Apa itu Affiliate Marketing?

By Sukarto Sudjono

Apa Itu Affiliate Marketing

Salah satu model bisnis yang populer di dunia internet marketing atau bisnis di internet adalah affiliate marketing.

Seseorang yang baru belajar internet marketing, seringkali belajar tentang affiliate marketing karena prosesnya lebih mudah dibanding membuat dan menjual produknya sendiri. Anda bisa membaca artikel 17 Kelebihan Affiliate Marketing jika ingin tahu apa kelebihan dari affiliate marketing.

Ok kembali ke topik : Apa itu affiliate marketing ?

Affiliate marketing itu sebenarnya model bisnis yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang sekarang tampak canggih, padahal dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah ada yaitu bisnis makelar atau perantara 🙂

Bedanya cuma affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online sehingga bisa saja disebut makelar online he..he.. Jangan tersingung ya disebut makelar, saya juga affiliate marketer, jadi juga seorang makelar, sama 🙂

Contoh Kasus Makelar Offline

Contoh makelar offline atau makelar di dunia nyata yang gampang diceritakan adalah di bisnis jasa pernikahan. Semisal salon A adalah penyedia baju pengantin dan make up bagi calon pengantin. Si Wati cocok dengan disain baju pengantin salon A dan memutuskan untuk mengambil paket yang disediakan salon A yaitu baju pengantin dan make-up / rias pengantin.

Jika pemilik salon A adalah orang yang pintar jualan (kebanyakan orang salon memang pintar jualan), dia akan menawarkan ke si Wati untuk mengambil sekalian dekorasi panggung pengantin dengan harga yang menurut pemilik salon A adalah murah dan bagus. Tentu saja pesannya harus lewat pemilik salon A agar bisa lebih murah. Ingat kata kuncinya ‘lewat‘.

Si Wati setuju untuk memesan dekorasi panggung pengantin lewat pemilik salon A. Belum selesai sampai disini, si pemilik salon A menanyakan kembali ke si Wati, apakah sudah memesan mobil pengantin. Tentu saja biasanya belum, kan masih 3 bulan lagi nikahnya. Jadilah si Wati selain membeli baju pengantin dan paket rias di salon A, juga memesan mobil pengantin dan dekorasi panggung lewat si pemilik salon A.

Si pemilik salon A jelas akan menerima komisi dari pemilik jasa dekorasi panggung dan pemilik jasa sewa mobil pengantin. Ini adalah hubungan yang win-win atau menang-menang.

Si Wati jadi tidak repot harus mencari jasa dekorasi panggung dan sewa mobil pengantin, dan juga bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah. Si pemilik salon A dapat komisi. Si penyedia jasa dekorasi panggung dan jasa penyewaan mobil pengantin juga senang  karena mereka dapat order tanpa harus mencari lagi, walaupun mereka harus bayar sedikit komisi.

Nah, itulah cara kerja makelar offline.

Cara Kerja Affiliate Marketing / Makelar Online

Nah sekarang bagaimana cara kerja makelar online atau affiliate marketing ? Lihat diagram di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut.

Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda ?

affiliate-marketing

Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada proses di belakang layar yang terjadi.

Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang sebenarnya adalah sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah memberikan komisi ke affiliate lain.

Yah cuma itu saja sebenarnya affiliate marketing.

Sederhana bukan ? Ya sangat sederhana, apakah mudah ? Tidak selalu. Anda perlu melakukan kerjanya untuk berhasil di affiliate marketing, sama seperti bisnis apapun. Ingat ini sebuah bisnis, bukan sebuah lotere 🙂

Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya.

Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan bingung mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, oleh sebab itu Anda harus selektif memilih merchant atau program affiliate yang mana yang mau Anda promosikan.

Untuk mengetahui kelebihan melakukan affiliate marketing dibanding model bisnis yang lain, silakan baca post 17 Kelebihan Affiliate Marketing.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

Top
Malcare WordPress Security