi gan sharenya sangat bermanfaat nih
    tapi ada pertanyaan gimana soal pembayaran cicilan yg dibebankan tiap bulan dengan nominal tertentu
    apakah sebelum tanggal tagihan kita menggunakan debit online ini atau saat ada konfir penagihan ? soalnya saya mau coba sistem pay ini di slah satu situs jual beli di indonesia (BL) dgn sistem cicil via kartu visa/mastercard
    apa cara agan ini efektif..
    trims waktunya

    • Gak bisa bayar cicilan pake BNI Debit ini.. coba pakai permata debit online, kelihatannya no nya bisa sama terus. biasa utk cicilan yg bisa cuma kartu kredit.

  • Reza Purnama

    Halo pak, saya masih agak awam banget ni, kira kira biayanya berapa ya kalau saya mulai membuat dari 0 untuk tab BNI nya.

    • untuk buat tabungan BNI, silakan Pak Reza ke kantor bank BNI terdekat ya. Nanti akan diinfokan detailnya brp biaya buat tab bni

  • Aliya Rahma Najihati

    “..melakukan Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking (Non Finansial & Finansial).”

    Saya masih kurang paham untuk bagian ini. Harus mendaftar keduanya, atau yg manapun boleh? Terimakasih

    • Hai @aliya_rahma_najihati:disqus
      Lakukan kdua duanya. Itu satu proses
      Registrasi setelah itu diaktifkan. 🙂

  • Salsabila Widyatama

    lalu gimana solusinya kalo diminta screenshot seperti yang anda jelaskan di atas?

  • Salsabila Widyatama

    lalu bagaimana dengan solusi jika diminta bukti screenshot seperti yang anda jelaskan diatas?

    • Saya tdk menyarankan Anda buat screenshot, seolah” Anda punya kartu fisiknya.

      Jadi saran saya pakai kartu kredit untuk pembayaran hosting. Atau kalau untuk pmbyaran iklan adwords / FB skrng sdh bs transfer bank, tdk perlu kartu kredit lagi.

      BNI Debit online bs dipakai utk belanja, selain hosting. Kkuatiran tbesar kalau sampai di minta screenshot itu. hehe.

      Ini saran dari saya saja 🙂

  • makai vcn ada limit harian/bulanan atau limit saldo transaksi ndak yah???

    • hi @zulfradana:disqus BNI Debit online, itu motong tabungan Anda. 🙂
      Stahu saya sesuai dgn saldo kita di bank.

      Tapi untuk pastinya Anda dapat telepon pihak BNI, lewat call center, untuk memastikan keakuratan datanya

      • maksud saya gini om
        misalkan saya punya saldo di rekening 100jt
        terus saya mau transaksi make vcn 50 jt apa bisa?

        oh iyah om pernah meminta refund/dispute dll. ndak kalau misalkan bermasalah sama seller nya?? prosesnya seperti apa

        ngomong-ngomong terimakasih udah jawab hehehe

        • Menurut saya pasti BNI ada kasi limit nominal yg bisa di request utk VCN, silakan tanya lgs ke BNI ya..

          Terus terang saya belum pernah request refund/dispute saat pakai BNI Debit Online ini karena saya biasa juga transaksi nominal kecil.

          Saya gak berani kalau nominal besar. Saya sebetulnya lebih suka bayar pakai Paypal kalau seller terima paypal karena jelas lebih aman krn ada pihak ketiga yg jadi penengah nya.

          thx

  • Wahyu Klasik Art

    kalau transaksi keluar negeri ada biaya tambahan gak? atau hanya melihat kurs Update?

    • Hai Pak Wahyu, setahu saya hanya melihat kurs saja. Ibarat kartu Kredit.
      Silakan untuk memastikan data keakuratan biaya dan kursnya dapat telepon ke pihak call center BNI

  • Faiz Ahmad Muzakki

    Kalo buat dipake bayar cicil tiap bulan bisa ga ya pak?

    • Tidak bisa pak @faizahmadmuzakki:disqus
      Disarankan buat kartu kredit saja di BCA jauh lebih mudah

  • Kalo sudah bisa internet banking BNI apa harus daftar SMS Banking ?

    • Pak, coba perihal ini, bisa ditnyakan ke pihak Call Center BNI. Agar informasinya lbih akurat.

  • Reza Aggi Prasetyo

    kalau pernah submit datanya lalu gagal apakah VCN bisa dipakai lagi (coba lagi) atau harus generate ulang?

    • Pak @rezaaggiprasetyo:disqus
      Harus generate ulang setahu saya. 🙂

  • Justin S. Nez

    Gera diena,aÅ¡ bazė danų Noriu liudija gerą paskolų skolintojas, kuri parodė Å¡viesą man po buvo apgauti 4 skirtingų interneto tarptautinės skolintojas, visi jie žada duoti man paskolą, kad man mokėti daug mokesčių, kurie suteikia ir sudarė be teigiamo rezultato. AÅ¡ pamečiau savo kietajame uždirbti pinigus, ir visa tai buvo 8,000USD. Vieną dieną, kai aÅ¡ narÅ¡iau internete looking forsterated kai aÅ¡ atėjau visoje parodymai žmogus, kuris taip pat buvo apgaudinėjama, ir galų gale pridedamas prie teisėtu paskolos kompanijos “VANDENYNO FINANSŲ paskolos bendrovė (oceanfinance113@gmail.com), kur jis pagaliau gavo savo paskolos, todėl aÅ¡ nusprendžiau kreiptis į tą pačią paskolos bendrovė, ir tada jiems papasakojo savo istoriją apie tai, kaip man buvo apgauti 4 skirtingų skolintojų, kurie nieko nedarė, bet įvertinti man daugiau skausmo. AÅ¡ paaiÅ¡kinti elektroniniu paÅ¡tu kompanija ir visi jie man pasakė, buvo verkti ne daugiau, nes aÅ¡ noriu gauti savo paskolos savo verslui, o taip pat padariau teisingą pasirinkimą kreiptis į juos. AÅ¡ užpildžiau paraiÅ¡ką paskolai gauti ir toliau visa tai buvo papraÅ¡yta iÅ¡ manęs, kad aÅ¡ turiu paskolą sumą $ 600,000.00 dolerių šį puikų Company “(VANDENYNO FINANSŲ paskolų įmonės} valdomą OFLC ir čia aÅ¡ esu Å¡iandien patiko mano Å¡eima, nes OCEAN FINANCE paskolos bendrovė suteikė man paskolą, todėl aÅ¡ padariau pažadą sau, kad aÅ¡ nuolat matau internete apie tai, kaip aÅ¡ gavau mano paskolą. Ar jums reikia paskolos skubiai? draugiÅ¡kas ir greitai susisiekti OCEAN FINANCE paskolos įmonę dabar jÅ«sų paskolos elektroniniu PaÅ¡to programos: (oceanfinance113@gmail.com) Manau, kiti žmonės taip pat duoti parodymus apie tą patį sąžiningas skolintojas