Tersesat di Hutan Belantara Internet Marketing? Ini Jalan Keluarnya…

By Sukarto Sudjono

Internet marketing adalah sebuah hutan belantara” ujar salah seorang teman yang sempat belajar internet marketing ke saya.

Kenapa kok punya pandangan seperti itu?” saya tanya balik karena ingin tahu sebabnya dia punya pandangan seperti itu.

Dia katakan “Iya karena internet marketing itu seperti di sebuah hutan, kita gampang sekali tersesat, salah arah dan akhirnya terjerumus atau terjeblos ke salah satu perangkap

Saya ketawa juga mendengar komentar seperti itu, tetapi dalam hati saya lalu memikirkannya dan setelah saya pikir-pikir memang ada benarnya kata teman saya itu.

Pengalaman saya sendiri dalam belajar internet marketing memang menunjukkan bahwa internet marketing itu adalah suatu bidang yang gampang-gampang susah. Konsepnya mustinya gampang, tetapi mengapa banyak orang kadang susah juga untuk bisa memperoleh penghasilan full time dari bisnis ini?

Seperti di dalam sebuah hutan belantara, tanpa memiliki guide (penunjuk arah, seperti tour guide) dan alat bantu, kita akan bingung mana arah yang semestinya dituju dan akhirnya cenderung tersesat dan bisa saja masuk ke salah satu jebakan atau perangkap.

Perbedaannya adalah kalau di hutan Anda mungkin hanya seorang diri, tidak tahu siapa yang bisa ditanyain tentang arah yang benar, nah kalau di internet marketing, Anda akan bertemu dengan banyak sekali ‘guide’, ‘guru’ dan ‘alat bantu’ yang semuanya menjanjikan ‘angin surga’ untuk menjadi kaya raya dalam sekejab.

Sudah janji semanis gitu, masih ditambahkan lagi, income masuk terus dengan cuma santai-santai dan tanpa perlu kerja. Betul-betul indah dan menyenangkan untuk didengar ‘angin surga’ ini he..he..

Balik lagi ke ilustrasi hutan belantara. Bayangkan saat Anda bingung tidak tahu arah yang mau dituju, tiba-tiba ada forest guide atau penunjuk arah yang menawarkan akan menuntun Anda jalan keluar dan minta uang jasa sekian juta.

Ok Anda setuju karena ingin cepat sampai tujuan. Eh baru jalan seperempat jalan, guide Anda bilang “Kita sudah sampai.

Anda heran “Lho ini kan belum nyampe pak?” Guide Anda bilang “Ongkos tadi cuma bisa membawa Anda sampai disini. Kalau mau sampai tujuan, perlu bayar sekian juta lagi.” Bagaimana perasaan Anda saat itu?

Mau bilang gak, ini di tengah hutan. Karena gak ada pilihan terpaksa bayar lagi agar bisa benar-benar sampai. Tapi dalam hati Anda jengkel, mangkel dan merasa tertipu.

Hal itulah yang juga sering terjadi di internet marketing. Anda dijanjikan oleh sebuah ebook, sebuah course atau sebuah conference dengan banyak pembicara dari luar negeri untuk bisa memperoleh penghasilan ribuan atau bahkan puluhan ribu dollar dalam sebulan dengan cara yang sangat mudah.

Anda tertarik dan mengikutinya hanya untuk mengetahui bahwa Anda hanya dipandu sampai seperempat jalan atau bahkan sekian langkah awal. Untuk bisa sampai tujuan atau yang dijanjikan harus bayar lagi puluhan juta.

Hal ini berlaku juga untuk online course yang dijual dengan harga $2000 atau bahkan lebih! Saya banyak melihat penawaran course mahal ini dan saya juga tahu langsung alumni kami yang sempat beli course semacam ini.

Saya dulu sempat juga tergiur untuk beli course seperti ini, untunglah saya masih ‘cukup waras’ dan cek dan recheck dulu dengan orang yang sudah pernah bergabung dan jawaban mereka pada intinya, yang dijelaskan baru sepenggal puzzle. Harus bayar lagi untuk benar-benar bisa run bisnis onlinenya.

