Cara Membuat Website Company Profile dengan WordPress Theme Gratis

By Hans Richardo

cara-membuat-website-company-profile-dengan-wordpress

Pada artikel kali ini saya akan khusus membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah website Company Profile dengan menggunakan WordPress Theme yang Gratis.

Apabila Anda belum tahu tentang apa itu Website Company Profile, silahkan baca artikel “Pengertian Website & Tiga Jenis Website Paling Umum

Apabila Anda belum tahu tentang apa itu WordPress Theme, silahkan baca artikel “Pengenalan Dasar WordPress #3: Apa Itu WordPress Themes

Free WordPress Company Profile Theme

Ada dua cara untuk mencari WordPress Theme, cara pertama adalah dengan menggunakan fitur pencarian theme yang telah tersedia di dalam Dashboard WordPress Anda, caranya:

  1. Pilih menu Appearance – Themes
  2. Klik tombol Add New yang ada di bagian atas
  3. Masukkan kata kunci pada kolom pencarian, misal: company, business, dll
  4. Maka nanti akan muncul berbagai theme, silahkan pilih yang paling sesuai menurut Anda.

21-company-profile-theme-wordpress

Menurut saya ini adalah cara yang paling simple dan mudah, karena setelah Anda menemukan theme yang cocok, Anda bisa langsung arahkan mouse ke theme tersebut dan klik tombol Install yang tersedia.

Cara kedua adalah dengan cara search Google, Anda bisa ketik “free wordpress company profile theme” pada kolom pencarian Google, maka nanti akan muncul banyak sekali artikel yang membahas tentang berbagai macam WordPress Company Profile Theme yang Gratis.

20-company-profile-theme-free-google

Biasanya artikel-artikel tersebut menyediakan link untuk men-download theme yang direkomendasikan, silahkan Anda download theme tersebut dan install pada website Anda. Atau Anda bisa juga mencari nama Theme yang direkomendasikan pada kolom pencarian di dalam Dashboard seperti cara pertama, apabila Theme sudah terdaftar di repository/library WordPress maka Anda akan menemukannya di sana.

WordPress Company Profile Theme: Zerif Lite

Salah satu theme yang menurut saya cukup bagus, gratis, dan sesuai untuk digunakan dalam sebuah Website Company Profile adalah Zerif Lite. Saya sudah cukup sering menjumpai perusahaan-perusahaan yang menggunakan theme ini untuk website mereka. Selain untuk Company Profile, theme ini juga bisa digunakan untuk website agency, personal portfolio, freelancer, dan fotografer.

Kelebihan Theme Zerif Lite

  • Desain Responsive
    22-responsive-zerif-liteZerif Lite sudah memiliki fitur responsive di mana dapat menyesuaikan ukuran layar pengunjung yang mengakses website Anda, sehingga tidak menjadi masalah apakah pengunjung Anda mengakses melalui laptop, tablet, maupun layar smartphone.
  • Tersedia Form Kontak
    23-form-kontak-homeSalah satu hal paling penting yang harus ada di dalam sebuah website Company Profile adalah bagian di mana pengunjung dapat menghubungi Anda. Zerif Lite telah menyediakan sebuah form di bagian halaman utama di mana pengunjung bisa langsung mengisi dan menghubungi Anda dengan mudah.
  • Halaman Utama Lengkap dan Menarik
    Hanya dengan membuka halaman utama pengunjung sudah bisa memperoleh informasi peting seputar perusahaan, seperti bidang perusahaan, tim atau orang-orang yang bekerja di perusahaan Anda, kekuatan atau spesialisasi perusahaan Anda, apa kata klien dari perusahaan Anda, dll. Informasi ini disajikan dengan gambar dan grafik yang menarik dan mudah dipahami oleh pengunjung.

Cara Instal Theme Zerif Lite

Langkah-langkah untuk melakukan instalasi theme Zerif Lite cukup mudah, yaitu:

    1. Pilih menu Appearance – Themes
    2. Klik tombol Add New yang ada di bagian atas
    3. Ketik “zerif lite” pada kolom pencarian theme01-add-new-theme
    4. Setelah muncul hasil pencarian, arahkan mouse pada theme Zerif Lite kemudian klik tombol Install02-install-zerif-lite
    5. Setelah itu klik Activate03-activate-zerif-lite
    6. Kemudian akan muncul sebuah pesan untuk menginstall Plugin Pirate Forms, silahkan klik Begin installing plugin04-install-pirate-forms-plugin

Konfigurasi Theme Zerif Lite

Konfigurasi pada Theme Zerif Lite dapat dilakukan dengan menggunakan fitur standard WordPress yaitu Customizer, caranya:

  1. Pilih menu Appearance – Themes, pastikan bahwa theme yang aktif adalah Zerif Lite
  2. Klik tombol Customize

05-customize-zerif-lite

Pada halaman Customize ini Anda bisa men-konfigurasi tampilan dan isi dari website, di mana Anda bisa melakukan konfigurasi melalui item-item yang ada di sisi kiri dan melihat tampilan preview-nya secara langsung di sisi kanan, sehingga setiap perubahan yang Anda lakukan bisa langsung terlihat hasilnya.

