5 Tantangan Terbesar Mulai Jualan Di Marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak)

By Ronny Setiawan

5-tantangan-marketplace

Untuk jualan di marketplace saat ini, tidaklah sesederhana 3-4 tahun lalu. Ada banyak  perubahan yang terjadi, penambahan fitur terjadi setiap saat, ada platform beriklan, acara marketing seperti live sale, flash sale dll di marketplace.

Hal ini membuat tidak saja bagi orang awam menjadi semakin kompleks, bahkan bagi mereka yang sudah jualan di marketplace, kadang semua hal ini tidak bisa diikuti dengan baik.

Jika Anda belum membaca Artikel sebelumnya tentang Alasan Mengapa Anda Perlu Jualan Barang di Shopee Tokopedia Lazada Bukalapak Marketplace Silakan KLIK DI SINI untuk mengetahui Peluang Besar berjualan di Marketplace saat ini

Nah pertanyaannya adalah jika jualan di marketplace itu memiliki peluang dan potensi besar, mengapa masih banyak orang BELUM MULAI?

5 Tantangan Kendala Saat Memulai Berjualan di Marketplace?

Dari riset dan survei yang dilakukan ke banyak orang, ternyata ada 5 Tantangan atau Kendala Terbesar untuk Memulai Start Jualan di Marketplace.

1) BINGUNG dan Tidak Tahu harus MULAI DARI MANA

Banyak orang bingung apakah harus cari produknya dulu? Atau buka akun penjual dulu? Lebih baik di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau lainnya? Marketplace mana yang lebih tepat untuk produk yang mau dijual. Karena bingung, akhirnya gak mulai-mulai 🙂

2) Tidak Tahu CARA BUKA TOKO atau UPLOAD BANYAK PRODUK

Banyak orang merasa dirinya Gaptek atau gak terlalu paham dengan teknologi. Hal ini menyebabkan mereka agak takut dan khawatir untuk mulai jualan di marketplace.

Apa saja  yang harus dipersiapkan? Gimana caranya upload produk? Apa saja yang harus diisikan? Saya ada ratusan produk di toko saya, apakah saya harus input satu per satu?

3) BINGUNG BUAT GAMBAR Produk yang MENARIK dan BANYAK DI-KLIK

Banyak orang paham bahwa mereka harus membuat gambar yang menarik baru bisa menarik pembeli. Tetapi bagaimana cara membuat gambar produk yang menarik dan banyak di-klik calon pembeli? Musti pake komputer atau bisa dengan handphone saja?

4) BINGUNG Cara Menangani Order yang Masuk dan Mengirimkannya

Banyak orang yang awam, masih bingung bagaimana cara menangani order yang masuk dan cara pengirimannya. Banyak kekhawatiran seperti:

  • Apa yang harus dilakukan saat ada orang yang order?
  • Apakah sebagai penjual harus kirim dan bayar ongkos kirim dulu atau bagaimana?
  • Apa label yang harus ditempelkan di paket?
  • Dan lain-lain.

5) TIDAK PAHAM dengan FITUR Marketplace dan Cara PROMOSI di Marketplace

Marketplace sudah jauh berkembang dibanding beberapa tahun yang lalu. Semakin hari semakin berkembang fitur-fitur yang disediakan. Sehingga memang ada banyak fitur yang tidak dipahami dengan baik bagi penjual.

Apalagi sekarang sudah ada disediakan Tool Beriklan di Marketplace. Bagaimana cara pakainya, efektif yang mana, promo mana yang harus diikuti dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dipelajari.

Apakah juga memiliki tantangan atau kebingungan yang sama?

Semua kekhawatiran dan kebingungan diatas akhirnya memang menyebabkan orang jadi tidak mulai-mulai.

Untuk pelajari dan ngulik-ngulik sendiri sambil trial & error, sudah SANGAT SULIT dilakukan buat orang yang sudah punya bisnis, pekerjaan ataupun kesibukan seharian. Waktu sudah HABIS!

Jadi apa SOLUSI-nya?

Solusi agar Anda SEGERA MULAI Jualan di Marketplace dan DAPAT ORDER

1) Pelajari dan pahami PENGETAHUAN DASAR yang diperlukan, tidak perlu pahami segalanya diawal.

Tetapi penting belajarnya dari SUMBER yang KREDIBEL yang menjelaskan dengan TERSTRUKTUR dan LANGKAH DEMI LANGKAH.

Seringkali jika Anda belajar dari sumber yang tidak jelas atau belajar dari materi yang tidak terstruktur, bukan tambah jelas malah semakin membingungkan 🙂

Materi yang Anda pelajari juga penting membimbing Anda untuk Action secara STEP by STEP. Tidak loncat sana sini.

2) Lakukan PROGRES KECIL Setiap Hari.

Anda tidak harus belajar semuanya sampai paham 100% baru bertindak. Tapi yang efektif adalah melakukan progress kecil setiap hari. 

Misal hari ini Anda belajar dan alokasikan waktu untuk Buka Toko di marketplace. Besok baru Upload Produk. Lusa baru mengatur tampilan toko agar profesional. Dan seterusnya.

Setiap progres yang Anda buat setiap hari, akan menjadi momentum agar Anda bisa menyelesaikan segala sesuatu dengan Lebih Mudah, Lebih Semangat dan Gak Bikin Stress.

banner-artikel-TMS

sex movies
white amateur gets railed. porn videos sexy men lucky for him he met the bukkake folks and got what he.
xnxx hindi

Top