Tutorial WordPress Social Media Plugin: WP Socializer

By Hans Richardo

wordpress-social-media-plugin-wp-socializer

Saat ini kehidupan kita hampir tidak bisa lepas dari teknologi yang bernama sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Google+, dan lain sebagainya. Sebagai seoarang pemilik maupun pengelola website, Anda bisa memanfaatkan sosial media ini sebagai salah satu sumber traffic, atau mendatangkan pengunjung ke website Anda.

Bahkan berdasarkan hasil riset beberapa orang di bidang SEO mengatakan bahwa saat ini Google mempertimbangkan Social Signal sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan ranking dari sebuah halaman website. Social Signal adalah jumlah orang yang menyukai (mendukung atau vote) sebuah halaman website, di mana hal ini bisa dihitung dari berapa banyak orang yang Like, Tweet, atau +1 sebuah halaman website.

Jadi semakin banyak jumlah Social Signal yang dikumpulkan dari sebuah halaman website maka biasanya ranking Google dari halaman tersebut akan ikut terdongkrak naik. Nah, oleh karena itu Anda perlu menyediakan tombol Social Signal pada website Anda sehingga orang-orang yang menyukai website Anda bisa meng-klik tombol Like, Tweet, atau +1. Untuk itu Anda perlu bantuan sebuah social media plugin yang bernama WP Socializer.

WP Socializer adalah sebuah plugin canggih untuk memasukkan semua jenis tombol Social Signal dan Bookmarking, dengan bantuan plugin ini Anda bisa memasukkan tombol Social Signal pada halaman website Anda.

Cara Install WP Socializer

Langkah-langkah untuk melakukan instalasi plugin WP Socializer cukup mudah, yaitu:

  1. Pilih menu Plugins – Add New pada halaman Dashboard WordPress Anda
  2. Ketik wp socializer pada kolom pencarian plugin yang ada di pojok kanan atas
  3. Kemudian setelah muncul hasil pencarian, klik tombol Install Now pada plugin WP Socializer By Aakash Chakravarthy
  4. Setelah proses instalasi selesai, jangan lupa untuk tekan link Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin WP Socializer

01-install-wp-socializer

02-activate-wp-socializer

Terdapat 2 buah tipe tombol yang disediakan oleh WP Socializer, yaitu:

  1. Tombol yang terletak di bagian atas dan/atau bawah dari sebuah Page atau Post, untuk lebih memudahkan dalam pembahasan ini kita sebut tombol ini sebagai Template Button
  2. Tombol yang terletak di samping dan bersifat floating di mana posisinya bisa naik turun mengikuti gerak scroll, untuk lebih mudah kita sebut tombol ini sebagai Floating Bar

Mari kita bahas satu per satu cara konfigurasinya.

1. Konfigurasi WP Socializer – Template Button

Setelah berhasil melakukan instalasi plugin WP Socializer maka pada halaman Dahsboard Anda akan muncul menu baru yang berjudul WP Socializer. Silahkan pilih menu WP Socializer, kemudian klik tombol Start using WP Socializer.

03-config-wp-socializer

Kemudian Anda akan di bawah masuk ke sebuah halaman di mana terdapat dua buah tombol yaitu Select an Inbuilt template dan Manual customization, silahkan Anda klik tombol yang kedua yaitu Manual cutomization.

04-manual-wp-socializer

Setelah itu Anda akan masuk ke bagian Edit templates seperti gambar berikut.

05-template-wp-socializer

Berikut adalah penjelasan fungsi dari bagian-bagian sesuai nomor pada gambar di atas:

