Apa Itu Payoneer? Mengapa Setiap Affiliate Marketer Perlu Memilikinya?

By Admin

Apabila Anda sedang mencari informasi tentang seputar Payoneer, di sini saya akan menjelaskan apa itu Payoneer, mengapa setiap affiliate marketer perlu memilikinya yaitu agar bisa terima komisi affiliate jauh lebih cepat. Saya juga akan jelaskan apa manfaat atau fitur apa saja yang didapatkan setelah membuat account di Payoneer dan hal lainnya seputar Payoneer.

Mengapa Saya Menggunakan Payoneer?

Semuanya¬†berawal dari pengalaman saya sendiri saat terjun di Affiliate Marketing seperti Amazon. Sekitar tahun 2011, saya menerima komisi Affiliate pertama saya dari Amazon berupa sebuah Check sebesar US$ 271.73, lumayan lah untuk komisi affiliate pertama ūüôā

check amazon

Saya lalu mencari tahu bagaimana cara mencairkan check tersebut ke bank lokal di Indonesia. Saya pun riset bank mana yang paling murah untuk biaya pencairan Check Amazon tersebut.

Saya menemukan bahwa saat itu menggunakan Bank Negara Indonesia (BNI) yang paling murah biaya pencairannya. Waktu yang dibutuhkan untuk cair masuk ke rekening BNI saya pun relatif lama kurang lebih 1 bulan.

Lumayan lama ya… Apalagi saya dengar kadang bisa sampai 1,5 bulan baru cair ceknya. Dari situlah timbul pertanyaan, Amazon.com ¬†selain menggunakan metode pembayaran Check, apakah ada metode lain? Saya membutuhkan pembayaran komisi Affiliate yang lebih cepat!

Saya lalu mendapatkan jawaban dari Bpk Sukarto yaitu ada alternatif lain untuk pembayaran komisi Affiliate ini (yang selama ini beliau gunakan) yaitu dengan menggunakan Direct Deposit atau istilah lainnya adalah transfer antar bank (Kliring / LLG) di Indonesia.

Tetapi bank yang digunakan tidak bisa¬†menggunakan Bank lokal seperti Bank BCA, Mandiri dsb, melainkan harus Bank di US. Aduh ūüôĀ

Untuk membuat rekening Bank US pun tidaklah mudah, banyak dari Bank US yang mengharuskan para pembuka rekening memiliki kartu identitas US (tinggal di US / warga negara US) atau hadir di bank saat membuka account. Karena saya adalah warga negara Indonesia dan tidak ada rencana ke US ya pastilah ditolak.

Tapi lalu saya menemukan EverBank.com, Bank di US yang konon katanya mengizinkan warga selain US dapat mendaftar dan membuka rekening di bank tersebut. Sebelum saya mengirimkan dokumen, saya perlu menghubungi pihak Everbank untuk memastikan apakah ada peluang untuk saya.

ever bank

Setelah saya menghubungi pihak Everbank, maka saya pun mendapatkan jawaban seperti ini:

This type of application is reviewed on a case-by-case basis.  As a non-U.S. citizen there is a chance that your application may not be approved. However, there are occasional exceptions that may be made, such as non-U.S. citizens who are paid in U.S. dollars.

If you would like to apply for an account, please visit www.everbank.com and click on Open an Account along the top of the page. You can also download and print the paper application, available online at Find an Application or Form found under the Customer Center tab. Just click on the plus sign next to Open an Account. You may also submit the attached personal banking application as another option.
Be sure to include with your application an IRS Form W-8 BEN, a color copy of your valid passport, proof of residence and a bank reference letter mailed directly from your bank to EverBank. Please also state the reason you are opening an account in U.S. dollars.

Saya pun senang, berarti masih ada peluang, siapa tahu saya diterima. Saya pun mengumpulkan data data yang diperlukan. Biayanya pun tidak sedikit, karena saya harus mengirimkan dokumen ke US melalui Ekspedisi. Salah satu dokumen yang perlu saya kirimkan adalah copy dari Passport. Demi memiliki Bank US, saya rela mengumpulkan semua data yang dibutuhkan.

