Cara Memiliki Email dengan Nama Domain Anda

By Sukarto Sudjono

Pernahkah Anda ingin bisa mencantumkan alamat email Anda di website, di kartu nama atau di brosur bisnis Anda, sebuah alamat email yang menggunakan nama domain Anda sendiri?

Jadi misal website Anda adalah TokoABC.com, maka alamat email yang ingin Anda cantumkan adalah cs@tokoabc.com misalkan.

Tujuannya agar alamat email Anda tampak lebih profesional, daripada jika Anda mencantumkan alamat gmail, yahoo atau email gratisan lainnya, kesannya bisa jadi bisnisnya masih ecek-ecek karena masih pakai yang gratisan 🙂

Nah kalau Anda ingin tahu caranya, saya akan menjelaskan bagaimana caranya di artikel ini, lengkap dengan video tutorial sehingga Anda tahu persis langkah demi langkah yang perlu dilakukan.

Tujuan yang Ingin Dicapai

Kita tentukan dulu hasil akhir yang ingin dicapai yaitu:

  • Anda memiliki email dengan nama domain atau alamat website Anda, misal: cs@tokoabc.com.
  • Anda tetap akan menerima email yang dikirimkan ke cs@tokoabc.com di akun Gmail Anda.
  • Saat Anda mengirim atau membalas email di Gmail Anda, email pengirim tetap terlihat menggunakan alamat email dengan nama domain Anda (misal cs@tokoabc.com) bukan dari Gmail Anda, keren kan 🙂

Nah mungkin Anda ada bertanya-tanya, mengapa kok tetap mau pakai Gmail untuk menerima email dan mengirimkan emailnya?

Ada 3 sebab mengapa saya tetap menggunakan dan menyarankan menggunakan Gmail yaitu :

  1. Mengecek dan mengirimkan email jauh lebih mudah dan nyaman di Gmail dibandingkan jika menggunakan mailbox yang disediakan web hosting atau ISP internet provider Anda. Anda bisa cek via browser langsung atau lewat aplikasi Gmail di Android atau IOS. Sangat memudahkan!
  2. Gmail memberikan kapasitas yang sangat besar untuk mailbox Anda yaitu 15 GB sehingga relatif Anda tidak perlu menghapus email (kecuali email spam/sampah). Anda cukup arsip/archive email saja sehingga suatu saat jika diperlukan Anda tinggal search saja.
  3. Banyak fasilitas canggih di Gmail seperti filter, label dan masih banyak lagi sehingga untuk apa pakai mailbox hosting yang tampilannya jadul dan minim fasilitas.

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

Ada 3 tahap/langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan awal diatas yaitu:

  1. Setting Email Forwarder di cPanel agar email di forward ke Gmail Anda.
  2. Di cPanel buat sebuah email account yang khusus digunakan sebagai account untuk mengirim email.
  3. Tambahkan email dengan nama domain Anda di Gmail dan lakukan setting agar bisa mengirim email melalui account untuk mengirim email yang telah dibuat di step 2.

Jangan khawatir kalau Anda bingung dengan 3 langkah tersebut he..he.. Emang wajar kalau cuma baca kalimat tersebut, saya jamin Anda pasti bingung 🙂 karena ini hanya gambaran besar saja.

Nanti setelah Anda lihat videonya, pasti semuanya langsung jelas. Tapi sebelumnya, saya ingin menjelaskan beberapa point terlebih dahulu agar Anda lebih mengerti saat melihat video tutorial nanti.

Yang pertama, Anda bisa membuat email dengan berbagai nama domain Anda, tetapi masuk ke satu account Gmail Anda. Jadi kalau Anda punya 5 website dan masing-masing punya alamat email sendiri-sendiri, Anda bisa membuat semua email itu masuk ke satu Gmail Anda. Hal ini tentu memudahkan agar Anda tidak perlu cek di banyak tempat, cukup di satu Gmail Anda saja.

Yang kedua, saya perlu jelaskan kenapa kok sampai perlu ada langkah ke-2 diatas. Ini sebetulnya ada hubungannya dengan perubahan yang terjadi pada Gmail sekitar pertengahan 2014 dimana Gmail sudah TIDAK MEMPERBOLEHKAN kita menggunakan server Gmail untuk mengirimkan email yang alamatnya menggunakan nama domain kita sendiri, misal cs@tokoabc.com tadi.

Jadi mau tidak mau, setelah perubahan itu, Anda harus memberitahu ke Gmail untuk menggunakan server atau akun mana untuk mengirimkan email dengan alamat nama domain Anda. Cara yang paling mudah adalah membuat sebuah email account di hosting yang Anda miliki, tempat dimana website tersebut berada (ini yang dilakukan di step 2).

Video Tutorial Langkah Demi Langkah

Setelah Anda membaca gambaran besar langkah-langkah yang perlu dilakukan, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat langsung di video tutorial berikut ini dimana Anda melihat saya melakukan proses setting dari awal sehingga akhirnya bisa menerima dan mengirimkan email dengan nama domain yang saya miliki.

 
Oh ya, semisal Anda punya 3 orang CS sehingga Anda ingin punya email cs1@tokoabc.com, cs2@tokoabc.com dan cs3@tokoabc.com dimana masing-masing masuk ke gmail berbeda-beda, seperti:

  • cs1@tokoabc.com forward ke tokoabc-no1@gmail.com
  • cs2@tokoabc.com forward ke tokoabc-no2@gmail.com
  • cs3@tokoabc.com forward ke tokoabc-no3@gmail.com

Maka untuk pengiriman emailnya, yaitu setting di Gmail masing-masing, Anda cukup perlu buat satu account email untuk mengirimkan email, misal kirimemail@tokoabc.com. Tidak perlu buat satu untuk setiap alamat email.

Jika ada pertanyaan tentang penjelasan dan video diatas, silakan ditanyakan di bagian komentar di bawah ini. Dan saat Anda ingin mendapatkan pemberitahuan otomatis dari YouTube saat kami mem-publish video baru seperti diatas, silakan Langganan Video BBI di YouTube.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

  • ini sih bener – bener bermanfaat banget loh.. akhirnya saya gak kebingungan pakai cara ini..

    daripada outlook membingungkan..

    Terima kasih pak Sukarto !

    • Terimakasih sama2 🙂

      • Nasika Rizki

        Selamat siang pak, boleh minta pim bb ingin belajar lebih lanjut ni pa dari bisnis online

        • Mohon maaf, karena keterbatasan waktu, saya belum bisa memberikan BBM dan Whatsapp. Silakan email saya pak di sukarto@belajarbisnisinternet.com, walaupun saya tidak melayani pembelajaran private, tapi jika ada kesuliatan atau sharing silakan email. thx

  • pak…mau dong belajar sama bapak tetnang internet marketing,
    dan semua yang berkaitan dengan bisnis internet.
    termasuk juga BLOG,
    soalnya website saya http://www.marketingjoss.com sampai hari ini pengunjungnya masih sedikit dan saya merasa kesulitan untuk meningkatkanya.

    tolong diberikan pengarahan dan pencerahan pak’

    terimakasih banyak pak.
    Salam

  • wah terima kasih banyak pak sukarto.
    Sekian lama saya bingung akhirnya mengerti juga cara kerjanya. Salam sukses pak

    • Terimakasih sama-sama pak @disqus_xp6vvrohen:disqus

    • Terima kasih pak Adhy atas feedbacknya.

      Sukses selalu untuk Anda.