Tools & Resources

resources

Selamat datang di halaman Tools & Resources, dimana Anda bisa menemukan Daftar Tools atau Alat Bantu yang kami gunakan dan bisa kami rekomendasikan untuk Membangun dan Mengembangkan Bisnis Online Anda

Halaman ini kami buat untuk menjawab pertanyaan yang sering kami terima dari alumni peserta course / workshop dan juga pembaca blog di BelajarBisnisInternet.com tentang apa tools yang direkomendasikan untuk melakukan ......... (silakan isi sendiri).

Tools atau Alat Bantu seringkali diperlukan di dalam bisnis untuk menghemat waktu atau agar bisa lebih cepat mendapatkan hasil yang diinginkan. Masalahnya adalah ada banyak sekali tools/alat bantu diluar sana. Mana yang bagus dan tepat untuk kebutuhan Anda seringkali bukan perkara yang mudah untuk diputuskan. Salah beli, habis uang dan habis waktu.

Kami telah mencoba banyak sekali tools dalam proses membangun dan mengembangkan bisnis kami. Beberapa memang bagus dan bermanfaat, tetapi banyak juga yang kurang bagus atau terlalu mahal. Kadang tiap tools juga ada kelebihan dan kekurangannya, jadi memilih mana yang tepat kadang tergantung apa yang Anda perlukan.

Oleh sebab itu, kami yakin daripada Anda menghabiskan banyak waktu, uang dan tenaga untuk mencoba berbagai tools seperti yang telah kami lakukan, lebih baik Anda belajar dari pengalaman kami. Yang kami yakin bagus, bermanfaat dan bisa direkomendasikan baru kami cantumkan di halaman Tools & Resources.

PENTING: Daftar Tools & Resources ini akan terus kami update dan tambahkan dari waktu ke waktu. Setiap tools yang kami cantumkan di bawah ini adalah tools atau alat bantu yang sudah kami coba dan gunakan sendiri. Kami tidak akan pernah merekomendasikan sesuatu yang tidak berkualitas ataupun yang belum pernah kami gunakan sendiri.

Jadi silakan Anda baca penjelasan tools di masing-masing kategori di bawah ini. Kami ada memberikan link ke review, panduan atau bonus yang kami buat untuk tools tertentu, silakan Anda pelajari juga. Kami berharap dapat membantu Anda dalam memilih dan menggunakan Tools yang tepat untuk keperluan Bisnis Online Anda.

Jika ada pertanyaan, silakan ditanyakan di bagian komentar yang ada di bagian paling bawah. Atau kalau Anda ada masukan tentang tools yang ingin Anda ketahui, silakan beritahu kami juga melalui bagian komentar.

Saat Anda merasa halaman Tools & Resources ini bermanfaat, tolong share atau bagikan ke teman-teman Anda melalui tombol Social Media yang kami sediakan. Kami sangat menghargai bantuan Anda.

Salam Sukses Selalu untuk Anda,
Tim BBI

Web Browser

Ini adalah sebuah tool atau software yang pasti ada di setiap komputer, tablet atau smartphone karena untuk mengakses internet butuh software web browser. Ada banyak sekali software web browser yang dibuat, ada 8–10 software yang lumayan populer. Tapi empat software web browser yang teratas dan yang banyak digunakan adalah:

Kami menyarankan Anda minimal punya dua web browser yang terinstall di komputer, laptop atau smartphone agar Anda memiliki ‘second opinion’ tentang suatu website yang tampilannya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Kadang­kadang tampilan bisa beda di dua browser yang berbeda.

Jadi sebelum Anda mengambil kesimpulan tentang suatu website, cobalah mengakses website dari dua browser yang berbeda, jika hasilnya sama, maka Anda bisa positif memang sumbernya dari websitenya sendiri.

Domain & WebHosting

Namecheap

Satu perusahaan yang Kami pakai bertahun-tahun untuk membeli Domain yaitu Perusahaan Namecheap. Selain harga domain yang relatif murah, perusahaan Namecheap memiliki reputasi yang baik di kalangan para pebisnis online dan internet marketer di dunia.

Namecheap lebih pro dengan customer dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Yang tidak kalah menariknya adalah Live Chat Support Customer Service yang sangat responsif dalam menangani masalah.