Wah, bayar $2000, masih harus bayar $1000 atau bahkan $2000 lagi baru bisa lengkap? ūüôĀ

Kalau Anda pernah hadir di event internet marketing (saya pernah beberapa kali), Anda kadang memang dapat semangat dan inspirasi dari event seperti itu, sama dengan para Minions di bawah ini yang lagi semangat he..he..

minion-audience

Tetapi pulang dari event tersebut, sangatlah sia-sia jika Anda tidak punya peta detil atau blueprint yang bisa Anda ikuti untuk berhasil.

Untuk apa cuma dapat semangat dan inspirasi tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Anda hadir di event Online Business, event Internet Marketing atau Seminar Motivasi?

Kalau seminar motivasi, ya bawa pulang semangat, boleh lah ya… Tapi kalau hadir di training¬†Online Marketing tapi gak tahu apa yang harus dilakukan sepulang dari itu, kok sia-sia ya…

Saat kami mendengar sharing cerita dari teman-teman yang mengalami pengalaman tersebut, kami hanya bisa prihatin. Ketidak-tahuan mereka tentang industri internet marketing yang memang sebuah hutan belantara membuat pengharapan mereka menjadi tidak realistis dan seringkali dimanfaatkan oleh orang lain. Anda jadi merasa tidak tahu siapa yang bisa dipercaya.

Sejak awal mendirikan BBI atau BelajarBisnisInternet.com, kami mempunyai filosofi yang berbeda. Sejak awal kami tidak ingin menjanjikan angin surga. Sejak masih berupa e-course gratis (yang kemudian dijadikan buku oleh penerbit Gramedia) selama 29 hari dan setebal 400 halaman lebih, kami sudah menekankan, ini adalah sebuah bisnis!

Kami mendidik pemula di internet marketing atau bisnis online agar memiliki mindset yang benar terlebih dahulu karena ini adalah sebuah bisnis. Karena ini sebuah bisnis, ada komitmen, usaha dan ketekunan disana.

Anda tidak akan pernah bertemu dengan seseorang yang memulai bisnis tapi berharap tidak usah bekerja, berharap hanya duduk-duduk santai dan penghasilan mengalir terus. Jadi mengapa Anda berpikir bisnis online atau internet marketing yang juga sebuah bisnis, ada hal seperti itu?

Internet marketing adalah suatu industri yang sangat besar sehingga wajar jika Anda mengalami kebingungan dalam menentukan arah, ya seperti tersesat di hutan belantara.

Jadi Apa Solusinya?

Yang Pertama, carilah seorang Mentor atau Coach / Pelatih yang Baik dan Cocok untuk Anda.

Setiap juara tinju memiliki pelatih. Setiap juara renang juga memiliki pelatih. Pada dasarnya hampir semua atlit sukses dan orang sukses biasanya memiliki coach atau pelatih. Apa sih fungsinya coach atau pelatih?

Mentor lebih dari sekedar guru yang menjelaskan suatu ilmu atau pengetahuan. Mentor atau Coach lebih dari sekedar guide atau penunjuk arah.

coach-mentor

Mentor atau Coach yang Bagus adalah seseorang yang bisa melihat dan mengetahui dimana posisi Anda berdiri sekarang, menjelaskan alternatif jalan yang ada dan membantu mengambil keputusan yang terbaik bagi diri Anda sendiri.

Mentor atau Coach biasanya juga memberikan blueprint/peta detil untuk menuju tempat yang ingin Anda tuju, lalu membimbing Anda langkah demi langkah dalam proses perjalanan tersebut.

Mereka juga seringkali memberikan motivasi dan semangat jika Anda mengalami tantangan dalam perjalanan tersebut.

Seorang Coach juga tahu mana informasi yang perlu dijelaskan, mana yang tidak perlu. Mentor tidak ingin Anda mengalami information overload yaitu Anda diberi informasi terlalu banyak sehingga overload dan akhirnya bingung.

