Web Hosting Rekomendasi BBI

By Sukarto Sudjono

web-hosting-social

Seperti yang saya jelaskan di Ebook Online Business Toolbox (Anda bisa download Gratis ebook ini, Anda hanya perlu login/signup sebagai BBI Club Member) bahwa Web Hosting adalah salah satu komponen PALING VITAL di bisnis online Anda.

Website yang sering down, lambat diakses dan sering bermasalah tidak saja membuat Anda kehilangan uang karena customer dan prospek tidak bisa mengakses website Anda, tetapi juga merusak reputasi Anda sebagai pebisnis online yang kredibel. Plus stress dan frustasi…

Bagi Anda yang belum familiar apa itu Web Hosting, saya jelaskan singkat saja ya…

Apa itu Web Hosting?

Jadi agar Anda bisa memiliki website yang bisa diakses orang di seluruh dunia, Anda butuh tempat penyimpanan file-file dan database website Anda. Jadi memiliki web hosting ini ibarat Anda punya Hard Disk atau Flash Disk yang dipasang di sebuah komputer yang terhubung dengan internet sehingga file-file/website Anda bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia.

Nah untuk bisa memiliki tempat penyimpanan file-file website Anda, biasanya Anda hanya perlu buat/buka account di sebuah perusahaan web hosting yaitu perusahaan yang memang bisnisnya khusus menyediakan jasa penyewaan tempat penyimpanan file-file dan database website Anda.

Perhatikan kata penyewaan yang artinya Anda hanya sewa, tidak memiliki media penyimpanan tersebut, yang berarti Anda perlu bayar secara rutin.

Oleh sebab itu biasanya Anda perlu membayar perusahaan web hosting tiap bulan atau tahunan, tergantung masing-masing perusahaan dan jenis hosting yang Anda miliki.

Sederhana bukan tentang pengertian web hosting ini…

Nah tantangan utamanya adalah perusahaan web hosting mana yang Anda pilih?

Ada puluhan ribu perusahaan web hosting di seluruh dunia yang bisa Anda pilih. Setiap perusahaan menawarkan fasilitas, kelebihan dan biaya yang berbeda-beda. Bagi orang awam, memilih perusahaan web hosting adalah sebuah keputusan yang kadang membingungkan.

Banyak pemula di bisnis ini berpikir “Ah, semua web hosting sama sajalah, pilih yang murah saja

Kalau Anda memilih web hosting berdasarkan siapa yang menawarkan harga termurah, suatu saat Anda akan sadar (dengan penuh penyesalan…), berapa harga yang harus Anda bayarkan sebenarnya dari segi waktu, stress, frustasi dan upaya yang dilakukan agar website Anda bisa aktif lagi.

Saya sudah punya banyak sekali klien hosting dan alumni training yang dulunya memilih hosting karena harga murah. Saat website mereka down, di hack, kena virus dan lain sebagainya, mereka baru sadar mengapa harga murah tidak berarti ‘murah’.

Pengalaman saya yang telah menggunakan puluhan perusahaan web hosting baik dalam dan luar negeri sejak tahun 1998 (ya lebih dari 15 tahun), baik sebagai pengguna ataupun reseller hosting, telah memberikan saya cukup banyak insight dalam memilih perusahaan web hosting yang bagus (baca: lebih baik).

Nah pengalaman itulah yang akan saya sharingkan dalam artikel ini. Saya memang ada menjelaskan secara lebih detil tentang web hosting di Ebook Online Business Toolbox sehingga di artikel ini saya akan lebih singkat dan to the point.

Saya akan mulai dari kriteria memilih hosting yang bagus dan lalu menjelaskan web hosting apa yang kami pakai dan rekomendasikan ke Anda.