Kami merekomendasikan Namecheap.com untuk Perusahaan untuk membeli Domain Anda. 

logo namecheap

Domain Registrant Terbaik !


Siteground

Banyak Website yang telah Kami bangun dengan menggunakan Webhosting Siteground ini. Mengapa? Karena Siteground memiliki tampilan yang sangat mudah digunakan. Selain itu didukung dengan Customer Support yang sangat responsif. Hanya menggunakan satu Account Siteground saja, Anda dapat membuat Website lebih dari 1 domain dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Kami merekomendasikan Siteground untuk Webhosting Anda. Dapatkan Bonus Spesial dari BBI ketika Anda membeli Siteground dari Link Kami. 

File Manager / FTP Client

Saat Anda memiliki website dan memiliki account web hosting, salah satu hal yang cukup sering Anda lakukan adalah meng­upload file dari komputer Anda ke web hosting Anda atau sebaliknya men­download file dari web hosting ke komputer Anda. Nah untuk melakukan fungsi upload dan download antar komputer lokal dan web hosting, Anda memerlukan bantuan software yang sering disebut File Manager atau FTP Client.

Ada 3 cara atau software yang sering Kami gunakan untuk melakukan proses upload/download ini yaitu :


File Manager via Cpanel

Jika hosting Anda menggunakan cPanel (control panel dari hosting Anda) maka biasanya Anda akan diberikan akses ke File Manager. Ini adalah web­based software atau software yang dijalankan lewat web browser.

Jadi untuk mengaksesnya memang perlu login ke cPanel hosting Anda dulu, baru bisa akses File Manager. Memang lebih merepotkan dibanding memanggil software yang sudah terinstall di komputer Anda. Tetapi ada kelebihan utama File Manager yang membuat Kami kadang menggunakannya, yaitu: Kami bisa meng­compress banyak file di hosting saya menjadi sebuah file zip sehingga saya bisa mendownload satu file zip ini. Proses ini lebih cepat dibanding harus download banyak file kecil.

file manager

File Manager via Cpanel


Filezilla

FileZilla adalah software FTP Client yang paling populer. Jadi fungsi utamanya hanyalah untuk Upload atau Download antar komputer ke hosting seperti yang Kami jelaskan diatas.

FileZilla adalah software Open Source sehingga bisa Anda dapatkan dengan GRATIS. Tersedia di sistem operasi yang paling banyak digunakan orang yaitu Windows, Linux dan Mac.


Cyberduck (Mac Users)

Cyberduck adalah software FTP Client yang ‘lebih cantik’ tampilannya dan lebih kaya feature. 

Cyberduck bukan sekedar FTP Client untuk upload/download ke web hosting standard, tetapi juga bisa digunakan untuk upload/download files ke sistem lain seperti: ­ WebDav ­ Amazon Cloudfront ­ Amazon S3 ­ Google Cloud Storage ­ Rackspace Cloud ­

Jadi jauh lebih lengkap dibanding sekedar FTP Client. Software ini FREE

WordPress Themes

Genesis Theme Framework

Genesis adalah sebuah WordPress Framework paling populer dan paling banyak digunakan. Dibuat oleh top developer dan company di industri online business yaitu StudioPress dan CopyBlogger.

WordPress Framework bukanlah sebuah wordpress theme. Lebih tepat disebut sebuah kerangka bangunan atau framework saja. Biasanya orang memakai sebuah wordpress framework membutuhkan lagi Child Theme yang merupakan dekorasi dan kosmetik dari layout website (jadi seperti baju diatas sebuah kerangka).

Jadi biasanya Anda beli Genesis Framework dulu (untuk unlimited site) lalu beli child theme (tampilan layout) lagi. StudioPress menyediakan ratusan Child Theme untuk dipakai di Genesis framework.

Anda bisa memilih Child Theme untuk perusahaan real estate, restoran, usaha jasa dan masih banyak lagi.


Dynamik Website Builder (Child Theme)

Ada sebuah child theme yang dinamis dan fleksibel sehingga bisa diubah­-ubah untuk disesuaikan dengan yang kita perlukan. Namanya adalah Dynamik Website Builder yang dibuat oleh perusahaan bernama Cobalt Apps.

