Free Traffic (GRATIS) vs Paid Traffic (BAYAR)

By Sukarto Sudjono

Anda punya masalah ini, sudah punya website tetapi jumlah traffic atau pengunjungnya sedikit atau bahkan cuma Anda sendiri?

Kalau iya, Selamat! Lho kok malah diselamati? ūüôā

Selamat karena nasibnya sama dengan 95% orang yang memiliki website he..he..

Tapi jangan khawatir karena hampir setiap orang yang pernah buat website pasti pernah mengalaminya. Yang penting adalah mendatangkan pengunjung atau sering disebut strategi traffic itu bisa dipelajari.

Di artikel kali ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu, pengertian dasar yang perlu Anda miliki seperti jenis traffic dan mana yang lebih baik, traffic yang gratis atau berbayar .

Targetted Traffic vs Un-Targetted Traffic

targetted-trafficHal pertama yang perlu Anda mengerti terlebih dahulu adalah tidak semua traffic/pengunjung itu bernilai sama. Tujuan yang ingin Anda capai atau dapatkan adalah targetted traffic atau pengunjung sesuai dengan target Anda, BUKAN un-targetted traffic  atau pengunjung yang tidak sesuai dengan target Anda.

Bayangkan jika Anda memiliki toko menjual baju anak, tetapi Anda didatangi oleh banyak sekali orang yang ¬†ingin mendapatkan sembako¬†gratis. Mungkin gara-gara ada brosur bagi sembako gratis, tapi salah mencantumkan alamat, yang dicantumkan ternyata alamat toko Anda ūüôā

Ada gunanya tidak, toko Anda dikunjungi banyak orang dengan niat seperti itu? Tidak ada gunanya bukan.

Lebih baik Anda didatangi sedikit pengunjung tapi niatnya sudah sesuai, yaitu mencari baju anak. Jadi lebih penting kualitas pengunjung, daripada kuantiti/jumlah pengunjung.

Oleh sebab itu, janganlah tergoda dengan metode-metode traffic seperti spamming, misleading dll hasil dari beli traffic ke sumber yang tidak jelas.

Tidak ada gunanya atau sangat minim sekali manfaatnya, jika website Anda mendapatkan banyak pengunjung yang un-targetted atau tidak sesuai dengan target pengunjung yang Anda harapkan. Server hosting Anda akan terbebani, padahal mereka akan pergi dengan cepat pula.

Free Traffic vs Paid Traffic

paid-vs-free-trafficKalau Anda ditanya, lebih suka yang mana, yang Gratis atau Bayar?

Saya yakin kalau tanya ke 10 orang, yang jawab 11 orang bilang “Ya jelas yang GRATIS!!!” Kok bisa 11?

Karena di sebelah 10 orang tadi ada 1 orang lain, ikut dengar pertanyaannya, ikut teriak mau yang Gratis ūüôā

Saya juga sama kalau ditawari burger yang sama, bayar atau gratis, ya tentu pilih gratis he..he..

Tapi kalau dalam hal traffic atau sumber pengunjung, Anda harus tahu bedanya antara free traffic dengan paid traffic agar Anda bisa lebih tepat dalam mengambil keputusan.

Contoh sumber free traffic yang paling populer adalah dari search engine seperti Google. Semua orang ingin websitenya ranking tinggi di halaman satu Google. Oleh sebab itu, banyak orang belajar ilmunya yang disebut SEO atau Search Engine Optimization.

Contoh lain sumber free traffic lain adalah dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi.

Kelemahan Free Traffic

Sumber free traffic seperti ini jelas memiliki keunggulan utama yaitu GRATIS sehingga selalu menarik bagi banyak orang. Tetapi yang banyak tidak disadari adalah kelemahan dari sumber free traffic yaitu:

  • Membutuhkan investasi waktu yang banyak.
  • Hasilnya tidak bisa didapat dengan¬†instan atau cepat.
  • Sulit untuk di scale-up atau dilipat-gandakan.
  • Seringkali perubahan yang terjadi¬†menghilangkan seluruh upaya yang telah dilakukan.

Sebagai contoh misalnya Anda berupaya keras untuk membuat website ranking tinggi di halaman satu Google untuk target keyword (kata kunci) Anda.

Anda melakukan banyak hal untuk bisa mencapai hal tersebut. Dari membeli domain yang tepat, membuat website dan konten yang bagus, melakukan on-page seo, off-page seo, mendapatkan social signal dan lain-lain (tidak apa jika Anda tidak ngerti maksudnya, poinnya bukan itu). Untuk melakukan ini semua jelas membutuhkan waktu yang banyak.

Dan setelah melakukan itu semua, tidak serta-merta website Anda langsung ranking di halaman satu Google. Sangat jarang terjadi, yang seringkali terjadi adalah website Anda membutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan untuk masuk halaman satu atau bisa jadi tidak akan pernah masuk halaman satu. Jadi selain saat awal membutuhkan investasi waktu, hasilnya juga tidak bisa didapat secara cepat.

