7 Mindset yang Perlu Anda Miliki untuk Sukses di Apapun

By Sukarto Sudjono

Saya telah menulis beberapa artikel tentang apa yang diperlukan untuk sukses seperti:

Tetapi di kedua artikel tersebut, saya belum membahas HAL TERPENTING yang perlu Anda miliki untuk sukses di bisnis apapun yaitu Aspek Mindset atau Pola Berpikir Anda.

Di artikel ini saya akan membahas 7 mindset atau cara berpikir yang akan membantu dan menopang Anda meraih kesuksesan di bidang apapun.

Tetapi sebelum saya menjelaskan lebih detil tentang 7 mindset tersebut, saya ingin membahas pondasi berpikirnya terlebih dahulu.

Saya sangat percaya bahwa :

Mindset Anda atau Cara Berpikir Anda lah yang akan membawa Anda meraih tujuan, impian dan goal besar Anda.

New-mindset-new-resultSaya mengatakan seperti ini bukan sekedar karena saya sudah mempelajari buku, seminar dan mengikuti training tentang pengembangan diri selama 20 tahun lebih. Saya bukan sekedar mengatakan atau mengulangi apa yang pernah saya pelajari.

Kesimpulan diatas saya dapatkan dari refleksi perjalanan dan pengalaman hidup saya sendiri dan dari mengamati pengalaman hidup banyak orang lain yang sukses maupun yang gagal.

Seperti yang pernah saya ceritakan sekilas di video pertama dari Video Series “Bisnis Online Terbaik Untuk Anda” bahwa saya mengalami beberapa kali kegagalan dan salah satunya merupakan kegagalan besar yang menyebabkan saya terpuruk ke titik terendah dalam hidup saya.

Tidak pernah sebelumnya dalam hidup saya dimana saya sampai stress, frustasi dan penuh dengan kekhawatiran tentang masa depan saya dan keluarga.

Saya sudah tidak bisa lagi melihat masalah sebagai tantangan (seperti yang biasa saya lakukan dan pelajari) karena masalah yang muncul begitu bertubi-tubi.

Ibarat orang kena tinju, sudah  jatuh, tapi terus ditinju sampai KO, setelah itu ada tangga yang jatuh menimpa kita. Komplit plit dah 🙁

Tetapi pada akhirnya, saya bisa bangkit kembali dan melewati masa-masa suram tersebut dengan baik (tidak sampai depresi, gila atau bunuh diri he..he..) 🙂

Kalau saya bisa melihat kembali masa-masa itu sekarang, saya tahu persis dan saya percaya 100% yang membuat saya mampu bertahan adalah karena Mindset atau Cara Berpikir yang saya miliki karena sudah dibentuk dan ditempa selama bertahun-tahun sebelumnya.

Saya melihat cukup banyak orang  yang mengalami masalah besar dalam hidupnya, tidak berhasil bangkit dan terus terpuruk dalam hidupnya karena tidak memiliki mindset atau cara berpikir yang mendukung dirinya.

Selain dari pengalaman pribadi saya sendiri, saya beruntung bisa bersahabat baik dengan orang-orang hebat seperti Joe Hartanto, Ariesandi, Adi W. Gunawan, James Gwee, Andrie Wongso, David Pranata dan masih banyak lagi.

Dari merekalah saya belajar, mendapat inspirasi dan mengerti mindset dan cara berpikir mereka, dan itu semua semakin membuat saya yakin bahwa :

Mindset Anda atau Cara Berpikir Anda lah yang akan membawa Anda meraih tujuan, impian dan goal besar Anda.

“Tapi pak, mereka itu kan semua orang hebat-hebat. Saya ini orang biasa-biasa saja”

Mungkin begitu pikiran Anda saat ini 🙂

Kalau Anda tahu sejarah mereka, bagaimana mereka memulai lalu gagal berkali-kali, bangkit lagi dari dasar, menghadapi berbagai tantangan hingga bisa meraih kesuksesan hingga saat ini, maka Anda akan setuju bahwa mindset merekalah yang membawa mereka ke titik kehidupan saat ini.

Tetapi yang paling menyakinkan saya bahwa mindset dan cara berpikir yang akan merubah kehidupan seseorang adalah dari melihat dan membimbing langsung ribuan alumni BBI, terutama peserta workshop atau live training karena saya ngobrol, memberikan mentoring dan berdiskusi secara tatap muka langsung.

Setelah itu saya masih terus keep in touch melalui forum konsultasi dan kadang berjumpa kembali saat gathering offline. Sehingga sedikit banyak, saya mengerti cara berpikir mereka.

Saya menemukan pola atau benang merahnya….

Bisa dikatakan semua alumni yang akhirnya sukses, memiliki suatu pola berpikir atau mindset yang mirip-mirip. Dan yang gagal (ups, belum sukses, maksudnya 🙂 )  juga memiliki kemiripan dalam cara berpikirnya.

Pengalaman semua itu semakin membuat saya yakin bahwa :

Mindset Anda atau Cara Berpikir Anda lah yang akan membawa Anda meraih tujuan, impian dan goal besar Anda.

