Cara Cek Ranking Website Anda di Google

By Sukarto Sudjono

google rank

Saat membimbing banyak student dan alumni di workshop ataupun Online Course kami, ada dua pertanyaan yang cukup sering ditanyakan. Dua pertanyaan ini berhubungan dengan ranking website di search engine (terutama Google).

Apa dua pertanyaan yang sering ditanyakan ini?

  1. Bagaimana cara mudah dan cepat mengetahui website saya ranking berapa di Google untuk keyword yang saya targetkan?
  2. Mengapa ranking website saya kok beda ya antara di komputer saya dengan komputer teman saya?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang hal yang sama? 🙂 Mungkin pernah, mungkin belum, tapi cepat atau lambat jika Anda berkecimpung di dunia bisnis internet/online, Anda akan juga bertanya-tanya tentang hal yang sama.

Nah Kami akan menjawab dua pertanyaan tersebut di artikel ini. Tetapi sebelum kami jawab 2 pertanyaan tersebut, ada pertanyaan lain yang harus Anda tahu dulu jawabannya.

“Kenapa sih Anda perlu tahu dan memonitor ranking website Anda?”

Tanpa tahu tujuannya, untuk apa repot-repot. Betul gak?

Nah ada banyak sebenarnya jawabannya, tetapi yang paling penting menurut saya adalah :

  1. Anda jadi tahu, hasil apa yang bisa Anda harapkan dari website Anda. Jika Anda tahu ranking website Anda ada di page 10, ya jangan harap dulu lah ada income atau hasil dari website Anda. Tapi kalau Anda sudah tahu, website Anda sudah ranking di page 1 di Google, wah Anda sudah siap-siap nih pecah telur atau terjadi penjualan. Betul tidak?
  2. Anda jadi tahu, mana strategi atau upaya SEO yang bagus, mana yang tidak. Jika Anda melakukan suatu upaya SEO, misal beli backlink dari sebuah sumber, dengan tahu ranking website Anda sebelumnya berapa dan setelah beli backlink itu, rankingnya jadi berapa, Anda jadi tahu sumber yang Anda beli ini bagus atau tidak. Jika jelek, ya lain kali jangan lakukan lagi. Jika bagus, bisa dilanjutkan.
  3. Anda bisa segera tahu jika terjadi penurunan ranking yang terjadi di website Anda, sehingga bisa meresponnya dengan cepat. Banyak orang kadang tidak sadar websitenya turun ranking drastis. Dia cuma bingung, kenapa order menurun drastis di 3 bulan terakhir ya. Padahal ternyata ranking websitenya memang sudah turun sejak 3 bulan yang lalu. Coba dia langsung tahu, kan dia bisa melakukan sesuatu.

Dari 3 hal itu saja, bisa ditarik kesimpulan bahwa PENTING bagi Anda untuk tahu ranking website Anda di semua keyword yang Anda targetkan dan memonitor secara kontinyu ranking website Anda tersebut.

Nah setelah tahu hal ini, kembali ke dua pertanyaan yang paling sering ditanyakan tadi.

Ok kita bahas pertanyaan yang pertama dulu,
“Bagaimana cara mudah dan cepat mengetahui website Anda ranking berapa di Google untuk keyword tertentu?”

Cara manual yang paling sering digunakan (mungkin termasuk Anda) adalah dengan masuk ke google, mengetikkan keyword yang Anda targetkan, lalu mulailah Anda mempelototi satu per satu search result atau hasil dari Google, dari ranking 1 sampai 10 halaman pertama.

Wah gak ada nih halaman pertama, ok klik page 2, lalu mulai lagi dilihati satu per satu. Gak ada lagi, klik page 3, pelototi satu per satu lagi. Dan seterusnya sampai page 10 (atau sampai halaman dimana Anda sudah capek he..he..).

ITU BARU SATU KEYWORD!!

Bagaimana kalau ada 10 keyword yang perlu Anda cek untuk website Anda ini?
Bagaimana kalau Anda punya 10 website, masing-masing punya 10 keyword?

Apakah sudah bisa dibayangkan betapa tidak mungkin untuk melakukan semua ini secara manual?
🙂

Sebelum kita bahas tentang solusi otomatis yang bisa digunakan, mari kita bahas dulu pertanyaan kedua yaitu:
“Mengapa ranking website saya kok beda ya antara di komputer saya dengan komputer teman saya?”

Jika Anda sering membandingkan hasil pencarian Google antar komputer atau antar kota atau antar negara, Anda akan menemukan kenyataan ini, ternyata hasil pencarian dari Google itu berbeda-beda!!

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Inilah yang banyak tidak diketahui oleh orang awam/newbie.

Hasil pencarian dari Google bergantung dari beberapa faktor:

  • Google yang Anda gunakan. Apakah Google.co.id? Apakah Google.com? atau lainnya.
  • Lokasi tempat Anda melakukan searching. Anda search dari Indonesia, maka hasilnya beda dengan Anda search dari Amerika. Google merasa perlu menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan lokasi tempat Anda melakukan pencarian. Itu sebabnya kami sering mendengar dari alumni yang bilang, websitenya ranking jauh banget (diatas halaman 5), tapi kok bisa pecah telur? Ya inilah penyebabnya. Di page 5 itu kan di Indonesia, kalau di Amerika, bisa jadi page 1.
  • Cache dan History dari browser yang digunakan untuk melakukan pencarian.
  • Dan masih banyak lagi.

Jadi sebenarnya tidaklah mudah untuk mengetahui ranking website Anda yang 100% akurat, jika Anda melakukannya secara manual.

Oleh sebab itulah, Anda akan memerlukan solusi otomatis berupa sebuah software/tool/alat bantu untuk bisa mengetahui ranking secara akurat dan secara cepat, gak habisin waktu.

Selama ini kami menggunakan sebuah software/tool yang cukup mahal ($147) hanya untuk mengetahui ranking website. Beberapa softwarae lain yang kami tahu malah membebankan biaya $47 per bulan.

Jadi kami tidak pernah merekomendasikannya ke Anda karena kami rasa untuk uang segitu, mending Anda gunakan untuk keperluan lain.

Ada juga plugin gratis dari Firefox, tapi cara pakainya selain gak enak, juga sering macet. Jadi kami juga malas merekomendasikan hal ini. Kami terus terang juga bingung, software/tool yang pas untuk direkomendasikan jika mendapat dua pertanyaan ini.

Untunglah belum lama ini ada sebuah software BARU yang dilaunch KHUSUS dirancang untuk:

  • Mendapatkan dan memonitor ranking website dengan tingkat AKURASI 100%
  • Mendukung multi-country (jadi Anda bisa monitor website Anda ranking berapa di suatu negara)
  • Bisa digunakan untuk mengecek dan memonitor UNLIMITED website dan UNLIMITED keyword
  • Dan masih banyak lagi feature canggih seperti multi-proxy, report bisa di pasang logo Anda sendiri (jika Anda jualan jasa SEO) dll.

Nah bagusnya adalah software yang canggih ini HARGANYA TERJANGKAU dan CUMA BAYAR 1x SAJA alias One Time Fee !!!

Setelah kami gunakan, kami langsung YAKIN ini adalah sesuatu yang benar-benar perlu kami rekomendasikan ke Anda.

Apa nama software alat bantu untuk pengecekan ranking website Anda di Google ini? Silakan baca post kelanjutannya.

Anda bisa menuliskan bagaimana cara Anda biasanya untuk mengecek ranking website Anda di bagian komentar di bawah ini. Terimakasih.