Kriteria Memilih Hosting yang Bagus

Setelah mencoba berbagai perusahaan web hosting selama lebih dari 15 tahun, saya memiliki beberapa kriteria dalam memilih perusahaan web hosting yang akan saya gunakan yaitu:

  1. Server Uptime > 99.5%. Web hosting yang dipilih harus sangat minimal downtime-nya, kurang dari 1%. Perusahaan yang bagus akan transparan mengenai hal ini dan kadang meminta perusahaan lain untuk audit untuk mengecek kebenaran klaim mereka.
  2. Akses kecepatan server bagus. Website yang lambat diakses akan membuat pengunjung website Anda tidak betah dan Google juga cenderung mem-penalti Anda di sisi SEO jika website Anda aksesnya lambat. Jadi carilah perusahaan hosting yang memiliki kecepatan akses yang bagus.
  3. Memiliki reputasi dan track record bagus. Cari perusahaan yang sudah berpengalaman panjang di industri hosting dan memiliki reputasi yang bagus dalam menghadapi permasalahan yang ada. Jadi mengetahui pengalaman customer lain seringkali memberikan gambaran tentang reputasi ini.
  4. Technical Support yang handal dan mudah dihubungi. Website Anda suatu saat pasti akan mengalami masalah, jika itu terjadi, apakah technical supportnya mudah dihubungi? Apakah tim supportnya memiliki kapasitas pengetahuan dan kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi?
  5. Fasilitas Hosting yang lengkap. Ini adalah point ke 5 setelah hal-hal diatas. Berapa besar space yang disediakan, berapa besar bandwidth, fasilitas tambahan apa yang diberikan dan lain-lain
  6. Harga yang terjangkau dan memberikan best value. Ini adalah point terakhir, agak berkebalikan dengan banyak orang ya 🙂 Pengalaman saya menunjukkan, jangan pernah memilih hosting karena alasan ‘paling murah’. Seperti yang saya jelaskan diatas, suatu saat Anda akan sadar, harga yang Anda pikir ‘paling murah’ itu tidak murah saat Anda website Anda down berhari-hari atau saat website sering dihack/kena virus (ya perusahaan hosting yang tidak bagus akan menyebabkan website Anda sering dihack/kena virus) alias sering bermasalah sehingga waktu, upaya dan frustasi yang Anda alami, sama sekali ‘tidak murah’ lagi.

Web Hosting yang BBI Gunakan dan Rekomendasikan Sekarang

Di artikel sebelumnya “Mengapa Kami Tidak Rekomendasi Bluehost dan Hostgator Lagi?” saya ada menjelaskan mengapa kami di BBI sudah tidak menggunakan dan merekomendasikan dua perusahaan tersebut. Bluehost dan Hostgator adalah dua perusahaan ternama yang kami yakin sering disebut dan direkomendasikan orang lain.

Saya sempat menggunakan kedua perusahaan tersebut selama hampir 5 tahun. Tapi sekarang sudah waktunya untuk pindah. Silakan baca artikel itu tentang apa sebabnya kami berhenti menggunakan dan merekomendasikannya.

Jadi apa perusahaan web hosting yang saya dan BBI gunakan untuk bisnis kami? 

Setelah melalui riset intensif, uji coba dan salah pilih beberapa kali, akhirnya saat ini, saya mantap dengan pilihan dua perusahaan hosting berikut ini dan sekarang sudah kami gunakan di berbagai bisnis online yang kami miliki saat ini. Jadi  sudah memiliki pengalaman sendiri dalam menggunakannya, jadi sudah merasakan sendiri kecepatan akses, kecepatan support dan lain-lain.

Apa perusahaan hostingnya? Ada dua yaitu:

  1. Siteground
  2. Site5
Kami TIDAK Rekomen Site5 Lagi!
Sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Site5 diakusisi oleh Grup EIG (yang juga meng-akusisi Bluehost, Hostgator dll).

Dan persis sama dengan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan lalu yang diakusisi EIG, kualitas hosting, support dan service Site5  menurun dengan drastis.

