Cara Install & Pengaturan WordPress Plugin: SEO WordPress by Yoast

By Ronny Setiawan

seo wordprees by yoast

Apakah Anda seorang Blogger? Atau Anda pernah membuat Website? Jika iya, saya yakin Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Di saat Anda membuat website, SEO adalah salah satu bagian yang terpenting dari Website Anda.

SEO Friendly adalah sebutan yang dipakai ketika Website Anda memiliki Halaman yang telah dioptimasi untuk keperluan agar Website Anda dapat bersaing dan masuk ke peringkat teratas di Search Engine.

Search Engine adalah mesin pencari di dalam internet seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Mesin pencari ini bertugas untuk melakukan crawling dan indexing.

 

Crawling adalah proses yang dilakukan Mesin Pencari untuk menemukan informasi tentang halaman web yang tersebar di internet.

Sebelum Website Anda muncul di Halaman Pencarian, Search Engine (Google, Yahoo, Bing dll) perlu mengetahui terlebih dahulu kalau Website Anda itu “ADA”, dengan cara Search Engine mengirimkan Crawler (GoogleBot) untuk menjelajahi internet yang berguna untuk menemukan Website Anda.

 

Indexing adalah proses peng-organisasian (menyusun) data dan informasi yang telah didapatkan oleh Crawler (GoogleBot). Search Engine akan mengurutkan data dan informasi yang relevan sesuai keyword (kata kunci) yang Anda ketikkan dalam mesin pencari. Proses mengurutkan, mengorganisasi inilah yang dinamakan proses Indexing.

Jika Anda memilih WordPress sebagai CMS untuk membuat Website, itu adalah keputusan yang tepat, karena WordPress sendiri sudah memiliki fitur SEO Friendly, artinya Search Engine menyukai Website yang dibuat dengan WordPress, tetapi untuk hasil yang lebih maksimal Anda perlu install Plugin SEO.

Agar Website Anda menempati posisi teratas di Search Engine Google, Anda harus mengoptimasi Website Anda dengan 2 cara pendekatan yaitu On Page SEO dan Off Page SEO.

 

On Page SEO adalah segala sesuatu yang Anda lakukan di dalam Website itu sendiri dengan tujuan untuk mengoptimasi Website Anda agar menempati di peringat teratas di Search Engine

 

Off Page SEO adalah segala sesuatu yang Anda lakukan di luar Website dengan tujuan yang sama yaitu untuk mengoptimasi Website Anda agar menempati di peringkat teratas di Search Engine

Di artikel ini, saya akan menjelaskan kepada Anda, tentang sebuah plugin SEO yang sangat populer dan sudah digunakan oleh banyak orang termasuk saya. Plugin tersebut adalah SEO WordPress by Yoast (Yoast SEO). Plugin inilah yang akan membantu Anda dalam mengoptimasi On Page SEO pada Website Anda

yoast seo preview

Yoast SEO

Plugin Yoast SEO ini adalah solusi SEO yang paling lengkap untuk WordPress. Lebih dari 1 juta orang telah mendownload Yoast SEO. Dan website BelajarBisnisInternet.com yang saat ini Anda baca, pun menggunakan Plugin Yoast SEO.

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Plugin Yoast SEO ini, salah satunya adalah fungsi analisis setiap halaman di WordPress. Yoast SEO akan memberikan rekomendasi hal apa saja yang perlu Anda optimasi agar Halaman Anda memiliki score yang tinggi. Menarik bukan?

Cara Install Plugin Yoast SEO

Cara install Plugin Yoast SEO sangatlah mudah, pertama-tama, masuk Dashboard WP Admin Anda, lalu

1.Klik Menu Plugins – Add New

2. Masukkan Keyword “Yoast SEO” untuk mencari Plugin Yoast SEO

3. Klik Tombol Install Now

install yoast seo

install yoast seo

4. Klik Activate Now untuk mengaktifkan Plugin Yoast SEO ini

activate yoast seo

activate yoast seo

Fitur & Cara Pengaturan dari Plugin Yoast SEO

Pengaturan dari Plugin Yoast SEO untuk setiap page/post WordPress, dapat Anda temukan disaat Anda melakukan editing Page / Post, scroll ke bawahberada di bawah text editor.