Dynamik Website Builder sebenarnya adalah varian atau keturunan dari Catalyst Theme yang biasanya Kami ajarkan ke peserta workshop BBI. Jadi banyak website alumni BBI yang sampai sekarang menggunakan Catalyst. Tetapi Catalyst sudah tidak dikembangkan lagi oleh developernya dan sebagai gantinya adalah Dynamick Website Builder yang berjalan diatas Genesis.

Kami menggunakan kombinasi Genesis + Dynamik Website Builder untuk Member Area dari BelajarBisnisInternet.com. Keputusan ini diambil setelah mencoba beberapa theme dan Kami  merasa perlu tampilan yang sederhana, ringan codingnya sehingga lebih cepat aksesnya, tapi fleksibel, bisa diubah sesuatu saat dengan mudah. Dan sejauh ini kami puas dengan hasilnya. Kami juga sering menggunakan kombinasi Genesis + Dynamik Website Builder untuk membuat niche site dengan cepat.

Sedikit peringatan, Kami lebih menyarankan Genesis + Dynamic Builder buat Anda yang lebih intermediate to advanced dalam wordpress karena untuk utak-­atik banyak hal, paling tidak perlu Anda perlu mengerti sedikit teknis. Jadi kurang cocok untuk newbie / gaptek.


Optimize Press Theme

WordPress theme ini adalah wordpress theme paling populer untuk urusan buat sales page, landing page, squeeze page dan sejenisnya. OptimizePress cocok untuk membuat special landing page dengan tujuan spesifik (terutama di aspek marketing).

Kami tidak menyarankan untuk menggunakan OptimizePress untuk membuat corporate website, personal blog dan semacamnya karena memang awalnya tidak dirancang untuk itu.

logo optimize press

WordPress Theme Landing Page Terbaik !


Smart Toko Theme by Lapak Instan

Jika Anda ingin membuat website toko online, maka Kami merekomendasikan Smart Toko Theme dari Lapak Instan. Dengan fitur yang lengkap dan sangat mudah dioperasikan akan membantu Anda dalam berbisnis toko online.

Smart Toko Theme bukanlah sekedar theme saja, tetapi memiliki fungsi keranjang online & hitung ongkir JNE secara otomatis, yang memang difokuskan untuk membangun Website Toko Online.

lapak instan

WordPress Theme Toko Online Terbaik !


Woocommerce Themes

Ini adalah daftar rekomendasi dari Kami tentang Woocomerce Theme yang tepat untuk Bisnis Toko Online Anda. Ada banyak sekali pilihan varian dari Woocommerce Theme, setelah Kami mencoba memakai di website toko online, Kami memutuskan untuk merekomendasikan YITH Theme untuk Website Woocommere Anda, antara lain:

Thrive - All in One - Online Business Toolbox

Thrive adalah salah satu tool yang perlu Anda miliki dalam membangun sebuah website yang powerful. Dengan Thrive ini, Anda dapat mendesain Website Anda dengan mudah, drag n drop saja. Lalu didukung juga dengan High Conversion Theme, serta adanya Thrive Leads yang difokuskan untuk menjaring Leads Anda.

Anda dapat membelinya secara satuan, ataupun keseluruhan sekaligus (all in one), yang lebih sering dikenal dengan istilah Membership. Apa saja yang Anda dapatkan jika Anda berlangganan / Membership?

  • ​Anda dapat akses semua koleksi Theme dari Thrive
  • Anda juga dapat menggunakan Thrive Content Builder
  • Anda bisa memanfaatkan Thrive Leads untuk keperluan Landing Page yang mengedepankan High Conversion
  • Anda dapat menggunakan semua plugin dari Thrive, seperti CleverWidget yang ditujukan untuk menampilkan Widget secara fleksible sesuai Content yang terkait

Thrive memiliki kelebihan yang sangat luar biasa yaitu memiliki Content Builder yang dikembangkan beserta Themenya. Di luar sana memang ada Content Builder (drag and drop) untuk desain tetapi tidak secanggih dari Thrive Content Builder.​


Thrive Membership

Join Thrive Membership, maka Anda akan mendapatkan semua fasilitas all in one di dalam thrive. Anda juga menghemat banyak sekali saat Anda bergabung menjadi membership dibandingkan Anda membeli produk secara terpisah


Thrive Themes

Anda akan menemukan Theme dari Thrive yang didesain dengan sangat bagus, tidak hanya itu, Thrive juga mengedepankan Conversion di setiap Layout yang didesain oleh Thrive

Anda dapat membeli Thrive Theme saja, ataupun Anda bisa akses Thrive Membership untuk mendapatkan semua fasilitas dari Thrive


Thrive Content Builder

Anda tidak perlu repot lagi saat mendesain isi content dari Website Anda. Dengan adanya Thrive Content Builder, Anda bisa mengatur struktur Content dengan sangat mudah, dengan Drag and Drop saja.