Beberapa minggu berlalu, saya mendapatkan info ternyata pengajuan saya ditolak… ūüôĀ

Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tanggal 12 Maret 2013, saya menemukan informasi lain dengan menggunakan Payoneer. Ketika saya memiliki account Payoneer, saya memiliki fasilitas Bank US yang dapat menerima pembayaran komisi dari berbagai Merchant Affiliate, salah satunya adalah Amazon. Wow!!

payoneer website

3 Alasan Mengapa Perlu Punya Account Payoneer?

  1. Payoneer dapat menerima pembayaran komisi dari berbagai Merchant Affiliate. Inilah alasan utamanya mengapa saya merekomendasikan Anda memiliki Payoneer.
  2. Registrasi GRATIS dan Mudah. Alasan lainnya adalah biaya pendaftarannya itu GRATIS. Bahkan apabila Anda tidak memiliki passport, cukup dengan National ID / KTP saja, Anda dapat diterima oleh Payoneer.
  3. Biaya Tahunannya / Annual Fee relatif rendah. Seperti halnya jika Anda memiliki rekening Bank BCA, Mandiri ataupun lainnya, setiap bulan ada biaya admin bukan? Payoneer pun menetapkan biaya admin, hanya saja bukan bulanan, tetapi tahunan.

Untuk biaya admin tahunan, Anda tidak perlu kuatir, apabila Anda belum mendapatkan pembayaran komisi dari Merchant Affiliate, Anda tidak akan terkena biaya admin tahunan (jadi kalau kosong, belum di charge biaya admin tahunan) sampai saat Anda menerima pembayaran komisi dari Merchant Affiliate, baru mulai kena.

Dan kabar gembiranya adalah pembuatan account Payoneer itu Gratis. ūüôā¬†Jadi¬†Anda bisa ¬†mendaftar Payoneer sekarang sehingga saat butuh, sudah siap digunakan.

Siapa itu Payoneer? Apa Manfaat dan Fasilitas yang diberikan?

Payoneer adalah perusahaan yang berpusat di New York (US) ini berdiri sejak tahun 2005 dan telah terdaftar dalam Member Service Provider (MSP) dari MasterCard worldwide. Jadi Payoneer ini merupakan perusahaan resmi, terpercaya yang menawarkan sistem pembayaran online yang memudahkan Anda untuk bertransaksi secara International.

payoneer account

Jadi kalau Anda punya akun Payoneer, Anda seperti punya rekening bank tetapi yang bisa digunakan untuk transaksi internasional. Baik untuk terima pembayaran ataupun untuk transfer pembayaran ke rekening lain di luar negeri.

Memang ada juga Paypal yang biasa sering digunakan untuk transaksi online atau secara internasional. Tetapi tidak semua Affiliate Merchant membayar komisi ke affiliate via Paypal, termasuk seperti Amazon dan banyak merchant lainnya.

Jadi Apabila Anda sudah memiliki paypal, apakah perlu membuat payoneer juga? Ya tergantung ūüôā

Pembuatan account itu kembali lagi tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan fitur yang dimiliki oleh payoneer, berarti Anda perlu membuat account payoneer itu. Ada beberapa manfaat atau fitur Payoneer yang dimiliki oleh Paypal, tetapi ada fitur yang dimiliki oleh Payoneer tetapi tidak dimiliki oleh Paypal.

Manfaat dan Kelebihan dari Payoneer

Di bawah ini adalah beberapa manfaat & kelebihan dari Payoneer:

  • Pendaftaran account Payoneer sangat mudah dan Gratis
  • Account Payoneer dapat dimiliki oleh Anda, sekalipun Anda adalah warga negara Indonesia
  • Payoneer dapat transfer balance (uang saldo di account tersebut) antar sesama account Payoneer.
  • Memiliki kartu Prepaid MasterCard (Kartu Debit), yang dapat digunakan¬† untuk belanja di semua merchant ataupun tarik tunai di mesin ATM yang berlogo MasterCard di seluruh dunia
  • Payoneer ini memiliki fasilitas untuk menerima pembayaran komisi (US Payment Service) dari Affiliate Marketing seperti Amazon dan merchant lainnya. Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh Paypal!
  • Kabar gembira baru baru ini, saya mendapatkan info terbaru dari Payoneer pada tanggal 14 Januari 2015 ini, telah didukung dengan tarik tunai (withdrawal) ke Bank Lokal di Indonesia. Saya pun telah mencobanya untuk menarik dana ke Bank BCA saya dan berhasil ūüôā

Nah setelah Anda tahu apa itu Payoneer, apa kelebihan dan manfaatnya, tentu Anda ingin tahu bagaimana cara membuatnya kan? Nah Anda bisa membacanya di artikel sambungan Langkah demi Langkah Cara Membuat Account Payoneer (Gratis). Sampai jumpa disana!

Success is Yours!
Ronny Setiawan ūüėÄ

Sukses selalu untuk Anda,

ronny setiawan

 

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan.
Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan Anda tentang isi artikel  di bagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.
Kedua hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi Anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih ūüôā