Berikut ini adalah fitur & cara pengaturan dari Plugin Yoast SEO

1.Post Title dan Meta Description

Salah satu bagian penting dari On Page SEO adalah dengan memasukkan Post Title (Judul Artikel) dan Meta Description (Deskripsi singkat dari Artikel Anda).

Selain itu Anda juga dapat memasukkan Focus Keyword di sini. Keyword ini digunakan sebagai kata kunci apa yang ingin Anda optimasi di Halaman Website Anda tersebut.

Content Analysis, ini adalah hasil analisa yang dilakukan Yoast SEO dari Page/Post Anda. Warna hijau menandakan bahwa sudah terpenuhi, warna orange dan merah mengindikasi bahwa belum terpenuhi hal tersebut di Page/Post Anda.

post title & meta description yoast seo

Post Title & Meta Description Yoast Seo

Klik tombol Edit Snippet, lalu Anda dapat memasukkan Post Title dan Meta Description

edit snippet post title

Edit Snippet

Lebih lanjut tentang Content Analysis, jika Anda ingin memiliki Page/Post dengan On Page SEO yang baik, Anda dapat melakukan pengecekan di bagian daftar Page/Post Anda. Usahakan warnanya adalah hijau.

Apabila masih belum berwarna hijau, silakan edit Page/Post tersebut, lihat dibagian Content Analysis, hal apa saja yang belum terpenuhi (yang warna merah/orange). Dengan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Plugin Yoast SEO maka Website Anda telah teroptimasi (On Page SEO) dengan baik.

halaman telah teroptimasi on page seo

Halaman telah Teroptimasi on page seo dengan baik

2. Meta Robots

Di sini Anda dapat melakukan beberapa pengaturan:

a. Meta Robots Index. Secara default, setiap page/post yang ada di dalam Website telah diatur sebagai Index, agar Search Engine dapat mengunjungi dan melakukan indexing

  • Index. Search Engine dapat mengujungi dan melakukan indexing Halaman tersebut. Sehingga Halaman itu dapat muncul di pencarian Search Engine.
  • No Index. Search Engine tidak dapat mengunjungi dan tidak dapat melakukan indexing Halaman tersebut. Alhasil, Halaman itu tidak muncul di pencarian Search Engine.

b. Meta Robots Follow. Secara default, setiap page/post yang ada di dalam Website telah diatur sebagai Follow.

  • Follow, jika Anda memilih Follow, maka Website Anda mengizinkan Search Engine Bot untuk menghitung suatu nilai poin (bobot) dari setiap Link yang ada di Halaman tersebut yang akan diteruskan kepada Halaman yang dirujuknya.
  • NoFollow, adalah sebaliknya dari Follow. Website Anda tidak mengizinkan Search Engine Bot untuk menghitung nilai poin (bobot) dari setiap Link yang ada di Halaman tersebut, sehingga tidak diteruskan (nilai poin) kepada Halaman yang dirujuknya.
pengaturan meta robots

Pengaturan Meta Robots

3. Social Share

Anda dapat melakukan pengaturan Social Share untuk Page/Post di bagian ini. Jadi disaat Page/Post Anda di bagikan ke Social Media seperti Facebook, Twitter, maka akan tampil Title, Description dan Gambar seperti yang telah diatur di bagian ini.

a. Facebook

pengaturan social fb

Pengaturan Social FB

b. Twitter

Pengaturan Social Twitter

Pengaturan Social Twitter

Itulah Tutorial Panduan Cara Install & Pengaturan WordPress Plugin: SEO WordPress by Yoast

[sc:cta-akhir-artikel-ronny]