Anda dapat membeli Thrive Content Builder saja, ataupun Anda bisa akses Thrive Membership untuk mendapatkan semua fasilitas dari Thrive


Thrive Leads

Leads adalah sangatlah penting di dalam bisnis online. Anda dapat melakukan follow up terhadap setiap Leads yang masuk di Website Anda. Untuk mendorong agar Leads mengisikan data Email mereka, dibutuhkan desain layout yang sudah terbukti konversinya. 

Thrive Leads dapat membantu Anda dalam mendesain dan mengatur agar Anda memiliki Website yang high conversion

Anda dapat membeli Thrive Leads saja, ataupun Anda bisa akses Thrive Membership untuk mendapatkan semua fasilitas dari Thrive


Thrive Clever Widget

Dengan Thrive Clever Widget, Anda dapat membuat Website di mana sidebarnya memiliki widget yang berbeda beda sesuai Content yang saat ini tampil.

Hal ini akan meningkatkan High Click Through Rate, agar Visitor Website Anda klik dan merasakan manfaat yang luar biasa dari Website Anda.​

WordPress Plugins

SEO WordPress by Yoast

SEO WordPress by Yoast adalah WordPress plugin untuk mempermudah Anda dalam melakukan pengaturan On Page SEO di WordPress Site Anda. Fitur plugin ini dapat memberitahukan kepada Anda, apa saja yang perlu disetting untuk keperluan On Page SEO.

Kami telah membuat Panduan Lengkap bagaimana cara install dan pengaturan SEO WordPress by Yoast untuk Anda.


Contact Form 7

Contact Form 7 adalah WordPress plugin untuk membantu Anda membuat Form Isian di WordPress Site Anda. Form isian ini dapat Anda desain dengan mudah dan sesuai kebutuhan Anda, sebagai contoh Anda ingin membuat Form Isian untuk Contact Us, Form Order, Konfirmasi Pembayaran atau form­form lainnya

Semua WordPress Site kami selalu menggunakan Contact Form 7 Plugin untuk membuat Form isian. Kami merekomendasi kepada Anda untuk menginstall plugin ini. 

Kami telah membuat Panduan Lengkap bagaimana cara buat Form dengan Contact Form 7 untuk Anda.


Pretty Link

Pretty Link adalah WordPress plugin untuk membantu Anda dalam membuat URL Cloacking. Jika Anda terjun di dalam Affiliate Marketing, Anda pasti membutuhkan URL Cloacking dan Pretty Link plugin ini sangat cocok. 

Kami telah membuat Panduan Lengkap bagaimana cara buat URL Cloacking dengan Pretty Link untuk Anda.​


Shortcodes Ultimate

Shortcodes Ultimate adalah WordPress plugin yang Kami pakai untuk membuat Layout dan Format Khusus di WordPress Site. 

Anda dapat membuat berbagai layout seperti 2 kolom, 3 kolom atau Anda juga dapat membuat format seperti teks yang ada di dalam sebuah kotak, membuat tombol/button, dan masih banyak lagi.​

Kami telah membuat Panduan Lengkap bagaimana cara menggunakan Shortcodes Ultimate ini untuk Anda.


Contact Form DB

Ini adalah plugin yang dibuat untuk menyimpan ke database, data/record yang dimasukkan via contact form. Plugin Contact Form yang didukung oleh plugin ini adalah: Contact Form 7, Gravity Form, Jetpack Contact Form, Fast Secure Contact Form.

Kami selama ini menggunakan Contact Form 7 dan memiliki kebutuhan untuk mendapatkan seluruh data yang diisikan di form untuk keperluan backup, pencarian dengan cepat atau memindahkan data ini ke format lain (excel misalkan).

Dengan menggunakan plugin Contact Form DB ini, setiap ada yang mengisi Contact Us, Form Order, Konfirmasi Pembayaran atau form­form lainnya, maka semua data akan tersimpan ke database dan bisa Anda akses melalui Dashboard WP Admin Anda.


