Cara Pembayaran Google Adwords: Kartu Kredit dan Transfer Bank

By Sukarto Sudjono

Cara Pembayaran Google AdwordsSaat Anda memutuskan untuk beriklan di Google yaitu lewat Google Adwords, hal penting yang perlu Anda ketahui dan pelajari adalah seluk beluk cara pembayaran Google Adwords di Indonesia.

Saya menjelaskan hal ini karena kondisi di Indonesia berbeda dengan di luar negeri dimana hampir semua orang memiliki kartu kredit, sedangkan disini sangat minim yang punya kartu kredit sehingga salah satu keluhan yang sering disampaikan peserta training kami adalah “tidak punya kartu kredit“.

Di artikel ini saya akan menjelaskan seluk beluk tentang sistem pembayaran Google Adwords dimana ada dua mekanisme pembayaran yaitu Automatic Payment atau Manual Payment. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kapan memilih metode pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit atau transfer bank.

Jika Anda belum memiliki akun Google Adwords, silakan pelajari dulu Panduan Cara Membuat Akun Google Adwords.

cara-pembayaran-google-adwords-1Panduan Cara Pembayaran Google Adwords

Untuk mengubah sistem cara pembayaran Google Adwords, Anda terlebih dahulu login ke akun Google Adwords  melalui http://Adwords.Google.com.

Setelah berhasil login, lihat di pojok kanan atas dan klik icon seperti gerigi, lalu klik menu Billing seperti yang terlihat di gambar di samping kanan ini.

Dan jika ini adalah pertama kali Anda mengatur sistem pembayaran di Google Adwords maka Anda akan menjalani proses pengisian beberapa data seperti penjelasan berikut ini.

Tahap 1: Tentukan negara dari alamat tagihan (Billing Address) Anda.

cara-pembayaran-google-adwords-2

Tahap 2: Isikan Tax Information dan Nama serta Alamat Bisnis/Rumah seperti yang tampak di bawah ini. Anda bisa pilih Business dan kosongkan NPWP. Lalu isikan data-data sesuai form.

cara-pembayaran-google-adwords-3

Tahap 3: Menentukan Sistem Pembayaran (Automatic Payment atau Manual Payment)

Setelah mengisi data-data identitas dan alamat diatas, tahap berikutnya adalah Anda diminta untuk menentukan sistem pembayaran, mau menggunakan Automatic atau Manual.

Nah saya perlu jelaskan dulu apa perbedaannya:

  • Automatic Payment artinya iklan Anda akan langsung berjalan dan Anda akan membayar setelah tagihan Anda mencapai sebuah limit tertentu yang diberikan oleh Google (misal Rp 300.000) atau setelah 30 hari dari pembayaran terakhir. Intinya ini seperti langganan handphone Pasca Bayar, dimana pakai dulu baru bayar. Anda perlu punya kartu kredit untuk bisa memilih pilihan ini.
  • Manual Payment artinya Anda perlu deposit atau top-up uang dulu, baru iklan Anda bisa berjalan. Jadi intinya ini seperti langganan handphone Pra Bayar, dimana bayar dulu baru bisa pakai. Untuk top up saldo, Anda bisa pakai kartu kredit atau transfer bank. Begitu saldo/deposit biaya iklan Anda habis, Google akan otomatis menghentikan iklan Anda.

Nah pertanyaannya, Anda mau pilih yang mana? 🙂

Menurut saya, kalau beriklan bisa ngutang, ngapain bayar di depan he..he..