Jadi mindset atau cara berpikir seperti apa sih yang dibutuhkan untuk sukses di bidang apapun?

Berikut adalah 7 mindset utama yang perlu Anda miliki. Saya mengambil 7 point ini dari sebuah video tentang mindset yang pernah saya buat untuk peserta workshop Milyarder Toko Online (MTO).

Saya akan membagikan video pendek yang powerful (menurut banyak alumni) di akhir dari artikel ini.

1. Think Positive

think-do-be-positiveBerpikir positif disini artinya berpikir dan berharap bahwa hal-hal positif dan baik akan terjadi pada diri Anda.

Harus kita akui, dalam hidup, kita pasti kadang mengalami tantangan dan masalah. Semua orang saya rasa akan mengalami. Tetapi bedanya, dari pengamatan saya terhadap banyak orang, mereka yang sukses dan mendapat ‘nasib’ baik adalah orang yang memiliki pengharapan positif terhadap segala sesuatu.

Orang yang negatif, selalu berpikir keburukan yang bisa terjadi. Otak dan pikiran mereka penuh dengan prasangka negatif, berpikir segala sesuatu itu sulit, tidak mungkin dan mustahil.

Saat orang positif mengalami musibah, mereka berkata “Ya ini musibah, kita jalani saja, besok pasti akan jadi lebih baik

Saat orang negatif mengalami musibah, mereka berkata “Ya kan saya ini memang sial melulu, habis gini pasti ada lagi yang tidak beres“. Ya terjadi lagi deh musibah untuk orang-orang seperti ini 🙂

Jadi daripada Anda berkata  : “Saya gaptek, tidak mungkin saya sukses di bisnis online”

Lebih baik Anda berkata : “Saya gaptek, tapi itu karena belum biasa saja.  Saya juga mau sukses di bisnis online, bagaimana caranya ya?”

Anda bisa lihat bedanya orang yang berpikir positif dan negatif?

Coba renungkan dan refleksikan, apakah Anda tergolong orang yang sering berpikir positif atau lebih dominan berpikir negatif?

Jika Anda merasa lebih dominan yang negatif, sadari bahwa itu semua sebenarnya hanyalah program masa lalu Anda, yang terus Anda ulang-ulangi terus.

Putuskan untuk mengganti file atau CD pikiran negatif yang terus Anda putar, ganti dengan file atau CD pikiran positif yang lebih mendukung Anda untuk membuat perubahan dan menarik hal-hal positif dalam hidup Anda.

2. Berani Gagal

Dare-to-fail-greatly-by-John-F.-KennedyAnda mungkin merasa mindset berani gagal itu aneh, kok orang disuruh berani gagal? 🙂

Hal ini karena saya melihat  kebanyakan orang tidak sukses, seringkali karena mereka kurang banyak mengalami kegagalan he..he..

Mereka begitu takut mengalami kegagalan sehingga mereka takut dalam mencoba segala sesuatu. Mereka trauma dengan yang namanya kegagalan.

Padahal yang sebenarnya adalah…

SETIAP ORANG SUKSES, PASTI PERNAH mengalami KEGAGALAN.

Hanya dengan memiliki keberanian untuk gagal, maka Anda berarti berani untuk sukses karena artinya Anda berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru. Dan saat Anda berani untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda jadi punya peluang untuk sukses.

Saya kadang kasihan dan sedih melihat orang-orang yang sudah tahu bahwa apa yang dia lakukan selama bertahun-tahun,  tidak membawanya ke kesuksesan yang dia inginkan, tapi karena takut gagal, tidak berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru.

Jadi beranilah mengalami kegagalan, beranilah untuk memulai sesuatu yang baru. Saat mengalami kegagalan, tidak masalah, Anda belajar sesuatu dari situ dan coba lagi sesuatu yang baru.

Itulah yang dilakukan semua orang sukses dalam hidupnya.

3. Fokus

Saya sudah beberapa kali membahas tentang fokus seperti di artikel FOKUS: Tantangan Terbesar untuk Sukses di Bisnis Online dan di video 3 Sebab Mengapa 90% Pebisnis Online Gagal.

Saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar lagi. Yang harus Anda ingat adalah pikiran Anda SANGAT POWERFUL saat kita sedang FOKUS.

Ingat tidak saat Anda kepepet dengan deadline sebuah project, pikiran Anda hanya memikirkan bagaimana menyelesaikannya tepat waktu. Anda begitu fokus sehingga kurang tidur pun tidak jadi masalah, dan akhirnya Anda bisa selesai tepat waktu.

Ya itulah kekuatan dari sebuah FOKUS.

Safocus-acronymya seringkali juga  masih harus mengingatkan diri saya untuk fokus karena kadang terlalu banyak project yang harus dikerjakan dalam satu saat.

Jadi pilihlah project, bisnis atau pekerjaan  yang ingin Anda tuntaskan dengan baik, Fokuskan seluruh energi dan pikiran Anda untuk menyelesaikannya. Setelah itu baru next project atau task.

Anda akan melihat hasilnya seringkali akan jauh lebih baik daripada Anda mengerjakan berbagai project atau memulai beberapa bisnis baru sekaligus.

