Site5: Hosting Mini Site Terbaik dan Bonus Video Tutorial

By Sukarto Sudjono

site5

Site5 adalah perusahaan hosting kedua yang kami rekomendasikan untuk Anda. Kalau Anda sudah membaca artikel “Web Hosting Rekomendasi BBI“, Anda sudah mendapat gambaran bahwa kami menggunakan Site5 Hostpro Turbo karena 2 sebab utama yaitu:

  1. Memiliki Data Center di Singapore sehingga untuk bisnis yang fokus target marketnya di Indonesia, jelas akan lebih cepat aksesnya dibanding kalau data center ada di Amerika. Tentu Site5 juga ada data center di Amerika dan Eropa jika target market Anda ada disana.
  2. Memiliki Fasilitas Multi Admin sehingga di dalam satu account hosting Site5 yang Hostpro Turbo ini, Anda bisa membuat banyak account cPanel terpisah dengan cepat dan mudah yang masing-masing punya login tersendiri. Sesuatu fasilitas yang tidak pernah saya temui di plan shared hosting (biasanya hanya ada di jenis hosting Reseller Account, untuk keperluan jualan hosting).
Kami TIDAK Rekomen Site5 Lagi!
Sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Site5 diakusisi oleh Grup EIG (yang juga meng-akusisi Bluehost, Hostgator dll).

Dan persis sama dengan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan lalu yang diakusisi EIG, kualitas hosting, support dan service Site5  menurun dengan drastis.

Sehingga sejak awal tahun 2016 ini, kami TIDAK REKOMEN Site5 lagi. Kami juga berencana berhenti memperpanjang hosting kami di Site5 dan akan pindahkan ke Siteground.

Sayang sekali, perusahaan yang bagus dan peduli dengan customer seperti Site5, diakusisi oleh perusahaan grup besar yang tidak peduli dengan customer sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para customer nya. Ya tapi itulah bisnis hosting, keras dan kejam 🙂

Jadi kami saat ini hanya rekomen 1 perusahaan saja yaitu Siteground.

Apa Manfaat Multi Admin atau Multi cPanel Account?

Saya dan tim menggunakan fasilitas Multi Admin ini untuk membuat cPanel account tersendiri untuk setiap mini site atau website sederhana yang kita miliki.

Tentu Anda mulai bertanya-tanya, apa tujuannya, setiap website dibuat cpanel tersendiri? Bukannya jadi tambah merepotkan?

Ada dua manfaat mengapa melakukan atau membuat skenario seperti itu:

Yang pertama adalah agar Anda bisa serahkan pembuatan dan maintenance sebuah website ke pihak ketiga, tanpa pihak ketiga memiliki akses ke website lain yang Anda miliki. Jadi Anda cukup memberikan login cPanel dari website yang Anda mau berikan akses saja.

Yang kedua, dan yang utama menurut saya adalah untuk security atau keamanan.

Saat ini website wordpress merupakan salah satu target dari para hacker, virus dan malware karena wordpress sekarang merupakan platform yang paling populer.

Yang menjadi target terutama terutama WordPress yang tidak di-maintain dengan baik sehingga kadang ada versi wordpress atau plugin yang out of date (versi kuno) sehingga ada security hole.

Nah repotnya adalah biasanya (tidak selalu) jika satu website kena, malware/virus ini akan tersebar ke seluruh website yang ada di account hosting tersebut.

Saya dan klien saya sudah pernah mengalaminya. Ada website lama yang tidak di-maintain, jadi ada lubang masuk virus, lalu semua website di account tersebut jadi kena virus/malware semua.

Wah kalau sudah terjadi seperti itu, kepala pusing 7 keliling, biasanya perusahaan hosting bisa membantu tetapi kalau terlampau parah, mereka juga angkat tangan karena membersihkan virus itu sudah jasa tersendiri.

Nah, dengan membuat tiap website memiliki cPanel account tersendiri maka paling tidak kita sudah melokalisir permasalahan sehingga jika ada satu website yang diserang virus/malware maka website-website lain tetap aman.

Itulah keuntungan utama menggunakan Site5 Hostpro Turbo (biayanya kurang dari $170 per tahun, untuk data center di Singapore) yang memiliki fasilitas Multi Admin ini.

Jadi saya berani menyebut bahwa ini adalah hosting terbaik untuk Anda yang memiliki banyak mini site atau website sederhana.

Memang terus terang, dari percobaan pribadi, saya menemukan server Site5 tidak secepat Siteground, terutama untuk website-website yang high traffic atau yang menggunakan plugin kompleks seperti:

  • Shopping Cart untuk Online Store (seperti WooCommerce, Magento dan sejenisnya)
  • Forum (bbPress, Simple-Press dan sejenisnya)
  • Community (BuddyPress dan sejenisnya).