Karena mereka mengerti bahwa hanya ada satu hal yang bisa dilakukan oleh orang yang bingung yaitu TIDAK MELAKUKAN APA-APA!

Tetapi walaupun hebatnya dan pentingnya seorang mentor, mentor bukanlah seorang malaikat ataupun tukang sulap/ilusionis yang bisa merubah nasib Anda!

Mentor atau Coach membimbing dan mengarahkan Anda tetapi yang melakukan perjalanan adalah Anda sendiri.

Itulah yang kami berusaha keras lakukan di BBI – BelajarBisnisInternet.com yaitu menjadi mentor atau coach bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis online atau internet marketing.

Kami sudah melakukan hal ini sejak buku kami pertama kali terbit di tahun 2009. Lalu kami lanjutkan di produk online course kami maupun di berbagai Live Training atau Workshop kami.

Tetapi saya sebagai salah satu co-founder BBI punya nilai idealis yang tinggi soal membuat materi pembelajaran. Saya tidak suka menjelaskan kulit-kulit dan informasi sepotong dan tidak detil.

Anda bisa tanya sendiri ke alumni-alumni BBI. Apakah kami biasanya hanya menjelaskan kulit atau benar-benar mengajarkan dengan detil, langkah demi langkah, apa yang perlu dilakukan untuk berhasil.

Workshop, online course dan pelatihan-pelatihan dari BBI akan selalu mengikuti konsep detil, sistematis dan blueprint lengkap. Selain itu juga selalu memberikan proses mentoring atau coaching. Karena inilah yang Anda butuhkan!

Produk dan training kami biasanya fokus ke sebuah model bisnis yang terbukti berhasil bagi banyak orang termasuk kami sendiri. Lalu Kami  menjadi mentor dan coach Anda untuk berhasil di model bisnis tersebut.

Kami hanya menjelaskan yang seperlunya saja agar Anda tidak information overload. Tidak ada janji-janji surga yang kami berikan. Tidak ada mukjijat yang akan terjadi saat Anda hadir di workshop ini.

Tetapi Anda akan menemukan bahwa Anda jadi mengerti dan memiliki blueprint serta panduan langkah demi langkah untuk berhasil.

Dan dalam prosesnya, Anda akan dibimbing oleh orang yang sudah lebih dulu menjalani  sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban saat mengalami kesulitan atau tantangan.

Anda tidak akan dapat sepotong informasi dan saat Anda penasaran, Anda dimintai bayaran lagi untuk menjelaskan hingga lengkap seperti yang sering terjadi di event-event internet marketing lainnya ūüôā Kami sendiri benci¬†menghadiri event seperti itu he..he..

Jadi, tanpa bimbingan seorang mentor dan coach yang baik (kami berharap termasuk mentor yang baik ūüôā ) internet marketing memang sebuah hutan belantara yang bisa membuat Anda tersesat dan mungkin saja ‘dimakan’ oleh singa kelaparan yang Anda temui sehingga Anda bisa menghabiskan banyak sekali uang, tanpa ada hasil seperti yang dialami oleh banyak orang di luar sana.

Salah satunya pak Ageng yang bisa Anda lihat videonya berikut ini. Beliau terjebak dan  merasa tertipu di hutan belantara internet marketing sehingga menghabiskan tabungan bahkan hingga berhutang hampir seharga sebuah mobil murah saat ini untuk belajar internet marketing.

Untunglah akhirnya beliau hadir di salah satu workshop kami dan segala sesuatu berubah menjadi lebih baik dan sekarang sudah bisa menghasilkan income tambahan puluhan juta per bulannya.

Dengar ceritanya pak Ageng bagaimana beliau mengubah keadaan dari titik terendah dalam kehidupannya hingga bisa meraih kesuksesan di dunia bisnis online / internet marketing.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda dan yang lebih penting lagi membuat pengalaman menyakitkan dari orang lain  tidak terjadi pada diri Anda.

Kami mengharapkan yang terbaik terjadi untuk diri Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong¬†SHARE melalui tombol Social Media¬†(Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin)¬†yang kami sediakan. Terimakasih ūüôā

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

Top
Malcare WordPress Security