Disqus Comment

Bawaan wordpress memang sudah ada sistem comment, tetapi Kami melihat semakin hari semakin banyak blog/website besar yang memakai Disqus Comment.

Setelah Kami test dan coba, Disqus Comment System ini memiliki banyak kelebihan dibanding wordpress comment biasa sehingga saat ini Kami juga mulai mengimplementasikan Disqus di blog/website yang Kami bangun.


WPFront Notification Bar

Plugin ini meniru kepopuleran Hello Bar (premium tools) yang bisa menampilkan teks pengumuman atau Call To Action di bagian paling atas dari website Anda. Bagian paling atas di website Anda adalah sesuatu yang hampir selalu dilihat oleh pengunjung website Anda.

Jadi kalau Anda mau mengumumkan produk baru, diskon khusus selama minggu ini atau ajakan untuk join list Anda, maka gunakanlah WPFront Notification Bar.

Plugin ini Gratis (selamanya). Memang fasilitasnya kalah canggih dengan Hello Bar, tetapi bagi sebagian besar orang, fasilitasnya sudah lebih dari cukup.


Wordfence Security

Security/Keamanan WordPress merupakan salah satu aspek penting yang harus dijaga saat ini. Banyak website wordpress yang diserang akibat pemilik website tidak tahu tentang aspek keamanan ini.

Ada banyak yang bisa dilakukan WordFence dalam menjaga keamanan website Anda, diantaranya WordFence bisa memblokir hacker/orang usil yang mencoba login ke wordpress site Anda dengan ribuan kombinasi username dan password. Begitu coba beberapa kali (Anda yang tentukan) gagal login, langsung IP yang mencoba diblokir.

Selain itu akses berulang-­ulang ke website Anda dalam waktu pendek juga akan dianggap sebagai serangan dan segera diblokir IP tersebut. Wordfence bahkan bisa mendeteksi jika ada file wordpress atau plugin yang telah dimodifikasi oleh hacker sehingga Anda dapat peringatan melalui email.

Masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh WordFence untuk menjaga keamanan dari wordpress Anda. Versi berbayarnya lebih canggih lagi, tetapi Kami pakai yang free version dan sudah banyak membantu.


Woocommerce

Jika Anda ingin membuat website WordPress untuk keperluan toko online, Kami merekomendasikan untuk menggunakan Plugin Woocommerce. Kami sudah mencobanya sendiri dan sangat cocok bagi Anda pebisnis Toko Online

Plugin Woocommerce ini adalah GRATIS, Anda bisa pelajari lebih lanjut, Kami telah memberikan Review lengkap untuk Anda.​

Email Marketing

GetResponse

Belasan tahun Kami telah menggunakan GetResponse sebagai Email Marketing di Bisnis Online Kami. Fitur yang lengkap sebagai Autoresponder dan harga yang kompetitif membuat Kami merekomendasikan kepada Anda.

Jika saat ini Anda membutuhkan Email Marketing Autoresponder yang tepat, pilihlah GetResponse

Kami merekomendasikan GetResponse untuk Email Marketing Anda. 

Payment (Pembayaran Online)

Paypal

Apabila Anda seorang pebisnis online yang serius, maka Anda wajib memiliki account Paypal ini. Paypal adalah alat pembayaran online yang digunakan untuk berbelanja dan menerima pembayaran di seluruh dunia. 

Memiliki account Paypal itu seperti memiliki rekening bank, tapi Paypal bukan sebuah bank. Jadi ada saldonya, bisa transfer uang ke account Paypal lain, juga bisa terima transfer uang dari account Paypal ian.Saat ini, orang paling banyak menggunakan Paypal untuk melakukan pembayaran secara online. Mengapa kok tidak pakai kartu kredit saja? Jawabannya adalah karena lebih aman membayar sesuatu lewat paypal.

Di saat Anda berbelanja domain, webshoting ataupun lainnya, Kami sarankan Anda menggunakan Paypal. Sebisa mungkin hindari Credit Card, karena untuk menjaga keamanan data dari Credit Card Anda.