Selain itu, juga sulit dilipat-gandakan karena setelah website Anda ranking tinggi untuk kata kunci tertentu, dan sekarang Anda mau website Anda ranking tinggi di kata kunci lain, maka butuh investasi waktu dan tenaga yang lumayan lagi.

Tetapi yang paling menjengkelkan dan mengecewakan adalah jika search engine seperti Google melakukan update algoritma (sering terjadi) sehingga mungkin website Anda sebelumnya ranking no 2 dan setelah dilakukan update, website Anda hilang dari halaman satu sehingga jadi halaman 3 atau bahkan hilang sama sekali! Namanya juga gratis ya  tergantung dengan tuan rumah maunya bagaimana.

Contoh lain yang juga terjadi di Facebook.

Beberapa tahun lalu, jika Anda posting sesuatu (misal link ke website Anda), baik di Facebook Profile (untuk urusan pribadi) ataupun Facebook Page (untuk bisnis), maka yang lihat posting Anda hampir semua friends atau follower/fans Anda sehingga otomatis website Anda juga banyak dikunjungi orang. Hal ini menyebabkan banyak orang berusaha menambah jumlah follower/fans nya agar bisa dapat free traffic ke website mereka.

Tapi sekarang, Facebook sudah banyak mengubah tentang hal ini sehingga kalau Anda posting sesuatu, hanya sedikit sekali friends atau follower/fans Anda yang akan melihatnya (kurang dari 6%). Tidak banyak yang bisa Anda lakukan tentang hal ini.

Ya begitulah sifat atau kelemahan dari Free Traffic. Butuh banyak waktu, hasil tidak bisa instan dan kadang-kadang tidak reliable atau bisa diandalkan karena seringkali ada perubahan.

Kelebihan Paid Trafic

Nah bagaimana dengan paid traffic atau trafik yang berbayar alias bayar iklan? Kelemahan utamanya menurut saya adalah perlu bayar he..he..

Tetapi di balik harus bayar ini ada kelebihan Paid Traffic yang perlu Anda sadari yaitu:

  • Bisa dengan cepat dilakukan.
  • Hasilnya instan atau bisa cepat dilihat.
  • Mudah¬†untuk di¬†scale-up¬†atau dilipat-gandakan yaitu tinggal menambah biaya iklan.
  • Perubahan yang terjadi seringkali adalah perubahan positif karena ada fitur-fitur baru yang membuat iklan Anda semakin efektif dan optimal.

Paid traffic yang populer dan banyak digunakan adalah Google Adwords dan Facebook Ads. Mereka adalah dua sumber pengunjung berbayar yang paling besar.

Anda bisa dengan mudah memasang iklan di Google ataupun di Facebook (tentu perlu belajar terlebih dahulu agar bisa efektif).

Tapi begitu Anda sudah mengerti cara memasang iklan di kedua website besar tersebut, Anda bisa dengan cepat melihat iklan Anda tampil dan kadang hasil bisa langsung mulai terlihat di hari yang sama!

Setelah itu, biasanya Anda perlu melakukan sebuah proses optimasi agar iklan Anda menjadi semakin optimal.

Saat iklan Anda sudah mulai optimal, untuk melipat-gandakan hasil (scale-up), Anda tinggal meningkatkan budget iklan Anda. Makin besar budget iklan Anda, makin banyak hasilnya. Sesuatu yang mustahil bisa dilakukan dengan strategi Free Traffic.

Google dan Facebook memperoleh penghasilannya dari pengiklan, sehingga otomatis mereka kontinyu untuk terus melakukan perubahan positif berupa peningkatan sistem dalam beriklan. Jadi makin hari makin canggih sehingga Anda bisa memasang iklan dengan lebih efektif.

Kesimpulan

conclusion-diagram-in-blankNah jadi dari penjelasan diatas Anda sudah bisa mengambil kesimpulan sendiri, mana yang lebih baik dan lebih tepat buat bisnis Anda. Silakan timbang-timbang sendiri.

Kalau menurut saya, saat Anda ingin bisnis Anda berkembang dengan cepat, Anda harus alokasi budget untuk paid traffic atau iklan berbayar.

Di bisnis, Anda harus bisa dengan cepat memperoleh hasil, sumber traffic harus bisa diandalkan dan mudah dilipat-gandakan.

Apakah berarti saya menolak Free Traffic atau traffic yang gratis?

Tentu saja tidak, saya masih waras he..he.. tetapi saya anggap kalau dapat free traffic, itu adalah bonus.

Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah untuk bisa menggunakan paid traffic seperti Google Adwords dan Facebook Ads secara optimal, Anda perlu belajar dari orang yang memang sudah pengalaman di bidang tersebut.

Tanpa mempelajari cara dan strategi memasang iklan yang efektif dan optimal, bisa jadi Anda salah langkah dan menghabiskan banyak uang untuk iklan dengan hasil yang minim seperti yang terjadi di banyak orang.