Sehingga sejak awal tahun 2016 ini, kami TIDAK REKOMEN Site5 lagi. Kami juga berencana berhenti memperpanjang hosting kami di Site5 dan akan pindahkan ke Siteground.

Sayang sekali, perusahaan yang bagus dan peduli dengan customer seperti Site5, diakusisi oleh perusahaan grup besar yang tidak peduli dengan customer sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para customer nya. Ya tapi itulah bisnis hosting, keras dan kejam 🙂

Jadi kami saat ini hanya rekomen 1 perusahaan saja yaitu Siteground.

Mengapa kok menggunakan 2 perusahaan berbeda?  Saya akan jelaskan berikut ini.

Singkatnya, kami menggunakan keduanya karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sehingga kami menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hosting yang berbeda.

Yang pasti, kedua perusahaan tersebut telah memenuhi semua 6 kriteria hosting yang bagus yang sudah saya jelaskan sebelumnya yaitu uptime 99.9% (jadi sangat jarang down), kecepatan akses yang bagus, technical support yang cepat dan handal dan lain-lain. Jadi untuk hal-hal mendasar seperti ini sudah lolos dari kriteria kami.

Tetapi diluar kelebihan 6 point diatas, ada keunggulan dan hal extra lainnya di kedua perusahaan ini sehingga kami jadi memilih kedua perusahaan ini. Saya jelaskan sekilas alasannya berikut ini.

Mengapa Memilih Siteground?

siteground

Reputasi dari Siteground sangat bagus di dunia pebisnis online yang serius. Saya membaca banyak sekali rekomendasi tentang Siteground dari top blogger, top online entrepreneur yang saya ikut. Jadi bukan sembarang review yang ditulis oleh orang yang tidak jelas, tetapi dari pebisnis/ahli yang saya percayai kata-katanya.

Nah ada 3 hal yang dimiliki oleh Siteground di salah satu plan hostingnya (Go Geek) yang awalnya membuat saya tertarik untuk mencobanya yaitu :

  1. Memiliki Database Server terpisah dan berjalan di atas hard disk SSD. Hal ini memastikan kecepatan akses yang jauh lebih baik daripada shared hosting pada umumnya.
  2. Memiliki Fasilitas WordPress Staging. Hal ini membuat proses perubahan website, update versi wordpress dan upgrade plugin menjadi lebih aman karena Anda bisa melakukan test terlebih dahulu, tanpa menganggu website Anda yang sedang Live.
  3. Memiliki Data Center di Singapore sehingga untuk bisnis yang fokus target marketnya di Indonesia, jelas akan lebih cepat aksesnya daripada kalau data center ada di Amerika.

Untuk penjelasan lebih detil tentang Siteground, Cara Order Siteground, Cara Klaim Domain Gratis, Cara Dapat Diskon saat beli hosting Siteground dan Bonus Video Tutorial Siteground yang bisa Anda dapatkan, silakan lihat video dan baca artikel lanjutan di “Siteground: Cara Order, Cara Dapat Diskon dan Bonus Video“.

Kami di BBI menggunakan Siteground terutama untuk website yang diakses oleh banyak visitor (ribuan visitor per hari) dan menggunakan tools/plugin wordpress yang cukup berat seperti:

  • Shopping Cart untuk Online Store (seperti WooCommerce dan sejenisnya)
  • Forum (bbPress, Simple-Press dan sejenisnya)
  • Community (BuddyPress dan sejenisnya).

Dan biasanya kami hanya menaruh sedikit website (2-3 website) seperti itu di dalam satu akun hosting Siteground kami agar website benar-benar berjalan dengan cepat, tanpa gangguan.

Tetapi kalau website Anda low traffic (ala mini site) dan tidak menggunakan plugin-plugin berat seperti diatas, tentu Anda bisa saja menaruh puluhan website dalam satu akun hosting Siteground Anda. Ada banyak alumni kami juga menggunakan Siteground untuk banyak mini site mereka.