Anda cukup menyambungkan Credit Card Anda ke Paypal sebagai sumber dana (sekali saja). Anda tidak perlu memasukkan kembali data Credit Card Anda di setiap merchant. Selain itu Paypal melindungi keamanan Anda dalam berbelanja. Apabila Anda mengalami hal "yang dirugikan" dari sisi pembeli disaat berbelanja online, maka Anda bisa melaporkan ke pihak Paypal untuk menangani hal ini.​

Anda tidak perlu membayar biaya (gratis) pembuatan account Paypal ini. Menarik bukan?


Payoneer

Payoneer adalah alat pembayaran online yang digunakan dan sangat cocok apabila Anda terjun di dalam dunia Affiilate Marketing. Fungsi utama dari Payoneer ini adalah untuk menerima komisi dari berbagai Merchant seperti Amazon, Shareasale dan lainnya.

Alasan mengapa Anda perlu membuat Account Payoneer adalah komisi yang cair akan masuk ke Payoneer Account dalam hitungan hari. Hal ini mempermudah bagi Anda yang tinggal di luar negara US yang notabene kalau pencairan komisinya melalui check, akan memakan waktu berbulan-bulan

Selain itu, Payoneer ini, GRATIS. Anda tidak dikenakan biaya di saat pembuatan account Payoneer. 

Instant Messaging (Team Messaging & Communication)

Ada begitu banyak Aplikasi instant messaging yang beredar seperti Whatsapp, BBM (Blackberry Messenger), LINE atau lainnya. Instant Messaging tersebut memiliki banyak keterbatasan. Whatsapp hanya bisa di smartphone yang ada Sim Card. BBM hanya bisa jalan di IOS dan Android. LINE terlalu banyak spam/iklan, kurang cocok untuk bisnis.

Kami membutuhkan sebuah aplikasi instant messaging yang berjalan di semua peralatan yaitu di komputer biasa, laptop, smartphone (Apple IOS dan Android), tablet dan lain-­lain. Tetapi percakapannya harus nyambung atau sinkron semua. Jadi Kami bisa saja awalnya chatting di komputer (lebih cepat ngetik di komputer dibanding di smartphone, betul tidak) tetapi pas Kami mau pergi, Kami bisa melanjutkan percakapan yang ada di smartphone Kami. History percakapan sinkron dan nyambung semua.

Ada sebuah Instant Messaging yang menurut Kami banyak orang belum mengetahui atau jarang memakai. Jadi Aplikasi instant messaging yang menurut Kami adalah YANG TERBAIK saat ini yaitu Google Hangouts


Google Hangouts

Instant messaging ini dikembangkan oleh Google (gratis seperti halnya fasilitas Google lainnya). Banyak orang tidak tahu tentang aplikasi hebat yang dimiliki Google ini. Untuk menggunakan Google Hangouts, Anda hanya memerlukan google account. Kalau sudah punya account Gmail (Kami rasa mayoritas orang punya), ya berarti Anda sudah bisa pakai itu untuk Google Hangout.

Kelebihan dari Google Hangout, Anda hanya menginformasikan alamat Gmail Anda saja kepada teman Anda, tidak perlu memberikan No HP Anda (seperti WA), di mana No HP seringkali privasi Anda. Selain itu Anda bisa membuat Group, Video call, Screen Sharing dan hebatnya semua history percakapan dapat Anda cari melalui Gmail Account Anda.

google hangouts

Task Management (Personal and Team)

Sebagai seorang pebisnis online atau pebisnis apapun, Kami yakin ada banyak task atau hal yang harus Anda kerjakan. Kalau Anda hanya perlu mengerjakan 1 hal tiap hari, Kami yakin masih sanggup lah untuk mengingatnya 🙂 tidak perlu belajar task management. Tetapi jika Anda seperti Kami yang memiliki puluhan hal yang perlu dilakukan di berbagai project dengan deadline yang berbeda­-beda, lalu juga urusan pribadi atau rumah yang perlu dilakukan seperti melakukan pembayaran tagihan, janji kepada istri atau anak, perbaikan rumah yang harus dilakukan dan lain­-lain, maka tanpa punya sebuah sistem task management atau manajemen task, sangatlah mudah Anda merasa overload dan banyak komitmen atau banyak hal jadi terbengkalai.