06-layar-customize-zerif-lite

Karena Zerif Lite menggunakan sistem One Page, maka Anda perlu membuat sedemikian rupa sehingga isi dari halaman Home website Anda bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk pengunjung. Tujuannya dengan mendarat di halaman Home saja pengunjung sudah bisa langsung mengenali perusahaan Anda.

Nah, kabar baiknya Zerif Lite memang dirancang khusus untuk website Company Profile, di mana theme ini menyediakan bagian-bagian yang tinggal Anda isi untuk menyampaikan informasi-informasi utama yang diperlukan oleh pengunjung website Anda.

Berikut adalah beberapa bagian yang perlu Anda ketahui saat melakukan konfigurasi Zerif Lite:

Site Identity

Pada bagian ini Anda bisa mengatur Logo, Site Title, Tagline, dan Site Icon dari website Anda.

General Options

Bagian ini berfungsi untuk mengatur Footer Social Icon dan Footer Content. Anda bisa memasukkan link URL dari akun sosial media perusahaan, alamat, email, nomor telepon, dan nomor faks dari perusahaan Anda di sini. Nantinya informasi akan muncul di bagian Footer (paling bawah) dari website Anda seperti gambar berikut:

18-general-options

Big Title Section

Di sini Anda bisa mengatur judul dan tombol yang ada Main Content dari website. Saat seorang pengunjung mendarat di website Anda, maka bagian inilah yang pertama kali dilihat olehnya, jadi sebaiknya Anda tuliskan sesuatu yang menggambarkan tentang perusahaan Anda.

10-big-title-section

Our Focus Section

Di bagian ini Anda bisa masukkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan singkat tentang produk atau jasa Anda tersebut. Gunakan gambar dengan ukuran 150 x 150 pixel untuk bagian ini.

11-our-focus-section

About Us Section

Pada bagian ini Anda bisa jelaskan secara singkat tentang perusahaan Anda. Di bagian ini Anda juga bisa menambahkan scoring tentang kekuatan/kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan Anda sehingga dapat calon pelanggan lebih tertarik lagi dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

12-about-us-section

Our Team Section

Anda bisa mencantumkan siapa-siapa saja yang tergabung di dalam tim atau peusahaan, Anda bisa cantumkan skill atau jabatan mereka, hal ini tentu akan membuat pengunjung lebih percaya dan yakin akan kemampuan dari perusahaan Anda. Gunakan gambar dengan ukuran 174 x 174 pixel untuk gambar di bagian ini.

13-our-team-section

Testimonial Section

Di sini Anda bisa mencantumkan komentar positif dari orang-orang yang telah menggunakan dan puas terhadap jasa atau produk dari perusahaan Anda. Gunakan gambar dengan ukuran 73 x 73 pixel untuk bagian ini.

14-testimonial-section

Ribbon Section

Pada bagian ini Anda bisa mencantumkan sebuah Call To Action, misal Anda ingin pengunjung menghubungi Anda maka Anda bisa mengarahkan tombol pada Ribbon Section ke bagian Form.

15-ribbon-section

Contact Us Section

Bagian ini berfungsi untuk mengatur Form Kontak yang ada di halaman Home, Anda bisa memasukkan alamat email yang akan menerima pesan pada kolom yang tersedia di sini.

16-contact-section

Latest News

Bagian ini akan menampilkan Blog Post terbaru Anda.

Untuk mengetahui bagaimana cara menambahkan post baru, silahkan pelajari Pengenalan Dasar WordPress #1: Apa Itu Pages & Posts.

17-latest-news-section

Atur Halaman Blog

Untuk membuat sebuah halaman yang berisi daftar dari Blog Post Anda, langkah-langkahnya adalah:

  • Pilih menu Pages – Add New
  • Beri judul halaman
  • Pada sisi kanan di kotak Page Attributes, pilih Blog template

19-setting-blog-page

Atur Menu

Theme Zerif Lite dirancang fokus pada sebuah halaman Home saja, di mana halaman Home ini terbagi ke dalam beberapa section (seperti yang telah disebutkan di atas). Untuk membuat menu, Anda hanya perlu memasukkan link dengan kode anchor ke sebuah section.

Contohnya Anda ingin membuat menu yang mengarang ke section About Us, maka langkahnya adalah:

  1. Pilih menu Appearance – Menus
  2. Tambahkan Custom Menu dengan link: http://namadomain.com/#aboutus

Berikut adalah kode anchor dari masing-masing section:

  • Our Focus – #focus
  • About Us – #aboutus
  • Our Team – #team
  • Testimonials – #testimonials
  • Bottom Ribbon – #ribbon_bottom
  • Right Ribbon – #ribbon_right
  • Contact – #contact
  • Subscribe – #subscribe
  • Latest News – #latestnews

09-configuring-menu

Anda juga bisa mempelajari cara konfigurasi Theme Zerif Lite di halaman dokumentasi Zerif Lite. Selamat mencoba.

Pada artikel berikutnya, kami akan membahas Premium WordPress Theme TERBAIK saat ini (digunakan oleh ribuan pebisnis online di seluruh dunia) yang menjadi pilihan kami. Apa kelebihannya, mengapa kami menggunakan dan merekomendasikannya, tunggu dan baca artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua,

Hans Richardo

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan.

Tak lupa, Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan Anda tentang isi artikel  di bagian komentar berikut ini. Saya selalu menyempatkan membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.

Kedua hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi Anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih 🙂