Jadi kami bisa rekomendasikan Anda untuk menggunakan Siteground yang memang lebih handal daripada Shared Hosting biasanya.

Untuk penjelasan lebih detil tentang Siteground, Cara Order Siteground, Cara Klaim Domain GratisCara Dapat Diskon saat beli hosting Siteground dan Bonus Video Tutorial Siteground yang bisa Anda dapatkan, silakan lihat video dan baca artikel lanjutan di “Siteground: Cara Order, Cara Dapat Diskon dan Bonus Video“.

 

Mengapa Memilih Site5?

site5

Kami TIDAK Rekomen Site5 Lagi!
Sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Site5 diakusisi oleh Grup EIG (yang juga meng-akusisi Bluehost, Hostgator dll).

Dan persis sama dengan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan lalu yang diakusisi EIG, kualitas hosting, support dan service Site5  menurun dengan drastis.

Sehingga sejak awal tahun 2016 ini, kami TIDAK REKOMEN Site5 lagi. Kami juga berencana berhenti memperpanjang hosting kami di Site5 dan akan pindahkan ke Siteground.

Sayang sekali, perusahaan yang bagus dan peduli dengan customer seperti Site5, diakusisi oleh perusahaan grup besar yang tidak peduli dengan customer sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para customer nya. Ya tapi itulah bisnis hosting, keras dan kejam 🙂

Jadi kami saat ini hanya rekomen 1 perusahaan saja yaitu Siteground.

Site5 adalah sebuah perusahaan hosting besar yang berpusat di Amerika yang juga mendapat banyak pujian dan review bagus dari penggunanya. Jadi memiliki reputasi bagus dan customer supportnya dikenal cepat responnya serta friendly/helpful.

Pengalaman saya pribadi dalam menggunakan Site5 sejak Desember 2013 di salah satu web toko online membuktikan bahwa klaim tersebut memang betul, supportnya memang cepat, responsif dan akurat. Saya puas dengan support mereka. Respon email/ticket cepat (dalam hitungan jam), Live Chat juga kurang dari 5 menit sudah direspon dan orang supportnya mengerti apa yang kita bicarakan.

Saya tertarik awalnya untuk mencoba Site5 karena selain memenuhi semua 6 kriteria web hosting yang saya jelaskan diatas, juga karena memiliki data center di Singapore sehingga untuk website yang target market utamanya adalah di Indonesia, website jadi bisa diakses lebih cepat.

Tetapi dari dari hasil percobaan saya pribadi, saya menemukan server Site5 tidak secepat Siteground, terutama untuk website-website yang menggunakan plugin kompleks seperti:

  • Shopping Cart untuk Online Store (seperti WooCommerce dan sejenisnya)
  • Forum (bbPress, Simple-Press dan sejenisnya)
  • Community (BuddyPress dan sejenisnya).

Tentu untuk website standard, sudah lebih dari mumpuni, tetapi mungkin karena Siteground lebih menggunakan teknologi yang sophisticated seperti Database Server terpisah dan menggunakan Hard Disk SSD (jenis hard disk tercepat saat ini) sehingga harus saya akui dari hasil testing kami, shared-hosting Site5 tidak secepat Siteground untuk website-website wordpress yang kompleks dan menggunakan plugin berat seperti itu.

Tetapi mengapa kami masih menggunakan Site5?

Saya menemukan sebuah kelebihan yang tidak saya temukan di Siteground atau hosting lainnya yaitu di plan Hostpro Turbo (level shared hosting Site5 yang paling tinggi) yaitu fasilitas Multi Admin.

Dengan fasilitas Multi Admin ini, di dalam satu account hosting Site5, Anda bisa membuat banyak account cPanel baru dengan cepat dan mudah sehingga setiap cPanel account yang Anda buat ada login tersendiri.