Jika Anda berencana menggunakan plugin-plugin berat tersebut, mungkin di awal bisa saja berjalan di Site5 tapi  karena isu kecepatan dan batas resource yang diperbolehkan, seringkali Anda akan diminta upgrade ke level yang lebih tinggi (VPS, Cloud dll)

Jadi menurut saya Site5 Hostpro Turbo ini paling cocok digunakan jika Anda punya banyak (puluhan) mini site atau website kecil yang sederhana yang masing-masing diakses jumlah pengunjung yang tidak terlampau banyak (ratusan visitor tiap hari).

Tentu tidaklah masuk akal jika Anda berharap satu account shared-hosting (kurang dari $170 per tahun) bisa digunakan untuk puluhan website yang high traffic dan menggunakan plugin berat seperti itu. Tidak realistis jika punya pengharapan seperti itu.

Untuk kebutuhan seperti itu, menurut saya Siteground (Plan Go Geek) yang dijelaskan secara panjang lebar di artikel “Siteground: Cara Order, Cara Dapat Diskon dan Bonus Video” akan lebih cocok.

Kami TIDAK Rekomen Site5 Lagi!
Sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Site5 diakusisi oleh Grup EIG (yang juga meng-akusisi Bluehost, Hostgator dll).

Dan persis sama dengan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan lalu yang diakusisi EIG, kualitas hosting, support dan service Site5  menurun dengan drastis.

Sehingga sejak awal tahun 2016 ini, kami TIDAK REKOMEN Site5 lagi. Kami juga berencana berhenti memperpanjang hosting kami di Site5 dan akan pindahkan ke Siteground.

Sayang sekali, perusahaan yang bagus dan peduli dengan customer seperti Site5, diakusisi oleh perusahaan grup besar yang tidak peduli dengan customer sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para customer nya. Ya tapi itulah bisnis hosting, keras dan kejam 🙂

Jadi kami saat ini hanya rekomen 1 perusahaan saja yaitu Siteground.

Video Cara Order dan Dapat 1 Bulan GRATIS di Site5

Saat Anda tertarik untuk menggunakan Site5, terutama yang Hostpro Turbo, Anda bisa melihat video berikut yang menjelaskan:

  • Kelebihan dari Site5 Hostpro Turbo.
  • Cara order hosting Site5 dengan data center sesuai dengan targat market Anda.
  • Cara mendapatkan satu bulan GRATIS (hemat hampir $13)!

Bonus Video Tutorial Hosting Site5

Dari pengalaman mencoba dan menggunakan banyak perusahaan web hosting, saya menemukan bahwa Site5 memiliki fasilitas dan cPanel yang agak ‘berbeda’ dengan shared-hosting lain pada umumnya.

Kalau Anda terbiasa menggunakan cPanel hosting yang standard seperti milik Hostgator atau Bluehost, maka saat pertama kali login ke Site5, kemungkinan Anda akan bingung karena menunya ‘tidak normal’.

Apalagi untuk fasilitas Multi Admin yang memungkinkan Anda membuat banyak account cPanel, kebanyakan orang tidak pernah memakai fasilitas seperti ini sehingga perlu diajari agar tidak perlu trial and error.

Oleh sebab itu, untuk membantu Anda, kami membuat  Video Tutorial Hosting Site5 yang kami berikan secara Gratis pada Anda saat membeli hosting Site5 melalui link BBI.

Catatan: Anda membayar harga yang sama ke Site5, tidak lebih mahal, saat membeli hosting ini melalui link BBI.

Bonus Video Tutorial Hosting Site5 terdiri atas 3 video yaitu:

  • Video #1 : Backstage dan cPanel Tutorial dimana saya menjelaskan bagian BackStage dan cPanel di Site5 yang merupakan control panel dari hosting Site5 Anda. Saya  juga menjelaskan cara install dan hapus wordpress (berbeda dengan cPanel hosting lainnya), mengakses tools yang sering digunakan seperti File Manager, Email Forwarder, cara menghubungi support dll.
  • Video #2 : Tutorial Multi Admin dimana saya menjelaskan cara penggunaan fasilitas Multi Admin untuk membuat cPanel account untuk masing-masing website yang Anda miliki sekaligus juga cara untuk menghapus website yang sudah tidak diperlukan lagi.
  • Video #3 : Request Free Migration. Salah satu servis bagus yang bersedia dilakukan oleh tim support Site5 adalah melakukan migrasi website Anda dari hosting lama ke hosting Site5 Anda. Jadi Customer Service Site5 bersedia migrasi maksimal 25 website.

Jadi misalkan Anda punya 8 mini site di hosting lama dalam satu account cPanel, Anda bisa meminta tim Support Site5 untuk migrasi 8 mini site tersebut ke account Site5 dimana setiap mini site dibuatkan cPanel tersendiri (dengan fasilitas Multi Admin yang ada di Hostpro Turbo). Ini sungguh luar biasa karena jika dilakukan sendiri akan menghabiskan waktu lumayan banyak.