  1. Tab Edit templates, untuk mengatur tombol-tombol yang ingin ditampilkan pada bagian atas dan/atau bawah dari sebuah Page dan Post.
  2. Tab Template 1 dan Template 2, untuk mengatur tampilan tombol pada Template 1 dan Template 2, kedua tab ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, hanya saja biasanya digunakan untuk membedakan antara pengaturan tombol di bagian atas dan bawah, jadi Template 1 untuk bagian atas dan Template 2 untuk bagian bawah .
  3. Daftar Tombol Social Media, untuk menambahkan tombol Social Media yang ingin Anda tampilkan, klik salah satu tombol maka akan otomatis menambahkan sebuah kode pada bagian nomor (5).
  4. Link Predefined templates, untuk mengatur bentuk tombol yang digunakan, silahkan pilih salah satu bentuk sesuai yang Anda inginkan maka kemudian akan otomatis muncul kode pada bagian nomor (5) sesuai dengan template yang Anda pilih.
  5. Tempat untuk menuliskan kode-kode HTML/CSS untuk mengatur tampilan tombol Anda. Saya biasanya menggunakan kode yang sudah tersedia, hanya saja saya menghapus 2 baris kode yaitu linkedin dan stumbleupon karena saya hanya ingin menggunakan Like Facebook, Tweet, dan +1 Google.
  6. Silahkan Anda centang di bagian-bagian mana saja Anda ingin menampilkan tombol Social Signal. Saya rekomendasikan untuk centang pada dua bagian yaitu Show in individual posts dan Show in pages.
  7. Silahkan Anda centang apakah ingin ditampilkan di bagian atas atau bagian bawah dari sebuah Page/Post, bisa juga di tampilkan di kedua bagian (atas dan bawah). Biasanya saya akan centang keduanya yaitu Above content dan Below content.

Berikut adalah tampilan tombol Social Signal pada bagian atas dari sebuah Post.

08-header-wp-socializer

Berikut adalah tampilan tombol Social Signal pada bagian bawah dari sebuah Post.09-footer-wp-socializer

2. Konfigurasi WP Socializer – Floating Bar

Apabila Anda ingin membuat tombol Social Signal yang mengalir (floating) mengikuti scroll naik turun, maka Anda bisa gunakan fitur Floating yang disediakan oleh WP Socializer. Terus terang saya sendiri lebih menyukai dan menyarankan Anda untuk menggunakan Floating Button. Silahkan pilih menu Floating share bar pada halaman Dashboard Anda.

07-floating-wp-socializer

Setelah itu Anda akan masuk ke bagian untuk mengatur Floating Share Bar seperti gambar berikut.

06-floating-wp-socializer

Berikut adalah penjelasan fungsi dari bagian-bagian sesuai nomor pada gambar di atas:

  1. Untuk mengatur posisi Floating Bar apakah di samping kiri (sidebar) atau di bawah. Saya biasanya pilih Left Float.
  2. Untuk mengatur tema warna tombol, apakah putih atau gelap.
  3. Di mana Anda ingin menampilkan Floating Bar apakah di Post, Pages, atau keduanya.
  4. Centang apabila Anda ingin menonatkfikan Floating Bar apabila pengunjung mengakses website melalui perangkat Mobile (smartphone, tablet, ipad, dll).
  5. Centang apabila Anda ingin menonaktifkan atau tidak menampilkan Floating Bar.
  6. Daftar tombol Social Signal, silahkan klik untuk memasang tombol pada Floating Bar.
  7. Daftar tombol yang terpasang di Floating Bar, apabila ingin membuang tombol yang terpasang caranya cukup klik 2x (double klik) pada tombol terkait. Saya biasanya hanya memasang tombol Facebook, Retweet, dan Google+
  8. Centang apabila Anda ingin floating bar mengikti scroll naik turun.
  9. Untuk mengatur posisi Floating Bar, apabila terisi 25 px artinya Floating Bar terletak 25 px dari sisi kiri website. Apabila Anda ingin Floating Bar berada di sisi kanan maka Anda bisa tambahkan kode “-” minus, misalnya -25 px.
  10. Lebar dari Floating Bar, hanya berlaku apabila Anda menggunakan tipe Floating Bar di bawah (bottom) seperti yang bisa diatur pada poin (1).

Berikut adalah tampilan tombol Floating Bar.

10-floating-wp-socializer

Anda juga bisa mempelajari lebih lengkap tentang plugin ini di halaman dokumentasi WP Socializer. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua,

Hans Richardo

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan.

Tak lupa, Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan Anda tentang isi artikel  di bagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.

Kedua hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi Anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih 🙂

  • Mukti Ali

    Di Wp Sosializer pada Web. Saya,sudah setingannya Floating saya pilih Left tapi pada halaman utamanya tdak muncul di kiri tetapi muncul di tengah yg menurut saya ini sangat mengganggu,sdangkan di halaman lain muncunya Normal di sebelah kiri,aya sudah beberapa kali mencoba memperbaiki namun hasilnya tetap sama, mohon pencerahan
    Terimkasih

    • Bisa diiinfokan ke kami, Anda menggunakan Theme apa ya?

      terima kasih

  • mahrus

    sangat sangat informatif sekali…bermanfaat buat saya gan terima kasih