Jadi mirip seperti Reseller Account (beli hosting untuk dijual lagi) tetapi tidak ada sistem billing, jadi ini lebih sederhana. Terus terang fasilitas seperti ini tidak pernah saya temui di plan shared hosting. Biasanya cuma ada di plan tinggi seperti Reseller, VPS dll yang memang tujuannya untuk jualan hosting.

Nah kalau Anda banyak membuat mini site, website kecil atau website sederhana yang banyak jumlahnya (puluhan website) yang masing-masing diakses jumlah pengunjung yang tidak terlampau banyak, maka fasilitas Multi Admin ini sangat cocok buat Anda.

Saya dan tim menggunakan fasilitas Multi Admin ini dengan membuat cPanel account tersendiri untuk setiap mini site atau website sederhana yang kita miliki.

Tentu Anda mulai bertanya-tanya, apa tujuannya, setiap website dibuat cpanel tersendiri? Tidak dibuat jadi add-on domain saja? Bukannya jadi tambah merepotkan setiap website ada login cPanel sendiri-sendiri?

Ada 2 tujuannya sebenarnya, yang pertama adalah agar Anda bisa serahkan pembuatan dan maintenance sebuah website ke pihak ketiga, tanpa pihak ketiga memiliki akses ke website lain yang Anda miliki.

Yang kedua, dan yang utama menurut saya adalah untuk security atau keamanan.

Saat ini website wordpress merupakan salah satu target dari para hacker, virus dan malware karena wordpress sekarang merupakan platform yang paling populer.

Yang menjadi target terutama website WordPress yang tidak di-maintain dengan baik sehingga kadang ada versi wordpress atau plugin yang out of date (versi kuno) sehingga ada security hole.

Nah repotnya adalah biasanya (tidak selalu) jika satu website kena, malware/virus ini akan tersebar ke seluruh website yang ada di account hosting tersebut.

Saya dan klien saya sudah pernah mengalaminya. Ada website lama yang tidak di-maintain, jadi ada lubang masuk virus, lalu semua website di account tersebut jadi kena virus/malware semua.

Wah kalau sudah terjadi seperti itu, kepala pusing 7 keliling, biasanya perusahaan hosting bisa membantu tetapi kalau terlampau parah, mereka juga angkat tangan karena itu sudah jasa tersendiri.

Nah, dengan membuat tiap website memiliki cPanel account tersendiri maka paling tidak kita sudah melokalisir permasalahan sehingga jika ada satu website yang diserang virus/malware maka website-website lain tetap aman.

Itulah keuntungan utama menggunakan Site5 Hostpro Turbo yang memiliki fasilitas Multi Admin. Saya masih menggunakan account hosting Site5 terutama karena fasilitas ini, untuk banyak mini site yang saya miliki. Inilah satu-satunya hal yang tidak ada di Siteground.

Untuk melihat video dan penjelasan lebih detil tentang Site5 dan Bonus Video Tutorial cPanel Site5 yang bisa Anda dapatkan, baca artikel lanjutan “Site5: Hosting Mini Site Terbaik dan Bonus Video Tutorial“.

Kami TIDAK Rekomen Site5 Lagi!
Sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Site5 diakusisi oleh Grup EIG (yang juga meng-akusisi Bluehost, Hostgator dll).

Dan persis sama dengan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan lalu yang diakusisi EIG, kualitas hosting, support dan service Site5  menurun dengan drastis.

Sehingga sejak awal tahun 2016 ini, kami TIDAK REKOMEN Site5 lagi. Kami juga berencana berhenti memperpanjang hosting kami di Site5 dan akan pindahkan ke Siteground.

Sayang sekali, perusahaan yang bagus dan peduli dengan customer seperti Site5, diakusisi oleh perusahaan grup besar yang tidak peduli dengan customer sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para customer nya. Ya tapi itulah bisnis hosting, keras dan kejam 🙂

Jadi kami saat ini hanya rekomen 1 perusahaan saja yaitu Siteground.

Jadi apa kesimpulannya?