Iklan bisa jalan dulu, penjualan terjadi, sudah dapat uang, nah uangnya bisa digunakan untuk bayar biaya iklan. Betul tidak? 🙂

Kekurangannya cuma kalau Anda tidak ngerti cara beriklan yang benar di Google Adwords, ya tagihan iklan Anda bisa membengkak, ya akibatnya tagihan kartu kredit bisa bikin Anda pusing. Makanya harus belajar di BelajarBisnisInternet.com he..he.. 🙂

Jadi kalau Anda punya kartu kredit, pilihlah Automatic Payment dimana Anda tinggal mengisikan data kartu kredit Anda dan alamat tagihan (jika beda dengan alamat yang diisi sebelumnya di tahap 2).

cara pembayaran google adwords

Tapi kalau tidak punya kartu kredit, berarti mau gak mau, Anda harus pilih yang Manual Payment dimana Anda harus top-up saldo dulu, baru iklan bisa jalan.

cara-pembayaran-google-adwords-manual-2Ada dua pilihan untuk melakukan pembayaran yaitu dengan Kartu Kredit atau Transfer Bank seperti yang tampak di samping kanan ini.

Lho kok ada pilihan kartu kredit?

Bukannya kalau ada kartu kredit lebih baik ngutang dulu (Automatic Payment) ?

Ya sama dengan tagihan handphone, ada orang yang tetap suka Pra Bayar, walaupun dia punya banyak uang. Mereka bilang supaya lebih aman dan terkendali 🙂

Ya itulah kelebihan dari Manual Payment, Anda bisa mengatur budget sehingga jika habis budgetnya, iklan langsung berhenti.

Kekurangannya manual payment adalah bikin repot. Jadi misal Anda top-up saldo Rp 300.000,- lalu jika saldo itu habis, otomatis iklan Anda akan dihentikan. Anda lalu harus top-up lagi, tunggu beberapa waktu lagi, iklan baru jalan lagi.

Lebih repot kan? Ya begitulah tapi memang ada orang yang suka repot 🙂

Selain bisa top up dengan kartu kredit, Google Adwords baru-baru ini menyediakan fasilitas transfer bank untuk top-up saldo. Hal ini merupakan berita gembira bagi peserta training kami yang selama ini terkendala untuk memasang iklan di Google karena tidak punya kartu kredit.

Jadi kalau Anda milih Funds Transfer  atau Transfer Bank maka setelah klik tombol Make a Payment maka akan diberikan nama bank dan no rekening tujuan (16 digit) milik Google seperti yang tampak berikut ini.

cara-pembayaran-google-adwords-manual-3

No rekening yang diberikan (16 digit) adalah unik untuk Anda (virtual account number) sehingga Anda bisa transfer ke rekening tersebut, maka setelah diterima oleh Google (5-10 hari) akan otomatis muncul sebagai saldo di Google Adwords Anda yang bisa digunakan untuk beriklan.

TIPS PENTING: Untuk mempercepat proses top-up saldo, Anda bisa gunakan BNI Debit Online yang saya jelaskan di artikel ini.

 

Jadi kalau Anda punya dan menggunakan BNI Debit Online, Anda bayarnya pilih Manual Payment terus pilih opsi Credit/Debit Card, lalu isikan 16 digit VCN yang diberikan. Proses pengisian saldo dengan cara ini bisa instan masuk ke akun Google Adwords Anda, tidak perlu menunggu 5-10 hari seperti dengan Transfer Bank.

Jadi itulah cara pembayaran Google Adwords di Indonesia yang perlu Anda ketahui dan silakan Anda putuskan sendiri, mana yang cocok buat Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda!

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • mrs. bernice louis

    Apakah Anda ingin memulai atau tumbuh bisnis yang ada? Ibu Bernice Louis Pinjaman Perusahaan (BLC) telah datang untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Kami memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% pada setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Mrs. Bernice Louis untuk Anda PINJAMAN hari ini melalui email: bernicelouisloancompany@gmail.com

  • sariyanto

    Halo Pak sukarto,
    Artikel Anda sangat membantu pengetahuan saya,

    Saya ingin bertanya,
    untuk saat ini apakah masih bisa Bayar Iklan di Google (top up) menggunakan VCN BNI ?

    terimakasih sebelum nya 🙂

    • Pak Sariyanto.
      Untuk pembayaran Google, sekarang jauh lebih mudah, pakai transfer Bank sekarnag sudah bisa

  • Serius nih ya bisa VCN BNI? hehe dulu gak iso..

    • Iya pak Deny. Bisaa.
      Apalagi sekarang sudah bisa transfer 🙂