Dalam proses menemukan sebuah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Kami (tiap orang kebutuhannya berbeda-­beda), Kami sudah mencoba banyak sekali sistem/aplikasi Task Management, diantaranya: ­ Remember The Milk ­ Todoist ­ Toodledo ­ Nozbe ­ Trello ­ Dan masih banyak lagi. Kebanyakan aplikasi diatas ada versi gratisnya (tapi ada keterbatasan). Tetapi sekarang ini Kami akhirnya menggunakan ASANA sebagai pilihan Kami untuk Personal dan Business Task Management.


ASANA

Keunggulan dari ASANA ini adalah dapat digunakan sebagai personal dan team. Jadi kalau Anda sudah punya team dimana Anda harus saling bekerja sama dan membagi tugas dalam sebuah project, maka ASANA adalah pilihan yang Kami rekomendasikan.

ASANA dapat diakses di web (komputer dan laptop), Apple IOS, Android dan Windows Phone. Jadi bisa diakses oleh hampir semua orang. Dan kabar gembiranya adalah ASANA itu GRATIS. Edisi gratisnya sangat memadai, lebih dari cukup. Kebanyakan aplikasi/sistem lain, kalau untuk personal memang gratis, tapi kalau sudah melibatkan team management, bayarnya mahal lho, biasa dihitung per orang.​

Screen Recording

Sebagai seorang Infopreneur (bagi yang belum tahu, baca artikel “Apa itu Infopreneur”) adalah salah satu kegiatan utama Kami adalah membuat video tutorial, online course, video course dan sejenisnya. Video yang sering Kami buat adalah video dimana Kami merekam layar komputer Kami saat menjelaskan sesuatu seperti cara pakai suatu software ataupun slide powerpoint. Anda yang sudah pernah membeli online course BBI ataupun ikut workshop kami, pasti sudah sering melihat video Kami ini.

Ada beberapa software yang sudah pernah Kami coba, tetapi akhirnya cuma dua software yang kami rekomendasikan, satu di Windows, satunya lagi di Mac.


Camtasia Studio

Ini adalah software terbaik untuk kategori screen recording di Windows. Harga resminya mahal (diatas $300, ada free trial) tapi menurut Kami ini adalah investasi yang sangat pantas mengingat kecanggihan software ini dan apa yang bisa dihasilkan dari video­-video yang Anda buat.

Kami telah menggunakan software Camtasia Studio ini lebih dari 3 tahun di saat Kami menggunakan Windows.​


ScreenFlow (Mac Users)

Untuk Mac, software terbaiknya adalah Screenflow. Inilah software yang Kami gunakan saat Kami menggunakan Mac sejak tahun 2011. Kenapa bukan Camtasia Studio for Mac? Kami dulu juga heran kenapa kok orang jarang pakai Camtasia Studio for Mac, Kami lalu coba free trialnya, ternyata memang berbeda dengan versi for Windows. Banyak feature dan cara pakainya berbeda. Yang lebih parah adalah file hasil rekaman tidak bisa cross OS, jadi rekam pakai versi Mac, gak bisa dibaca di versi Windows dan kebalikannya juga begitu. Aneh 🙁

Setelah pakai Screenflow, memang perlu pembiasaan sebentar tapi setelah biasa juga bagus dan sekarang jadi software yang selalu Kami gunakan untuk screen recording dan editing ringan.

Screen Capture

Snagit

SNAGIT Ini adalah software yang sangat sering Kami gunakan untuk melakukan Screen Capture atau mengambil screenshot di layar komputer. Kadang untuk menjelaskan sesuatu, Kami take screenshot di layar untuk kemudian Kami beri panah, beri teks dan penjelasan lainnya.

Nah software yang sudah beberapa tahun terakhir Kami gunakan adalah SnagIt dari TechSmith yang juga merupakan pembuat dari software terkenal Camtasia Studio.

SnagIt adalah software berbayar (tapi ada free trial) dan tersedia di Windows dan Mac. Anda beli 1 lisensi, bisa pakai lisensi itu untuk install di Windows dan Mac secara bersamaan. Highly Recomended jika Anda sering dan ingin melakukan screen dan video capture dengan cepat.​

Cloud Storage

Untuk menyimpan file­-file yang Anda miliki (dokumen, image, audio, video dll) biasanya orang menyimpannya ke hard disk atau flash disk. Nah jaman sudah berubah, akses internet semakin mudah dan cepat, sekarang Kami banyak menyimpan file-­file yang Kami akses di Cloud Storage atau media penyimpan di cloud (di sebuah media penyimpanan di internet).