Kami di BBI – BelajarBisnisInternet.com telah menggunakan sendiri sehingga bisa merekomendasikan dua perusahaan hosting dan plan shared-hosting berikut :

  1. Siteground (Go Geek atau Grow Big)
  2. Site5 (Hostpro Turbo)

Kedua perusahaan tersebut memenuhi 6 kriteria web hosting bagus yang saya jelaskan di awal artikel ini dan juga memiliki:

  • Data Center di Singapore sehingga cocok untuk website yang target market utamanya di Indonesia.
  • Plan hosting yang lebih tinggi seperti VPS, Cloud, Reseller dan Dedicated Server sehingga saat waktunya tiba bagi Anda untuk upgrade hosting ke level lebih tinggi, Anda sudah tidak perlu repot lagi pindah ke perusahaan lain.

Tapi pilih yang mana?

Kami rekomendasi Anda untuk menggunakan Siteground terutama jika Anda hanya berencana memiliki sedikit website (kurang dari 5 website) tetapi pengunjung setiap website bakal lumayan banyak.

Anda cukup pilih plan yang Siteground (Grow Bigsaja untuk keperluan standard atau jika Anda baru mulai belajar bisnis online.

Tapi jika Anda berencana membuat website yang menggunakan plugin kompleks seperti shopping cart, forum atau community plugin atau website Anda bakal diakses oleh ribuan visitor tiap harinya maka Siteground (Go Geek) adalah pilihan terbaik Anda.

Untuk penjelasan lebih detil tentang Siteground, Cara Order Siteground, Cara Klaim Domain GratisCara Dapat Diskon saat beli hosting Siteground dan Bonus Video Tutorial Siteground yang bisa Anda dapatkan, silakan lihat video dan baca artikel lanjutan di “Siteground: Cara Order, Cara Dapat Diskon dan Bonus Video“.

Sedangkan jika Anda memerlukan hosting dari banyak mini site atau website sederhana, tidak menggunakan plugin berat dan setiap mini site hanya diakses oleh sedikit (ratusan) visitors setiap harinya maka Site5 (Hostpro Turbo) adalah yang kami rekomendasikan.

Untuk penjelasan lebih detil tentang Site5 dan Video mengapa BBI memilih Site5  dan Bonus Video Tutorial Site5 yang bisa Anda dapatkan, baca artikel lanjutan “Site5: Hosting Mini Site Terbaik dan Bonus Video Tutorial“.

Kami TIDAK Rekomen Site5 Lagi!
Sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Site5 diakusisi oleh Grup EIG (yang juga meng-akusisi Bluehost, Hostgator dll).

Dan persis sama dengan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan lalu yang diakusisi EIG, kualitas hosting, support dan service Site5  menurun dengan drastis.

Sehingga sejak awal tahun 2016 ini, kami TIDAK REKOMEN Site5 lagi. Kami juga berencana berhenti memperpanjang hosting kami di Site5 dan akan pindahkan ke Siteground.

Sayang sekali, perusahaan yang bagus dan peduli dengan customer seperti Site5, diakusisi oleh perusahaan grup besar yang tidak peduli dengan customer sehingga akhirnya ditinggalkan oleh para customer nya. Ya tapi itulah bisnis hosting, keras dan kejam 🙂

Jadi kami saat ini hanya rekomen 1 perusahaan saja yaitu Siteground.

Pada kondisi kami yang sudah memiliki berbagai jenis website, kami memiliki dan menggunakan kedua perusahaan hosting diatas 🙂

Semoga penjelasan lengkap tentang web hosting yang BBI gunakan dan rekomendasikan ini bisa bermanfaat bagi Anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis online Anda.

Sukses Besar untuk Anda,
Sukarto Sudjono

 

PS: Jika Anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, tolong SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, Google+ atau Linkedin) yang kami sediakan. Terimakasih 🙂

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan tentang artikel diatas. Saya berusaha membaca setiap komentar dan  menjawab pertanyaan yang masuk.