Jadi pesan saya, penting untuk mengalokasikan waktu untuk belajar dari orang yang sudah tepat dan berpengalaman serta start small.

Semoga penjelasan ini bermanfaat, baca artikel-artikel lain tentang strategi traffic atau mendatangkan pengunjung seperti 4 Kunci Sukses di Facebook Ads.

Salam Sukses untuk Anda,

Sukarto Sudjono

GRATIS Video Series: Facebook Success Blueprint
Ingin Melipat-Gandakan Omset Bisnis Anda?

Pelajari Video Series GRATIS tentang Strategi Facebook Marketing yang Efektif, Low Cost dan High Profit yang telah terbukti menghasilkan omset ratusan juta.

Akses Video Sekarang

  • ilham umum

    ijin share di rumah saja pak LihatsajadotML

    • thank you, tapi tolong cantumkan link sumber artikel nya ya…

  • Kalau Adwords memang betul harus pake kartu kredit. Utk FB, selain kartu kredit, bisa dengan paypal, tapi mereka skrg mulai bekerja sama dgn ATM Bersama dan Alfa Mart, tapi baru sebagian akun yg ada pilihan spt ini. Tapi ke depannya saya yakin semua akun indonesia bisa top up akun lewat ATM Bersama ataupun Alfa Mart.

    thx

  • Andrei

    artikel yg sangat bagus, lalu bagaimana cara ngiklan di Google Adwords dan Facebook Ads secara optimal pak Sukarto?

    • Thx u ya… Ditunggu ya artikel-artikel lanjutan… Sulit jelaskan banyak detil dalam 1 artikel. thx

  • Dadung Sulaeman

    Wah..keren artikelnya..! ditunggu artikel berikutnya tentang cara menggunakan paid traffic Google Adwords & FB Ads agar opimal…

    • Terima kasih pak Dadung atas komentar positifnya.
      Ditunggu ya, artikel post selanjutnya…

  • Sorry ada pertanyaan yg terlewat utk dijawab.

    Untuk jasa pemasangan iklan, terus terang saya pribadi belum pernah, jadi gak bisa kasi komentar. Tapi saya pernah baca di forum kami, ada beberapa alumni BBI yang sudah pernah menggunakan jasa pemasangan iklan seperti itu, ada yg pengalamannya bagus, ada yg tidak.

    thx

  • firman

    saya mau order buku Sukses Berbisnis di Internet dalam 29 Hari, bagaimana caranya ? (bukunya saja, tanpa e-course nya)

    • Untuk Buku Sukses Berbisnis di Internet dalam 29 Hari, saat ini stoknya terbatas sekali. Biasanya di toko buku online, masih ada yg menjual.

      Pak Sukarto ada wacana ingin meluncurkan buku terbarunya. Ditunggu ya..

  • Damar Alam

    Terima kasih, pa Sukarto buat ilmunya…ini menjadi bekal buat pengembangan awal bisnis saya.

  • broto

    Untuk clickbank dan amazon seperti pelajaran dari pak Kamto di BBi mana lebih baik Adword ads atau FBads ?

    • Untuk affiliate site ke Clickbank dan Amazon, Adwords dan FB Ads keduanya punya aturan dan batasan yg harus ditaati.

      Keduanya tidak bisa digunakan langsung ke web Clickbank dan Amazon, harus ke landing page / website Anda sendiri. Nah tapi kualitas dari landing page ini harus bagus, memberikan nilai tambah ke user, baru bisa diiklankan melalui Adwords dan FB Ads.

      • broto

        Terima kasih akan saya vcoba Pak

  • andri uye

    saya lebih suka dengan paid trafik. selain gratis kita ngga usah repot repot ngeluarin uang untuk biaya iklan. Cuma repot diawalnya aja selanjutnya tinggal liatin trafik berdatangan

  • bayu biru

    Utk awal bisnis online saya selalu gunakan paid traffic. Kemudian, selagi paid traffic berjalan, saya bangun free traffic-nya. Keduanya sama2 penting dan harus tepat. ūüôā

  • slamet fitriadi

    Makasih artikel nya mas, bermanfaat

  • Terimakasih ka, Artikel dan ilmunya bermanfaat. Ternyata memang benar yang saya kerjakan lebih dari satu tahun ini. Free traffic yang saya andalkan untuk website perusahaan hasilnya minim, dan penjualanpun segitu-gitu aja.
    Kayanya saya harus mulai berpikir lagi bagaimana cara agar traffic website yang sedang saya kelola ini bisa mendapatkan lebih banyak traffic tiap harinya. Yaitu dengan Paid Traffic.
    Tapi, harus belajar dulu bagaimana cara menggunakan FB Ads, Google Ads agar budget yang saya alokasikan untuk iklan tidak terbuang cuma-cuma.
    Dan free traffic juga masih saya harus dijalani biar sama-sama tokcer Hasilnya. ūüėÄ ūüėÄ ūüėÄ

    Sekali lagi, terimakasih ka artikelnya. Ini yang bener-bener saya cari.

    Regards,
    ūüôā