Ada dua services yang Kami rekomendasikan yaitu Dropbox dan Google Drive.


Dropbox

Salah satu software yang selalu Kami install di setiap komputer, laptop, smartphone, tablet adalah Dropbox. Ya ini merupakan software vital yang Kami gunakan secara konstan. Dropbox gampangnya adalah “Flash Disk Anda di Internet”.

Jadi Anda buka account di Dropbox, Anda akan mendapatkan ‘Flash Disk di Internet’ sebesar 2 GB secara GRATIS yang bisa Anda isi dengan file­file Anda.


Google Drive

Fungsi dari Google Drive mirip sekali dengan Dropbox. Memang Google menciptakannya untuk menyaingi Dropbox 🙂 Jadi juga free dan bawaannya Anda diberi langsung 15 GB (tapi kapasitas ini dipakai bareng dengan gmail Anda).

Google Drive juga menyediakan software yang bisa di install di komputer Anda (Windows / Mac), iPad/iPhone, Android dan lain­lain.

google drive

Note Taking & Archiving

Evernote

Evernote dibuat untuk menjadi ‘Digital Brain’ atau Otak Digital yang berusaha membantu kita untuk mengingat, menyimpan dan mengarsip hal­-hal yang kita ingin akses lagi suatu saat.

Kehebatan Evernote adalah selain bisa sinkron ke semua device, sangatlah mudah untuk mengkategorikan (menggunakan folder dan tag) dan mencari suatu informasi yang pernah disimpan. Evernote bisa mencari sesuatu yang kita cari sampai ke dalam­dalam file Doc, PDF bahkan file image!

Evernote merupakan FREEMIUM artinya menyediakan versi Free dan versi Premium. Untuk awal, saya rasa Anda cukup menggunakan versi Free. Tetapi kalau sudah menggunakan Evernote secara intensif, menurut saya lebih baik ambil yang Premium yang relatif murah (US$ 45 per tahun).

Di versi Premium, Anda bisa mengakses semua data Evernote secara offline (tidak terkoneksi internet). Versi Free membutuhkan koneksi internet / online. Selain itu kelebihannya juga batasan bandwidth untuk upload files data data juga jauh lebih besar di versi Premium.

Personal Data Manager

Dimanakah Anda menyimpan data­-data sensitif yang harus Anda jaga dengan baik, tidak boleh diketahui oleh orang lain? Data­data seperti password email, pin ATM, no kartu kredit, login internet banking, login website dan data­data sensitif lainnya. Semakin kita menggunakan teknologi, data­- data penting seperti itu akan terus bertambah

Nah mengingat semua informasi penting tersebut di kepala tidak mungkin (kecuali Anda punya otak seperti Einstein kali ya he..he..), menyimpannya menjadi sebuah masalah. Banyak di antara Anda, menyimpannya biasanya di file Excel atau Word, di Notes yang ada di smartphone atau bahkan catat di kertas dan disimpan di dompet he..he.. jadul banget nih ceritanya.

Keepass

K​eePass merupakan sebuah aplikasi open source, makanya gratis kecuali yang dikembangkan oleh pihak ketiga.Sistem keamanan filenya sudah canggih, jadi sudah hampir mustahil dijebol karena menggunakan tingkat enkripsi tinggi.

Anda bisa mendapatkan informasi dan link website ke semua platform yang ada (Windows, Mac, Linux, Android, Blackberry, Apple IOS, Mac dan lain­lain). Jadi prinsipnya KeePass ini membuat sebuah file (extension KDB) yang bisa Anda isikan semua data­data sensitif yang Anda miliki. Saat membuat file KDB ini pertama kali, Anda perlu menentukan master password (buatlah yang aman, kombinasi huruf besar dan kecil, angka atau bahkan simbol).

Media Player

VLC Player

VLC Media Player (tersedia di Windows dan Mac), Anda sudah tidak perlu download codec apapun, Anda cukup download dan install maka hampir semua format file video dan audio yang umum langsung bisa dikenali dan berjalan.

Fasilitas menarik dari VLC Player yang sering juga Kami gunakan adalah T​ake Snapshot atau menyimpan screenshot video yang sedang berjalan menjadi sebuah file image (PNG/JPG). Software VLC Player yang bagus ini adalah GRATIS dan tersedia dalam versi Windows dan Mac