4. Siap Kerja Keras

Saya yakin Anda sudah tahu hal ini. Untuk sukses, Anda perlu siap kerja keras. Siap lembur, siap doing extra untuk meraih goal yang ingin Anda capai.

Tentu tidak selamanya kita harus kerja keras sebagai entrepreneur. Saat apa yang Anda tanam sudah mulai panen, bisnis Anda sudah ada sistem, bisnis Anda sudah ada tim yang membantu, maka Anda bisa lebih santai.

5. Konsisten dan Sabar

konsisten-sabarSemua orang sukses yang saya kenal dan para alumni BBI yang sukses, mereka melakukan kerjanya dengan konsisten dan sabar.

Walaupun awalnya mungkin belum ada hasil, tapi tetap melakukan apa yang harusnya dilakukan. Disiplinkan diri Anda untuk melakukan rutinitas yang harus dilakukan.

Jika setiap hari perlu riset produk baru, ya lakukan riset produk baru setiap hari. Jika setiap hari perlu menulis artikel, ya tulislah artikel setiap hari.

Be Consistent!

Dan Anda harus sabar saat hasil yang diharapkan belum berbuah. Evaluasi kerja Anda, apa yang bisa diperbaiki. Ulangi dan lakukan lagi.

Be Patience!

Orang yang gagal, hampir seluruhnya tidak konsisten dengan kerjanya dan tidak sabaran saat hasil  yang diharapkan belum ada. Mereka tidak sadar, seberapa dekat mereka dengan kesuksesan, asal mau untuk konsisten dan sabar.

6. Komitmen

commitmentSaat Anda sudah memutuskan  untuk melakukan sesuatu, ambillah komitmen untuk memastikan Anda akan melakukan hal tersebut, tidak peduli Anda sedang ingin/mood atau tidak untuk mengerjakannya.

Saya mendapat contoh nyata tentang hal ini dari orangtua saya sendiri. Toko orangtua saya buka dari jam 7 pagi s/d jam 1 siang, tutup 1 jam, buka lagi jam 2 siang s/d 9.30 malam. 7  hari seminggu, bahkan di banyak hari besar pun tetap buka. Very long long hours!

Sejak kecil saya melihat mereka buka toko, tidak peduli lagi capek, tidak peduli lagi gak enak badan, tidak peduli lagi ingin buka atau tidak, mereka pastikan tokonya akan buka pada jamnya. Pokoknya dicari jalannya agar toko tetap buka! Itulah komitmen!

Dan itulah mindset dari orang sukses, mereka akan membuat bagaimana caranya agar melakukan apa yang harus dilakukan. Ambil komitmen dan konsisten!

7. Pantang Menyerah

never-give-upSaat Anda sudah kerja keras, sudah komitmen, sudah konsisten, tetapi belum ada hasil, milikilah semangat untuk pantang menyerah.

Memang mudah untuk menasehati orang lain untuk pantang menyerah, tetapi menjalaninya sendiri tidaklah gampang.

Itulah yang saya alami saat saya terpuruk, lalu mencoba berbagai hal tetapi belum berhasil. Hati penuh keraguan, apa betul ya saya itu bisa jadi sukses?

Tidak mudah untuk pantang menyerah saat Anda tidak percaya dengan diri Anda sendiri.

Satu-satunya yang bisa saya lakukan untuk menghibur diri saya adalah membaca dan mengingat profile orang sukses seperti Thomas Alfa Edison (penemu lampu), Kolonel Sanders (KFC) dan lain-lain yang sering dibahas di buku-buku motivasi.

Ya, kalau saya berhenti, hidup saya cuma akan jadi kisah gagal. Tapi kalau saya terus bangkit, berusaha dan jadi sukses, maka kisah hidup saya akan jadi kisah sukses.

Cuma itu saja yang membuat saya terus berjalan, terus berjuang dan bangkit kembali.

Itulah 7 mindset yang perlu Anda miliki untuk sukses di bidang apapun. Jadi percaya dan  yakinlah bahwa:

Mindset Anda atau Cara Berpikir Anda lah yang akan membawa Anda meraih tujuan, impian dan goal besar Anda.

Berita baiknya, cara berpikir dan mindset kita bisa dirubah.

Mulailah perhatikan pikiran Anda, saat Anda menangkap bahwa Anda sedang meragukan diri sendiri, langsung tempeleng kepala Anda sendiri (beneran lho atau mau diganti dengan tepuk tangan juga boleh he..he..) dan katakan “Eh Interupsi!! Ubah pikirannya jadi lebih positif dong!“.

Sadari dan mulailah ganti satu per satu mindset dan pola pikir yang tidak mendukung Anda, menjadi sesuatu yang lebih mendukung Anda.

Bonus Video

Nah, seperti janji saya diatas, saya akan sharing video yang sebenarnya saya buat untuk peserta  workshop MTO di Modul Persiapan (modul 9 video yang perlu mereka pelajari sebelum hadir di workshop).

Semoga artikel dan video ini bisa menginspirasi Anda untuk memiliki mindset yang akan mendukung kesuksesan Anda sekarang dan seterusnya.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.