7 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online (7 Model Bisnis Online)

By Sukarto Sudjono

bisnis online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia selama beberapa tahun terakhir (diperkirakan  mencapai 93 juta pengguna di akhir tahun 2015)  telah membuat bisnis online semakin berkembang di Indonesia.

E-Commerce, Marketplace, Online Travel dan masih banyak lagi terus bermunculan. Nama-nama seperti Lazada, Bhinneka, Tokopedia, BukaLapak, Traveloka dan lain-lain jadi semakin dikenal masyarakat yang makin melek teknologi.

Tetapi peluang bisnis online sebenarnya tidak tertutup hanya kepada perusahaan gajah yang memiliki modal hampir tidak terbatas seperti mereka. Peluang bisnis online juga terbuka kepada pemain kecil seperti kita semua. Banyak individual dan usaha kecil dengan modal terbatas yang juga terjun dan mulai merasakan nikmatnya berbisnis online.

Bisnis online begitu luas, ada begitu banyak ragam, ada begitu banyak peluang yang bisa Anda terjuni.  Anda tinggal memilih yang cocok untuk Anda.  Yang pasti adalah  belumlah terlambat untuk memulainya sekarang, terutama di Indonesia.

Pertanyaan-pertanyaan yang sangat sering ditanyakan ke saya dari mereka yang masih awam adalah:

Bisnis online itu seperti apa sih? Ada banyak macam ya?

Sebetulnya bagaimana cara menghasilkan uang dari bisnis online?

Cara memulainya bagaimana?

Nah di artikel kali ini, saya ingin menjelaskan dulu yang apa saja macam-macam bisnis online dan bagaimana cara menghasilkan uang dari masing-masing model bisnis online.

Setelah saya mengkategorikan dan memilah-milah dari begitu banyak ragam bisnis online, sebenarnya cuma ada 7 (tujuh) model bisnis online atau 7 cara  menghasilkan uang dari bisnis online. Saya akan jelaskan semuanya di artikel ini.

Mengetahui macam-macam model bisnis online ini akan membantu Anda untuk bisa memilih mana yang cocok buat Anda. Karena saya selalu yakin bahwa tidak ada satu bisnis yang cocok untuk semua orang. Anda harus menemukan mana yang cocok buat Anda dan mana yang ingin Anda tekuni.

Bisnis Startup

Satu hal yang ingin saya luruskan terlebih dahulu adalah saya tidak memasukkan Bisnis Startup ke salah satu 7 model bisnis yang saya bahas disini.

Bisnis Startup adalah bisnis yang dibangun dari nol, biasanya dari dana investor dimana strategi menghasilkan uangnya seringkali belum jelas atau tidak diketahui, contoh: Facebook, Instagram, SnapChat, Whatsapp dll.

Cara mereka membangun dan menghasilkan uang sudah sangat berbeda. Saya akan membahas apa itu bisnis startup di artikel lain saja (sign up ke BBI Club untuk dapat email pemberitahuan saat ada artikel terbaru).

Ok kita langsung saja membahas masing-masing model bisnis online berikut ini.

#1: Online Shop / Jual Produk Fisik

slide-online-shop

Saya cukup yakin bahwa ini adalah model bisnis online yang paling Anda kenal dan ketahui. Dan mungkin sebagian besar dari Anda sudah pernah belanja secara online. Mungkin dari E-Commerce besar seperti Lazada, Bhinneka dll atau dari Marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak dll atau mungkin dari website-website kecil, dari Facebook, BBM dll.

Jadi saat Anda terjun ke bisnis ini, Anda perlu menentukan produk apa yang mau Anda jual, dimana beli barang (kulakan) dengan harga lebih murah dan lalu menjualnya ke tempat lain (jangan jual di tempat kulakan Anda he..he..) dengan harga lebih tinggi. Ambil selisih keuntungan, jadi dagang murni 🙂

Nah tentu ada strategi khusus yang perlu dilakukan agar Anda tidak perlu bersaing dengan pemain E-Commerce besar, saya ada membuat 3 video seri (GRATIS) tentang Strategi Toko Online dengan Modal Kecil tapi Profit Besar di website kami MTO.

#2: Service Provider / Jual Jasa & Keahlian

slide-service-provider

Kalau yang tadi jual produk yang ada fisiknya, nah Anda juga bisa terjun ke bisnis online dengan jual jasa, seperti misalkan Traveloka, Agoda itu sebenarnya kan jual jasa booking tiket dan hotel.

Tapi tidak harus jadi perusahaan sebesar itu untuk jual jasa. Anda juga bisa jual jasa dan keahlian Anda. Misal Anda selama ini melayani jasa design website, nah Anda jelas bisa jual jasa itu secara online.

Atau Anda memiliki bisnis jasa percetakan, jasa penerjemah buku, jasa buat stempel, jasa membuat program atau lainnya, itu semua jelas bisa dijual secara online.

Banyak orang di Indonesia yang saya tahu, juga menjual jasa melalui website-website outsourcing di luar negeri seperti Fiverr.comElance.comODesk.comFreelancer.com dan masih banyak lagi website lainnya. Dapat income dollar, mantap 🙂

Mau dikembangkan besar juga bisa, Anda bangun tim di sini (gaji bayar rupiah) agar bisa menangani lebih banyak kerjaan, tapi bisa dapat income dollar. Banyak kok yang seperti itu di Indonesia yang melakukan seperti ini.

#3: Information Business / Jual Informasi & Knowledge

slide-info-business

Istilahnya kalau Anda terjun ke bisnis ini adalah jadi Infopreneur (Information Entrepreneur) he..he.. Ini model bisnis favorit saya karena saya memang suka belajar dan suka mengajar 🙂

Jadi jika Anda jago di sebuah bidang atau memiliki pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan banyak orang, Anda bisa masuk ke model bisnis ini.