Nah saya akan menjelaskan di video ini, bagaimana cara requestnya (ada prosedurnya dan tidak bisa lewat email) dan apa kata-kata yang harus Anda sampaikan agar tim support Site5 melakukan migrasi seperti yang kita inginkan (cpanel terpisah untuk setiap website).

Cara Mendapatkan Bonus Video

Berikut prosedur untuk mendapatkannya Bonus Video Tutorial Hosting Site5 diatas:

  1. Lakukan order hosting melalui link BBI yaitu http://bbilink.com/site5. Pilihlah HostPro Turbo karena hanya plan ini yang memiliki fasilitas Multi Admin.
  2. Setelah selesai order hosting, lakukan konfirmasi ke kami melalui Form Konfirmasi Pembelian Site5 dan ikuti petunjuknya disana.
  3. Staf  kami akan melakukan cross check data dan jika memang tercatat, maka staf kami akan melakukan Approval akses ke bonus video ini (tim kami membutuhkan waktu maksimal 48 jam atau bisa lebih cepat).

Semoga rekomendasi kami dan bonus yang Anda dapatkan ini bisa bermanfaat bagi perkembangan bisnis online Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

 

FREE Ebook Online Business Toolbox Download NOW

  • marcel

    Pak Sukarto ada yang mau saya tanyakan mengenai pendaftaran site5, saya baru saja selesai melakukan pembelian hosting site5 dengan hostpro turbonya… masalahnya pada saat saya lihat email feedback dari mereka ada kesalahan yang saya lakukan … rupanya pada step pendaftaran nama domain saya salah mengisi nama domain yang telah saya beli dr namecheap.. apakah saya bisa mengedit nama domain tsb… atau bagaimana cara mengatasinya? trimakasih

    • Oh tentu bisa, silakan chat dgn pihak Site5 saja (live chat mereka responnya cepat kok) bilang Anda melakukan kesalahan ttg nama domain yg digunakan untuk registrasi. Mereka seharusnya bisa menggantinya dgn cepat.

      Semoga semuanya lancar ya… Salam sukses untuk Marcel.

      • marcel

        Wah pak Sukarto, benar yang anda sampaikan, sy sdh live chat dg mereka dan responnya sangat cepat… pertanyaan saya langsung dijawab dan request langsung diproses. Sekarang sy tinggal menunggu perubahan nama domainnya. thx u suggest nya pak

  • harsoyo

    Dear Pak Sukarto & Team,

    apakah BBI menyediakan jasa pembelian hosting di site5 ataupun siteground untuk orang tidak normal (belum punya kartu kredit) 😀 seperti saya sebagaimana jasa pengisian saldo di Namecheap?

    kalau ada insya Alloh saya siap order.

    Regards
    Harsoyo

    • Untuk BBI, bisa membantu untuk membelikan hosting site5.
      Info lebih lanjut, Anda dapat kontak ke pihak CS kami ya. Melalui SMS / BBM atau Email.

    • Membeli secara langsung sih tidak bisa pak, tapi site5 bisa terima pembayaran pakai paypal, jadi kalau Anda punya paypal, kita bisa bantu top up ke paypal Anda, lalu Anda gunakan utk beli hosting di Site5. thx

      • harsoyo

        ok pak topup paypal lebih dari cukup

  • Eko Triwahyono

    Pak Sukarto
    untuk amazon minisite, pemesanan site5 pilih lokasi mana?

    • Sesuaikan target kita Pak Eko.
      Jika untuk lokal, karena di Indonesia, belum ada yang pas / sreg dengan saya, maka saya pilih kota yang dekat dengan Indonesia yaitu singapore.

      Kalau untuk amazon, target kita US, maka pilih daerah US

      • Eko Triwahyono

        pak ronny ym bbi online tidak sekarang, mau order site5

  • dewi

    pak apa site5 satu hosting bisa utuk 100 mini site?? jadi down ga? dan kalo di pasang autoresponder jadi down ga?

    • Untuk batas maksimal dari sebuah hosting, bukan berdasarkan jumlah mnisite yg bisa kita letakan di sana. Tapi berdasarkan tipe shared hosting apa yg kita pilih, berapa jumlah visitor di setiap minisitenya.

      Kalau setiap minisite, bnyk vsitornya, tentunya tidak sampai 100 ya. Bs jadi di angka 30-60 minisite.

      DI site5, ada grafik, untuk melihat proses kerja dari CPU shared hosting kita, selama tidak melewati batas maksnya, berarti masih bs ditambah.

      Untuk autoresponder script, seperti arpreach, sendy dll, disarankan menggunakan shared hosting dengan akun sendiri, mengingat sdh bnyk minisitenya. Tapi kalau masih sedikit, bs saja digabung.

  • Iya betul, saya baru tahu bbrp hari ini lihat site5 ternyata sudah tidak menawarkan data center singapore. jadi gak cocok nih. thx