Penulis buku, public speaker, trainer, coach, konsultan dan sejenisnya sebenarnya masuk model bisnis informasi ini. Tapi Anda tidak harus sudah jadi penulis buku, speaker atau trainer untuk bisa terjun ke bisnis informasi ini.

Banyak orang sebenarnya kalau mau introspeksi, ada jago atau ngerti banyak di sesuatu hal dan jika ada orang lain yang merasa itu berharga, maka sebenarnya informasi/pengetahuan/pengalaman itu bisa dijual.

Anda bisa menjual pengetahuan, informasi dan pengalaman Anda melalui berbagai media. Bisa berupa ebook, CD Audio, DVD, online course, webinar, live workshop atau jasa coaching/consulting.

Saya memiliki berbagai income stream di model bisnis ini. Dan karena banyak yang ingin terjun ke bisnis ini tapi tidak mengerti bagaimana caranya maka saya berencana membuat video series tentang model bisnis ini.

Sebetulnya di Indonesia, banyak orang jago/expert, tapi masih sedikit yang mengerti bagaimana membuatnya menjadi sebuah bisnis informasi sehingga bisa dijual secara online.

Pastikan saja Anda sign up ke BBI Club agar dapat email pemberitahuan saat video series Gratis ini saya publish.

#4: Affiliate Marketing / Jual Produk Orang Lain Dapat Komisi

slide-affiliate-marketing

Ini juga merupakan salah satu model bisnis online favorit saya dan banyak orang 🙂

Pada intinya, kalau model bisnis sebelumnya, Anda dapat uang dari menjual produk, jasa atau informasi maka model bisnis affiliate marketing ini Anda dapat uangnya dari komisi hasil menjualkan produk dan jasa orang lain.

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar disini karena saya sudah pernah menuliskan dan menjelaskan panjang lebar di tiga artikel tentang Affiliate Marketing yaitu:

#5: Tools & System / Jual Sistem dan Alat Bantu

slide-tools-system

Kalau Anda tahu bisnis tambang, misal tambang batu bara atau tambang emas, ada banyak tools/alat bantu yang dibutuhkan untuk melakukan proses penambangan. Ada beberapa teman yang saya kenal di daerah Kalimantan sana, yang jadi kaya raya dari menyediakan (menjual atau menyewakan) alat bantu kepada perusahaan-perusahaan tambang.

Demikian pula dengan di industri bisnis online, seringkali Anda akan membutuhkan tools, software atau alat bantu agar pekerjaan Anda lebih cepat dan tidak menghabiskan waktu.

Nah ada cukup banyak orang yang sukses dengan membuat dan menjual tools/alat bantu, software dan jasa pendukung lainnya seperti:

  • Website Themes sehingga orang lain bisa dengan mudah membuat website yang bagus dan profesional.
  • Website Plugin, Add-Ons dll dimana Anda membuatnya untuk digunakan customer untuk meningkatkan fitur & kecanggihan website mereka.
  • Web Based System & Software dimana misalkan Anda buat software administrasi atau software SEO atau apapun dimana customer Anda bayar sekali atau bayar bulanan untuk bisa menggunakan software/system ini.

#6: Advertising / Jual Iklan

slide-advertising

Model bisnis ini berbasis iklan, saya rasa juga termasuk yang sering Anda tahu dan lihat. Jadi Anda buat website agar banyak dikunjungi orang, lalu menjual iklan kepada perusahaan atau orang lain yang berminat.

Portal berita Detik.com, KapanLagi, Yahoo, Kaskus dan masih banyak lagi, itu semua adalah bisnis yang menggunakan model bisnis advertising untuk menghasilkan uang.

Tidak harus jadi perusahaan besar dulu untuk bisa menghasilkan uang dari iklan. Anda bisa membuat blog di topik yang populer, misalkan entertainment, kuliner, fotografi atau sejenis itu.

Buat jadi ramai pengunjung (tentu ada banyak strateginya) dan setelah tiap hari blog Anda dikunjungi ribuan visitor, Anda bisa mulai mendapatkan income dari Advertising, kerjasama dengan Google dengan memasang Google Adsense di blog Anda.

#7: Mobile Apps di Apple IOS atau Android

slide-mobile-apps

Nah ini model bisnis yang sedang tren banget yaitu buat app di smartphone, terutama di Apple IOS (iPhone based) atau di Android. Banyak orang di Indo yang jago buat aplikasi mobile.

Anda bisa buat aplikasi sendiri atau bayarin orang untuk buat, bisa di kategori Games (yang paling populer), Tools & Utilities, Productivity, Photo & Video Editing dan masih banyak kategori aplikasi lainnya.

Cara menghasilkan uangnya ada dua  yaitu jual aplikasinya atau aplikasinya gratis tapi ada iklan (bisa juga, bayar untuk hilangkan iklan di aplikasi).

Ringkasan dan Video GRATIS

Ok jadi itulah 7 model bisnis online atau 7 cara menghasilkan uang dari bisnis online, saya singkat biasanya jadi OSIATAM yaitu:

  • Online Shop / Jual Produk Fisik.
  • Service Provider / Jual Jasa & Keahlian
  • Information Business / Jual Informasi & Pengetahuan
  • Affiliate Marketing / Jual Produk Orang Lain Dapat Komisi
  • Tools & System / Jual Alat Bantu & System/Software
  • Advertising / Jual Iklan
  • Mobile Apps / Aplikasi Mobile

 

Semoga sharing ini bermanfaat buat Anda dan semoga Anda sukses di bisnis online pilihan Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk. 

Top